Hide Menu

Ingin Basmi Tikus dengan Racun Bubuk? Berikut 4 Cara Menggunakan Racun Tikus Cap Padi!

Berikut Beberapa Cara untuk Menggunakan Racun Tikus Cap Padi yang Efektif dalam Membasmi Tikus

Artikel Cara Menggunakan Racun Tikus Cap Padi ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Menggunakan Racun Tikus Cap Padi 2024
© freepik.com

Beberapa Cara Pengendalian Hama Tikus

Beberapa Cara Pengendalian Hama Tikus
freepik.com

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang banyak meresahkan manusia. Tidak hanya di pemukiman, tikus juga sering kali mengganggu tanaman padi di sawah. Pada sektor pertanian, tikus mampu merusak hingga 80% tanaman padi dalam 1 hari.

Sebab, hama tikus menyerang mulai dari akar hingga bulir tanaman padi. Hal itu mengakibatkan tanaman padi tidak dapat berkembang dan membuat petani gagal panen. Oleh sebab itu, pengendalian hama tikus perlu diperhatikan, baik rumah maupun sumber makanannya.

Adapun beberapa cara yang dapat Unyulicious lakukan untuk mengatasi hama tikus antara lain:

  • Pengendalian Mekanis

Cara pengendalian ini yaitu dengan menggunakan alat semprot api yang menyasar lubang-lubang tikus. Tentunya, hal ini membutuhkan bantuan dari seluruh pemilik lahan. Agar semakin efektif, pengendalian mekanis juga bisa Anda lakukan dengan cara memberi perangkap dan rodentisida di setiap sarang tikus.

  • Pengendalian Manual

Pengendalian manual dapat Unyulicious lakukan dengan cara membersihkan saluran air, penggunaan musuh alami tikus, menghilangkan penumpukan jerami di sawah, dan lain sebagainya.

  • Pengendalian Elektrik

Bentuk dari pengendalian elektrik yaitu dengan menggunakan serangan listrik, suara ultrasonik, dan lampu untuk menyinari lahan sawah secara periodik. 

Sedangkan cara membasmi tikus di rumah bisa Unyulicious lakukan dengan menggunakan racun tikus. Beberapa racun tikus dapat Unyulicious beli dengan harga murah dan mudah di toko online maupun offline

Bentuk racun tikus cukup beragam, mulai dari yang kering hingga cair. Merk racun tikus yang terkenal ampuh untuk serang tikus antara lain Kurato, Dora, dan Petrokum.

Sebelum menggunakannya, tentu Unyulicious harus memerhatikan gambar aturan pakai di belakangnya, tidak terkecuali memerhatikan cara kerja racun tikus beras merah Mao Wang.

Tidak hanya itu, racun tikus lain yang terkenal efektif dan ampuh dengan tekstur bubuk yaitu racun tikus Cap Padi. Apakah Unyulicious sudah tahu cara menggunakannya? Jika belum, simak artikel cara menggunakan racun tikus Cap Padi ini untuk mengetahui caranya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Menggunakan Racun Tikus Cap Padi - Terbaru 2024

Menurut Buku “Pengendalian Vektor Penyakit” karya Mitoriana et al (2019:151), pemberantasan tikus harus terencana dan penuh persiapan guna menghindari kegagalan akibat kesalahan operasional atau faktor yang dapat diantisipasi. Di sisi lain, pastikan bahwa peletakan racun tersebut tidak dekat dengan anak-anak dan hewan peliharaan.

Pasalnya, obat hama tikus mengandung zat kimia aktif yang sangat berbahaya bagi orang dan hewan peliharaan. Oleh sebab itu, tim Unyu akan memberi tahu cara melakukan pembunuhan populasi tikus menggunakan racun tikus Cap Padi yang paling efektif. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

1
Buka Tutup Pembungkus

Jauhkan dari Jangkauan Anak dan Hewan Peliharaan

Buka Tutup Pembungkus

2
Campurkan dengan Cara Mekanik

Pastikan Menggunakan Alat Bantu untuk Mencampurnya

Campurkan dengan Cara Mekanik

3
Gunakan Alat Pelindung

Racun Tikus Mengandung Bahan Kimia dan Sangat Bahaya

Gunakan Alat Pelindung

4
Letakkan di Tempat Potensial

Tempat yang Sesuai akan Memutus Populasi Tikus

Letakkan di Tempat Potensial

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jauhkan dari Jangkauan Anak dan Hewan Peliharaan
© freepik.com
1
Jauhkan dari Jangkauan Anak dan Hewan Peliharaan

Buka Tutup Pembungkus

Rekomendasi kami

Cara pertama yang harus Unyulicious lakukan tentunya membeli racun. Anda bisa mendapatkannya di toko hewan terdekat atau membeli melalui link yang sudah tim Unyu sediakan di atas. 

Apabila barang sudah sampai, bukalah kemasan racun tikus Cap Padi. Unyulicious harus membuka dengan hati-hati karena bentuknya bubuk, jangan sampai isi maupun debunya ke mana-mana.

Sebab, debu racun tikus memiliki efek yang bahaya jika sampai terhirup. Tidak hanya itu, pastikan ketika Unyulicious membukanya, tidak ada anak atau hewan peliharaan di sekitar.

Pastikan Menggunakan Alat Bantu untuk Mencampurnya
© freepik.com
2
Pastikan Menggunakan Alat Bantu untuk Mencampurnya

Campurkan dengan Cara Mekanik

Rekomendasi kami

Cara kedua yaitu siapkan wadah yang tidak digunakan. Anda bisa memakai baskom atau mangkok. Setelah itu, campurkan bubuk racun tikus padi dengan sedikit makanan atau nasi yang sudah tidak dimakan.

Pastikan Unyulicious mencampurnya dengan alat bantu seperti pengaduk kayu yang panjang atau sendok kayu sekali pakai, jangan menggunakan tangan secara langsung. Ada baiknya setelah adonan tercampur segera buang alat bantu tersebut. 

Racun Tikus Mengandung Bahan Kimia dan Sangat Bahaya
© freepik.com
3
Racun Tikus Mengandung Bahan Kimia dan Sangat Bahaya

Gunakan Alat Pelindung

Rekomendasi kami

Karena mengandung bahan kimia yang bahaya jika terkena kulit dan pakaian, maka Unyulicious harus menggunakan alat pelindung. Oleh sebab itu, Unyulicious harus menggunakan sarung tangan, masker, serta pelindung muka.

Jika racun ini terkena mata, segera bilas dengan air mengalir yang banyak selama 15 menit. Pastikan sudah tidak ada sisa racun agar tubuh Anda tetap sehat. 

Tempat yang Sesuai akan Memutus Populasi Tikus
© freepik.com
4
Tempat yang Sesuai akan Memutus Populasi Tikus

Letakkan di Tempat Potensial

Setelah adonan racun tikus sudah jadi, letakkan adonan tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Selanjutnya, simpan sisa bubuk racun tikus dalam keadaan rapat di tempat kering. Tidak hanya itu, pastikan penyimpanannya jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Selanjutnya, ketika Unyulicious hendak makan, minum, dan berkegiatan lainnya, cuci tangan terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun. Di sisi lain, jangan mengotori saluran air di rumah dengan racun ini maupun wadah bekasnya sebab air bisa tercemar dengan bahan kimia yang terkandung pada racun tikus.

Tanya Jawab Seputar Cara Menggunakan Racun Tikus Cap Padi

Sebelum mengakhiri artikel ini, Unyulicious bisa membaca beberapa pertanyaan di bawah terlebih dahulu. Pertanyaan dan jawaban yang tim Unyu siapkan tentu dapat menambah wawasan Unyulicious terkait pengendalian tikus menggunakan racun tikus. Check it out!

Berapa lama efek racun tikus pada tikus?

Tikus akan mati setelah seminggu terkena atau memakan racun.

Apa fungsi racun tikus?

Racun tikus memiliki fungsi untuk membasmi tikus yang berkeliaran. 

Bahan apa yang bisa mengusir tikus?

Beberapa bahan yang terkenal ampuh untuk mengusir tikus antara lain kulit telur, teh celup bekas, merica bubuk, bawang putih, dan bubuk kopi.

Bagaimana gejala serangan hama tikus?

Terdapat beberapa gejala serangan hama tikus yang dapat Anda perhatikan, antara lain memerhatikan permukaan bedengan rusak, bagian tengah petakan tampak gundul, dan bagian tanaman tampak berwarna kuning kecoklatan dari jauh. Bahkan, gejala serangan tikus juga dapat Anda temukan di tempat sarana penyimpanan gabah.

Bagaimana cara membasmi tikus secara tradisional?

Beberapa cara tradisional yang dapat Anda terapkan untuk membasmi tikus antara lain menggunakan campuran deterjen dan cabai, menakuti dengan bawang merah, memanfaatkan cangkang telur, dan menyebarkan kapur barus di dekat sarang tikus.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menaburkan bedak bayi, menyemprotkan cairan buah mengkudu, memakai essential oil, menabur bubuk kopi, memasang perangkap tikus, dan menuangkan cuka di lantai.

Apakah tikus takut dengan garam?

Iya, tikus takut dengan garam karena dapat menyebabkan tikus dehidrasi.

Kesimpulan: Cara Menggunakan Racun Tikus Cap Padi

Tikus adalah hama yang perlu dikendalikan sebab keberadaan tikus sangat berdampak negatif di semua sektor. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab saat ini sudah banyak cara untuk mengendalikan hama tikus yang efektif dan ampuh. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan racun tikus Cap Padi.

Banyak seller yang jual racun tikus ini, sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah dan murah. Untuk menggunakannya, Unyulicious bisa memerhatikan cara menggunakan racun tikus cap padi di atas. Dengan cara yang tepat, maka racun tikus akan bekerja dengan efektif dan dapat mencegah pertambahan populasi tikus.

Di sisi lain, perlu Unyulicious ingat untuk segera membuang tikus yang sudah mati. Hal itu karena batang tikus dapat menghasilkan bau yang tidak sedap dan mengganggu. Lantas, menurut Unyulicious, apakah penggunaan racun tikus Cap Padi cukup mudah untuk dilakukan?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo