Hide Menu

Jangan Makan Buah yang Telah Dihinggapi Lalat, Kenali 2 Gejala Serangan Lalat Buah Ini!

Teliti dalam Mengonsumsi Buah dengan Mengenali Gejala Serangan Lalat Buah, Jangan Sampai Buah yang Menyehatkan Berubah Makna

Artikel Gejala Serangan Lalat Buah ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Gejala Serangan Lalat Buah 2024
© freepik.com

Tips Membasmi dan Mencegah Lalat Buah Menjadi Masalah

Tips Membasmi dan Mencegah Lalat Buah Menjadi Masalah
freepik.com

Pernah dengar suara dengungan di telinga ketika sedang memasak di dapur? Atau ketika ingin makan buah, namun Unyulicious mendapati adanya serangga yang hinggap di permukaan buah tersebut? Jika pernah mengalaminya, bisa jadi Unyulicious sedang menghadapi serangan hama lalat buah.

Lalat buah adalah jenis serangga kecil yang tertarik pada buah dan sayuran yang sudah matang. Untuk mengetahui keberadaannya, perhatikan sekitar tempat sampah atau wastafel yang memiliki akses pada makanan busuk. Mengapa tempat tersebut?

Sebab, tempat tersebut merupakan sumber makanan lalat. Larva lalat akan memakannya ketika ia berkembang menjadi lalat dewasa. Lantas, adakah cara pengendalian yang praktis dan efektif? Tentu ada! Berikut 5 cara mengusir lalat buah yang dapat Unyulicious terapkan di rumah:

  • Menggunakan Minyak Essential

Cara yang pertama yaitu menggunakan minyak esensial dengan aroma serai. Unyulicious bisa menyebarkannya di sekitar dapur atau meneteskannya pada kapas dan letakkan di tempat kesukaan lalat buah.

  • Jangan Biarkan Tempat Sampah Terbuka

Unyulicious harus memastikan bahwa semua tempat sampah tertutup rapat untuk mencegah masuknya lalat buah.

  • Jaga Kebersihan Dapur

Pastikan Unyulicious selalu mengelap meja, mencuci piring, dan segera membersihkan tumpahan atau sisa makanan. 

  • Jangan Meninggalkan Makanan yang Belum Habis

Jika Unyulicious tidak langsung menghabiskan makanan, maka simpanlah makanan tersebut di lemari pendingin. Meninggalkan makanan sama saja mengundang lalat buah atau serangga lain masuk ke dalam rumah.

  • Simpan Buah dan Sayur di Lemari Pendingin

Lemari es mampu mencegah sayur dan buah matang terlalu cepat. Sebab, seperti yang telah tim Unyu jelaskan sebelumnya, bahwa lalat menyukai buah dan sayur yang matang.

Namun, cara-cara di atas terkadang bisa luput karena padatnya jadwal dan mobilitas Unyulicious yang tinggi. Oleh karena itu, tim Unyu akan menjelaskan beberapa gejala serangan lalat buah yang dapat Unyulicious perhatikan dengan mudah. Yuk, simak setiap section di bawah ini dengan seksama!

Siklus Hidup Lalat

Siklus Hidup Lalat
freepik.com

Sama halnya dengan makhluk hidup lain, lalat buah juga melewati tahapan siklus hidup. Siklus hidup lalat dimulai dari tahap telur. Lalat betina bertelur di tempat dimana larva lalat buah dapat menetas dan mulai makan. Dalam 1 kali kelahiran, lalat betina bisa menghasilkan lebih dari 100 telur.

Setelah telur menetas, keluar larva atau belatung dengan ciri berwarna putih dan tidak memiliki kaki. Belatung adalah makhluk hidup mirip cacing yang tidak akan pergi jauh dari sumber makanannya. Selain itu, belatung juga menggunakan sebagian mulutnya untuk mengait dan memakan sumber makanannya untuk terus tumbuh.

Selanjutnya, belatung berkembang dan berganti kulit. Belatung akan melewati proses molting atau pelepasan kerangka luar dan menumbuhkan kerangka luar yang baru selama 2 kali. Ketika maggot memasuki tahap pupa, ia akan tampak lebih besar, kulitnya mulai berwarna kuning, dan tidak lagi berbentuk silindris.

Pada tahap ini, lalat mulai mengembangkan sayap, kaki, dan bentuk lain selama sekitar 5 hari. Pada akhirnya, lalat akan berubah menjadi lalat dewasa. Kemudian, lalat mulai mencari sumber makanan dan mencari tempat baru untuk bertelur.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Gejala Serangan Lalat Buah - Terbaru 2024

Karena siklus berkembang biak lalat yang cukup cepat, maka Unyulicious harus membasmi dengan segara. Melansir dari penelitian Monalisa et al (2019), gejala dari serangan lalat buah dapat diamati melalui struktur buah yang ia serang.

Maka, untuk mengenalinya gejala serangan lalat buah, Unyulicious bisa memerhatikan beberapa penjelasan dari tim Unyu di bawah ini.

1
Adanya Bekas Sengatan

Bekas Sengatan pada Setiap Buah Berbeda-beda

Adanya Bekas Sengatan

2
Buah Busuk Sebelum Waktunya

Segera Buang untuk Mencegah Lalat Generasi Baru

Buah Busuk Sebelum Waktunya

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bekas Sengatan pada Setiap Buah Berbeda-beda
© freepik.com
1
Bekas Sengatan pada Setiap Buah Berbeda-beda

Adanya Bekas Sengatan

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan untuk tahu gejala serangan lalat buah adalah adalah mengamati adanya bekas sengatan. Bahkan, dalam beberapa kasus, terdapat pembusukan di sekitar sengatan.

Buah alpukat dan markisa memiliki area yang keras dan akan menebal saat tersengat. Di sisi lain, pada buah jeruk yang matang, bekas sengatan bisa jadi hanya berupa bintik kecil berwarna coklat. Tingkat kerusakan akibat larva yang menembus buah akan bervariasi berdasarkan jenis dan kematangan buah, kondisi cuaca, dan jumlah larva di dalamnya.

Pada prosesnya, larva akan menggali ke bagian tengah buah. Sedangkan pembusukan secara internal umumnya berkembang dengan cepat pada buah yang lunak. Sebaliknya, pada buah keras terlihat jaringan penyaluran yang diikuti pembusukan internal.

Segera Buang untuk Mencegah Lalat Generasi Baru
© freepik.com
2
Segera Buang untuk Mencegah Lalat Generasi Baru

Buah Busuk Sebelum Waktunya

Tahapan lalat buah yang paling merusak adalah stadium larva. Apabila memotong buah menjadi 2 bagian, maka Unyulicious akan mendapati adanya larva-larva kecil. Selain itu, terdapat perubahan warna pada daging buah dan pada bagian yang terserang akan menjadi lunak.

Pada buah yang masih berada di pohon, maka buah akan jatuh sebelum masak. Buah yang gugur tersebut harus segera Unyulicious musnahkan sebelum nantinya menjadi sumber infeksi atau tempat berkembang lalat berikutnya.

Tanya Jawab Seputar Gejala Serangan Lalat Buah

Lalat buah memiliki jenis yang beragam, seperti jenis lalat dengan bahasa latin Bactrocera carambolae dan Bactrocera dorsalis. Untuk letak perbedaan, Bactrocera carambolae adalah jenis lalat buah yang sering kali merusak tanaman pertanian, khususnya tanaman hortikultura.

Sedangkan Bactrocera dorsalis adalah jenis lalat buah yang sering kali mengganggu kualitas buah perdagangan. Untuk lebih jelasnya, Unyulicious bisa membaca beberapa pertanyaan dan jawaban tentang lalat buah di bawah ini, ya!

Pada waktu apa lalat buah menyerang tanaman?

Lalat buah aktif menyerang tanaman saat siang sampai sore hari, terlebih ketika menjelang senja.

Bagaimana cara mengatasi lalat buah?

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi lalat buah, di antaranya membersihkan wastafel dan saluran air dapur, menyimpan bumbu dan saus dalam wadah yang tepat, mendaur ulang botol, serta membuat perangkap lalat buah.

Kenapa tiba-tiba banyak lalat buah?

Hal tersebut terjadi karena terdapat makanan yang memang menjadi santapan lalat buah, seperti buah-buahan dan sayuran yang terlalu matang.

Apakah lalat buah jantan tidak mengganggu tanaman?

Berbeda dengan lalat buah betina, lalat buah jantan sama sekali tidak mengganggu tanaman.

Lalat takut dengan warna apa?

Warna yang lalat takuti adalah warna biru.

Kesimpulan: Gejala Serangan Lalat Buah

Cara melakukan penangkapan dan pengendalian lalat bisa jadi berbeda, bergantung pada jenis lalat dan tempat yang dihinggapi lalat. Untuk lalat buah yang mengganggu komoditas pertanian, Anda bisa menggunakan insektisida Bulfidor, Bionik, dan Metomil. Selain ampuh untuk membasmi lalat buah, obat tersebut juga ampuh untuk membasmi hama ulat pada tumbuhan cabe, mangga, tomat, dan lainnya.

Namun, jika lalat buah itu berada di dalam rumah, tentu Anda tidak bisa menggunakan pestisida serupa. Sebab, obat tersebut mengandung bahan kimia yang bahaya jika Anda gunakan di dalam rumah. Untuk menggantikan senyawa kimia tersebut, Unyulicious bisa memakai pestisida organik, salah satunya larutan ekstrak cabai atau bahan-bahan alam lainnya.

Selain memahami cara pengendalian, Anda juga perlu tahu gejala serangan lalat buah. Dengan demikian, Anda bisa lebih mengerti apa yang harus dilakukan dan alat pengendalian apa yang sesuai. Unyulicious juga bisa menggunakan rekomendasi produk dari gambar tim Unyu di atas. Lantas, masih adakah hal terkait lalat buah yang membuat Unyulicious penasaran? Jika ada, tuliskan rasa penasaran itu di kolom diskusi di bawah ini, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo