Hide Menu

Mixed-Feeling Kitten Harus Disapih? Tenang, Inilah 6 Cara Menyapih Anak Kucing, No Drama!

Inilah Cara Menyapih Anak Kucing Kampung hingga Anggora di Waktu dan Metode yang Tepat

Artikel Cara Menyapih Anak Kucing ini diposting diperbarui
12 Pembaca
Like
Cara Menyapih Anak Kucing 2024
© istockphoto.com/bozhdb

Kapan Induk Kucing Harus Menyapih Si Kitten?

Kapan Induk Kucing Harus Menyapih Si Kitten?
istockphoto.com/Bogdan%20Kurylo

Tahukah Anda tentang cara mudah mengetahui kalau kitten sudah siap untuk disapih? Kitten yang sudah bisa disapih dan siap untuk mulai memakan makanan padat ketika mereka sudah menggigit dan mengunyah segala macam benda. Hal tersebut umumnya merupakan pertanda bahwa proses penyapihan oleh induknya dapat dimulai, biasanya terjadi saat kitten berusia 4 minggu.

Namun, untuk kasus khusus seperti anak kucing yang tidak memiliki induk, proses penyapihan dapat dilakukan lebih awal. Kitten cenderung memiliki jadwalnya sendiri dalam hal menyapih dan beralih ke makanan padat. Jika gigi mereka sudah tumbuh dan kuku menjadi tajam, maka cobalah untuk mulai kasih makanan padat hingga 4 minggu ke depan.

Akan tetapi, jika kitten kesulitan makan dan menunjukkan tanda-tanda lesu serta kekurangan energi, alangkah lebih baik jika Anda membiarkannya untuk menyusu lebih lama sebelum mencoba lagi. Hal itu karena tidak selalu mudah bagi pemilik untuk menentukan waktu yang tepat kapan kitten mau dan siap untuk makan. 

Sehingga, mengurus penyapihan anak kucing adalah hal yang susah susah gampang untuk Anda lakukan. Meskipun begitu, Anda tidak perlu takut untuk memulainya. Baca dan simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui cara menyapih anak kucing, baik kampung maupun anggora dengan mudah dan tepat. 

Bagaimana Cara Memberi Makanan Anak Kucing yang Telah Melalui Proses Penyapihan?

Bagaimana Cara Memberi Makanan Anak Kucing yang Telah Melalui Proses Penyapihan?
istockphoto.com/ThaisCeneviva

Jika anak kucing memiliki induk, Anda sebagai pemilik tidak perlu memberi susu formula, karena mereka masih bisa menyusu saat bersama induknya. Namun, ketika si kitten yatim piatu dan memasuki usia untuk disapih, Anda bisa memberinya susu formula dari botol ataupun mangkuk dangkal. Saat Anda memilih untuk memberikan kitten susu dari botol, pastikan anak kucing meminumnya dalam posisi tengkurap, bukan telentang.

Ketika anak kucing masih meminum susu formula, Anda perlu membuatnya sendawa. Caranya adalah dengan tepuk-tepuk dengan lembut bagian bahu atau perutnya. Selanjutnya, Anda akan dapat mendengar atau merasakan mereka bersendawa.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Menyapih Anak Kucing - Terbaru 2024

Setelah mengetahui mengapa induk kucing harus menyapih anaknya, selanjutnya Anda akan mengetahui cara menyapih anak kucing yang tepat. Berikut penjelasannya.

1
Bersiaplah untuk Menyapih Anak Kucing

Tentukanlah Waktu untuk Menyapih Kitten

Bersiaplah untuk Menyapih Anak Kucing

2
Mulailah Memisahkan Anak dari Induknya

Jangan Pisahkan Secara Tiba-Tiba

Mulailah Memisahkan Anak dari Induknya

3
Berilah Makanan yang Sesuai dengan Kebutuhan Kitten

Pastikan Formula Pengganti Berkualitas

Berilah Makanan yang Sesuai dengan Kebutuhan Kitten

4
Berilah Tempat Makan dan Minum yang Tepat

Pastikan Kitten Nyaman Ketika Menikmati Hidangannya

Berilah Tempat Makan dan Minum yang Tepat

5
Kenalkan Makanan Padat

Tingkatan Asupan Berikutnya Setelah Susu dan Makanan Lunak

Kenalkan Makanan Padat

6
Memandikan Anak Kucing Secara Rutin

Proses Mandi Kucing adalah dengan Menjilati Tubuh Mereka

Memandikan Anak Kucing Secara Rutin

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tentukanlah Waktu untuk Menyapih Kitten
© istockphoto.com/Gumpanat
1
Tentukanlah Waktu untuk Menyapih Kitten

Bersiaplah untuk Menyapih Anak Kucing

Unyulicious dapat memulai proses penyapihan saat anak kucing berusia sekitar 4 minggu. Umumnya yang terjadi di kitten, proses ini berakhir saat anak kucing menginjak usia 8 – 10 minggu. Hal tersebut terjadi tepat setelah mata anak kucing terbuka dan mulai bisa fokus, serta anak kucing sudah bisa berjalan dengan lancar. Pada saat inilah, Anda bisa membantu proses penyapihan tersebut.

Saat berusia sekitar 10-14 hari, proses buka mata dan telinga kitten akan terjadi. Lalu, antara usia 2-3 minggu, kitten mulai bisa berdiri dan jalan meskipun dengan terhuyung-huyung. Otot anak kucing pun akan terbangun dan ia akan mulai belajar jalan. 

Pada saat itu, anak kucing tersebut mendapatkan nutrisi dari air susu induknya. Ketika induk kucing melihat bahwa anak-anaknya sudah bisa berjalan, ia akan mulai menyapih anak-anaknya sendiri secara alami. 

Jangan Pisahkan Secara Tiba-Tiba
© istockphoto.com/harunguner
2
Jangan Pisahkan Secara Tiba-Tiba

Mulailah Memisahkan Anak dari Induknya

Sama halnya dengan manusia, anak kucing belajar dengan cara memperhatikan sekitarnya. Kitten akan memperhatikan segala sesuatu dari induknya, seperti cara makan, menggunakan kotak pasir, dan bermain. Akan ada akibat anak kucing dipisah dari induknya terlalu cepat, seperti:

  • Rawan Penyakit

Anak kucing yang baru lahir mendapatkan 100 persen nutrisi dari ASI induknya. Oleh karena itu, jika memisahkan mereka terlalu cepat, maka anak kucing akan kesulitan mendapat nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

  • Agresi

Menurut Milla et al (2017), penyapihan yang terlalu dini dapat meningkatkan risiko agresi, kecemasan, dan perilaku stereotip. Oleh karena itu, jangan memisahkan mereka terlalu cepat, karena selain nutrisi, anak kucing juga mendapatkan pelajaran tentang perilaku dari induk atau saudara kandungnya.

  • Ketakutan

Anak kucing menangkap isyarat sosial dan belajar merespon dari induknya. Sehingga, jika mengambil anak kucing terlalu cepat dari induknya, maka kucing akan menjadi penakut dan pemalu pada hewan lain, termasuk kepada manusia. 

  • Kesulitan untuk Belajar Menyesuaikan Diri

Anak kucing mendapatkan pelajaran dari induknya, termasuk merawat diri sendiri dan menjadi kucing yang baik. Oleh karenanya, jika Anda terlalu cepat memisahkan keduanya, maka anak kucing akan kesulitan belajar cara merawat diri dengan benar.

  • Masalah Litter Box

Dampak terakhir yang bisa terjadi jika memisahkan anak kucing dan induknya terlalu cepat adalah kesulitan menggunakan tempat pasir karena belum sempat diajari oleh induknya.

Jika Unyulicious memelihara induk beserta anaknya, berusahalah untuk menyatukan keduanya dalam waktu yang cukup lama, atau setidaknya sampai anak kucing berusia kurang lebih 10 minggu. Lama kelamaan, induk kucing dan kitten akan terpisah secara alami.

Tidak ada salahnya jika Anda ingin memisahkan keduanya untuk beberapa jam dalam sehari. Namun, pastikan Anda menyediakan kotak pasir serta mangkuk makan dan minum masing-masing. Nantinya, lambat laun kitten akan semakin mandiri dan memilih untuk berpisah dengan induknya.

Pastikan Formula Pengganti Berkualitas
© istockphoto.com/NilsJacobi
3
Pastikan Formula Pengganti Berkualitas

Berilah Makanan yang Sesuai dengan Kebutuhan Kitten

Rekomendasi kami

Saat Anda mulai melakukan proses penyapihan kitten dari induknya, pastikan Anda menyediakan formula pengganti air susu. Formula tersebut berfungsi untuk meniru nilai-nilai nutrisi sampai rasa air susu induk kucing. Sebagai tambahan juga, sebaiknya Anda membeli makanan kucing berkualitas tinggi yang bisa Anda kenalkan kepada kitten secara bertahap. 

Aturan dasar yang dapat Unyulicious perhatikan adalah memastikan daging terdaftar di dalam bahan-bahan makanan kucing tersebut. Hal itu berarti, makanan tersebut memiliki persentase protein yang lebih tinggi dan sangat kitten butuhkan untuk tumbuh kembangnya. 

Awalnya, anak kucing akan membutuhkan 4 sampai 5 waktu makan setiap hari. Berikan sekitar 1/3 cangkir susu penggantidan makanan kucing yang lembek untuk setiap kali makan. Perlu Anda ingat, jangan memberikan air susu sapi. Susu sapi bukanlah pengganti yang cocok dari air susu induk kucing karena perut anak kucing tidak bisa memprosesnya. Hal itu dapat menyebabkan kitten terkena diare. 

Pastikan Kitten Nyaman Ketika Menikmati Hidangannya
© istockphoto.com/NickyLloyd
4
Pastikan Kitten Nyaman Ketika Menikmati Hidangannya

Berilah Tempat Makan dan Minum yang Tepat

Rekomendasi kami

Alangkah lebih baik jika Anda memilih tempat makan dan minum yang dangkal. Mangkuk keramik atau plastik dapat menjadi solusi untuk Anda. Pastikan bahwa kitten bisa menjangkau bagian dalam mangkuk untuk memudahkan kitten dalam menikmati hidangannya, baik makanan ataupun susu formula. 

Membiasakan anak kucing makan dan minum dari mangkuk terkadang menjadi proses yang sulit anak kucing lakukan. Oleh karena itu, jika anak kucing terbiasa menyedot air susu dari induknya, Anda bisa menunjukkan letak mangkuk susu kepada kucing. Selain itu, Anda juga bisa menyelupkan jari Anda ke mangkuk dan menyodorkan jari pada anak kucing. 

Jika Anda memelihara kucing yang baru lahir dan sudah terpisah dari induknya, hendaknya Anda meniru cara alami dalam memberi makan bayi kucing, yaitu dengan menggunakan pipet. Cara menerapkannya adalah dengan memegang bayi kucing dengan aman, lalu teteskan beberapa tetes susu ke mulut bayi kucing sedikit demi sedikit. 

Tingkatan Asupan Berikutnya Setelah Susu dan Makanan Lunak
© istockphoto.com/Magone
5
Tingkatan Asupan Berikutnya Setelah Susu dan Makanan Lunak

Kenalkan Makanan Padat

Rekomendasi kami

Saat anak kucing sudah terbiasa meminum atau menjilat air susu dari mangkuk dan makan makanan lunak, mulailah mengganti makanan kucing ke makanan padat saat ia berusia 8-10 minggu. Ketika anak kucing sudah berpindah ke makanan padat, pastikan Anda menyediakan mangkuk terpisah untuk airnya. 

Pastikan anak kucing bisa makan sekitar 4 kali sehari selama 6 bulan. Setelah mencapai usia tersebut, Anda boleh mengurangi waktu makannya menjadi dua kali dalam sehari. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter hewan terkait metode pemberian makan tersebut. Beberapa dokter hewan akan menyarankan metode “ad lib” atau metode pemberian makan secara bebas daripada secara terjadwal. 

Akan tetapi, dalam memberikan makanan, Anda juga bisa menyesuaikan keadaan anak kucing sendiri. Jika metode tersebut bisa membuat kucing Anda bahagia, silakan lakukan. Namun, jika kucing Anda kelebihan berat badan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti metode pemberian makan terjadwal. 

Proses Mandi Kucing adalah dengan Menjilati Tubuh Mereka
© istockphoto.com/taniche
6
Proses Mandi Kucing adalah dengan Menjilati Tubuh Mereka

Memandikan Anak Kucing Secara Rutin

Rekomendasi kami

Kucing memiliki kebiasaan membersihkan diri dengan cara menjilati tubuh mereka. Hal ini juga ia pelajari dari induknya, sehingga menjadi kebiasaan. Tentunya, setelah proses penyapihan, tugas menjilati anak kucing ini tidak lagi induknya lakukan.

Untuk itu, Anda bisa membantu membersihkan diri mereka dengan membasuh tubuh mereka dengan handuk dan air hangat. Pastikan Anda memandikannya atau melatihnya berenang di bak kecil dengan air hangat-hangat kuku agar anak kucing tidak panik.

Tanya Jawab Seputar Cara Menyapih Anak Kucing

Selanjutnya, tim Unyu telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait cara menyapih anak kucing. Berikut pertanyaan dan jawaban untuk Unyulicious.

Kapan waktu menyapih anak kucing?

Waktu yang tepat untuk menyapih anak kucing adalah ketika mereka mulai menunjukkan aktivitas fisik yang meningkat, memiliki kemampuan berdiri di semua empat kakinya, dan bisa menjaga ekornya tetap tegak lurus. 

Kucing menyusui berapa lama?

Saat anak kucing sudah mulai mengonsumsi makanan padat, perlahan anak kucing akan mengurangi waktu menyusu. Setelah beberapa minggu, puting susu induk kucing akan bengkak namun masih tetap menghasilkan susu. Sehingga, dari proses tersebut, induk kucing menyusui anaknya selama 4 -5 minggu.

Apakah kucing umur 3 bulan masih menyusu?

Umumnya, lama induk menyusui anak-anaknya adalah 4-5 minggu. Namun, induk kucing akan benar-benar menyapih penuh anaknya saat umur si kitten masuk 3 bulan. 

Kenapa kucing menyapih anak?

Terdapat beberapa alasan kenapa kucing menyapih anaknya, seperti air susu induk sudah mulai mengering, anak kucing sudah memiliki gigi dan kuku yang tajam, dan induk kucing ingin melatih anaknya untuk mencari makan secara mandiri.

Berapa bulan bayi kucing bisa makan?

Setelah kurun waktu 4-5 minggu induk kucing menyusui anaknya, Anda baru bisa memberikan kitten makanan kering atau makanan basah khusus. Untuk tahap awal perkenalan, Unyulicious dapat memberikan kitten dengan pakan basah yang bertekstur lembut.

Apa yang dilakukan jika anak kucing tidak mau menyusu?

Beberapa hal dapat Unyulicious lakukan jika anak kucing tidak mau menyusu, antara lain dengan memberi induk pengganti, memberi susu formula khusus kucing, dan langkah terakhir adalah berkonsultasi dengan dokter hewan.

Kesimpulan: Cara Menyapih Anak Kucing

Sama seperti proses menyapih anak manusia, proses menyapih anak kucing pun tidak semudah yang terbayang. Proses menyapih merupakan langkah pertama anak kucing menjadi mandiri. Karena proses yang tidak mudah itulah, Unyulicious harus mengerti cara menyapih anak kucing yang tepat.

Setelah membaca rekomendasi dan referensi dari tim Unyu di atas, sudah siapkah Anda untuk menerapkan proses penyapihan ini kepada induk kucing Anda dan anaknya? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo