Hide Menu

Berikut 4 Cara Pembuatan Pestisida Nabati dari Bawang Putih, Mudah dan Hemat di Kantong!

Lindungi Tanaman dari Hama dengan Menerapkan Cara Membuat Pestisida dari Bawang Putih di Bawah Ini

Artikel Cara Pembuatan Pestisida Nabati dari Bawang Putih ini diposting diperbarui
7 Pembaca
Like
Cara Pembuatan Pestisida Nabati dari Bawang Putih 2024
© freepik.com

Kandungan di Dalam Bawang Putih

Kandungan di Dalam Bawang Putih
freepik.com

Selain terkenal sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki manfaat lain. Contoh manfaat dari bawang putih adalah seperti untuk pengobatan hingga sebagai bahan aktif pesnab atau pestisida nabati.

Karena berasal dari alam, penggunaan bawang putih sebagai pestisida organik tentu aman dan ramah lingkungan. Hal terpenting adalah bawang putih tidak membuat tanaman jadi keracunan. Sebab, jika tanaman keracunan, racun tersebut berpeluang terkonsumsi oleh orang yang mengonsumsinya.

Lantas, apa saja kandungan yang ada di dalam bawang putih? Ekstrak bawang putih terkenal mampu mengatasi berbagai macam hama, termasuk antraknosa. Antraknosa adalah penyakit karena jamur cendawan furasium pada tanaman cabe. Adapun gejala yang muncul yaitu buah mengering, mulai dari yang muda sampai yang tua.

Di sisi lain, air rendaman bawang putih juga mampu mengontrol nematoda. Nematoda merupakan ulat dan hidup sebagai parasit pada tumbuhan. Nematoda hidup bebas di dalam tanah maupun air, dan binatang.

Tidak hanya itu, bawang putih juga efektif membasmi hama lainnya. Meskipun begitu, Anda tetap perlu melakukan kontrol dalam proses penyiraman ke tanaman. Lantas, bagaimana cara membuat pestisida alami dari bawang putih? Simak langkah-langkah cara pembuatan pestisida nabati dari bawang putih di bawah ini hingga akhir!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Pembuatan Pestisida Nabati dari Bawang Putih - Terbaru 2024

Melansir dari jurnal dalam bentuk PDF milik Supriyono, umbi bawang putih memiliki potensi sebagai agen anti mikroba (2016). Kemampuan bawang putih dalam menghambat pertumbuhan mikroba sangat luas, meliputi bakteri, virus, jamur, dan protozoa.

Mengingat penggunaan insektisida seperti Abamectin yang berlebih dapat memengaruhi kualitas hasil panen, maka penggunaan biopestisida mulai banyak digaungkan. Salah satu bahan aktif biopestisida yang efektif adalah bawang putih.

Oleh sebab itu, tim Unyu akan menjelaskan beberapa cara membuat pestisida dari bawang putih dengan mudah. Pembasmian ini akan sangat membantu Anda dalam menghemat uang namun tetap bisa menjaga tumbuhan tetap aman. Tanpa berlama-lama lagi, simak setiap penjelasan di bawah ini!

1
Menyiapkan Bawang Putih

Aroma dan Rasa yang Khas Membuat Hama Membencinya

Menyiapkan Bawang Putih

2
Mengolah Bawang Putih

Haluskan Bawang Putih untuk Mempermudah Proses Berikutnya

Mengolah Bawang Putih

3
Melakukan Fermentasi Bawang Putih

Senyawa yang Bertambah, Bertambah Pula Tingkat Akurat Pesnab

Melakukan Fermentasi Bawang Putih

4
Mengaplikasikan Semprotan Bawang Putih

Lekas Gunakan Larutan Bawang agar Khasiatnya Tidak Hilang

Mengaplikasikan Semprotan Bawang Putih

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Aroma dan Rasa yang Khas Membuat Hama Membencinya
© freepik.com
1
Aroma dan Rasa yang Khas Membuat Hama Membencinya

Menyiapkan Bawang Putih

Rekomendasi kami

Langkah pertama dalam tahapan cara membuat pestisida bawang putih tentu menyiapkan bawang putih. Unyulicious bisa memilih bawang putih kupas ataupun bawang putih kating.

Bahkan, jika terlalu sibuk untuk mengolah bawang putih dari awal, Unyulicious juga bisa menggunakan bawang putih giling tanpa campuran.

Semua bentuk bawang tersebut sama saja, tergantung preferensi kemudahan dari Unyulicious. Sebagai referensi, Unyulicious bisa memanfaatkan produk dari gambar yang tim Unyu sediakan di atas.

Haluskan Bawang Putih untuk Mempermudah Proses Berikutnya
© freepik.com
2
Haluskan Bawang Putih untuk Mempermudah Proses Berikutnya

Mengolah Bawang Putih

Rekomendasi kami

Jika Unyulicious memilih menggunakan bawang putih yang belum dikupas, bersihkan terlebih dahulu bawang dari kulitnya. Selanjutnya, gunakan sebanyak 85 gram-100 gram bawang putih.

Haluskan bawang putih lalu campurkan dengan ½ liter air, 2 sendok makan minyak sayur atau minyak goreng, dan 10 ml sabun. Jika memilih menggunakan sabun, pastikan Unyulicious menggunakan sabun berbahan kalium.

Sebab, penggunaan sabun dengan bahan yang terlalu keras justru akan merusak tanaman. Penambahan larutan-larutan tersebut juga berlaku jika Unyulicious memilih menggunakan bawang putih giling.

Senyawa yang Bertambah, Bertambah Pula Tingkat Akurat Pesnab
© freepik.com
3
Senyawa yang Bertambah, Bertambah Pula Tingkat Akurat Pesnab

Melakukan Fermentasi Bawang Putih

Rekomendasi kami

Setelah proses pencampuran bawang putih tersebut, saring dan diamkan semalaman di suhu ruang maupun di dalam kulkas. Untuk menyimpannya, Unyulicious bisa menggunakan wadah tertutup atau tanpa tutup seperti rekomendasi di atas.

Biarkan larutan bawang putih tersebut terfermentasi sempurna selama semalam. Fermentasi berguna untuk memperbanyak jumlah bakteri yang dibutuhkan untuk membasmi hama.

Lekas Gunakan Larutan Bawang agar Khasiatnya Tidak Hilang
© freepik.com
4
Lekas Gunakan Larutan Bawang agar Khasiatnya Tidak Hilang

Mengaplikasikan Semprotan Bawang Putih

Rekomendasi kami

Setelah larutan bawang putih terfermentasi dengan sempurna, pindahkan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Namun, sebelum menyemprotkannya, campurkan lagi dengan air dengan perbandingan 1 : 9 air.

Kocok terlebih dahulu, lalu semprot langsung ke tanaman yang terkena hama. Semprot tanaman secara menyeluruh, mulai dari bagian atas daun, bagian bawah, hingga ke tanah sekitar tanaman.

Unyulicious bisa menyemprotkannya secara rutin di pagi atau sore hari setiap 1-2 kali dalam seminggu. Dengan penyemprotan rutin tersebut, tentu hama akan enggan mendatangi tanaman, sehingga tanaman tumbuh dengan sehat.

Tanya Jawab Seputar Cara Pembuatan Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Jika tidak ada waktu untuk membuat semprotan bawang putih, Unyulicious bisa menggunakan semprotan bawang putih Allicin. Tentunya, Allicin memiliki fungsi kerja dan manfaat yang sama ampuhnya dengan larutan bawang putih di atas.

Larutan bawang putih bekerja seperti perekat yang lama-kelamaan akan membuat hama mati. Jika mati, maka ekosistem hama tersebut akan hancur sehingga tanaman tumbuh sehat. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca beberapa pertanyaan di bawah. Semoga daftar berikut dapat menambah pengetahuan Unyulicious. Simak, yuk!

Pestisida nabati bawang putih untuk hama apa?

Pestisida nabati bawang putih bisa membunuh beberapa jenis hama, salah satunya adalah ulat grayak seperti yang terdapat pada daun tanaman anggur.

Berapa lama pestisida nabati bisa bertahan?

Pestisida nabati bisa bertahan selama 4 bulan.

Apakah bawang putih bisa membunuh hama?

Bisa, bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang efektif dalam membasmi hama.

Kandungan apa yang terdapat pada bawang merah dan bawang putih sehingga dapat digunakan sebagai pestisida alami?

Bawang merah dan bawang putih mengandung senyawa acetogenin yang memiliki manfaat untuk mengendalikan dan membunuh serangga tanaman.

Berapa lama perekat pestisida bertahan?

Perekat pestisida dapat bertahan selama 3-5 hari. Faktanya, pada musim hujan, hanya 20% pestisida yang dapat terserap oleh tanaman, sedangkan sisanya terbuang.

Kapan waktu terbaik menyemprot pestisida?

Waktu terbaik dalam menyemprot pestisida adalah di pagi atau sore hari saat tanah cukup kering. Hindari penggunaan pestisida saat mendung dan ada angin kencang agar pestisida tidak terbang dan mengganggu tanaman yang sehat.

Kesimpulan: Cara Pembuatan Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Teknik pertanian di Indonesia itu beragam. Semua tergantung dari jenis tanaman, lahan, dan kondisi lingkungan sekitar. Akan tetapi, bagaimanapun cara yang akan Anda gunakan, serangan hama tidak dapat terhindarkan. Selama hama bisa mendapat makanan dari tanaman inangnya, tentu hama akan senantiasa berada di sana. Beberapa contoh hama yang sering kali mengganggu tanaman antara lain kepik hitam, belalang, dan keong

Oleh sebab itu, untuk membasmi hama dan mencegahnya datang kembali, Anda bisa mencoba cara pembuatan pestisida nabati dari bawang putih sebagai biopestisida. Selain bawang putih, Anda juga bisa membuat biopestisida dari bawang merah, daun pepaya, dan sirsak.

Tidak hanya menyemprotkan pestisida, Anda juga bisa mencoba keperawatan tanaman dengan metode jadam (Jayonul Damun Saramdul). Pengertian metode jadam adalah bagaimana bertani dengan cara meniru alam. Tentunya, dengan cara organik, harga yang Unyulicious keluarkan akan jauh lebih murah. Karena memang, hama yang berasal dari alam hendaknya dibasmi dengan cara alam juga.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo