Hide Menu

Burung Gereja dan Burung Pipit Emangnya Sama? Kenali 5 Ciri-Ciri Burung Gereja Berikut!

Inilah Ciri-Ciri Burung Gerja, Si Burung Kecil dengan Tubuh Unik yang Warna-Warni

Artikel Ciri-Ciri Burung Gereja ini diposting diperbarui
20 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Burung Gereja 2024
© freepik.com

Burung Gereja, Si Kecil Berisik yang Menggemaskan

Burung Gereja, Si Kecil Berisik yang Menggemaskan
freepik.com

Burung gereja atau burung pingai adalah jenis manuk emprit yang berasal dari keluarga PasseridaeSparrow adalah seekor burung yang jinak jika dibandingkan dengan semua burung liar dan memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dengan lingkungannya.

Oleh sebab itu, banyak orang menilai burung gereja tidak takut berada di dekat manusia. Di Indonesia, burung gereja-erasia adalah salah satu jenis pingai yang paling banyak ditemukan. Passer Montanus yang merupakan nama ilmiah dan nama asli burung gereja ini biasanya berterbangan di area sungai, persawahan, hingga pemukiman warga.

Untuk lebih mengenal burung unik ini, simak klasifikasi burung gereja berikut:

KerajaanAnimalia
FilumChrodata
KelasAves
OrdoPasseriformes
SubordoPasseri
InfraordoPasserida
SuperfamiliPasseroidea
FamiliPasseridae

Dalam bahasa Inggris, kata “burung” berarti “bird” dan “gereja” berarti “church”. Namun, burung gereja tidak disebut church bird. In English, burung gereja berarti sparrow. Sebaliknya, in Indonesian, sparrow means burung gereja.

Burger alias burung gereja memang burung yang unik. Spesies unggas ini masuk ke dalam kelompok burung pipit. Akan tetapi, kedua spesies tersebut berasal dari keluarga yang berbeda. Oleh karena itu, simak artikel ciri-ciri burung gereja di bawah ini agar wawasan Unyulicious semakin tercerahkan.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Ciri-Ciri Burung Gereja - Terbaru 2024

Melansir penelitian Zainal et al (2021), burung gereja atau sparrow memiliki sifat lebih mudah beradaptasi dan berkembang biak, terutama dengan lingkungan perkotaan. Ketika bermigrasi, burung gereja akan mencari bangunan tinggi sebagai tempat tinggal.

Selain itu, burung gereja juga suka tempat tinggi untuk sekedar beristirahat atau hinggap di atasnya. Agar lebih mengenal tentang sparrow, simak ciri-ciri yang akan tim Unyu sebutkan di bawah ini:

1
Bentuk dan Ukuran Burung Gereja

Burung Gereja Lebih Kecil daripada Burung Pipit

Bentuk dan Ukuran Burung Gereja

2
Warna Bulu Burung Gereja

Warna Burung Gereja Jantan dan Betina Sedikit Berbeda

Warna Bulu Burung Gereja

3
Habitat Burung Gereja

Burung Gereja Dapat Ditemukan dengan Mudah di Perkotaan

Habitat Burung Gereja

4
Perilaku Burung Gereja

Burung Gereja Cukup Berisik dan Tidak Bisa Diam

Perilaku Burung Gereja

5
Siklus Hidup dan Reproduksi

Burung Gereja Dapat Kawin dengan Lebih dari 1 Pasangan

Siklus Hidup dan Reproduksi

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Burung Gereja Lebih Kecil daripada Burung Pipit
© freepik.com
1
Burung Gereja Lebih Kecil daripada Burung Pipit

Bentuk dan Ukuran Burung Gereja

Rekomendasi kami

Salah satu jenis passer yaitu Eurasian tree sparrow. Burung gereja ini tidak berkerabat dengan jenis burung pipit Amerika Utara lainnya. Di sisi lain, bentuknya pun berbeda.

Burung gereja ini memiliki badan yang lebih gemuk, lebih berisi di bagian dada, kepala yang lebih besar dan bulat, ekor yang lebih pendek, serta paruh yang lebih gemuk daripada kebanyakan burung pipit Amerika.

Warna Burung Gereja Jantan dan Betina Sedikit Berbeda
© freepik.com
2
Warna Burung Gereja Jantan dan Betina Sedikit Berbeda

Warna Bulu Burung Gereja

Terdapat perbedaan warna antara burung gereja Eurasia jantan dan betina. Burung gereja jantan memiliki warna cerah dengan kepala abu-abu, pipi putih, oto hitam, dan leher rufous (merah). Kendati demikian, di perkotaan bisa jadi Unyulicious melihat beberapa burung yang kusam dan kotor.

Sedangkan burung gereja betina secara keseluruhan berwarna coklat kemerahan dengan bagian bawah berwarna abu suram. Sedikit berbeda, tetapi burung gereja jantan dan betina memiliki persamaan terlihat bergaris-garis dengan warna buff hitam dan coklat.

Burung Gereja Dapat Ditemukan dengan Mudah di Perkotaan
© freepik.com
3
Burung Gereja Dapat Ditemukan dengan Mudah di Perkotaan

Habitat Burung Gereja

Rekomendasi kami

Burung gereja atau goléjra telah hidup di sekitar manusia dalam waktu yang lama. Unyulicious akan dengan mudah menemukannya di perkotaan dan berkicau di atap murah.

Pada awalnya, burung pingai hanya bisa ditemukan di benua Afrika, Eropa, dan Asia. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, persebaran burung gereja ini meluas hingga Australia dan Amerika.

Di Indonesia, burung gereja ini dapat Unyulicious temukan di berbagai daerah. Adapun populasi terbesarnya antara lain berada di Jawa, Bali, Sumatera, dan Pulau Kalimantan.

Burung Gereja Cukup Berisik dan Tidak Bisa Diam
© freepik.com
4
Burung Gereja Cukup Berisik dan Tidak Bisa Diam

Perilaku Burung Gereja

Rekomendasi kami

Burung gereja adalah burung pengicau yang cukup berisik. Ia juga suka berterbangan turun untuk mematuk biji-bijian.

Aktivitas yang burung gereja senangi adalah keluar masuk lubang sarang yang tersembunyi di balik papan, atap rumah, pohon atau lampu lalu lintas.

Tidak hanya itu, burung gereja juga senang berkeliaran di tempat parkir sembari menunggu remahan makanan atau memungut serangga.

Burung Gereja Dapat Kawin dengan Lebih dari 1 Pasangan
© freepik.com
5
Burung Gereja Dapat Kawin dengan Lebih dari 1 Pasangan

Siklus Hidup dan Reproduksi

Burung gereja memiliki sifat kawin unik yang mana ia bisa melakukannya lebih dengan 1 pasangan. Ketika musim kawin tiba, sparrow akan berkicau dengan lebih nyaring, lantang, dan intensitasnya meningkat. 

Intensitas kicau yang meningkat itu biasa dilakukan oleh pejantan untuk membuat burung betina tertarik. Dalam sehari, seekor burung betina mampu kawin dengan beberapa pejantan. Jumlah telur per ekor bisa mencapai 5-6 butir.

Pejantan dan betina akan mengerami telur tersebut bersama-sama selama kurang lebih 2 minggu. Selanjutnya, sang induk akan mengurus anaknya selama 15-20 hari sebelum mampu mencari makanan sendiri. Ketika memasuki usia 1 tahun, biasanya burung gereja sudah siap kawin dan berkembang biak.

Untuk rata-rata umur hidup, mayoritas burung gereja kecil dapat hidup hingga usia 3 tahun.

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Burung Gereja

Setelah membaca penjelasan di atas, masih adakah hal yang membuat Unyulicious penasaran? Jika iya, sudah ada  daftar pertanyaan populer beserta jawaban yang sudah tim Unyu siapkan untuk menambah wawasan Unyulicious tentang burung gereja. Cek daftarnya di bawah ini!

Apa manfaat burung bagi lingkungan?

Kehadiran burung memiliki manfaat yang besar bagi lingkunga, salah satunya yaitu sebagai penyeimbang lingkungan dalam komponen ekosistem.

Dimana habitat burung gereja?

Habitat burung gereja dapat Anda temui dengan mudah, paling sering di daerah perkotaan dan pedesaan terlebih di sekitar pemukiman.

Burung gereja termasuk hewan apa?

Burung gereja termasuk jenis burung pipit yang berasal dari Famili Passeridae.

Apa kelebihan burung gereja?

Salah satu kelebihan burung gereja ialah mampu menyebarkan biji-bijian di dalam kotorannya yang membantu dalam regenerasi tanaman dan ekosistem.

Apa arti kedatangan burung gereja?

Kedatangan burung gereja memiliki 3 arti. Pertama, jika Anda mendengar suara kicauan burung gereja di sekitar rumah, maka pertanda akan datang tamu dari jauh. Kedua, burung ini bisa memberi tahu akan ada bencana. Arti kedatangan burung gereja yang ke-3 yaitu datangnya rezeki yang tak terduga.

Burung gereja bahasa Inggrisnya apa ya?

Bahasa Inggris burung gereja adalah sparrow.

Kesimpulan: Ciri-Ciri Burung Gereja

Burung gereja yang memiliki nama latin Passer montanus ini memang unik. Ukurannya yang kecil sering kali membuat burung gereja disamakan dengan burung pipit. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa melihat foto dan ciri-ciri burung gereja di atas sebagai cara untuk lebih mengenal si sparrow.

Meskipun terlihat jinak, burung gereja ini cenderung merusak rumah. Itulah mengapa burung gereja tidak disarankan untuk dipelihara. Namun, jika berniat untuk memeliharanya, Unyulicious juga bisa membeli dan menggunakan rekomendasi produk di atas.

Tim Unyu juga sudah menyertakan gambar produk sehingga memudahkan Anda dalam membeli produk serupa. Maka, jangan lupa untuk selalu lakukan pemeliharaan yang tepat agar burung gereja peliharaan Anda jadi lebih terlatih dan tidak merusak barang di rumah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo