Hide Menu

Butuh Teman? Pelihara Burung Berkicau dan Imut dengan Mempelajari 6 Ciri-Ciri Burung Pipit

Berikut Ciri-Ciri Burung Pipit yang Perlu Unyulicious Ketahui Sebelum Memeliharanya di Rumah

Artikel Ciri-Ciri Burung Pipit ini diposting diperbarui
10 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Burung Pipit 2024
© freepik.com

Tahu Nggak Apa itu Burung?

Tahu Nggak Apa itu Burung?
freepik.com

Burung atau manuk adalah anggota dari kelompok hewan bertulang belakang. Ave adalah hewan yang memiliki kemampuan untuk terbang, meskipun kenyataannya tidak semua burung atau manuk memiliki kemampuan terbang tersebut.

Jenis-jenis burung itu sangat bervariasi, mulai dari burung pipit yang berukuran kecil, penguin yang mampu menyelam dengan sayapnya, hingga burung unta yang tingginya bisa jadi melebihi tinggi manusia. 

Pada bagian yang lebih besar, spesies manuk di dunia juga mampu terbang dengan menggunakan sayapnya. Beberapa di antaranya bebek, burung gereja, burung merpati, burung elang, dan lainnya. Di sisi lain, contoh jenis manuk yang tidak bisa terbang seperti burung unta, burung kasuari, burung penguin, dan lainnya. Secara ilmiah, jenis burung digolongkan ke dalam kelas Aves

Itulah deskripsi tentang burung secara umum. Sekarang, mari bersama mempelajari secara khusus tentang ciri-ciri burung pipit. Yuk, baca dan simak dengan seksama setiap section di bawah ini!

Kenalan dengan Burung Pipit!

Kenalan dengan Burung Pipit!
freepik.com

Burung pipit adalah sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wiilayah tropis. Habitat burung pipit tidak tahan dengan iklim dingin, sehingga memerlukan habitat hangat seperti Indonesia.

Meskipun begitu, terdapat beberapa burung pipit yang dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan dingin, tepatnya di Australia Selatan. Burung pipit dapat bertelur 4 hinga 10 butir dan memiliki warna putih.

Biasanya, burung pipit menyimpan telur tersebut di dalam sarang dengan bentuk bola-bola rumput. Adapun jenis pipit yang dapat Unyulicious temukan dengan mudah di Indonesia antara lain:

  • Bondol Hijau Binglis (Erythrura Prasina)

Bondol hijau adalah manuk pipit yang banyak dipelihara dan sering ditempatkan bersama burung finch di kandang aviary. Hal itu karena bondol hijau dan finch memiliki penampilan dan warna warni yang cantik.

  • Burung Pipit Zebra (Zebra Finch)

Burung pipit ini cukup terkenal di kalangan pecinta burung, baik lokal maupun mancanegara. Unyulicious bisa menemukannya dengan mudah di Indonesia, Timor Leste, dan Australia.

  • Strawberry Finch

Strawberry Finch atau Amandava adalah salah satu manuk pipit yang cukup populer di Indonesia. Burung pipit jenis ini memiliki nama lain Red avadavat. Selain itu, burung strawberry finch juga dikenal dengan sebutan emprit geni atau pipit benggala.

  • Bondol Haji (Lonchura Maja)

Bondol Haji atau Pipit Haji adalah burung pipit yang masuk ke dalam suku Estrildidae. Burung ini memiliki bulu berwarna putih yang terletak di kepala. Unyulicious dapat menemukan jenis burung pipit ini di Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya, dan pulau-pulau di sekitarnya.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Ciri-Ciri Burung Pipit - Terbaru 2024

Menurut jurnal penelitian dari Evelin (2017), burung bondol atau burung pipit adalah burung berukuran kecil, pemakan biji, dan tersebar luas di wilayah tropis. Untuk mengetahui tentang morfologi burung pipit lebih jelas, simak karakteristik yang akan tim Unyu sebutkan di bawah ini.

1
Klasifikasi Burung Pipit

Burung Pipit Sering Disamakan dengan Burung Gereja

Klasifikasi Burung Pipit

2
Bulu Burung Pipit

Terdapat Tanda Khusus untuk Membedakan Pipit

Bulu Burung Pipit

3
Pakan dan Paruh

Makanan Burung Menyesuaikan dengan Bentuk Paruhnya

Pakan dan Paruh

4
Ukuran Burung Pipit

Ukuran Burung Pipit Cukup Bervariasi

Ukuran Burung Pipit

5
Bentuk Kaki

Bentuk Kaki Memiliki Fungsi Tersendiri

Bentuk Kaki

6
Suka Berkunjung untuk Makan dan Mandi

Burung Pipit Memiliki Kebiasaan yang Unik

Suka Berkunjung untuk Makan dan Mandi

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Burung Pipit Sering Disamakan dengan Burung Gereja
© freepik.com
1
Burung Pipit Sering Disamakan dengan Burung Gereja

Klasifikasi Burung Pipit

Rekomendasi kami

Karena memiliki bentuk tubuh yang hampir sama, burung pipit sering kali disamakan dengan burung gereja. Faktanya, mereka berasal dari famili yang berbeda.

Manuk pipit membentuk 2 beda garis keturunan meskipun ada banyak evolusi yang berbeda. Salah satu dari 2 garis keturunan utama yaitu keluarga Emberizidae yang berevolusi di New World dan terdiri dari 300 spesies, termasuk burung-burung kerabat dekat.

Terdapat Tanda Khusus untuk Membedakan Pipit
© freepik.com
2
Terdapat Tanda Khusus untuk Membedakan Pipit

Bulu Burung Pipit

Rekomendasi kami

Burung pipit memiliki bulu yang berwarna coklat, abu-abu, dan putih. Akan tetapi, banyak burung pipit yang memiliki ciri khas warna lain guna membantu membedakan berbagai spesies.

Biasanya, burung jantan dan betina dari sebagian besar spesies tampak serupa. Meskipun begitu, burung pipit Old World menunjukkan sedikit dimorfisme seksual yang artinya ada perbedaan pada sistematik luar pada jenis kelamin meskipun spesiesnya sama. 

Makanan Burung Menyesuaikan dengan Bentuk Paruhnya
© freepik.com
3
Makanan Burung Menyesuaikan dengan Bentuk Paruhnya

Pakan dan Paruh

Rekomendasi kami

Burung pipit tinggal di area terbuka seperti padang rumput, ladang, dan tepi hutan. Hal itulah yang dapat mempengaruhi ketersediaan makanan. Pada dasarnya, burung pipit pemakan benih. Selain itu, kedua garis keturunan evolusi burung pipit memiliki paruh yang kuat dan memiliki bentuk kerucut.

Di sisi lain, selama musim kawin di musim panas, mayoritas burung pipit meningkatkan asupan proteinnya serta memakan serangga. Burung pipit juga mengonsumsi buah-buahan kecil seperti dogwood berry, ceri, dan black berry.

Untuk burung pipit rumah, pakan favoritnya adalah biji milet dan bunga favorit. Sedangkan, biji bunga matahari minyak hitam lebih cocok untuk burung pipit dan kerabatnya yang berukuran serupa. Hal itu karena biji bunga matahari bergaris terlalu keras, sehingga burung kecil tidak mudah untuk membukanya.

Ukuran Burung Pipit Cukup Bervariasi
© freepik.com
4
Ukuran Burung Pipit Cukup Bervariasi

Ukuran Burung Pipit

Secara umum, burung pipit adalah burung yang relatif kecil dengan panjang sekitar 5 inci. Meskipun begitu, terdapat beberapa spesies yang memiliki ukuran sedikit lebih besar.

Bentang sayap burung pipit cukup bervariasi, mulai dari 6 inci hingga 12 inci. Spesies burung pipit kecil memiliki bobot kurang dari 1 ons. Sebaliknya, spesies besar dapat mencapai berat 2 kali lipat.

Bentuk Kaki Memiliki Fungsi Tersendiri
© freepik.com
5
Bentuk Kaki Memiliki Fungsi Tersendiri

Bentuk Kaki

Jika berbicara tentang karakteristik tubuh, Anda tidak bisa melupakan bentuk kaki. Faktanya, kaki burung pipit berupa jari-jari panjang dan terletak dalam bidang datar. Hal tersebut berfungsi untuk hinggap di ranting pohon.

Burung Pipit Memiliki Kebiasaan yang Unik
© freepik.com
6
Burung Pipit Memiliki Kebiasaan yang Unik

Suka Berkunjung untuk Makan dan Mandi

Rekomendasi kami

Burung pipit New World dan Old World sering kali berkunjung ke tempat makan di halaman belakang rumah. Passer domesticus atau burung pipit rumah yang ada di mana-mana adalah pemandangan umum.

Selain itu, spesies burung pipit juga sangat suka membersihkan diri. Anda bisa jadi melihat sayapnya bergerak untuk memercikkan air ke seluruh tubuh saat ia mandi.

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Burung Pipit

Sebelum mengakhiri artikel tentang ciri-ciri burung pipit, simak beberapa pertanyaan di bawah ini, ya. Tentunya, pertanyaan dan jawaban yang tim Unyu siapkan dapat menambah pengetahuan Unyulicious. Check it out!

Apa saja ciri-ciri burung?

Beberapa ciri-ciri burung yang perlu Anda ketahui antara lain memiliki sifat endotermik, memiliki paruh, bipedal, sebagian besar tubuh berupa gelendong, jantungnya memiliki 4 ruang dengan fungsi yang berbeda, bertelur dan beranak, serta memiliki insting migrasi yang kuat.

Burung pipit tinggal di mana?

Habitat burung pipit yaitu tempat yang hangat seperti di wilayah tropika. Akan tetapi, beberapa burung pipit juga tinggal di habitat dingin seperti Australia Selatan.

Di mana tempat tinggal burung pipit?

Tempat tinggal burung pipit yaitu rumput kering atau jerami padi.

Apa makanan burung Bondol peking?

Makanan utama burung bondol peking adalah aneka biji rumput-rumputan, salah satunya adalah padi.

Bagaimana cara mengetahui perbedaan emprit Jepang jantan dan betina?

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui perbedaan keduanya yaitu mengamati warna bulu dada. Emprit Jepang jantan memiliki warna hitam di dada terlihat tegas dan pekat. Sebaliknya, emprit Jepang betina memiliki warna hitam pada bulu dada agak kusam atau keabuan.

Kesimpulan: Ciri-Ciri Burung Pipit

Burung pipit sering kali menjadi materi dalam kajian Islam. Salah satu kisahnya yaitu tentang Sayyidina Umar bin Khattab RA yang masuk ke surga karena menyelamatkan burung pipit. Menarik, ya?

Jika Anda ingin punya teman karena kesepian, memelihara burung ini bisa jadi solusi menarik. Anda bisa membeli burung pipit dengan harga yang murah. Namun, meskipun murah jangan lupa untuk selalu memberi pemeliharaan yang terbaik.

Guna mendukung pemeliharaan tersebut, Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi produk dari tim Unyu di atas. Tim Unyu juga telah menyertakan gambar produk sehingga memudahkan proses pemeliharaan. Lantas, setelah membaca ciri-ciri burung pipit di atas, apakah Unyulicious sudah mulai tertarik untuk memeliharanya?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo