Hide Menu

Cari Tahu 5 Perbedaan Burung Pipit dan Burung Gereja Berikut, Memang Serupa tapi Tak Sama!

Yuk, Bersama Mengenali Perbedaan Burung Pipit dan Burung Gereja. Salah Satunya Ada yang Tidak Boleh Dipelihara, Lho!

Artikel Perbedaan Burung Pipit dan Burung Gereja ini diposting diperbarui
97 Pembaca
Like
Perbedaan Burung Pipit dan Burung Gereja 2024
© freepik.com

Sekilas Mengenal Burung Gereja dan Burung Pipit

Sekilas Mengenal Burung Gereja dan Burung Pipit
freepik.com

Apakah Unyulicious adalah salah satu yang belum bisa menemukan perbedaan antara burung pipit dan gereja? Jika iya, simak deskripsi perbedaan burung pipit dan burung gereja ini dengan seksama, ya!

Pipit adalah sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian dengan habitat asli wilayah tropis. Burung ini memiliki nama ilmiah Estrildidae, sebab termasuk ke dalam suku Estrildidae

Jenis burung pipit termasuk manuk emprit dan gelatik senang berkelompok. Tidak hanya itu, mereka juga senang berkelompok dan mencari makanan bersama. Burung-burung tersebut memiliki kebiasaan yang serupa, akan tetapi warna-warni bulunya cukup bervariasi. 

Banyak jenis burung pipit yang tidak tahan dengan iklim dingin. Makanya, mereka memerlukan tempat yang lebih hangat. Namun, terdapat sebagian kecil yang mampu beradaptasi di lingkungan dingin seperti Australia Selatan. Salah satu jenis burung pipit yang memiliki banyak peminat yaitu Bondol Haji atau Lonchura Maja.

Beralih ke burung gereja, spesies ini memiliki nama latin Passer montanus yang dalam English terkenal sebagai Eurasian Tree Sparrow. Salah satu jenis burung gereja yang paling umum dan mudah Unyulicious temui yaitu golejra.

Pemberian nama burung gereja memang cukup unik. Penamaan tersebut memiliki alasan yaitu burung gereja terbiasa hinggap di gedung yang tinggi. Di zaman dahulu, salah satu bangunan yang memang dirancang tinggi yaitu gereja dan burung gereja senang berada di puncaknya.

Meskipun penamaan burung gereja karena kesenangannya berada di atas gereja, namun bukan berarti burung ini dapat dikatakan sebagai church bird, ya. Dalam bahasa Inggris, burung ini disebut sparrow.  

Burung gereja dan burung pipit memang berasal dari keluarga yang berbeda, namun keduanya memiliki beberapa kesamaan. Pertama, bentuk paruh yang kurang lebih sama yaitu pendek dan runcing. Hal itu dapat memudahkan mereka dalam memecahkan pakan yang berupa biji-bijian. 

Tidak hanya paruh, kesamaan yang kedua yaitu sama-sama memiliki bentuk kaki yang sama. Keduanya memiliki bentuk kaki yang langsing dan berfungsi untuk bertengger.

Di samping memiliki kesamaan, burung gereja dan burung pipit juga memiliki perbedaan. Simak lebih lengkap penjelasan di bawah ini untuk mengetahui karakteristik dari kedua burung tersebut. Ayo baca sekarang! 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Burung Pipit dan Burung Gereja - Terbaru 2024

Burung pipit dan gereja termasuk ke dalam klasifikasi ave atau aves. Istilah Aves memiliki arti sekelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap berfungsi untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Aves berkembang biak dengan cara bertelur.

Menurut penelitian Selli (2016), burung adalah salah satu satwa yang dapat dijumpai dengan mudah di setiap tempat. Spesies-spesies burung seperti gereja dan pipit akan berinteraksi satu dengan lainnya dan terdistribusi pada komunitasnya.

Meskipun spesies 1 dengan lainnya saling berinteraksi, namun masing-masing spesies tentu memiliki ciri-ciri khusus, tidak terkecuali burung pipit dan burung gereja. Untuk mengetahuinya, baca dengan seksama setiap perbedaan burung pipit dan burung gereja yang tim Unyu sebutkan di bawah ini.

1
Suara Burung

Suara Kedua Burung Sangat Berbeda

Suara Burung

2
Reproduksi Burung

Memiliki Kuantitas Telur dan Treatment Anak yang Berbeda

Reproduksi Burung

3
Penampilan Burung

Perbedaan Fisik Burung Cukup Signifikan

Penampilan Burung

4
Makanan Burung

Pakan Burung Pipit dan Gereja Cenderung Berbeda

Makanan Burung

5
Habitat Burung

Kedua Burung Memiliki Preferensi Habitat yang Berbeda

Habitat Burung

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Suara Kedua Burung Sangat Berbeda
© freepik.com
1
Suara Kedua Burung Sangat Berbeda

Suara Burung

Burung pipit memiliki suara yang lembut dan bermelodi. Suara burung pipit sering kali terdengar ketika mereka sedang berkomunikasi atau terbang dengan burung lainnya. Suaranya cenderung terdengar lebih nyaring ketika mereka sedang terbang di udara.

Sementara itu, burung gereja memiliki suara yang lebih keras dan sering kali bersuara dalam kelompok. Suara mereka bisa jadi sangat bising dan mencolok, terlebih saat mereka berkumpul dalam jumlah yang besar.

Memiliki Kuantitas Telur dan Treatment Anak yang Berbeda
© freepik.com
2
Memiliki Kuantitas Telur dan Treatment Anak yang Berbeda

Reproduksi Burung

Rekomendasi kami

Secara umum, burung pipit bertelur sebanyak 5-6 butir dan berwarna putih dalam 1 kali periode reproduksi. Mereka biasanya membuat sarang di tanah dan tersembunyi di antara rerumputan atau semak. Setelah telur menetas, anak burung pipit akan tinggal di dalam sarang selama beberapa minggu sebelum terbang.

Sementara itu, burung gereja umumnya bertelur sebanyak 3-4 kali butir dalam 1 kali periode reproduksi. Mereka biasanya membuat sarang di dalam ceruk bangunan seperti ventilasi atau genteng. Anak burung gereja akan tinggal di sana selama beberap minggu dan diasuh oleh induknya sebelum siap terbang.

Perbedaan Fisik Burung Cukup Signifikan
© freepik.com
3
Perbedaan Fisik Burung Cukup Signifikan

Penampilan Burung

Burung pipit memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan ekor yang panjang dan ramping. Bulunya cenderung berwarna coklat serta belang di bagian dada dan perut. Selain itu, burung pipit juga memiliki kepala dan tengkuk berwarna coklat dan hitam di sekitar muka.

Sebaliknya, burung gereja memiliki tubuh yang sedikit lebih besar. Mereka memiliki bulu dengan warna hitam keabu-abuan. Tidak hanya itu, burung gereja juga terkenal memiliki tubuh yang gemuk dan paruh yang kuat.

Di sisi lain, Unyulicious juga bisa membedakan burung gereja jantan dan betina dari bentuk kepala. Kepala burung gereja betina berwarna coklat dan kusam, sedangkan burung gereja jantan berwarna coklat kemerahan.

Pakan Burung Pipit dan Gereja Cenderung Berbeda
© freepik.com
4
Pakan Burung Pipit dan Gereja Cenderung Berbeda

Makanan Burung

Rekomendasi kami

Burung pipit dan burung gereja memiliki jenis makanan yang sedikit berbeda. Secara umum, burung pipit memakan serangga kecil, biji-bijian, dan serangga air. Mereka juga suka mencari makan di tanaman rendah, seperti tanaman berbunga dan rumput.

Di sisi lain, burung gereja lebih suka memakan biji-bijian dan serangga berukuran besar, seperti jangkrik, ulat, dan belalang. Mereka juga cenderung mencari makan di area yang berdekatan dengan manusia, seperti di tempat sampah dan taman.

Kedua Burung Memiliki Preferensi Habitat yang Berbeda
© freepik.com
5
Kedua Burung Memiliki Preferensi Habitat yang Berbeda

Habitat Burung

Secara umum, burung pipit hidup di tempat yang terbuka, seperti padang rumput, taman, dan sawah. Mereka biasanya mencari makan di tanah dan sering berkeliaran bersama dengan kelompok burung lainnya.

Di sisi lain, Unyulicious bisa menemukan burung gereja di sekitar permukiman manusia, seperti desa dan perkotaan. Mereka biasanya membuat sarang di ceruk bangunan dan mencari makanan di area permukiman.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Burung Pipit dan Burung Gereja

Sebelum Unyulicious mengakhiri artikel ini, simak terlebih dahulu beberapa pertanyaan di bawah. Tim Unyu telah menyiapkan pertanyaan beserta jawaban yang dapat menambah wawasan Unyulicious. Check it out!

Apakah burung pipit dan burung gereja itu sama?

Tidak, meskipun burung gereja termasuk jenis burung pipit kecil, namun keduanya berasal dari keluarga yang berbeda.

Apakah kita boleh memelihara burung gereja?

Tidak, meskipun burung gereja memiliki sifat asli jinak, akan tetapi Anda tidak disarankan untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan.

Mengapa burung pipit disebut burung gereja?

Hal itu karena burung gereja hanya mencari bangunan yang tinggi sebagai tempat tinggal. Di zaman dahulu, hanya beberapa bangunan saja yang memang dirancang tinggi, salah satunya adalah gereja.

Bolehkah mengonsumsi daging burung pipit?

Boleh, sama halnya dengan burung dara, burung pipit juga bisa Anda konsumsi. Hanya saja, burung pipit memiliki ukuran yang lebih kecil dan dagingnya pun lebih sedikit.

Burung gereja pertanda apa?

Beberapa orang memercayai bahwa bila kedatangan burung gereja, maka hal tersebut memiliki arti akan datangnya kabar baik atau buruk. Tidak hanya itu, kedatangan burung gereja juga memiliki arti akan datang tamu yang membawa kabar baik ke rumah.

Cakar burung untuk apa?

Cakar burung berfungsi untuk membantu burung bertengger di dahan. Selain itu, cakar juga berguna untuk menangkap dan membawa mangsa.

Kesimpulan: Perbedaan Burung Pipit dan Burung Gereja

Burung pipit adalah salah satu burung yang termasuk dalam rantai makanan. Di dalam rantai makanan, burung pipit berperan sebagai Konsumen II. Nantinya, burung elang atau merpati sebagai konsumen puncak akan memakan burung pipit. Berbeda dengan burung pipit, burung gereja tidak termasuk ke dalam rantai makanan.

Burung pipit dan burung gereja memiliki ciri khusus yang cukup menarik perhatian. Gambar dan uraian perbedaan burung pipit dan burung gereja di atas semoga dapat menjadi bahan bacaan Unyulicious untuk menambah pengetahuan. Lantas, masih adakah hal yang memancing rasa penasaran Unyulicious? Jika ada, tulis di kolom komentar dan mari diskusi bersama!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo