Hide Menu

Terlihat Serupa, Namun Tak Sama! Perhatikanlah 5 Perbedaan Sulcata Jantan dan Betina Ini

Ingin Memelihara Sulcata? Berikut Cara Membedakan Jenis Kelamin Kura Kura Sulcata yang Mudah Dilakukan

Artikel Perbedaan Sulcata Jantan dan Betina ini diposting diperbarui
202 Pembaca
Like
Perbedaan Sulcata Jantan dan Betina 2024
© pexels.com/maarten-lommers-53085493

Si Sulcata yang Berukuran Besar dan Menarik Perhatian

Si Sulcata yang Berukuran Besar dan Menarik Perhatian
istockphoto.com/PhilippeClement

Kura-kura Sulcata yang memiliki nama latin Centrochelys sulcata ini adalah spesies kura-kura darat yang habitat asalnya dari gurun Sahara Afrika, tepatnya di bagian Selatan. Nama lain dari kura-kura ini adalah the African spurred tortoise atau kura-kura pacu dari Afrika.

Karena Sulcata berasal dari habitat yang memiliki suhu ekstrim, gersang, dan tandus, maka mereka memiliki kemampuan untuk bertahan hidup yang tinggi. Mereka lebih bisa beradaptasi terhadap naik turunnya suhu daripada jenis kura-kura lainnya.

Di habitat asli Sulcata, mereka akan membuat lubang dalam tanah hingga kedalaman 30 cm. Mereka melakukan itu dengan tujuan sebagai tempat berlindung dari kondisi alamnya yang sangat panas dan gersang. 

Untuk lebih jelasnya, perhatikan karakter kura-kura Sulcata di bawah ini:

  • Bentuk Fisik Sulcata

Jenis tortoise ini memiliki bentuk fisik yang khas daripada jenis lainnya. Pertama, panjang tempurung Sulcata umumnya berkisar 46 hingga 92 cm. Ukuran ini dipengaruhi oleh usia mereka.

Ketika pertama menetas, ukurannya hanya sekitar 5 cm saja dan terus membesar seiring usianya. Bobot yang dimilikinya sekitar 31 sampai 45 kg, akan tetapi tidak jarang juga yang berat tubuhnya mencapai 68 kg.

Warna tubuhnya yaitu kuning sedikit coklat dan jari-jari mereka terlihat jelas. Tepat di tempurungnya, biasanya terlihat pola garis hitam yang tipis dan ada juga yang tebal. 

  • Masa Hidup Sulcata

Kura-kura ini terkenal dengan umur yang panjang. Bahkan, ada Sulcata yang umurnya dapat mencapai 60 tahun jika perawatannya tepat. Selain itu, jika Unyulicious bisa memelihara mereka dengan pola diet dan konsumsi yang tepat, usianya bisa lebih lama. 

  • Makan dan Minum

Sulcata merupakan binatang herbivora atau pemakan tumbuhan. Ketika berada di habitat aslinya, makanan Sulcata adalah daun semak, rumput, maupun bunga yang ada di gurun. 

Ketika Unyulicious memutuskan untuk memeliharanya, Anda bisa memberikan rumput gandum, jerami, dan sayuran seperti daun singkong dan selada. Untuk waktu camilannya, Unyulicious bisa memberikan daun mint, daun anggur, kaktus, dan labu. 

Tentunya, tidak hanya makanan saja yang harus Unyulicious perhatikan. Anda juga harus memastikan bahwa Sulcata terhidrasi dengan baik. Caranya adalah dengan memberikannya wadah rendah berisi air minum. Penggunaan wadah rendah tersebut bertujuan agar Sulcata dapat minum dengan mudah.

  • Perbedaan Jenis Kelamin

Membedakan jenis kelamin merupakan hal yang penting untuk kebutuhan reproduksi mereka. Ketika Sulcata masih kecil, Unyulicious bisa mengamati perbedaannya melalui gerak-gerik dan letak anusnya. Akan tetapi, ketika Sulcata semakin dewasa, perbedaan Sulcata jantan dan betina akan semakin kompleks.

  • Harga Kura-Kura Sulcata

Kura-kura Sulcata terkenal dengan harganya yang mahal, semakin besar ukurannya semakin tinggi pula nilainya. Jika ingin memeliharanya, maka Unyulicious harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Budget yang harus disiapkan sekitar berikut ini:

  1. Sulcata bayi harga mulai Rp 1.900.000
  2. Sulcata kecil < 30cm berkisar Rp 985.000-Rp 1.200.000
  3. Sulcata 30cm harga sekitar Rp 8.500.000-Rp 14.500.000
  4. Sulcata albino harga berkisar Rp 21.000-Rp 28.000.000
  5. Sulcata besar atau indukan harga mulai dari Rp 18.000.000

Itulah sedikit penjelasan tentang kura-kura Sulcata yang sangat eksotis. Baca artikel ini dan cari tahu lebih dalam tentang Sulcata, termasuk perbedaan Sulcata jantan dan betina di bawah ini, ya! 

Fakta Menarik Kura-Kura Sulcata

Fakta Menarik Kura-Kura Sulcata
istockphoto.com/weisschr

Selain dari ukuran tubuh yang cukup besar daripada jenis kura-kura lainnya, Sulcata memiliki hal-hal menarik lainnya. Adapun hal menarik yang perlu Unyulicious ketahui tentang Sulcata adalah sebagai berikut:

  • Arti Nama dan Julukan Sulcata

Sulcata berasal dari bahasa latin Sulcus yang memiliki arti alur atau garis yang terdapat pada cangkang mereka. Kura-kura ini juga memiliki julukan spur tortoise atau African Spur Thigh Tortoise karena memiliki taji berbentuk kerucut yang terletak di paha belakang.

  • Kura-Kura Terbesar Ketiga di Dunia

Sulcata memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dan berada di urutan ketiga di dunia. Dua spesies kura-kura yang lebih besar daripada Sulcata sebelumnya adalah kura-kura raksasa Aldabra dan kura-kura Galapagos. Sulcata betina bisa tumbuh hingga 50 cm dengan berat 60 kg. Sedangkan Sulcata jantan bisa tumbuh hingga 80 cm dan berat mencapai 100 kg.

  • Termasuk Hewan Herbivora

Sulcata adalah binatang herbivora yang berarti mereka memakan rumput dan tumbuh-tumbuhan. Makanan kura-kura gurun ini antara lain sukulen gurun, daun kering, dan rumput, utamanya adalah daun dari tanaman Morning-Glory.

  • Bisa Bertahan Lama tanpa Makan dan Minum

Kura-kura Sulcata mampu bertahan selama beberapa minggu tanpa makanan dan air. Akan tetapi, ketika mereka menemukan sumber air, Sulcata jantan muda bisa minum air hingga sebanyak 15% dari berat badan mereka. 

  • Sulcata Memiliki Sifat Pemarah

Sulcata jantan bisa sangat argumentatif dan agresif, lho. Mereka sering terlihat nyeruduk jantan lainnya sembari mengeluarkan semua jenis suara, mulai dari suara serak, mendengus, bahkan bersiul. 

Kura-kura agresif dan galak ini bahkan akan mencoba mengalahkan saudara kandungnya dengan membalikkan saudaranya di atas cangkang. 

  • Hewan dengan Suhu yang Panas

Menurut Melissa (2014), kura Sulcata berasal dari beberapa Sahel, daerah terpanas dan terkering di Afrika. Beberapa daerah bisa jadi tidak mendapat hujan dalam rentan waktu yang lama. Untuk memaksimalkan kelembapan yang tersedia, kulit Sulcata tahan terhadap kehilangan cairan. Akan tetapi, jika terkena kelembapan, kulit Sulcata bisa menjadi sangat permeabel.

Karena Sulcata adalah binatang gurun, maka kura-kura Sulcata membutuhkan suhu panas agar tetap sehat dan aktif. Mereka bisa bertahan dengan suhu luar ruangan 37° C atau lebih tinggi. Bila suhu malam hari turun hingga di bawah 15° C, mereka membutuhkan panas tambahan.

Oleh sebab itu, jika Unyulicious ingin memelihara Sulcata, jagalah agar suhu siang hari di ruangan atau kandang tersebut berada di 26°-32° C, atau dengan lampu penghangat sekitar 35° C. Di malam hari, jangan biarkan kandang terlalu dingin, kura-kura akan berhenti makan dan rentan terhadap penyakit. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Sulcata Jantan dan Betina - Terbaru 2024

Setelah mengetahui secara singkat tentang beberapa ciri dari Sulcata, selanjutnya tim Unyu akan memberikan cara untuk mengetahui perbedaan Sulcata jantan dan betina. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1
Perhatikan Gerak-gerik Sulcata

Mudah Diamati Sejak Masih Kecil

Perhatikan Gerak-gerik Sulcata

2
Perhatikan Jarak Lubang Anus dan Plastron

Jarak yang Sangat Membantu dalam Perkawinan

Perhatikan Jarak Lubang Anus dan Plastron

3
Amati Bentuk Plastronnya

Terdapat Perbedaan Ketika Sulcata Betina Hamil

Amati Bentuk Plastronnya

4
Amati Perilaku Sulcata Saat sedang Birahi

Kura-Kura Juga Bisa Birahi, Lho!

Amati Perilaku Sulcata Saat sedang Birahi

5
Perhatikan Bentuk Fisik Ketika Hamil

Pastikan Nutrisi dari Sulcata Betina yang Sedang Hamil

Perhatikan Bentuk Fisik Ketika Hamil

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mudah Diamati Sejak Masih Kecil
© istockphoto.com/iamprotae
1
Mudah Diamati Sejak Masih Kecil

Perhatikan Gerak-gerik Sulcata

Rekomendasi kami

Ketika Sulcata masih kecil, Anda bisa mengetahui jenis kelaminnya dengan memerhatikan gerak-geriknya. Umumnya, terdapat perbedaan yang jelas antara perilaku Sulcata jantan dan betina. 

Sulcata jantan biasanya jauh lebih aktif daripada Sulcata betina. Kura-kura ini terlihat sangat mendominasi populasi di dalam kandang dan tidak segan untuk menantang kura-kura lain yang mengganggunya. 

Untuk mencegah Sulcata terluka, lebih baik pisahkan Sulcata di kandang yang berbeda. Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi tim Unyu di atas. 

Jarak yang Sangat Membantu dalam Perkawinan
© istockphoto.com/pumppump
2
Jarak yang Sangat Membantu dalam Perkawinan

Perhatikan Jarak Lubang Anus dan Plastron

Rekomendasi kami

Biasanya, cara membedakan hewan paling mudah melalui alat kelamin seperti penis atau alat reproduksi kelamin jantan) dan vagina (alat reproduksi kelamin betina). Namun, terdapat perbedaan yang cukup jelas antara Sulcata jantan dan betina melalui karakteristik tubuh bawahnya.

Anda tidak bisa membedakan hal ini pada kura-kura Sulcata. Justru, perbedaan tersebut muncul berupa jarak posisi lubang anus dengan tepi plastron atau tempurung bagian bawah. 

Kura-kura Sulcata jantan memiliki bagian anus yang jaraknya cukup jauh dari pinggirian plastronnya. Sedangkan pada Sulcata betina, bagian anus terletak lebih dekat dengan bagian tepi plastronnya. Posisi anus yang seperti ini sangat membantu Sulcata ketika melakukan perkawinan.

Terdapat Perbedaan Ketika Sulcata Betina Hamil
© istockphoto.com/Backiris
3
Terdapat Perbedaan Ketika Sulcata Betina Hamil

Amati Bentuk Plastronnya

Perbedaan Sulcata selanjutnya yang dapat Anda amati adalah mengamati bentuk plastronnya. Plastron kura-kura memang selalu berbeda antara jantan dan betina. 

Kura-kura Sulcata jantan memiliki plastron yang berbentuk cekung. Sedangkan, Sulcata betina selalu memiliki bentuk plastron yang datar. Bahkan, ketika Sulcata betina hamil, plastronnya cenderung berbentuk cembung. 

Kura-Kura Juga Bisa Birahi, Lho!
© istockphoto.com/Uckarintra
4
Kura-Kura Juga Bisa Birahi, Lho!

Amati Perilaku Sulcata Saat sedang Birahi

Kura-kura Sulcata yang telah memiliki postur berukuran lebih dari 25-30 cm umumnya siap melakukan perkawinan. Sulcata biasanya akan menunjukkan tanda-tanda birahi terlebih dahulu. 

Kura-kura Sulcata jantan yang birahi biasanya sangat aktif, mondar-mandir, dan tidak bisa diam. Bahkan, Sulcata jantan kerap menggesekkan tubuhnya ke benda-benda mati jika tidak ada Sulcata betina.

Kemaluan si jantan akan keluar dari cangkang saat birahi datang. Yang jelas, hal ini berbanding terbalik dengan Sulcata betina yang lebih banyak diam ketika sedang birahi. 

Pastikan Nutrisi dari Sulcata Betina yang Sedang Hamil
© istockphoto.com/phetphu
5
Pastikan Nutrisi dari Sulcata Betina yang Sedang Hamil

Perhatikan Bentuk Fisik Ketika Hamil

Rekomendasi kami

Tentunya, Sulcata betina memiliki kemampuan untuk hamil dan melahirkan. Postur tubuh Sulcata betina yang sedang hamil sangat khas, dimana tubuhnya terlihat membesar dengan bentuk plastron yang cembung. 

Sulcata betina juga tampak mengangkang ketika berjalan, hal itu karena jarak antara kedua kaki belakangnya cukup jauh. Peristiwa tersebut dimaklumkan karena perkiraan Sulcata betina mengandung sebanyak 30 butir telur di dalam perutnya. Oleh karena itu, sebaiknya Sulcata betina yang tengah hamil ditempatkan di dalam kandang khusus. 

Selain itu, sebaiknya Unyulicious menambahkan kalsium agar nantinya Sulcata betina dapat melahirkan bayi dari telur yang kuat. Telur kuat dan tidak mudah pecah sesaat setelah dilahirkan dapat membantu mengurangi resiko anak Sulcata rentan terkena penyakit. Untuk itu, Unyulicious bisa membeli makanan atau suplemen kalsium rekomendasi tim Unyu di atas. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Sulcata Jantan dan Betina

Setelah membaca beberapa deskripsi tentang Sulcata di atas, selanjutnya tim Unyu akan memberikan rangkuman pertanyaan yang sering ditanyakan terkait perbedaan Sulcata jantan dan betina. Perhatikan pertanyaan dan jawabannya di bawah ini, ya!

Apa yang membuat kura-kura sulcata mahal?

Yang membuat kura-kura sulcata memilih harga yang tinggi adalah ukurannya. Semakin besar ukuran sulcata, maka semakin mahal pula harganya. Selain itu, perawatan yang intensif juga membuat kura-kura ini mahal. Sebab, habitat aslinya adalah gurun, sehingga Anda perlu menjaga suhu tubuhnya tetap normal.

Berapa lama hidup sulcata?

Kura-kura sulcata dapat hidup hingga 60+ tahun lebih dengan bobot 50 kg.

Bagaimana cara membedakan kura-kura Brazil betina dan jantan?

Cara umum untuk membedakan kura-kura adalah dengan memerhatikan panjang ekornya. Kura-kura betina memiliki ekor pendek dan kurus, sedangkan kura-kura jantan memiliki ekor yang panjang dan tebal, dengan lubang (kloaka) lebih dekat dengan ujung ekor daripada betina. 

Kesimpulan: Perbedaan Sulcata Jantan dan Betina

Jika Unyulicious adalah pecinta reptil, memelihara kura-kura Sulcata bisa jadi pertimbangan untuk Anda. Unyulicious bisa membeli Sulcata anakan dan merawatnya hingga menjadi Sulcata berukuran monster. Unyulicious juga bisa memperhatikan perbedaan Sulcata jantan dan betina sebelum memeliharanya. 

Artikel ini dapat menjadi alat pertimbangan untuk Unyulicious sebelum mengambil keputusan untuk memelihara Sulcata di rumah. Lalu, Sulcata manakah yang telah menarik perhatian Unyulicious?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo