Hide Menu

Anabul Abis Mandi Gak Kering-Kering? Ini 3 Cara Mengeringkan Kucing tanpa Hairdryer!

Panduan Cara Mengeringkan Bulu Kucing Tanpa Hair Dryer untuk Anak Kucing, Kucing Dewasa, Kucing Anggora, dan Kucing Kampung

Artikel Cara Mengeringkan Kucing tanpa Hairdryer ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Mengeringkan Kucing tanpa Hairdryer 2024
© istockphoto.com/uzhursky

Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Memandikan Kucing

Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Memandikan Kucing
istockphoto.com/IharHalavach

Memandikan kucing merupakan satu bagian dari perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik kucing. Meskipun kucing mampu melakukan self-grooming dengan cara menjilati bulunya, namun hal itu tidak sebersih ketika Unyulicios mandiin sendiri atau membawanya ke tempat pemandian.

Jika Unyulicious memilih untuk mandiin sendiri di rumah, terdapat beberapa hal yang perlu Unyulicious ketahui. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini. 

  • Tidak Menyisir atau Menyikat Bulu Terlebih Dahulu

Bulu kucing cukup mudah rontok. Jika tidak menyisirnya terlebih dahulu, Unyulicious akan kesusahan saat memandikannya. Untuk itu, sisir bulu secara menyeluruh terlebih dahulu untuk menghilangkan bulu yang terlepas sebelum memandikannya. 

  • Tidak Potong Kuku Terlebih Dahulu 

Kucing terkenal tidak menyukai air, sehingga tidak menutup kemungkinan kucing akan melakukan pemberontakan ketika hendak dimandikan. Cakar atau kuku kucing adalah bentuk senjata utama pertahanan mereka. Kucing yang marah saat dimandikan dapat mencakar apapun dan siapapun yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, potong kuku kucing terlebih dahulu sebelum memandikannya, ya!

  • Menggunakan Air Panas

Tidak seperti manusia, kucing tidak mengeluarkan keringat. Air panas beruap yang disukai manusia ternyata tidak disukai oleh kucing karena terlalu panas. Oleh karena itu, gunakan air hangat suam-suam kuku agar kucing tidak kepanasan yang dapat membuat kulitnya terluka. 

  • Menggunakan Sampo Manusia

Ketika Unyulicous memilih untuk mandiin kucing di rumah, pastikan untuk menggunakan sampo atau sabun khusus kucing. Sebab, sampo manusia tidak aman jika sampai terjilat kucing dan dapat melukai kulitnya. Lapisan tanduk kulit hewan cenderung lebih tipis daripada manusia. Selain itu, jangan menggunakan Dettol, karena dapat membahayakan kulit kucing. 

  • Langsung Memasukkannya ke Bak Mandi

Bisa jadi kucing akan berontak ketika dimasukkan ke dalam bak mandi yang telah berisi air. Untuk menghindari kemungkinan bahaya, jangan memasukkannya secara langsung. Sebagai gantinya, Unyulicious bisa menggunakan penyemprot genggam atau gayung untuk menuangkan air dengan lembut ke seluruh tubuhnya. 

  • Mengguyur Kepala tanpa Menutup Wajahnya

Jangan menyiram wajah menggunakan air atau sabun secara langsung. Unyulicious bisa menggunakan kain lap yang hangat dan lembab sebagai gantinya. Berhati-hatilah di sekitar mata dan telinga karena cukup sensitif dan mudah rusak. 

  • Tidak Membilas Kucing dengan Baik

Bilas tubuh kucing dari busa sabun dengan baik dan menyeluruh. Sebab, apa pun yang tersisa akan tertelan oleh kucing jika ia menjilati tubuhnya. Di sisi lain, tidak membilas dengan baik juga dapat membuat kulit kucing iritasi.

  • Tidak Mengeringkan Secara Menyeluruh

Bagian terpenting dari rangkaian memandikan kucing yaitu proses mengeringkan. Keringkan kucing secepat mungkin dengan handuk besar. Jika Unyulicious memiliki hair dryer atau blower,  itu akan lebih baik dan mempercepat proses pengeringan. Akan tetapi, jika Unyulicious tidak memiliki keduanya, simak artikel cara mengeringkan kucing tanpa hairdryer ini hingga akhir. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Mengeringkan Kucing tanpa Hairdryer - Terbaru 2024

Menurut penelitian Cristian (2020), hewan peliharaan harus membutuhkan bantuan manusia untuk melakukan grooming agar tubuhnya menjadi lebih bersih dan menarik. Maka, setelah memandikan kucing, ia harus segera dikeringkan. Jika tidak segera dikeringkan, bulu kucing yang basah tersebut justru dapat menimbulkan penyakit untuk kucing, salah satunya jamur.

Cara cepat untuk mengeringkan bulu kucing yaitu dengan hair dryer atau blower. Namun, tidak semua pemilik kucing memiliki alat tersebut. Untuk itu, simak cara mengeringkan bulu kucing tanpa hair dryer di bawah ini, ya! 

1
Menggunakan Handuk Besar

Pastikan Gunakan Handuk Lembut agar Kucing Nyaman

Menggunakan Handuk Besar

2
Gunakan Tisu Basah

Pastikan Menggunakan Tisu Basah Khusus Kucing

Gunakan Tisu Basah

3
Memerhatikan Keadaan Cuaca

Penting Jika Unyulicious Tidak Memiliki Hairdryer atau Blower

Memerhatikan Keadaan Cuaca

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pastikan Gunakan Handuk Lembut agar Kucing Nyaman
© istockphoto.com/primipil
1
Pastikan Gunakan Handuk Lembut agar Kucing Nyaman

Menggunakan Handuk Besar

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan yaitu mengeringkan kucing dengan handuk besar. Bungkuslah tubuh kucing dengan handuk besar, kemudian biarkan beberapa saat di tempat yang hangat.

Agar benar-benar kering, Unyulicious bisa membuka handuknya dan masukkan kucing ke kandang. Kemudian, jemur kucing di bawah sinar matahari selama maksimal 1 jam. Jika matahari cukup terik, beri pelindung seperti payung atau letakkan kandang di bawah pohon rindang yang masih terkena sinar matahari. 

Jika tidak ada handuk, Unyulicious juga bisa menggunakan handuk atau kanebo khusus kucing. Faktanya, handuk khusus kucing atau kanebo memiliki daya serap air yang cukup tinggi daripada handuk biasa. 

Pastikan Menggunakan Tisu Basah Khusus Kucing
© istockphoto.com/FreerLaw
2
Pastikan Menggunakan Tisu Basah Khusus Kucing

Gunakan Tisu Basah

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya yang dapat Unyulicious lakukan yaitu dengan menggunakan tisu basah. Namun, perlu diingat harus menggunakan tisu basah khusus kucing. Hal ini karena kandungan tisu basah untuk manusia dan hewan berbeda. 

Tisu basah merupakan cara alternatif yang baik, karena dengan tisu basah, bulu kucing akan cepat kering. Tisu basah khusus kucing didesain untuk membersihkan atau memandikan kucing tanpa air. Tidak hanya itu, tisu ini juga bagus untuk keperluan sehari-hari, seperti membersihkan tubuh kucing setelah main atau aktivitas lainnya. 

Saat membeli tisu basah kucing, baca terlebih dahulu bahan-bahan pembuatnya. Pilih tisu dengan bahan alami tanpa kandungan bahan yang buruk untuk kucing. Jika Unyulicious belum pernah menggunakan tisu basah khusus untuk kucing sebelumnya, hendaknya coba dulu bersihkan sebagian tubuhnya. Jika tidak muncul tanda alergi, Unyulicious bisa melanjutkannya. 

Penting Jika Unyulicious Tidak Memiliki Hairdryer atau Blower
© istockphoto.com/Chernetskaya
3
Penting Jika Unyulicious Tidak Memiliki Hairdryer atau Blower

Memerhatikan Keadaan Cuaca

Rekomendasi kami

Unyulicious tidak punya hairdryer atau blower di rumah? Tidak perlu khawatir. Namun, ada baiknya untuk menghindari memandikan kucing saat malam hari, cuaca dingin, mendung, dan hujan. Meskipun Unyulicious sudah memandikannya dengan air hangat, kucing tetap bisa kedinginan jika bulunya tidak segera dikeringkan. 

Jika Unyulicious memiliki ruangan yang hangat, baik ruangan dengan mesin penghangat atau perapian, Unyulicious tetap bisa memandikannya meskipun cuaca sedang dingin, mendung, atau hujan. Setelah mandi, bungkus kucing dengan handuk dan letakkan sementara di ruangan hangat tersebut. Pastikan Unyulicious tidak meletakkan kucing terlalu dekat dengan mesin penghangat, karena hal itu dapat membakar kulitnya.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengeringkan Kucing tanpa Hairdryer

Setelah membaca penjelasan di atas, tim Unyu akan membagikan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait hal serupa. Simak pertanyaan dan jawabannya pada penjelasan di bawah ini, ya. 

Mengeringkan kucing dengan apa?

Untuk mengeringkan kucing, Anda bisa menggunakan handuk, hair dryer, maupun blower. 

Bagaimana cara mengeringkan kucing habis mandi?

Anda bisa menggunakan handuk lembut atau pengering untuk mengeringkan kucing habis mandi. 

Bagaimana cara mengeringkan bulu kucing?

Terdapat 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengeringkan bulu kucing, antara lain dengan menggunakan handuk besar, bantuan sinar matahari, dan pengering. Tidak hanya itu, terdapat alternatif lain yang dapat Anda lakukan seperti menggunakan tisu basah khusus kucing.

Memandikan kucing mulai umur berapa?

Anda boleh memandikan anak kucing minimal umur 4 minggu. Oleh karena itu, jangan terburu untuk memandikan kitten di bawah usia 1 bulan atau bayi kucing. Umumnya, bayi kucing akan dimandikan oleh induk kucing dengan cara menjilatinya. 

Kesimpulan: Cara Mengeringkan Kucing tanpa Hairdryer

Selain kelinci, kucing juga termasuk hewan yang menyukai kebersihan. Oleh karena itu, memandikannya adalah hal yang wajib dilakukan, baik memandikannya sendiri atau membawanya ke tempat pemandian. Jika Anda memilih untuk memandikannya sendiri di rumah, tentu Anda harus memerhatikan beberapa hal agar kucing tidak berisik dan berontak ketika dimandikan. Dengan memandikannya sendiri di rumah, tentu akan menghemat pengeluaran Anda. Hal itu karena harga grooming di tempat pemandian tidak murah. 

Anda bisa memandikan kucing tepat 2 kali sebulan atau waktu kucing sudah terlalu kotor. Anda juga bisa menggunakan sabun anti kutu dengan aroma buah agar kucing harum dan terbebas dari kutu. Perlu Anda ingat, ketika kucing berontak jangan langsung memberi hukum kepadanya, karena itu justru membuat kucing menjadi trauma dengan aktivitas membersihkan diri.

Proses terpenting dari rangkaian memandikan kucing adalah mengeringkannya. Kucing harus kering secara menyeluruh, karena bulu yang masih basah dapat mendatangkan penyakit untuk kucing. Agar kucing cepat kering, Anda bisa menggunakan bantuan alat pengeringAkan tetapi, jika Unyulicious tidak memiliki alat pengering, Anda bisa menerapkan cara mengeringkan kucing tanpa hairdryer di atas. 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo