Hide Menu

Ketahui 5 Masa Produktif Ayam Petelur Guna Menghasilkan Telur Berkualitas Unggul!

Ayo Maksimalkan Kualitas Hasil Produksi Telur dengan Mengetahui Masa Produktif Ayam Petelur!

Artikel Masa Produktif Ayam Petelur ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Masa Produktif Ayam Petelur 2024
© freepik.com

Kunci Keberhasilan Ayam Petelur Mencapai Produksi Optimal

Kunci Keberhasilan Ayam Petelur Mencapai Produksi Optimal
freepik.com

Agar bisa berhasil dalam bisnis peternakan ayam petelur itu ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain genetik, nutrisi, lingkungan, dan manajemen pemeliharaan. Faktor-faktor tersebut adalah satu kesatuan yang saling berkaitan. 

Masih banyak peternak ayam petelur yang merasa kesusahan dalam mencapai standar performa terbaik. Berbagai permasalahan yang sering kali terjadi yaitu produksi tidak mencapai puncak, berat telur di bawah standar, dan produksi cepat turun. 

Maka, untuk mencegah dan mengurangi risiko kegagalan produksi tersebut, tim Unyu akan menjabarkan beberapa kunci yang perlu Unyulicious lakukan untuk mencapai keberhasilan produksi. Adapun kunci penting yang perlu Unyulicious lakukan antara lain:

  • Berat Badan Mencapai Standar dan Keseragaman Lebih dari 85%

Kontrol berat badan dengan melakukan penimbangan rutin agar performa ayam dapat terpantau dengan baik. Saat umur ayam 0-18 minggu, lakukan penimbangan sekali setiap minggu. Ketika umur sudah mencapai 18 minggu, lakukan penimbangan ayam setiap 2 minggu. Selanjutnya, setelah mencapai puncak produksi, lakukan penimbangan setiap bulan.

  • Kebutuhan Nutrisi Ransum dan Air Minum Terpenuhi

Beri ransum dengan nutrisi sesuai dengan kebutuhan ayam di setiap periode pemeliharaan. Ransum starter butuh protein, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Untuk grower, kandungan yang dibutuhkan yaitu protein, vitamin A, vitamin E, serta vitamin K yang lebih rendah daripada ransum starter. Bagi ayam petelur, keberadaan lemak perut yang lebih dari 5% dapat menurunkan performanya.

  • Status Kesehatan Baik

Guna mengatasi masalah penurunan produksi akibat faktor infeksius, Unyulicious perlu melakukan vaksinasi dan penerapan biosekuriti. 

  • Ciptakan Suasana Kandang yang Nyaman

Beberapa cara yang dapat Unyulicious lakukan antara lain bangun kandang dengan sistem sirkulasi yang baik dan pilih atap yang mampu mereduksi panas. Selain itu, Unyulicious harus mengatur kepadatan kandang dan atur jarak antar kandang.

  • Berikan Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan pada masa produksi memiliki manfaat untuk merangsang nafsu makan, pertumbuhan, serta merangsang sekresi hormon. Adapun hormon yang dimaksud yaitu Folicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH) yang berperan dalam pembentukan bakal kuning telur dan ovulasi. 

  • Evaluasi dengan Recording

Unyulicious dapat membuat tabel berisi data keadaan ternak per kandang. Tabel pencatatan tersebut berisi parameter yang dapat Unyulicious jadikan tolok ukur evaluasi pemeliharaan. Jika ada yang kurang tepat, maka lakukan pembenahan agar tidak ada kesalahan berulang. 

Selain mengetahui kunci keberhasilan di atas, Unyulicious perlu mengetahui masa produktif ayam petelur melalui setiap tahap periode pertumbuhannya. Jika Anda berniat untuk melakukan bisnis yang menjanjikan, simak penjelasannya di bawah ini!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Masa Produktif Ayam Petelur - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Auliya et al (2020), ayam petelur memiliki tahap periode pertumbuhan, yaitu mulai dari fase starter, fase grower, dan fase layer. Definisi fase layer yaitu ayam dewasa yang sedang berproduksi atau menjalani masa bertelur.

Banyak peternak yang menggunakan ayam petelur jenis Lohman Brown sebagai ayam budidaya. Selain Lohman Brown, peternak juga melakukan budidaya ayam petelur menggunakan ayam KUB. Ayam KUB mampu menghasilkan telur sebanyak 160-180 butir dalam 1 tahun dengan hen day sekitar 50%.

Untuk mencapai standar produksi ayam petelur, Unyulicious harus mengetahui pemeliharaan di setiap tahap pertumbuhannya. Unyulicious bisa mengetahui masa produksi ayam petelur melalui setiap umur ayam petelur di bawah ini.

1
Fase Starter Ayam Petelur

Usia Ayam Satu Ini Rentan Terkena Penyakit

Fase Starter Ayam Petelur

2
Fase Finisher Ayam Petelur

Beri Pakan Secara Teratur, Setidaknya 2 Kali Sehari

Fase Finisher Ayam Petelur

3
Fase Grower Ayam Petelur

Peralihan dari Fase Starter dan Proses Seleksi Ayam

Fase Grower Ayam Petelur

4
Fase Pre-Layer Ayam

Ayam Petelur pada Fase Ini Sensitif terhadap Gangguan Stres

Fase Pre-Layer Ayam

5
Fase Layer Ayam

Fase Puncak Produktivitas Ayam Petelur

Fase Layer Ayam

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Usia Ayam Satu Ini Rentan Terkena Penyakit
© freepik.com
1
Usia Ayam Satu Ini Rentan Terkena Penyakit

Fase Starter Ayam Petelur

Rekomendasi kami

Ciri dari fase starter ayam petelur adalah ketika ayam keluar dari cangkang telur hingga bulu tubuhnya tumbuh sempurna. Fase satu ini juga dikenal dengan DOC (Day Old Chick), yaitu bibit ayam yang baru berumur sehari hingga 14 hari.

Pada fase ini, ayam petelur masih membutuhkan pemeliharaan khusus terkait suhu dan kebersihan kandang untuk memastikan pertumbuhannya optimal. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan pemberian makanan. Pakan harus mengandung protein tinggi guna mendukung tumbuh dan kembang organ tubuh ayam.

Beri Pakan Secara Teratur, Setidaknya 2 Kali Sehari
© freepik.com
2
Beri Pakan Secara Teratur, Setidaknya 2 Kali Sehari

Fase Finisher Ayam Petelur

Rekomendasi kami

Fase finisher adalah fase ketika ayam petelur sudah mencapai usia 5-8 minggu. Pada fase ini, bulu ayam mulai tumbuh dengan lebat, sehingga suhu kandang bisa dikurangi bertahap. Pengurangan suhu kandang tersebut bisa Anda lakukan sebab ayam sudah bisa menghangatkan dirinya sendiri.

Tidak hanya itu, ayam juga mulai membentuk kerangka tubuhnya, sehingga membutuhkan protein sedang (20%-21%) guna membentuk otot dan tulang. Di sisi lain, protein juga membantu pembentukan hormon, enzim, dan antibodi untuk menjaga imunitas ayam.

Peralihan dari Fase Starter dan Proses Seleksi Ayam
© freepik.com
3
Peralihan dari Fase Starter dan Proses Seleksi Ayam

Fase Grower Ayam Petelur

Pemeliharaan pada fase grower tidak jauh berbeda. Periode grower adalah ketika anak ayam berumur 9-13 minggu. Kebutuhan ruang untuk periode ini yaitu berkisar 7-8 ekor per m².

Adapun untuk kebutuhan tempat pakan kapasitas 10 kg yaitu 4 buah per 100 ekor. Untuk efisiensi dalam pemberian pakan, Unyulicious bisa memasangkan grill di tempat makannya. Selanjutnya, lakukan peralihan pakan dari fase starter ke grower dengan syarat bobot ayam umur 8 minggu sudah tercapai. Hal itu bertujuan agar ayam dapat membentuk kerangka badan yang baik.

Pada tahap ini, proses seleksi ayam juga dilakukan. Seleksi ayam bertujuan untuk mengoreksi kesalahan seleksi yang telah dilakukan oleh pembibit. Maka, ayam berkelamin jantan harus Unyulicious keluarkan dan letakkan di lokasi atau kandang yang berbeda.

Ayam Petelur pada Fase Ini Sensitif terhadap Gangguan Stres
© freepik.com
4
Ayam Petelur pada Fase Ini Sensitif terhadap Gangguan Stres

Fase Pre-Layer Ayam

Periode pre-layer yaitu periode yang sangat krusial untuk menuju periode layer. Fase ini mulai dari usia 16-18 minggu, dimana semua peternak mengharapkan dan berusaha mencapai puncak produksi ayam petelur. Pada periode ini pula, ayam layer mengalami pancaroba fungsi tubuhnya.

Di satu sisi, dewasa tubuh ayam masih berlangsung. Namun, di sisi lainnya, kelamin ayam sudah mulai matang sehingga mulai bertelur. Oleh sebab itu, ayam akan merasa bingung membagi asupan gizinya untuk tubuh atau untuk produksi.

Fase Puncak Produktivitas Ayam Petelur
© freepik.com
5
Fase Puncak Produktivitas Ayam Petelur

Fase Layer Ayam

Fase layer adalah ayam petelur yang telah mengalami dewasa kelamin dan sudah mampu untuk bertelur. Usia produktif ayam petelur dihitung sejak ayam mulai bertelur sekitar usia 20-22 minggu atau saat hen day mencapai 5%.

Hen day adalah ukuran efisiensi teknis produksi telur yang membandingkan produksi hari itu dengan jumlah ayam yang hidup di hari yang sama. Maka, awal masa bertelur bisa jadi beragam di setiap tipe ayam petelur.

Di sisi lain, pemberian pakan di fase ini juga perlu Unyulicious perhatikan. Unyulicious bisa menerapkan Feed Convertion Ratio (FCR) atau konversi pakan, yaitu perbandingan antara ransum yang ayam habiskan dalam menghasilkan sejumlah telur dengan berat per kilogram telur. 

Tanya Jawab Seputar Masa Produktif Ayam Petelur

Menarik ‘kan mempelajari tentang ayam petelur? Maka, sebelum Unyulicious mengakhiri artikel ini, luangkan sedikit waktu untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah, ya. Tambahan penjelasan dari tim Unyu ini tentu dapat menambah wawasan Unyulicious. Check it out!

Berapa lama masa produksi ayam petelur?

Ayam petelur akan mulai bertelur saat umur mereka mencapai 22 minggu. Selanjutnya, produksi telur terus meningkat dan mencapai puncak produksi ketika usia 32-36 minggu.

Ayam petelur afkir umur berapa?

Ayam petelur afkir ketika memasuki umur 72-80 minggu.

Apakah ayam petelur akan bertelur setiap hari?

Iya, ayam petelur akan bertelur setiap hari. 

Kesimpulan: Masa Produktif Ayam Petelur

Ayam adalah jenis unggas yang banyak dijadikan sebagai hewan budidaya di Indonesia. Alasannya karena telur dan daging ayam bisa memberi protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, peternak di Indonesia juga membedakan jenis ayam budidaya tersebut jadi ayam petelur atau egg-laying chicken dan broiler atau ayam pedaging.

Di sisi lain, masing-masing peternak juga memiliki preferensi sendiri, baik memelihara ayam dari usia DOC atau pullet. Untuk memaksimalkan hasil produksi, Anda perlu memerhatikan masa produktif ayam, tanpa kecuali ayam petelur.

Maka, masa produktif ayam petelur yang tim Unyu uraikan di atas diharap mampu menjadi pedoman budidaya ayam petelur untuk Anda. Tidak lupa juga memberi stimulation sebagai alat untuk menghasilkan telur yang berkualitas dan memiliki harga jual tinggi. Lantas, apakah Unyulicious sudah siap menjadi peternak ayam petelur dengan kualitas telur terbaik?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo