Hide Menu

Penyuka Daging Harus Tahu 5 Perbedaan Ayam Pejantan dan Joper, Persilangan yang Lezat!

Berikut Perbedaan Ayam Pejantan dan Joper Sebagai Ayam Persilangan yang Perlu Unyulicious Ketahui. Yuk, Baca!

Artikel Perbedaan Ayam Pejantan dan Joper ini diposting diperbarui
6 Pembaca
Like
Perbedaan Ayam Pejantan dan Joper 2024
© freepik.com

Sekilas tentang Ayam Joper dan Ayam Pejantan

Sekilas tentang Ayam Joper dan Ayam Pejantan
freepik.com

Permintaan daging ayam kampung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di sisi lain, pertumbuhan ayam kampung yang lambat memunculkan kendala bagi peternak untuk memenuhi permintaan tersebut.

Akan tetapi, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan ternak ayam joper dan ayam pejantan. Lantas, apakah Unyulicious tahu apa itu ayam pejantan dan ayam joper? Berikut penjelasannya.

Ayam joper aka Jowo Super adalah hasil perbaikan genetik menggunakan metode grading up. Adapun arti metode tersebut adalah menyilangkan ayam ras betina dengan pejantan ayam kampung, Bangkok, dan ayam lokal unggul lainnya. Salah satu contoh persilangannya yaitu antara ayam petelur betina dan ayam kampung jantan. 

Hal tersebut dilakukan sebab ayam petelur mampu memproduksi telur dalam jumlah yang banyak daripada ayam kampung. Oleh sebab itu, produksi DOC (Day Old Chicken) ayam joper dapat Unyulicious lakukan secara massal dalam waktu yang singkat.

Di sisi lain, ayam pejantan adalah hasil dari ayam petelur yang sudah masuk masa afkir. Selama di peternakan, ayam harus diberi kandang dan pakan sesuai standar serta vitamin. Secara umum, ayam pejantan lebih cepat dan siap potong karena tidak menghasilkan telur. Maka, peternak akan memanen ayam pejantan ketika berumur 2-3 bulan. 

Dari segi tekstur, ukuran ayam pejantan lebih kecil dari jenis ayam lain dan berwarna putih bersih. Tidak hanya itu, pemeliharaan ayam pejantan terkenal lebih mudah daripada jenis ayam broiler atau negeri. Peternak hanya perlu melakukan pemeliharaan pejantan sekitar 7-8 minggu dengan bobot 0,6-0,7 kg.

Budidaya pejantan paling banyak dilakukan di wilayah Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Nah, karena kedua ayam ini berasal dari ayam petelur, apa yang menjadi perbedaan ayam pejantan dan joper? Baca dengan seksama setiap section di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. Yuk, simak!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Ayam Pejantan dan Joper - Terbaru 2024

Melansir dari jurnal penelitian Prasetya (2022), daging ayam pejantan dapat digunakan sebagai alternatif pengganti daging ayam kampung. Selain itu, daging ayam joper juga dapat dimanfaatkan sebagai solusi  pemenuhan kebutuhan daging seluruh warga Indonesia.

Pertanyaannya, mana yang lebih baik dari kedua jenis ayam tersebut? Di bawah ini, tim Unyu akan jelaskan tentang perbedaan ayam pejantan dan joper. Yuk, simak dengan seksama setiap section yang ada!

1
Asal Usul Ayam

Keduanya Berasal dari Hasil Persilangan Ayam Petelur

Asal Usul Ayam

2
Fisik Ayam

Perbedaan yang Mudah Diamati Tanpa Alat Bantu

Fisik Ayam

3
Karakteristik Reproduksi

Reproduksi Ayam Pejantan dan Joper Saling Berkaitan

Karakteristik Reproduksi

4
Pencapaian Bobot Badan

Pemeliharaan yang Tepat Mempengaruhi Bobot Ayam

Pencapaian Bobot Badan

5
Warna Bulu Ayam

Warna Bulu Bisa Berubah Ketika Ayam Beranjak Dewasa

Warna Bulu Ayam

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Keduanya Berasal dari Hasil Persilangan Ayam Petelur
© freepik.com
1
Keduanya Berasal dari Hasil Persilangan Ayam Petelur

Asal Usul Ayam

Rekomendasi kami

Umumnya, ayam pejantan adalah tipe ayam petelur yang memiliki jenis kelamin jantan. Akan tetapi, ayam ini tidak mengalami perkawinan dengan jenis lainnya.

Sementara itu, ayam joper atau Jowo Super adalah hasil persilangan dari indukan ayam petelur betina dan ayam kampung atau ayam lainnya. Hal tersebut dilakukan guna menghasilkan ayam kampung dengan kualitas yang lebih baik. 

Perbedaan yang Mudah Diamati Tanpa Alat Bantu
© freepik.com
2
Perbedaan yang Mudah Diamati Tanpa Alat Bantu

Fisik Ayam

Fisik merupakan ciri yang dapat diamati dengan mudah terlihat meskipun tanpa alat bantu. Ayam pejantan memiliki pial merah di bawah paruh mereka yang lebih besar dan menonjol. Pial tersebut berfungsi untuk menghasilkan suara yang khas yang keras dan berisik. Suara ayam pejantan umumnya digunakan untuk menarik perhatian ayam joper atau untuk ritual kawin.

Sementara itu, ayam joper memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada ayam pejantan. Ayam joper juga memiliki perut yang lebih lebar, sehingga mereka dapat memproduksi telur yang lebih banyak. 

Reproduksi Ayam Pejantan dan Joper Saling Berkaitan
© freepik.com
3
Reproduksi Ayam Pejantan dan Joper Saling Berkaitan

Karakteristik Reproduksi

Rekomendasi kami

Perihal reproduksi, ayam pejantan dan joper memiliki peran yang berbeda. Ayam pejantan adalah ayam jantan yang memiliki tujuan untuk mengawini ayam joper. Pejantan memiliki peran penting dalam pembiakan dan produksi telur yang berkualitas.

Periode subur ayam pejantan lebih lama daripada ayam joper. Oleh sebab itu, pejantan mampu menghasilkan sperma yang banyak dan dapat mengawini beberapa ayam joper. Kemampuan tersebut dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas telur yang dihasilkan.

Sedangkan ayam joper adalah ayam betina yang menghasilkan telur. Mereka memiliki kemampuan untuk menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, tidak semua ayam joper dapat menghasilkan telur dengan kualitas dan kuantitas yang sama. Beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah dan kualitas telur antara lain kualitas pakan, umur, dan stres.

Untuk mengurangi risiko dari faktor tersebut, Unyulicious bisa memberi vitamin seperti foto produk rekomendasi di atas. Namun, jangan lupa untuk membaca aturan pakai melalui gambar yang ada di kemasan sebelum memberikannya, ya!

Pemeliharaan yang Tepat Mempengaruhi Bobot Ayam
© freepik.com
4
Pemeliharaan yang Tepat Mempengaruhi Bobot Ayam

Pencapaian Bobot Badan

Rekomendasi kami

Meskipun peternak mampu mengambil daging keduanya dalam waktu yang sama, namun keduanya memiliki bobot yang berbeda. Ayam paling besar di antara keduanya yaitu ayam joper yang mana beratnya bisa mencapai 1-1,3 kg/ekor.

Sebaliknya, ayam pejantan memiliki bobot berkisar 1 kg. Akan tetapi, pada umur 50-60 hari, ayam pejantan dapat mencapai 1,2-1,3 kg/ekor dengan pemeliharaan yang tepat. Jika peternak terus melakukan perbaikan gen joper dan pejantan, tentu pencapaian bobot akan semakin baik. 

Warna Bulu Bisa Berubah Ketika Ayam Beranjak Dewasa
© freepik.com
5
Warna Bulu Bisa Berubah Ketika Ayam Beranjak Dewasa

Warna Bulu Ayam

Ayam pejantan memiliki bulu yang lebih mencolok dengan warna merah dan kuning muda. Selanjutnya, warna tersebut akan berganti menjadi putih sampai tua dan siap panen. Bulu tersebut bermanfaat sebagai fitur pemikat, baik memikat ayam joper atau manusia.

Di sisi lain, ayam joper memiliki warna bulu yang lebih variatif sejak lahir. Anda akan melihat berbagai warna seperti hitam, kuning muda, kuning tua, hingga adanya corak campuran berkat warna utama.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Ayam Pejantan dan Joper

Setelah membaca penjelasan yang telah disebutkan di atas, selanjutnya tim Unyu akan membagikan beberapa pertanyaan. Tenang saja, Anda tidak perlu mencari jawabannya. Sebab, tim Unyu telah menyediakan pertanyaan lengkap beserta jawabannya. Check it out!

Ayam joper silangan dari ayam apa?

Ayam joper merupakan persilangan antara ayam jantan kampung dan petelur coklat betina.

Ayam jantan siap kawin umur berapa?

Ayam jantan siap kawin di usia 4-5 bulan.

Apa pakan untuk ayam joper?

Pakan ayam joper yang dapat Anda berikan yaitu pelet.

Ayam KUB hasil persilangan dari ayam apa?

Ayam KUB atau ayam Kampung Unggul Balitbangtan merupakan ayam kampung asli dari hasil persilangan sesama ayam kampung.

Kesimpulan: Perbedaan Ayam Pejantan dan Joper

Selain fisik, perbedaan ayam pejantan dan joper tidak terlalu kentara. Sebab, keduanya berasal dari ayam petelur dan dapat dimanfaatkan dagingnya. Oleh karena itu, budidaya kedua ayam ini bukanlah hal yang susah untuk dijalankan sekalipun oleh pemula.

Cara yang dapat Anda lakukan agar budidaya berhasil dan memiliki hasil dengan harga jual tinggi yaitu melakukan analisa pasar dan pemeliharaan yang tepat. Selain itu, Unyulicious juga bisa membuat tabel tumbuh kembang ayam guna mengetahui langkah-langkah tegas apa yang harus diambil.

Lalu, setelah membaca penjelasan di atas, apakah Unyulicious sudah siap untuk memulai budidaya 100 ekor ayam? Jika masih perlu panduan, coba kunjungi artikel lain di Unyu yang membahas tentang ayam. Akhir kata, sampai jumpa lain waktu! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo