Hide Menu

Kenali 5 Penyebab Kucing Botak dan Perbaiki Penampilan Anabul agar Kembali Menarik!

Cari Tahu Alasan Kenapa Kucing Bulunya Botak Guna Menentukan Pengendalian yang Tepat

Artikel Penyebab Kucing Botak ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Penyebab Kucing Botak 2024
© freepik.com

Cara Menumbuhkan Bulu Kucing yang Botak

Cara Menumbuhkan Bulu Kucing yang Botak
freepik.com

Kucing menjadi salah satu hewan berambut, meskipun tidak semua jenis kucing memiliki bulu. Pasalnya, terdapat bald cat yang sama sekali tidak memiliki rambut, yaitu kucing ras Sphynx. Namun, jenis ras tersebut jarang dimiliki oleh pecinta kucing di Indonesia.

Mayoritas pemilik kucing di Indonesia memelihara kucing ras Anggora dan Persia karena memiliki daya tarik berupa bulu yang lembut dan lebat. Oleh sebab itu, perawatan bulu kucing menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, banyak hal yang dapat membuat bulu kucing rontok bahkan berujung kebotakan.

Di section berikutnya, tim Unyu akan membahas penyebab bulu kucing botak. Sebelum itu, tim Unyu akan memberi tahu beberapa cara yang dapat Unyulicious lakukan untuk menumbuhkan kembali bulu kucing yang botak. Berikut penjelasannya.

  • Memberinya Asupan Omega

Memberi minyak ikan yang kaya Omega 3 dan Omega 6 baik untuk pertumbuhan bulu kucing. Namun, karena memiliki tekstur yang sedikit lengket, Unyulicious bisa mencampurnya dengan makanan harian mereka.

  • Pastikan Kucing Selalu Terhidrasi

Sama halnya dengan manusia, kucing juga membutuhkan asupan air yang cukup setiap hari. Jika anabul terhidrasi dengan baik, maka aliran darah akan lancar dan nutrisi pada akar bulu akan terpenuhi.

  • Memberi Vitamin

Selain memberi minyak ikan, Unyulicious juga bisa memberi vitamin, seperti Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin E, dan Nutri-C. Tidak hanya kerontokan, vitamin ini juga mampu mencegah luka infeksi.

  • Menambah Asupan Lemak

Cara selanjutnya untuk menumbuhkan bulu kucing yang botak adalah dengan menambah asupan lemak, seperti zaitun. Dengan begitu, pertumbuhan bulu akan semakin cepat.

  • Rutin Menyisir Bulunya

Menyisir bulu kucing secara rutin juga mampu mempercepat pertumbuhan bulu kucing. Di sisi lain, menyisir juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh mereka.

  • Mandi Secara Rutin dengan Shampo Khusus

Khusus untuk kebotakan akibat jamur, Unyulicious bisa memandikan anabul setidaknya 1 bulan sekali agar parasit bisa terbuang. Agar manfaat mandi semakin maksimal, Unyulicious bisa menggunakan shampo anti jamur yang tersedia di pet shop.

Setelah mengetahui cara menumbuhkan bulu kucing yang botak, lantas kucing botak kenapa? Untuk mendapat jawabannya, simak penyebab kucing botak di bawah ini hingga akhir, ya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Penyebab Kucing Botak - Terbaru 2024

Manifestasi tungau pada kulit akan menyebabkan terjadinya lesi kulit. Akibat yang terjadi adalah kucing akan botak dan lesio pada kulit yang mengering dan mengeras akan menjadi keropeng (Heri et al, 2020). Dengan ukuran tungau yang kecil, keberadaannya sering kali baru disadari ketika bulu kucing mulai rontok bahkan botak.

Kebotakan tersebut terjadi ketika kucing terus-menerus menggaruk bagian badan yang gatal. Faktanya, penyebab kucing botak tidak hanya karena tungau. Terdapat beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab kerontokan bulu kucing yang parah. Simak section di bawah ini untuk mengetahuinya!

1
Kucing Memiliki Alergi

Pastikan Lingkungan Sekitar Kucing Selalu dalam Keadaan Bersih

Kucing Memiliki Alergi

2
Hipertiroidisme

Pemicu Penyakit Lain sehingga Kucing Bisa Komplikasi

Hipertiroidisme

3
Kekurangan Nutrisi

Bantu Penuhi Kebutuhan Nutrisi Kucing dengan Memberi Vitamin

Kekurangan Nutrisi

4
Infeksi Kulit

Jenis Penyakit yang Bisa Menular ke Manusia

Infeksi Kulit

5
Kucing Sedang Stres

Luangkan Waktu untuk Bercengkerama dengan Anabul

Kucing Sedang Stres

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pastikan Lingkungan Sekitar Kucing Selalu dalam Keadaan Bersih
© freepik.com
1
Pastikan Lingkungan Sekitar Kucing Selalu dalam Keadaan Bersih

Kucing Memiliki Alergi

Rekomendasi kami

Alasan kenapa bulu kucing botak yang pertama adalah kucing memiliki alergi. Ketika anabul terpapar alergen, sistem kekebalan tubuh kucing akan melawannya dengan melepas histamin.

Sebagai tambahan untuk Unyulicious, histamin adalah zat yang menyebabkan peradangan pada kulit. Buntut dari penyakit ini adalah kucing akan merasa gatal dan terus menerus menggaruk badannya.

Jika membiarkan hal ini, garukan tersebut akan membuat kebotakan pada bagian tubuh kucing yang gatal. Tidak hanya alergen karena makanan, paparan zat kimia, parasit, udara kotor, hingga obat-obatan juga dapat menyebabkan alergi.

Untuk mengatasi alergi, Unyulicious bisa berkonsultasi dengan dokter hewan. Dengan berkonsultasi, dokter hewan akan memberi obat sesuai dengan penyebab alergi yang menyerang anabul.

Pemicu Penyakit Lain sehingga Kucing Bisa Komplikasi
© freepik.com
2
Pemicu Penyakit Lain sehingga Kucing Bisa Komplikasi

Hipertiroidisme

Penyebab bulu kucing botak selanjutnya adalah hipertiroidisme. Penyakit ini terjadi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif, sehingga keseimbangan hormon kucing bisa terganggu.

Akibat dari hormon kucing yang tidak seimbang adalah pertumbuhan bulu kucing yang tidak optimal dan menurunnya kualitas bulu. Itulah yang membuat kucing kehilangan bulu, terutama saat grooming

Selain kebotakan, gejala lain yang kucing tunjukan ketika mengalami hipertiroidisme adalah nafsu makan yang meningkat, namun berat badan terus menurun.

Untuk mengatasi hipertiroidisme, Unyulicious bisa langsung berkonsultasi dengan dokter hewan. Sebab jika tidak segera ditangani, hipertiroidisme ini bisa memicu komplikasi penyakit lainnya.

Bantu Penuhi Kebutuhan Nutrisi Kucing dengan Memberi Vitamin
© freepik.com
3
Bantu Penuhi Kebutuhan Nutrisi Kucing dengan Memberi Vitamin

Kekurangan Nutrisi

Rekomendasi kami

Apakah selama ini Unyuliciosu sudah memenuhi nutrisi anabul? Faktanya, kekurangan nutrisi tidak hanya membuat anabul tampak kurus, namun juga kucing rentan terkena gizi buruk dan berefek pada kebotakan.

Selain memberi makanan yang bergizi, Unyulicious juga bisa memberi tambahan vitamin atau suplemen nutrisi. Salah satu nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan bulu kucing adalah Zinc.

Jenis Penyakit yang Bisa Menular ke Manusia
© freepik.com
4
Jenis Penyakit yang Bisa Menular ke Manusia

Infeksi Kulit

Ringworm adalah infeksi kulit yang ditandai dengan botaknya bulu kucing di beberapa bagian. Biasanya, kebotakan ini dapat Unyulicious temui paling sering di bagian kepala, telinga, dan kaki. Di sisi lain, alopecia karena infeksi biasanya diikuti dengan kulit yang sedikit merah dan adanya bercak luka.

Sehingga, jika Unyulicious melihat bulu kucing pitak yang mengindikasikan ringworm, segera bawa anabul ke dokter hewan. Hal itu karena ringworm merupakan jenis penyakit zoonosis, dimana penyakit ini bisa menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya.

Luangkan Waktu untuk Bercengkerama dengan Anabul
© freepik.com
5
Luangkan Waktu untuk Bercengkerama dengan Anabul

Kucing Sedang Stres

Rekomendasi kami

Kenapa kucing bulunya botak? Salah satu jawabannya adalah bisa jadi kucing sedang stres. Bisa stres karena lingkungan baru ataupun karena birahi. Salah satu yang kucing lakukan untuk melampiaskan stresnya adalah grooming pribadi, yaitu dengan menjilati badannya perlahan.

Akan tetapi, jika ketika grooming tersebut membuat bulu kucing rontok cukup banyak, maka cobalah untuk menghentikannya. Kucing yang overgrooming karena stres adalah salah satu penyebab kucing botak.

Situasi ini dikenal dengan alopecia psikogenik. Kebotakan yang terjadi akibat alopecia psikogenik sering ditemukan pada belakang perut, ekor, selangkangan, tungkai bagian dalam, dan punggung bawah. Oleh karena itu, selalu beri kasih sayang dengan mengajaknya bermain atau memandikannya.

Tanya Jawab Seputar Penyebab Kucing Botak

Selain mempelajari tentang alam dan tumbuhan, mempelajari tentang hewan peliharaan adalah hal menyenangkan berikutnya. Oleh sebab itu, untuk menambah pengetahuan diri Unyulicious tentang kucing, simak beberapa pertanyaan di bawah ini, ya!

Kenapa bulu kucing ada yang botak?

Beberapa faktor yang menyebabkan bulu kucing botak yaitu faktor dermatological, penyakit umum yang terjadi pada tubuh, dan masalah tingkah laku.

Makanan apa saja yang bisa membuat bulu kucing rontok?

Salah satu makanan yang bisa membuat bulu kucing rontok adalah pakan yang mengandung bawang.

Kenapa bulu kucing rontok dan pitak?

Kutu dan tungau bisa membuat bulu kucing rontok dan pitak, sebab kucing merasa gatal sehingga ia terus menggaruk badannya.

Kesimpulan: Penyebab Kucing Botak

Selain kumis, bulu juga menjadi bagian tubuh penting yang bermanfaat sebagai baju untuk melindungi kucing dari dingin dan panas. Oleh sebab itu, jika terjadi sesuatu pada bulu kucing, Anda perlu segera mencari tahu alasannya.

Jika terjadi perubahan sikap pada kucing, bahkan bulunya tampak kusam dan pitak, itu menjadi tanda bahwa kucing dalam keadaan bahaya. Maksudnya, bisa jadi kucing sedang mengalami gangguan kesehatan, termasuk stres.

Maka dari itu, dengan membaca penyebab kucing botak dan gambar produk rekomendasi di atas dapat menjadi alasan untuk Unyulicious lebih memerhatikan anabul. Yuk, bersama wujudkan kulit anabul yang lebat dan sehat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo