Hide Menu

Bobot Petelur Ringan Seringan Namanya? Buktikan dengan 5 Ciri-Ciri Ayam Petelur Ringan!

Cari Tahu Karakteristik dan Klasifikasi Ayam Petelur Ringan Selengkapnya dalam Artikel Ini, Lengkap!

Artikel Ciri-Ciri Ayam Petelur Ringan ini diposting diperbarui
15 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Ayam Petelur Ringan 2024
© freepik.com

Tentang Ayam Petelur di Indonesia

Tentang Ayam Petelur di Indonesia
freepik.com

Di Indonesia, peternakan ayam sudah mulai menjamur, baik ayam petelur maupun ayam pedaging. Ayam petelur adalah ayam betina indukan yang memang dibudidaya untuk menghasilkan telur. Sedangkan ayam pedaging dibudidayakan untuk menghasilkan daging.

Ternak bangsa unggas jenis ras layer atau ayam petelur di Indonesia memiliki prospek yang bagus. Hal itu karena konsumsi protein hewani di Indonesia masih rendah sementara jumlah populasi meningkat terus menerus setiap tahun. Itu artinya kebutuhan protein hewani bisa terus bertambah. 

Klasifikasi ayam ras petelur terbagi menjadi 2, yaitu ayam petelur ringan dan ayam petelur medium. Lantas, apa perbedaan ayam petelur ringan dan medium? Ayam petelur ringan adalah ayam ras yang berasal dari genus galur murni White Leghorn. Galur ini sulit dicari, namun ayam petelur ringan banyak dikomersilkan di Indonesia dengan berbagai nama.

Nama lain petelur ringan itu ayam petelur putih. Ayam tipe ini khusus untuk bertelur sebab dagingnya hanya sedikit. Sedangkan ayam petelur medium adalah ayam yang memiliki bobot tubuh yang cukup berat. Meski begitu, bobot ayam petelur ini berada di antara bobot ayam petelur ringan dan broiler.

Ciri-ciri ayam petelur medium itu yang membuat ayam ini memiliki nama ayam dwiguna. Ayam petelur medium juga merupakan ayam petelur coklat. Salah satu jenis ayam petelur medium yaitu Isa Brown yang berasal dari Strain Lohman Brown. Ayam Lohman Brown adalah ayam hibrida dan selektif dibiakkan untuk memproduksi telur.

Selanjutnya, tim Unyu akan menjelaskan lebih dalam tentang ayam petelur ringan. Yuk, simak lebih lanjut tentang ciri-ciri ayam petelur ringan berikut!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Ciri-Ciri Ayam Petelur Ringan - Terbaru 2024

Melansir dari jurnal penelitian Zulfikar (2013), setiap pembibit ayam petelur pasti menjual ayam petelur ringan komersial. Hal itu karena ayam ini memiliki kemampuan bertelur dengan total lebih dari 260 butir per tahun produksi hen day

Selain ayam White Leghorn, ayam Hamburg juga menjadi idola untuk budidaya ayam petelur. Jenis ini mampu memproduksi telur dengan hasil yang berlimpah sebab ia tidak melalui masa mengerami. Kendati demikian, setiap peternak memiliki preferensi masing-masing dalam melakukan budidaya ayam petelur.

Ada peternak yang lebih senang memelihara sejak umur DOC, ada juga yang cocok budidaya ayam dari umur pullet. Lantas, bagaimana sih ciri-ciri ayam petelur ringan ini sampai bisa menghasilkan telur yang cukup banyak? Simak penjelasan dan setiap foto yang tim Unyu siapkan di bawah ini, ya!

1
Badan Ramping Kurus dan Mungil

Mungil namun Tetap Proporsional

Badan Ramping Kurus dan Mungil

2
Bulunya Berwarna Putih Bersih

Bulu Ayam Petelur Ringan Itu Halus dan Berkilau

Bulunya Berwarna Putih Bersih

3
Sensitif terhadap Cuaca Panas dan Keributan

Terapkan Manajemen Kandang untuk Tumbuh Kembang Ayam

Sensitif terhadap Cuaca Panas dan Keributan

4
Produktivitas Telur yang Tinggi

Banyak Hasil Telur Tidak Terlepas dari Beberapa Faktor

Produktivitas Telur yang Tinggi

5
Jengger Berwarna Merah

Warna Cerah Menjadi Indikator Kesehatan Ayam

Jengger Berwarna Merah

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mungil namun Tetap Proporsional
© freepik.com
1
Mungil namun Tetap Proporsional

Badan Ramping Kurus dan Mungil

Rekomendasi kami

Seperti namanya, ayam petelur ringan memiliki tubuh yang relatif kecil daripada ayam ras lain. Ayam ini memiliki bentuk tubuh yang ramping, proporsional, dan bobotnya sangat ringan.

Umumnya, ayam petelur ringan betina memiliki berat sekitar 1,5-2 kilogram. Meskipun ukuran tubuhnya kecil, namun ayam ini memiliki kemampuan bergerak yang baik.

Bulu Ayam Petelur Ringan Itu Halus dan Berkilau
© freepik.com
2
Bulu Ayam Petelur Ringan Itu Halus dan Berkilau

Bulunya Berwarna Putih Bersih

Rekomendasi kami

Ayam petelur ringan memiliki bulu yang halus dan berkualitas. Secara umum, bulu ayam jenis ini berwarna putih. Namun, ada juga petelur ringan yang bulunya bukan putih.

Tidak hanya halus dan berkualitas, bulu ayam ini juga memiliki tekstur yang lembut. Oleh sebab itu, jika Anda melihat ayam ini, ia akan tampak anggun dan indah.

Terapkan Manajemen Kandang untuk Tumbuh Kembang Ayam
© freepik.com
3
Terapkan Manajemen Kandang untuk Tumbuh Kembang Ayam

Sensitif terhadap Cuaca Panas dan Keributan

Rekomendasi kami

Ayam layer ringan sangat sensitif terhadap cuaca panas dan keributan. Mereka akan merasa tidak nyaman, sehingga faktor tersebut dapat mempengaruhi jumlah produksi telurnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, salah satu cara yang dapat Unyulicious lakukan adalah melakukan manajemen kandang dengan baik.

Kepadatan kandang yang tinggi membuat ayam mudah stres, sehingga konsumsi ransum menurun dan konsumsi air meningkat. Selain itu, ayam akan panting atau bernapas melalui tenggorokan guna menyeimbangkan suhu tubuhnya dan akhirnya mempengaruhi pertumbuhan ayam. 

Banyak Hasil Telur Tidak Terlepas dari Beberapa Faktor
© freepik.com
4
Banyak Hasil Telur Tidak Terlepas dari Beberapa Faktor

Produktivitas Telur yang Tinggi

Rekomendasi kami

Ayam Leghorn terkenal karena kemampuan dalam memproduksi telur yang tinggi. Secara rata-rata, ayam ini mampu menghasilkan lebih dari 200 butir telur setiap tahun produksinya. Hasil telur ayam ini berukuran cukup besar dan cangkangnya pun kuat. Kombinasi ukuran tubuh dan kemampuan bertelur yang tinggi membuat ayam ini populer.

Selain itu, produksi telur ayam petelur ringan ini dapat bervariasi. Hal tersebut bergantung dari beberapa faktor, seperti asupan makanan, kondisi lingkungan, genetika ayam, dan manajemen pemeliharaan.

Oleh sebab itu, pastikan Unyulicious memberi pemeliharaan terbaik, termasuk kebutuhan pakannya. Anjuran berat badan untuk ayam petelur ringan yaitu sekitar 1,5 kg. Maka, untuk mengukurnya, Unyulicious bisa menimbang ayam 10% dari jumlah ayam yang ada di kandang. 

Warna Cerah Menjadi Indikator Kesehatan Ayam
© freepik.com
5
Warna Cerah Menjadi Indikator Kesehatan Ayam

Jengger Berwarna Merah

Salah satu yang membedakan ayam petelur ringan dengan ayam lainnya yaitu bagian jengger dan pial. Ayam petelur ringan memiliki jengger dan pial berwarna merah, mencolok, dan cukup besar.

Jengger yang berwarna cerah menjadi indikator kesehatan ayam. Sebab, warna yang kusam atau pucat menunjukkan masalah kesehatan.

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Ayam Petelur Ringan

Unyulicious telah membaca beberapa deskripsi yang tim Unyu sebutkan di atas. Sebelum Unyulicious mengakhiri artikel ini, luangkan sedikit waktu untuk membaca pertanyaan di bawah ini, ya. Penjelasan di bawah akan semakin meyakinkan Unyulicious untuk memelihara ayam petelur ringan. Penasaran? Berikut daftar pertanyaannya:

Bulu ayam petelur ringan berwarna apa?

Ayam petelur ringan memiliki bulu warna putih.

Berapa jumlah telur yang dihasilkan pada ayam petelur ringan?

Ayam petelur ringan bisa menghasilkan telur sekitar 260 butir per tahun produksi.

Apa itu infundibulum pada ayam?

Pengertian dari infundibulum adalah tempat yang berfungsi sebagai wadah kuning telur yang telah mengalami ovulasi.

Apakah ayam memiliki kloaka?

Iya, ayam memiliki kloaka. Adapun pengertian dari kloaka adalah tempat mengeluarkan ampas dari pencernaan dan urin.

Kesimpulan: Ciri-Ciri Ayam Petelur Ringan

Ayam adalah hewan jenis unggas yang banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan telur dan dagingnya. Akan tetapi, tidak semua jenis ayam bisa dimanfaatkan telur dan dagingnya. Contohnya ayam kampung, banyak peternak mengenalnya sebagai ayam pedaging. Selain itu, terdapat ayam kate yang bukan sebagai ayam pedaging ataupun petelur, melainkan hanya sebagai ayam hias. Banyak, ‘kan jenis ayam di negara ini? 

Itulah mengapa, terdapat 2 klasifikasi ayam ternak, yaitu ayam petelur dan pedaging. Selanjutnya, ayam petelur juga dibagi lagi menjadi 2 klasifikasi, yaitu ayam petelur ringan dan medium. Semoga bahasa yang tim Unyu gunakan untuk menjelaskan ciri-ciri ayam petelur ringan dan penggunaan gambar di atas dapat menjadi gambaran. Jadi, apakah Anda sudah paham perbedaan antara dua klasifikasi ayam petelur? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo