Hide Menu

Apa Saja Karakteristik Kucing New Born? Simak 7 Ciri-Ciri Anak Kucing Persia Baru Lahir!

Kenali Ciri Anak Kucing Persia Baru Lahir di Artikel Ini, dan Segera Siapkan Nama Terbaik Untuknya!

Artikel Ciri-Ciri Anak Kucing Persia Baru Lahir ini diposting diperbarui
128 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Anak Kucing Persia Baru Lahir 2024
© istockphoto.com/djarvik

Apakah Kucing Persia dan Anggora Sama?

Apakah Kucing Persia dan Anggora Sama?
istockphoto.com/slowmotiongli

Kucing dengan ras Persia terkenal dengan harga yang mahal. Sebagian orang pasti menganggap kucing Persia dan Anggora berasal dari ras yang sama. Hal itu karena keduanya memiliki bulu yang panjang dan indah. Lalu, apakah Unyulicious juga menganggapnya sama?

Ketika Unyulicious melihat gambar atau foto keduanya, bisa jadi susah untuk membedakannya, bahkan menganggapnya sama. Faktanya, meskipun keduanya memiliki bulu yang panjang dan indah, kucing Persia dan Anggora adalah dome kucing yang berbeda. Jika Unyulicious mengamati wujud asli dengan seksama, sebenarnya terdapat perbedaan yang mencolok dari keduanya. 

Kucing Anggora adalah ras alami dari Negara Turki, tepatnya pada abad ke-15 dengan ciri utama bulu putih yang indah. Anggora dikenal dengan sebutan Turkish Angora yang diyakini keturunan dari kucing liar Afrika. Bulunya yang bagus merupakan adaptasi evolusioner terhadap iklim bersalju yang keras di Ankara. 

Berbeda dengan Persia, tidak diketahui pasti kapan kucing dome ini pertama kali muncul. Tetapi, pada tahun 1600-an, dome ini dibawa ke Eropa dari Persia. Kemudian, sekitar tahun 1800-an, kucing Persia diperkenalkan di Inggris, khususnya pada saat pertunjukan kucing yang bernama Crystal Place

Jika Unyulicious memiliki 2 dome kucing ini di rumah, bisa jadi Unyulicious sedikit susah untuk membedakannya, terlebih pada bayi kucing yang baru lahir. Lantas, jika apa saja yang membedakan kedua dome kucing ini? Simak penjelasannya di bawah.

  • Perbedaan Fisik

Perbedaan fisik merupakan cara paling sederhana untuk membedakan ras kedua kucing tersebut. Beberapa perbedaan fisik antara Persia dan Anggora antara lain:

  1. Kepala kucing Persia lebih bulat, sedangkan kucing Anggora berbentuk seperti almond.
  2. Mata kucing Persia bulat, besar, dan terletak berjauhan. Sedangkan kucing Anggora memiliki mata besar, sedikit miring ke atas, dan berbentuk almond.
  3. Kucing Persia memiliki wajah yang pendek, datar, dan hidung yang pesek. Sebaliknya, hidung Anggora terlihat lebih panjang. 
  4. Persia memiliki telinga yang kecil dan bulat. Sebaliknya, telinga Anggora bentuknya lebih panjang dan lancip.
  5. Dome Persia dan Anggora memiliki beragam warna dan pola bulu. Namun, umumnya Anggora berwarna putih. 
  6. Beberapa kucing Anggora memiliki dua warna mata yang berbeda karena reaksi terhadap heterochromia.
  7. Anggora memiliki tubuh yang ramping dan bulu ekor yang panjang. Sedangkan, Persia agak persegi dan berotot, kaki pendek, serta ekornya pendek dan tebal.
  8. Kucing betina dan jantan dewasa dari kedua ras memiliki ciri fisik yang kurang lebih sama. Cara membedakannya hanya dengan melihat alat kelamin keduanya. Kucing jantan memiliki testis, sedangkan kucing betina tidak. 
  • Perbedaan Sifat

Sifat kucing Anggora ramah dan penuh kasih sayang. Tidak hanya itu, dome Anggora juga terkenal cerdas, lincah, dan akan tertarik pada apa yang Unyulicious lakukan. Ras ini termasuk dome kucing yang ramah dengan anak serta mampu rukun dengan anjing atau hewan peliharaan lain. 

Di sisi lain, Persia adalah kucing yang manis, lembut, tenang, dan menyukai penanganan yang lembut. Umumnya, dome kucing ini berkomunikasi dengan suara yang lembut dan mata yang ekspresif dan besar.  

Tentunya, perbedaan-perbedaan tersebut dapat dengan mudah Unyulicious amati ketika kucing sudah menginjak usia remaja. Lantas, bagaimana cara mengetahui secara langsung karakteristik tersebut pada bayi yang baru lahir? Cari tahu jawabannya dengan membaca ciri-ciri anak kucing persia baru lahir berikut hingga akhir. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Ciri-Ciri Anak Kucing Persia Baru Lahir - Terbaru 2024

Mengutip dari penelitian Qodri (2021), kucing Persia memiliki ciri hidung pesek, bentuk badan agak membulat, dan bulu panjang di sekujur badannya. Akan tetapi, perbedaan utama tersebut masih membuat bingung sebagian orang. Untuk menghilangkan rasa bingung Unyulicious, simak ciri-ciri anak kucing persia yang baru lahir terbaru di bawah ini. 

1
Bentuk Tubuh

Tubuh Merupakan Ciri Fisik yang Mudah Diamati

Bentuk Tubuh

2
Bulu Kucing

Persia dan Anggora Memiliki Bulu Panjang dan Halus

Bulu Kucing

3
Bentuk Hidung

Kucing Persia Terkenal dengan Sebutan Kucing Pesek

Bentuk Hidung

4
Bentuk Wajah

Persia Terkenal dengan Kucing yang Chubby

Bentuk Wajah

5
Bentuk Kaki

Persia Memiliki Kaki yang Besar daripada Ras Lain

Bentuk Kaki

6
Perbedaan pada Ekor

Persia Memiliki Bulu Ekor yang Panjang dan Menjuntai

Perbedaan pada Ekor

7
Telinga Kucing

Telinga Persia Rendah dan Berjumbai

Telinga Kucing

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tubuh Merupakan Ciri Fisik yang Mudah Diamati
© istockphoto.com/anurakpong
1
Tubuh Merupakan Ciri Fisik yang Mudah Diamati

Bentuk Tubuh

Ciri pertama yang menjadi tanda perbedaan kucing Persia dengan ras lainnya yaitu bentuk tubuh. Persia memiliki tubuh yang bantet, bulat, dan gemuk.

Ini jelas berbeda dengan kucing lain, termasuk Anggora yang memiliki tubuh ramping. Jadi, perhatikan bentuk tubuhnya dengan teliti, ya! 

Persia dan Anggora Memiliki Bulu Panjang dan Halus
© istockphoto.com/MacsMedia
2
Persia dan Anggora Memiliki Bulu Panjang dan Halus

Bulu Kucing

Rekomendasi kami

Bulu kucing Persia cukup lebat sejak kecil dan semakin lebat ketika dewasa daripada Anggora. Bila dibandingkan dengan kucing kampung, kucing kampung memiliki bulu yang jarang ketika kecil dan sedang ketika beranjak dewasa.

Karena bulunya yang panjang itulah kucing Persia rentan terkena hair ball. Maka dari itu, Unyulicious perlu menyisir bulunya secara rutin untuk mencegah bulunya kusut dan mengeras. Kucing Persia juga harus mandi secara rutin agar bulunya tetap sehat dan menghindarkannya dari kutu. 

Kucing Persia Terkenal dengan Sebutan Kucing Pesek
© istockphoto.com/OlgaVasilyeva
3
Kucing Persia Terkenal dengan Sebutan Kucing Pesek

Bentuk Hidung

Rekomendasi kami

Ciri ke-3 yaitu bentuk hidung. Beberapa kucing Persia memiliki bentuk hidung yang pesek atau peak nose. Bahkan, jika Unyulicious membandingkannya dengan kucing Anggora dan kampung, hidung kucing Persia terlihat datar dari samping.

Akan tetapi, untuk jenis Persia medium atau bahkan mixdome, bentuk hidungnya hampir sama dengan kucing kampung. Hidung pesek itulah yang menjadi daya pikat dari kucing Persia. Karena bentuknya unik, Unyulicious harus menjaga kesehatan hidung Persia dengan mengoleskan salep untuk hidung agar tetap lembab. 

Persia Terkenal dengan Kucing yang Chubby
© istockphoto.com/yanjf
4
Persia Terkenal dengan Kucing yang Chubby

Bentuk Wajah

Karakteristik ke-4 yaitu bentuk wajah. Kucing Persia memiliki wajah yang datar dan pendek. Pipi penuh yang melengkapi wajahnya membuat Persia mudah dikenali dan dibedakan dari jenis ras kucing lain.

Bila Unyulicious membandingkannya dengan kucing kampung, bentuk wajah Persia bulat dan chubby. Sedangkan kebanyakan wajah kucing kampung berbentuk lonjong dan runcing. 

Persia Memiliki Kaki yang Besar daripada Ras Lain
© istockphoto.com/MorganLeFaye
5
Persia Memiliki Kaki yang Besar daripada Ras Lain

Bentuk Kaki

Rekomendasi kami

Ciri ke-5 terdapat pada perbedaan bentuk kaki kitten Persia dengan ras lainnya. Bayi Persia memiliki kaki yang besar dan gemuk jika Unyulicious ingin membandingkannya dengan kucing kampung. 

Sama halnya dengan hidung, di bawah telapak kaki kucing terdapat paw empuk yang harus tetap lembap. Oleh karena itu, Unyulicious bisa menyiapkan dan mengoleskan balm multifungsi seperti rekomendasi tim Unyu di atas. 

Persia Memiliki Bulu Ekor yang Panjang dan Menjuntai
© istockphoto.com/FidelRocha
6
Persia Memiliki Bulu Ekor yang Panjang dan Menjuntai

Perbedaan pada Ekor

Rekomendasi kami

Kucing Persia terkenal dengan bulunya lebat, yang mana tidak hanya pada badan namun hingga ekornya. Bulu pada ekor Persia juga panjang dan harus Unyulicious sisir secara berkala. 

Terlebih, ekor kucing sering kali menjadi tempat menempelnya sisa kotoran atau debu pasir setelah kucing buang air. Jika Unyulicious tidak rutin menyisirnya, tentu bulu pada ekor akan kusut dan menjadi sarang bakteri. 

Telinga Persia Rendah dan Berjumbai
© istockphoto.com/PavelS
7
Telinga Persia Rendah dan Berjumbai

Telinga Kucing

Posisi telinga kucing Persia lebih rendah bila Unyulicious bandingkan dengan kucing Anggora. Meskipun telinga dua dome kucing ini sama-sama menjumbai, namun jumbai telinga Persia tidak selebat Anggora. 

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Anak Kucing Persia Baru Lahir

Selanjutnya, tim Unyu akan membagikan beberapa pertanyaan yang telah tim Unyu rangkum terkait hal serupa. Unyulicious tidak perlu mencari jawabannya, karena tim Unyu telah menyiapkan jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan. Baca daftar pertanyaan dan jawabannya di bawah ini, ya!

Apa saja ciri kucing persia?

Ciri kucing persia yaitu bentuk tubuhnya gemuk, besar, dan tambun. Selain itu, ciri khas lain dari kucing persia, yaitu bentuk hidung yang pesek, bulu panjang, dan wajahnya terlihat bulat. 

Apa yang harus dilakukan pada anak kucing yang baru lahir?

Yang harus Anda lakukan pada kitten yang baru lahir antara lain jangan pisahkan ia dengan induknya dan jaga bayi tetap hangat. 

Kucing bisa melihat umur berapa?

Kucing bisa melihat dan buka mata ketika ia menginjak umur 7 hingga 10 hari, namun pandangan mereka masih buram. Perkembangan penglihatan kucing akan terus meningkat sampai umur 6 minggu hingga 2 bulan. Saat baby sudah mencapai umur tersebut, anak kucing sudah dapat melihat dengan jelas. 

Apa saja warna kucing persia?

Warna kucing persia antara lain krem, putih, hitam, coklat, silver, emas, hingga calico. 

Kesimpulan: Ciri-Ciri Anak Kucing Persia Baru Lahir

Jika melihatnya secara sekilas, tentu anak Persia baru lahir baik kucing laki maupun betina, sama dengan kucing ras lainnya. Akan tetapi, jika Anda memerhatikan dengan seksama, tentu Anda akan menemukan perbedaannya. Belum lagi jika Anda mengawinkan kucing Persia dengan ras lainnya. Hasil perkawinan silang tersebut terkenal dengan sebutan mix dome atau blaster. 

Namun, setelah membaca ciri-ciri anak kucing Persia baru lahir di atas, harapannya Unyulicious mendapat tambahan wawasan tentang ciri-ciri kucing. Tentunya, dengan mengerti ciri-ciri kucing, Anda akan lebih mudah memberikan perawatan yang tepat untuknya.

Perawatan yang dapat Anda lakukan guna perkembangan kitten bisa berupa memberi susu dan mengajak jalan-jalan. Lantas, sudah siapkah Anda memberi perawatan terbaik untuk kucing mahal dengan bulu yang lebat dan panjang ini? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo