Hide Menu

Ha? Emang Kumis Anabul Bisa Patah? Bisa Banget! Inilah 5 Alasan Kenapa Kumis Kucing Patah

Hati-Hati dalam Memberi Makan dan Perhatikan Kesehatan Anabul dengan Seksama Guna Mencegah Kumis Patah dan Rontok

Artikel Kenapa Kumis Kucing Patah ini diposting diperbarui
15 Pembaca
Like
Kenapa Kumis Kucing Patah 2024
© freepik.com

Fungsi Kumis Kucing

Fungsi Kumis Kucing
freepik.com

Jika berbicara tentang kumis kucing, bisa jadi yang ada di pikiran Anda adalah nama tumbuhan. Namun, kali ini tim Unyu tidak membahas tumbuhan kumis kucing, melainkan kumis kucing yang anabul miliki.

Sebelumnya, apakah Unyulicious sudah mengetahui bahwa kumis kucing bisa patah? Faktanya, cat whiskers can break and fall off. Jika sudah begitu, apakah kumis kucing bisa tumbuh lagi? Simak penjelasan di bawah ini.

Patahnya kumis kucing merupakan hal yang normal dan wajar. Ibarat rontok rambut pada manusia, kumis kucing juga bisa rontok dan patah beberapa bulan sekali. Namun, di antara kucing dewasa dan kucing yang masih muda, kerontokan kerap kali terjadi pada kucing yang masih muda.

Pada dasarnya, kumis kucing terlihat misa seperti 2 lapis, ada kumis yang kecil atau pendek dan ada juga kumis yang panjang. Umumnya, warna kumis kucing adalah putih. Akan tetapi, tidak jarang terdapat kumis berwarna hitam meskipun pendek dan sangat jarang.

Lantas, apa yang menyebabkan kumis kucing patah dan rontok? Sebelum membahas alasan kumis kucing rontok dan patah, ketahui dahulu apa sebenarnya fungsi kumis kucing. Berikut beberapa fungsi kumis kucing:

  • Mendeteksi Benda-Benda di Sekitar Kucing

Fungsi kumis kucing yang pertama adalah untuk mendeteksi benda-benda di sekitarnya. Perlu Unyulicious ketahui bahwa kucing yang buta dapat mengetahui kondisi sekitarnya dengan baik hanya dengan berjalan.

Kucing memiliki banyak ujung saraf yang mengirim pesan ke otak kucing melalui folikel bagian dalam kumisnya. Selanjutnya, terdapat organ sensorik di ujung kumis yang mampu menangkap getaran di lingkungan sekitarnya. Dengan begini, kucing dapat dengan mudah mengetahui dimana ia berada dan situasi lingkungan di sekitarnya.

  • Merasakan Dunia

Selanjutnya, kumis kucing dapat berfungsi sebagai radar. Karena alasan itulah kumis kucing menjadi cara bagaimana kucing dapat merasakan dunia. Oleh sebab itu, kumis kucing tidak boleh dipotong.

  • Mengetahui Suasana Hati Kucing

Dengan melihat kumisnya, Unyulicious atau hewan lain bisa mengetahui suasana hati kucing. Kucing memiliki otot di wajahnya yang dapat menggerakkan kumis. Ketika kucing rileks, maka kumisnya akan tetap diam dan keluar dari samping kepala.

Selanjutnya, jika kucing sedang berburu atau penasaran, maka kumisnya akan tampak terdorong sedikit ke dapan. Kemudian, jika Unyulicious mengetahui bahwa kumisnya menempel ke wajah, maka saat itu kucing sedang gugup atau kesal.

  • Menilai Jarak dan Ruang

Setiap helai kumis kucing memiliki saraf kecil yang juga sangat sensitif untuk membantu kucing menilai jarak serta ruang. Hal tersebut membantu kucing dalam hal membuat keputusan, seperti seberapa jauh harus melompat untuk mencapai titik lainnya.

Dari penjelasan tersebut tentu memperjelas bahwa kumis memiliki manfaat yang luar biasa bagi kucing. Itulah mengapa Unyulicious tidak boleh potong kumis kucing karena memiliki efek yang tidak baik bagi kehidupannya.

Di sisi lain, Unyulicious juga harus mengetahui alasan mengapa kumis kucing bisa patah atau rontok. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan kenapa kumis kucing patah di bawah ini, ya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Kenapa Kumis Kucing Patah - Terbaru 2024

Menurut jurnal penelitian Christopher dan Eric (2010), kumis mamalia adalah organ indera yang canggih, kegunaannya yaitu sebagai pelengkap untuk penglihatan jarak dekat. Dalam beberapa kasus, kumis berfungsi untuk mendeteksi getaran di udara atau air.

Unyulicious sudah mengetahui bahwa kumis kucing patah atau rontok memiliki efek yang membahayakan bagi kucing. Selanjutnya, untuk mengetahui secara lengkap dan jelas penyebab kumis kucing patah dan rontok, simak section di bawah ini dengan seksama!

1
Penyakit Dermatitis

Selain Kumis Patah, Dermatitis Juga Membuat Kulit Kucing Kering

Penyakit Dermatitis

2
Penyakit Alopecia

Jika Tidak Segera Ditangani, Kucing Beresiko Kebotakan

Penyakit Alopecia

3
Tungau

Tungau Sering Menjadi Penyebab dari Berbagai Jenis Penyakit

Tungau

4
Infeksi Jamur

Infeksi Jamur yang Parah Membutuhkan Penanganan Segera

Infeksi Jamur

5
Trauma atau Benturan

Perhatikan Fisik dan Kumis Kucing Setelah Bertengkar

Trauma atau Benturan

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Selain Kumis Patah, Dermatitis Juga Membuat Kulit Kucing Kering
© freepik.com
1
Selain Kumis Patah, Dermatitis Juga Membuat Kulit Kucing Kering

Penyakit Dermatitis

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang rentan terkena penyakit. Bahkan, beberapa penyakit dapat menyebabkan kumis kucing patah, seperti dermatitis. Meskipun tidak tampak terlalu serius, namun dermatitis bisa menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan yang parah pada kucing.

Oleh sebab itu, Unyulicious perlu segera mengatasi permasalahan tersebut dengan memberi obat dermatitis yang sesuai. Akan tetapi, jika ragu memberikan obat tersebut, Unyulicious bisa segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi anabul.

Jika Tidak Segera Ditangani, Kucing Beresiko Kebotakan
© freepik.com
2
Jika Tidak Segera Ditangani, Kucing Beresiko Kebotakan

Penyakit Alopecia

Penyakit ini bisa jadi jarang atau bahkan belum pernah Unyulicious dengar sebelumnya. Pengertian alopecia adalah penyakit yang membuat kucing sering kali kehilangan kumis dan sisa bulu di tubuhnya. Tidak jarang alopecia juga kerap membuat kucing menjadi botak dan tampak kurus.

Untuk mencegah agar bulu kucing tidak rontok, Unyulicious bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dan menjaga kucing tetap terhidrasi. Namun, jika bulu yang rontok dibarengin dengan kumis yang patah, segera bawa ke dokter hewan. Nantinya, dokter hewan akan memberi diagnosa dan obat yang sesuai dengan kondisi anabul.

Tungau Sering Menjadi Penyebab dari Berbagai Jenis Penyakit
© freepik.com
3
Tungau Sering Menjadi Penyebab dari Berbagai Jenis Penyakit

Tungau

Rekomendasi kami

Tungau menjadi salah satu hewan yang sering kali menyerang kucing, terlebih kucing yang tidak terjaga kebersihannya. Infestasi tungau dapat menyebabkan kerontokan kumis, meskipun memang hal ini jarang terjadi.

Daripada kucing yang selalu berada di dalam ruangan, tungau lebih umum menghinggapi kucing yang berada di luar ruangan. Oleh sebab itu, jika terdapat tungau di badan anabul termasuk ekor, maka ciri yang akan Unyulicious lihat adalah kulit yang merah dan meradang.

Infeksi Jamur yang Parah Membutuhkan Penanganan Segera
© freepik.com
4
Infeksi Jamur yang Parah Membutuhkan Penanganan Segera

Infeksi Jamur

Rekomendasi kami

Sama halnya dengan tungau, jamur juga sering kali mengintai kesehatan anabul. Bahkan, penyebab kumis anabul yang patah dan rontok tersebut bisa jadi karena jamur atau anti scabies.

Meskipun begitu, Unyulicious dapat menghilangkan jamur dengan memberi obat khusus jamur. Jika bingung, Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi obat jamur dari tim Unyu di atas.

Perhatikan Fisik dan Kumis Kucing Setelah Bertengkar
© freepik.com
5
Perhatikan Fisik dan Kumis Kucing Setelah Bertengkar

Trauma atau Benturan

Rekomendasi kami

Alasan terakhir mengapa kumis kucing bisa patah adalah trauma atau benturan. Adapun benturan yang bisa membuat kumis kucing patah adalah tempat makanan atau minum yang terlalu kecil.

Bisa jadi alasan tempat makanan dan minum yang kecil tidak terpikirkan sebelumnya. Namun, faktanya tempat yang terlalu kecil dapat membuat kumis kucing tertekuk dan patah.

Di sisi lain, akibat kucing berkelahi dengan sesamanya di alam bebas juga dapat menyebabkan luka dan kumis kucing patah. Jika sudah menemukan kejadian seperti ini, Unyulicious bisa berkonsultasi ke dokter hewan untuk mengetahui langkah tepat apa yang harus diambil.

Tanya Jawab Seputar Kenapa Kumis Kucing Patah

Menarik ‘kan mengetahui tentang apa saja penyebab kumis kucing patah. Oleh karena itu, guna memperkaya pengetahuan Unyulicious tentang kumis kucing, alangkah baiknya membaca beberapa pertanyaan di bawah ini.

Apakah kumis kucing yang tercabut bisa tumbuh lagi?

Bisa, namun membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan hingga kumis mencapai ukuran normal.

Apa yang akan terjadi jika kumis kucing dipotong?

Jika memotong kumis kucing, maka yang akan terjadi adalah kucing akan mengalami infeksi, rasa sakit, dan kerusakan permanen pada folikel rambut.

Apakah kita boleh memotong kumis kucing?

Tidak, sebab kumis kucing berfungsi untuk membantu orientasi dan navigasi.

Kesimpulan: Kenapa Kumis Kucing Patah

Kucing adalah salah satu hewan yang berkumis dan berambut. Namun, ternyata kumis dan rambut kucing tersembut bisa rontok dan patah. Bisa jadi pemilik tidak menyadari bahwa buntut pemeliharaan yang kurang tepat dapat membuat hal tersebut terjadi.

Seperti contoh, ketika memberi tempat makan dan minum yang terlalu kecil, beresiko membuat kumis kucing patah. Di lain hal, memakaikan baju yang terlalu ketat menyebabkan bulu kucing rontok. Bahkan, cara mandi yang kurang tepat juga bisa menyebabkan kedua hal itu terjadi.

Oleh sebab itu, setelah mengetahui alasan kenapa kumis kucing patah, Unyulicious bisa merawat diri anabul dengan lebih baik lagi. Jika Anda menemukan bahwa kumis kucing patah dan terdapat luka, segera bersihkan menggunakan kapas secara lembut dan perlahan.

Di sisi lain, Anda juga perlu mewaspadai ketika kucing birahi. Sebab ketika birahi, anabul akan akan lebih mudah stres. Perlu diingat, dari semua perawatan yang Unyulicious lakukan, jangan lupa untuk selalu memberi kasih sayang, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo