Hide Menu

Inilah 5 Cara Menghilangkan Lem Tikus di Bulu Kucing, Mudah dan Hilang Dalam Sekejap!

Cara Mudah dan Singkat Membersihkan Lem Tikus, Lem Korea, Alteco, Lem G, Lem Fox Hingga Oli yang Menempel di Badan Anabul

Artikel Cara Menghilangkan Lem Tikus di Bulu Kucing ini diposting diperbarui
158 Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Lem Tikus di Bulu Kucing 2024
© istockphoto.com/anastas_

Apakah Lem Tikus yang Menempel di Kucing Bisa Dibersihkan?

Apakah Lem Tikus yang Menempel di Kucing Bisa Dibersihkan?
istockphoto.com/CasarsaGuru

Tentunya, Unyulicious sering mendengar tentang kucing dan tikus yang selalu bermusuhan. Penyebabnya adalah karena kucing merupakan predator yang memangsa tikus. Karena hal itu, tidak sedikit orang yang kemudian memilih melihara kucing untuk mengurangi populasi tikus di rumah mereka. Tidak sedikit pula orang yang memilih untuk memberikan perangkap tikus, salah satunya adalah lem tikus.

Lem tikus terbuat dari bahan-bahan yang tentunya tidak aman jika termakan oleh kucing. Namun, tidak menutup kemungkinan, kucing yang suka bereksplorasi terkena lem tikus tersebut ketika bermain. 

Tidak hanya lem tikus, Unyulicious juga tidak perlu khawatir jika Anabul terkena lem Korea, Alteco, lem G, lem Fox hingga oli. Semua itu bisa dibersihkan dengan mudah, dengan tetap melihat seberapa banyak bagian kucing yang terkena. Di bawah, tim Unyu akan menuliskan cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing. Baca dan simak artikel ini hingga akhir, ya!

Apa yang Akan Terjadi Jika Bulu Kucing Terkontaminasi?

Apa yang Akan Terjadi Jika Bulu Kucing Terkontaminasi?
.istockphoto.com/miljko

Menurut Nur (2208), tikus adalah binatang yang sangat merugikan baik dari segi ekonomi maupun kesehatan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengendalian tikus dengan penggunaan perangkap, salah satunya adalah lem tikus.

Lem tikus yang kena badan kucing merupakan hal yang serius tetapi sering diremehkan. Padahal, masalah akan muncul ketika mantel rambut atau kaki kucing terkontaminasi dengan lem tikus ataupun bahan kimia berbahaya lainnya.

Kecenderungan kucing adalah duduk atau berbaring di lantai hingga kebiasaan berkeliaran di sekitar lingkungan, artinya kucing cukup sering bersentuhan dengan zat-zat berbahaya tersebut. Ketika merasa kotor, insting kucing adalah menjilat zat yang tidak dikenalnya. Selain itu, kucing yang terkenal sebagai hewan yang bersih akhirnya memilih untuk menjilat tanpa henti di area yang terkontaminasi tersebut.

Kendati demikian, meskipun terlihat bersih dengan menjilati badannya , kemungkinan besar kucing mengkonsumsi sejumlah zat berbahaya yang dapat merusak organ tubuh sehingga dapat dengan cepat kucing mengalami keracunan. Gejala keracunan yang seringkali ditunjukkan oleh kucing adalah muntah.

Untuk mencegah keracunan tersebut terjadi pada Anabul kesayangan, hendaknya Unyulicious memahami hal-hal sebagai berikut:

  • Pertolongan Pertama dan Perawatan Kucing

Tindakan pertama yang dapat Unyulicious lakukan adalah memasang kerah buster di leher kucing. Sebaiknya, Unyulicious memiliki kerah buster di kotak P3K untuk kucing karena sangat membantu di beberapa keadaan urgensi.

Jika Unyulicious tidak memiliki kerah buster di rumah dan kontaminasi hanya terbatas pada kaki atau bagian bawah, memberikan perban dapat mencegah kucing menjilati bagian tersebut. Tetapi, jika hal tersebut gagal, Unyulicious harus pegang kucing itu saat dibawa ke tempat praktik dokter hewan. 

  • Mencuci Bulu atau Paw Kucing

Jika Unyulicious bisa mencuci bulu atau paw kucing di rumah, gunakanlah bahan cair berbasis deterjen berulang kali, dengan busa dan pembilasan yang berulang pula. Untuk kucing yang terkontaminasi cukup parah, pencucian tersebut harus diulang beberapa kali.

Seringkali, untuk pengerjaan secara menyeluruh dapat dilakukan dengan sedasi atau anestesi, namun, pertolongan pertama dengan mencuci di rumah akan sangat membantu.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Menghilangkan Lem Tikus di Bulu Kucing - Terbaru 2024

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing yang dapat Unyulicious lakukan di rumah. Mengingat kucing adalah hewan peliharaan yang menyukai kebersihan, tentunya cara menghilangkan lem tikus ini menjadi salah satu hal yang harus Unyulicious ketahui. Oleh karena itu, baca dan simak cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing berikut untuk menambah wawasan Unyulicious. 

1
Menghilangkan Lem yang Menempel

Gunting Bulu yang Tertempel Lem Tikus

Menghilangkan Lem yang Menempel

2
Balut Tubuh Kucing dengan Handuk

Mencegah Kucing Menjilati Badannya yang Terkontaminasi

Balut Tubuh Kucing dengan Handuk

3
Oleskan Minyak ke Badan Kucing

Minyak Ampuh Menghilangkan Bekas Lem

Oleskan Minyak ke Badan Kucing

4
Seka Lem dengan Kain

Seka Area yang Terkena Lem dengan Lembut

Seka Lem dengan Kain

5
Bersihkan Bulu Kucing Hingga Tidak Ada Lem Tersisa

Membersihkan Bulu dengan Memandikan Kucing

Bersihkan Bulu Kucing Hingga Tidak Ada Lem Tersisa

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gunting Bulu yang Tertempel Lem Tikus
© istockphoto.com/CasarsaGuru
1
Gunting Bulu yang Tertempel Lem Tikus

Menghilangkan Lem yang Menempel

Rekomendasi kami

Jika kucing kena lem tikus di dalam jebakan tikus, langkah pertama yang dapat Unyulicious lakukan adalah potong bulu yang menempel di jebakan tersebut menggunakan gunting. Pastikan untuk memotong bulu yang menempel saja dan hindari memotong bagian yang terlalu dekat dengan kulit. Tetapi, apabila lem terlalu dekat dengan kulit, segera bawa Anabul ke dokter hewan untuk melepas lem tersebut.  

Mencegah Kucing Menjilati Badannya yang Terkontaminasi
© istockphoto.com/AlexanderPytskiy
2
Mencegah Kucing Menjilati Badannya yang Terkontaminasi

Balut Tubuh Kucing dengan Handuk

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya adalah membalut tubuh kucing dengan handuk. Unyulicious bisa memangku kucing atau menempatkannya di tempat atau benda yang rata. Beberapa lem tikus yang berada di pasaran bisa jadi mengandung bahan yang berbahaya jika tidak sengaja termakan kucing. Handuk berfungsi untuk mencegah kucing menjilati badannya yang terkena lem, sehingga hal tersebut membantu mencegah kucing mengalami keracunan. 

Minyak Ampuh Menghilangkan Bekas Lem
© istockphoto.com/irinaorel
3
Minyak Ampuh Menghilangkan Bekas Lem

Oleskan Minyak ke Badan Kucing

Rekomendasi kami

Cara berikutnya yaitu dengan mengoleskan minyak goreng pada area yang terkena lem. Tidak hanya minyak goreng, beberapa jenis minyak lainnya juga dapat Unyulicious gunakan, seperti minyak sayur, minyak zaitun, minyak canola, minyak bunga matahari, dan minyak jagung. 

Pijatkan minyak pada bulu kucing dengan menggunakan jari tangan. Pastikan lem yang menempel telah tertutup seluruhnya dengan minyak dan biarkan selama 5 menit. Ketika meresap, minyak akan melunakkan lem, sehingga akan mudah untuk menghilangkan lem.

Akan tetapi, jika aroma minyak terlalu menyengat, Unyulicious bisa menggunakan selai kacang sebagai alternatif. Perlu diingat, jangan menghilangkan lem dengan menggunakan minyak eukaliptus, tea tree, atau minyak jeruk serta bahan pelarut seperti tiner atau aseton karena beracun bagi kucing. Untuk itu, Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi minyak ampuh di atas untuk membersihkan lem pada kucing.

Seka Area yang Terkena Lem dengan Lembut
© istockphoto.com/CasarsaGuru
4
Seka Area yang Terkena Lem dengan Lembut

Seka Lem dengan Kain

Selanjutnya, seka area yang terkena lem dengan lembut menggunakan kain lembut atau handuk yang bersih dan kering hingga semua lem hilang. Jika masih ada lem yang menempel, ulangi langkah ini 3 hingga 5 kali sampai lem benar-benar hilang.

Membersihkan Bulu dengan Memandikan Kucing
© istockphoto.com/kozorog
5
Membersihkan Bulu dengan Memandikan Kucing

Bersihkan Bulu Kucing Hingga Tidak Ada Lem Tersisa

Rekomendasi kami

Untuk memastikan bahwa lem benar-benar hilang tanpa bekas, Unyulicious dapat memandikan kucing. Cara memandikan kucing yang dapat Unyulicious lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan air hangat ke dalam bak mandi hingga setinggi 8-10 cm
  2. Tempatkan handuk di bagian dasar bak mandi agar kucing tidak tergelincir 
  3. Masukkan kucing ke dalam bak mandi menggunakan kedua tangan secara perlahan, kuat namun tetap lembut
  4. Siram air secara perlahan ke bagian yang terkena lem secara menyeluruh. Pastikan air tidak masuk ke dalam mata, hidung, atau telinga
  5. Oleskan sedikit sampo pada bagian yang terkena lem dan gosok secara lembut lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. Pastikan Unyulicious tidak menggunakan sampo untuk manusia maupun sampo insektisida
  6. Keluarkan kucing dari bak mandi, buka handuk, balutkan ke kucing dan keringkan

Dengan ini, kucing Anda telah bebas dari lem tikus. Caranya mudah, bisa Anda lakukan dengan alat dan bahan di rumah. Jadi, jangan panik dan ikuti cara-cara di atas untuk menghadapi masalah ini, ya! 

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Lem Tikus di Bulu Kucing

Setelah mengetahui cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing, selanjutnya tim Unyu akan merangkum pertanyaan terkait yang perlu Unyulicious ketahui. Berikut pertanyaan dan jawaban untuk Unyulicious.

Lem tikus terbuat dari apa?

Beberapa cara dapat dilakukan untuk membuat lem tikus sederhana, seperti lem tikus yang terbuat dari damar kaca, styrofoam, arpus, dan getah karet.

Bagaimana cara membersihkan lem yang menempel di badan kucing?

Lem yang menempel di badan kucing dapat dengan mudah Unyulicious bersihkan, yaitu dengan cara memotong bulu yang terkena lem, mengoleskan minyak, dan memandikannya hingga bersih.

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Lem Tikus di Bulu Kucing

Memelihara dan merawat kucing merupakan hal yang susah susah gampang untuk dilakukan. Kucing yang jadi predator tikus namun menyukai kebersihan adalah sesuatu yang cukup bertolak belakang, mengingat tikus terkenal sebagai hewan yang kotor. Tidak jarang, banyak orang yang memberikan perangkap tikus di rumah mereka masing-masing, salah satunya dengan menggunakan lem tikus. 

Kucing yang suka bereksplorasi terhadap lingkungan sekitar bisa jadi terkena perangkap lem tikus tersebut. Namun, setelah membaca artikel di atas, kini Unyulicious tidak perlu khawatir lagi. Lantas, sudah siapkah Unyulicious menerapkan cara menghilangkan lem tikus di bulu kucing dari tim Unyu dan melakukan perawatan terbaik?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo