Hide Menu

Bingung Memilih Peliharaan Ayam Terbaik? Inilah Daftar 4 Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus

Lakukan Budidaya dengan Mengetahui Karakteristik dan Cara Perawatan Ayam Ketawa Melalui Artikel Ini.

Artikel Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus ini diposting diperbarui
32 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus 2024
© freepik.com

Emang Ayam Bisa Ketawa? Simak Dulu Sejarahnya!

Emang Ayam Bisa Ketawa? Simak Dulu Sejarahnya!
freepik.com

Apakah Unyulicious mengetahui tentang ayam ketawa sebelumnya? Ya, ayam ketawa merupakan salah satu ayam hias yang unik dan banyak orang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Lantas, mengapa disebut ayam ketawa? Yuk, cari tahu lebih lanjut.

Ayam ketawa manugaga atau ayam jantan dari timur adalah unggas asli Indonesia, tepatnya berasal dari Kabupatan Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan. Alasan unggas ini disebut dengan ayam ketawa karena memiliki suara berkokok yang khas, bahkan menyerupai ketawa manusia. 

Untuk membandingkan ayam ketawa dengan ayam sejenisnya secara fisik ternyata cukup sulit. Pasalnya, postur dan perawakan ayam ketawa sangat mirip dengan ayam Jawa secara umum. Sebagian besar peternak melestarikannya dengan mengadakan lomba kualitas suara.

Meskipun peminatnya gak sebesar ayam jago, namun pemelihara ayam ketawa terbilang banyak. Tujuan pemeliharaan ayam ketawa cukup bervariasi, seperti menjadikannya hewan kesayangan di rumah hingga untuk mengikuti kontes. Namun, meskipun banyak peminat, ayam ketawa ini dapat dikatakan cukup langka, lho

Hal yang mendasari mengapa ayam ketawa cukup langka karena menurut sejarahnya, hanya keluarga bangsawan yang dapat memelihara jenis ini. Gak cuma itu, ayam ketawa juga menjadi simbol status sosial masyarakat dan dianggap bisa bawa keberuntungan. Oleh karenanya, masyarakat sekitar memilih untuk tidak memelihara ayam ketawa karena rasa hormat dan segan terhadap raja. 

Lantas, untuk memelihara atau bahkan melakukan budidaya, ciri-ciri ayam ketawa yang bagus itu seperti apa? Cari tahu jawabannya dengan stay di artikel ini hingga akhir. Simak sekarang!

Pemeliharaan Ayam Ketawa

Pemeliharaan Ayam Ketawa
freepik.com

Selanjutnya, jika ingin melakukan budidaya ayam ketawa, Unyulicious harus mengetahui cara pemeliharaannya. Pemeliharaan yang tepat tentu akan menghasilkan jenis ayam ketawa yang bagus. 

Faktor utama penentu ayam ketawa akan menjadi ayam yang bagus atau tidak adalah makanan. Pakan yang berkualitas akan menjaga stamina dan menjadikan suara ayam ketawa merdu, seperti beras merah dan jagung giling. Sedangkan untuk anak ayam ketawa, akan lebih baik jika Unyulicious memberi voer dengan kandungan protein yang tinggi.

Untuk ayam ketawa betina, sekali periode bertelur akan menghasilkan 10-13 butir telur. Pada ayam ketawa asli kelamin betina terdapat daya tetas yang tinggi karena pembuahan ayam yang belum sempurna. Oleh sebab itu, untuk menunjang masa kesuburan ayam ketawa betina, berikan pakan bernutrisi tinggi. Sediakan pula suplemen minyak ikan untuk mendukung pertumbuhan bayi ayam. 

Jika bingung untuk menentukan kelamin ayam ketawa pasca menetas, Unyulicious bisa memeriksanya dengan beberapa cara, seperti memeriksa bulu di sayapnya, warna bulu, ukuran tubuh, dan mengenali dari dubur. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Robin et al (2015), ayam ketawa merupakan salah satu jenis ayam lokal yang dimanfaatkan sebagai ayam kesayangan. Hal itu karena suara kokoknya yang merdu dan mirip dengan suara ketawa manusia. Maka dari itu, ayam ketawa pun dikembangkan sebagai unggas penyanyi yang sering dikonteskan oleh para pemiliknya. 

Ayam ketawa tidak hanya berada di Indonesia. Di Malaysia, ayam ketawa ini memiliki nama ayam serama. Ayam ketawa ini cukup unik untuk dipelihara, terlebih karena ia memiliki suara berkokok yang serupa dengan ketawa manusia. 

Maka dari itu, banyak peternak yang mencoba untuk memproduksi dan menjualnya dengan harga yang cukup mahal. Bahkan, harga yang mahal tersebut juga berlaku untuk anak ayam mulai dari bibitnya.

Namun, sebelum membeli ayam ketawa, hendaknya Unyulicious mengetahui beberapa kriteria untuk mendapat ayam ketawa dengan kualitas unggul. Simak lebih dekat setiap kriteria ayam ketawa yang bagus di bawah ini. 

1
Warna Bulu yang Cantik

Bulu yang Cantik Tanda Ayam Ketawa yang Sehat

Warna Bulu yang Cantik

2
Postur Tubuh yang Ideal

Tubuh Ideal Memudahkan Ayam Menjaga Keseimbangan Tubuh

Postur Tubuh yang Ideal

3
Kaki dan Cakar yang Kuat

Kaki dan Cakar Termasuk Penilaian Fisik Ayam Ketawa

Kaki dan Cakar yang Kuat

4
Bentuk Kepala yang Proporsional

Bentuk Kepala Dapat Menunjukkan Tingkat Kecerdasan Ayam

Bentuk Kepala yang Proporsional

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bulu yang Cantik Tanda Ayam Ketawa yang Sehat
© freepik.com
1
Bulu yang Cantik Tanda Ayam Ketawa yang Sehat

Warna Bulu yang Cantik

Rekomendasi kami

Ciri pertama untuk memilih ayam ketawa yang bagus adalah dari ciri bulu. Warna bulu pada ayam ketawa menjadi salah satu faktor penting yang harus Unyulicious perhatikan. 

Ayam ketawa yang memiliki warna bulu yang cantik tentu akan lebih menarik perhatian. Beberapa warna bulu yang umumnya terdapat pada ayam ketawa antara lain merah, coklat, hitam, putih, dan kombinasi dari beberapa warna. 

Perawatan ayam ketawa yang tepat akan terpancar pada warna bulu yang cerah, bersih, dan sehat. Di sisi lain, hal tersebut juga menunjukkan bahwa si penjual konsisten dalam hal perawatan ayam ketawa. Tentunya, perawatan yang tepat dapat menambah nilai jual dari ayam ketawa tersebut. 

Tubuh Ideal Memudahkan Ayam Menjaga Keseimbangan Tubuh
© freepik.com
2
Tubuh Ideal Memudahkan Ayam Menjaga Keseimbangan Tubuh

Postur Tubuh yang Ideal

Rekomendasi kami

Postur tubuh yang ideal sangat penting karena berpengaruh pada kondisi ayam ketawa secara keseluruhan. Ayam ketawa yang dalam kondisi prima cenderung memiliki postur tubuh yang ideal, dengan ciri badan tegap dan tegak serta kepala terangkat.

Postur tubuh yang ideal juga memudahkan ayam ketawa dalam menjaga keseimbangan tubuhnya saat berjalan dan berlari. Kriteria postur tubuh ideal ayam ketawa adalah memiliki panjang tubuhnya berkisar 30-35 cm dengan proporsi yang seimbang antara leher, badan, kaki, dan ekor.

Di sisi lain, bagian kepala ayam ketawa juga tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk saat ini, banyak yang memelihara ayam ketawa dengan ciri memiliki jambul besar lebar, badan kecil, dan warna kaki abu gelap. 

Kaki dan Cakar Termasuk Penilaian Fisik Ayam Ketawa
© freepik.com
3
Kaki dan Cakar Termasuk Penilaian Fisik Ayam Ketawa

Kaki dan Cakar yang Kuat

Rekomendasi kami

Selanjutnya yaitu tentang kaki dan cakar ayam ketawa yang harus kuat dan seimbang. Ayam ketawa dengan kaki dan cakar yang kuat dapat berjalan dan berlari dengan lancar. Tidak hanya itu, kaki dan cakar yang kuat juga menambah daya tarik bagi penggemarnya.

Oleh karena itu, sebelum membeli, Unyulicious harus memerhatikan kondisi kaki dan cakar ayam yang penjual tawarkan. Jangan memilih ayam ketawa dengan kaki dan cakar yang lemah karena kondisi tersebut dapat menurunkan daya tarik ayam ketika Unyulicious melombakannya.

Bentuk Kepala Dapat Menunjukkan Tingkat Kecerdasan Ayam
© freepik.com
4
Bentuk Kepala Dapat Menunjukkan Tingkat Kecerdasan Ayam

Bentuk Kepala yang Proporsional

Ciri terakhir yaitu bentuk kepala yang tepat dan proporsional. Kepala ayam ketawa yang ideal yaitu kecil dan bulat serta tidak terlalu besar atau panjang. Tidak hanya itu, kepala ayam ketawa juga harus memiliki siku yang tegas dan tajam di ujungnya.

Hal ini menandakan bahwa ayam ketawa memiliki kecerdasan serta daya pikir yang baik. Oleh sebab itu, Unyulicious sebagai pembeli harus memerhatikan dengan teliti bentuk kepala ayam ketawa yang penjual tawarkan.

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus

Menarik ‘kan jika Anda sudah tahu tentang ayam ketawa dan alasan pemberian nama tersebut? Untuk itu, sebelum mengakhiri artikel ini, luangkan sedikit waktu Unyulicious untuk membaca beberapa pertanyaan terkait. Dengan membaca pertanyaan dan jawaban di bawah, maka pengetahuan Unyulicious akan semakin bertambah. 

Apa saja jenis-jenis ayam ketawa?

Terdapat beberapa jenis ayam ketawa, antara lain ceppaga, lapping, bakka, ijo buota, korro, dan bori tase’.

Apa makanan ayam ketawa?

Anda bisa memberi ayam ketawa makanan berupa jagung utuh atau jagung giling, beras merah, ketan hitam, jangkrik, voer, dan biji-bijian. 

Ayam ketawa mulai berkokok usia berapa?

Ayam ketawa sudah bisa berkokok sejak usia 3 bulan. 

Selain ayam ketawa, apa saja jenis ayam hias yang banyak dipelihara?

Selain ayam ketawa, banyak pecinta ayam hias yang memelihara aneka ayam hias lain, contohnya ayam Poland dari Belanda, ayam kapas, ayam mutiara, ayam pelung, ayam phoenix, ayam kate, ayam import Pheasant, dan ayam batik. 

Apakah ayam ketawa dilindungi?

Ya, ayam ketawa termasuk kategori unggas yang dilindungi karena pernah terancam punah. 

Kesimpulan: Ciri-Ciri Ayam Ketawa yang Bagus

Ayam ketawa merupakan salah satu jenis ayam hias yang cukup unik, terlebih pada suara berkokoknya. Selain itu, ada beberapa jenis ayam ketawa, sama halnya seperti kucing yang terbagi menjadi anggora dan persia. 

Karena keunikan ayam ketawa ini, sering kali ia masuk ke dalam pertanyaan TTS (Teka-Teki Silang). Tidak hanya itu, bentuk tubuh yang ideal dan warna bulu yang cantik sering kali menarik perhatian pecinta ayam hias untuk mengambil foto atau gambar ataupun menjadikannya hewan peliharaan untuk hiasan belakang rumah.

Tim Unyu berharap penjelasan tentang ciri-ciri ayam ketawa yang bagus di atas dapat menjadi pedoman untuk Unyulicious sebelum memelihara unggas ini. Lantas, jenis ayam ketawa mana yang akan Unyulicious budidaya? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo