Hide Menu

Inilah 4 Cara Mengatasi Lalat Buah pada Cabe Secara Organik, Aman dan Ramah Lingkungan!

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Lalat Buah pada Cabai yang Dapat Unyulicious Terapkan di Rumah

Artikel Cara Mengatasi Lalat Buah pada Cabe Secara Organik ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Lalat Buah pada Cabe Secara Organik 2024
© freepik.com

Sekilas tentang Lalat Buah Menyerang Tanaman Cabai

Sekilas tentang Lalat Buah Menyerang Tanaman Cabai
freepik.com

Tanaman cabai menjadi salah satu komoditas yang memiliki nilai pasar yang tinggi. Dengan alasan tersebut, jika tanaman cabai gagal untuk bertumbuh, maka hal itu memiliki arti bahwa harga cabai di pasar akan semakin tinggi.

Beberapa faktor yang membuat pohon cabai gagal untuk berbuah antara lain faktor iklim dan cuaca, serangan organisme pengganggu tanaman (OPT), serta anjloknya harga cabai. Di antara masalah-masalah tersebut, salah satu yang cukup bahaya adalah cabai busuk dan rontoknya buah sebelum matang.

Lalat buah berkembang biak dengan cara bertelur di dalam buah cabai. Selanjutnya, telur yang menetas tersebut akan menjadi larva dan merusak daging cabai sehingga busuk dari dalam, kering, lalu rontok.

Unyulicious juga dapat mengamati gejala buah cabai yang terserang lalat melalui fisik luarnya. Misalnya, buah berubah warna baik coklat kehitaman atau menguning pada bagian tertentu. Selain itu, terdapat bintik hitam dengan ukuran yang sangat kecil.

Jika Unyulicious mendapati tanda-tanda tersebut tentu mengindikasikan bahwa buah cabai sudah sakit karena terserang hama lalat buah. Hama itulah yang membuat produktivitas dan nilai ekonomi dari cabai menurun.

Cabai memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Di sisi lain, lalat buah dapat beregenerasi dengan cepat. Oleh karena itu, Unyulicious harus melakukan penangkapan lalat buah segera untuk memutus populasi lalat buah tersebut.

Unyulicious bisa membasmi lalat buah menggunakan fungisida kimia maupun cara organik. Namun, pada kesempatan kali ini tim Unyu akan membagikan cara mengatasi lalat buah pada cabe secara organik. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Mengatasi Lalat Buah pada Cabe Secara Organik - Terbaru 2024

Menurut penelitian Asdhyshani M et al (2021), lalat buah adalah hama yang bersifat polifag, sehingga lalat buah memiliki banyak inang selain inang utamanya. Keberadaan populasi lalat buah sangat dipengaruhi dari banyaknya tanaman inang yang ada di sekitarnya.

Oleh karena itu, untuk menghentikan populasi lalat buah, Unyulicious bisa segera melakukan pengendalian agar lalat berhenti beregenerasi. Berikut beberapa cara mengatasi lalat buah pada cabai secara organik. Cara ini tidak hanya ampuh dalam lingkup pertanian, namun juga dapat Unyulicious terapkan di rumah. Check it out!

1
Perangkap Atraktan Metyl Eugenol

Namanya Memang Kimia, Namun Racun Ini Ramah Lingkungan

Perangkap Atraktan Metyl Eugenol

2
Menanam Cabai di Lahan yang Steril

Lahan Bekas Berpotensi Menjadi Tempat Lalat Berkembang Biak

Menanam Cabai di Lahan yang Steril

3
Lem Perangkap Buah

Cara Mudah dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Lem Perangkap Buah

4
Pengendalian Manual

Cara Tradisional Mampu Basmi Lalat Buah hingga Keturunannya

Pengendalian Manual

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Namanya Memang Kimia, Namun Racun Ini Ramah Lingkungan
© freepik.com
1
Namanya Memang Kimia, Namun Racun Ini Ramah Lingkungan

Perangkap Atraktan Metyl Eugenol

Rekomendasi kami

Cara mengusir lalat buah pada cabai pertama yang dapat Unyulicious lakukan adalah menggunakan insektisida lalat buah cabe. Obat methyl eugenol ini memang cukup efektif untuk mengatasi lalat buah, namun tetap aman dan ramah lingkungan. Dengan demikian, Anda tak akan merusak sekitar. 

Sasaran racun lalat buah cabe ini adalah lalat buah jantan, sehingga pejantan akan mati dan tidak mampu membuahi lalat betina. Meskipun lalat betina banyak berkeliaran, namun betina hanya menyerang cabai ketika akan bertelur saja.

Oleh sebab itu, sebaiknya Unyulicious memasang perangkap ini sejak pohon cabai masih kecil atau saat berusia 1 bulan setelah tanam. Saat itu, obat akan segera bertindak agar tidak ada lalat buah yang bisa mengacau panen cabai Anda. 

Lahan Bekas Berpotensi Menjadi Tempat Lalat Berkembang Biak
© freepik.com
2
Lahan Bekas Berpotensi Menjadi Tempat Lalat Berkembang Biak

Menanam Cabai di Lahan yang Steril

Cara organik selanjutnya yang dapat Unyulicious lakukan adalah menanam cabe di lahan yang steril. Pastikan Unyulicious menanam cabai di lahan yang clear, bukan bekas tanaman cabai sebelumnya atau tanaman inang lalat buah lainnya.

Beberapa tanaman yang termasuk tanaman inang lalat buah selain cabe antara lain pare, timun, dan gambas. Pada lahan bekas tanaman tersebut akan memungkinkan lalat buah untuk beregenerasi besar secara terus menerus. Oleh sebab itu, Unyulicious harus memusnahkan tanaman buah yang tidak terawat di sekitar tanaman cabai, seperti contoh jambu air dan jambu biji.

Di sisi lain, Unyulicious juga bisa menerapkan penanaman cabai dengan bedengan 1 baris atau 2 baris. Tentunya, masing-masing cara tanam tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan. Unyulicious bisa menyesuaikannya dengan kondisi lahan yang dimiliki.

Cara Mudah dengan Memanfaatkan Barang Bekas
© freepik.com
3
Cara Mudah dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Lem Perangkap Buah

Rekomendasi kami

Selain menggunakan perangkap dengan bahan methyl eugenol, Unyulicious juga bisa membuat perangkap dari lem lalat buah. Unyulicious bisa mendapatkan lem perangkap ini dengan mudah di toko tumbuhan terdekat atau e-commerce.

Penggunaan lem perangkap lalat buah ini juga cukup praktis. Unyulicious hanya perlu mengoleskannya secara merata pada botol bekas. Selanjutnya, pasangkan di beberapa tanaman cabe.

Secara umum, lem lalat buah berwarna kuning. Warna itulah yang membuat lalat buah tertarik untuk mendekat dan menempel pada media perangkap tersebut. Di sisi lain, penggunaan lem perangkap tidak hanya untuk menghilangkan lalat, namun juga serangga perusak tanaman lain seperti hama dan kutu-kutuan.

Cara Tradisional Mampu Basmi Lalat Buah hingga Keturunannya
© freepik.com
4
Cara Tradisional Mampu Basmi Lalat Buah hingga Keturunannya

Pengendalian Manual

Cara organik berikutnya dapat dikatakan sebagai pengendalian secara tradisional. Pengendalian ini juga terkenal dengan sebutan kultur teknis, dimana cara ini mampu mengurangi dan mencegah meledaknya populasi hama lalat buah.

Untuk penerapannya, Anda bisa memetik buah cabai yang terserang lalat buah lalu segera memusnahkannya. Dengan memusnahkan buah cabai terinfeksi, telur lalat yang ada di dalam buah cabai juga akan ikut musnah. Sehingga, siklus hidup lalat buah akan putus dan populasi lalat buah akan berkurang.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Lalat Buah pada Cabe Secara Organik

Sebelum menyelesaikan artikel ini, alangkah baiknya jika Unyulicious membaca beberapa pertanyaan di bawah. Pertanyaan dan penjelasan dari tim Unyu di bawah ini tentu dapat menambah wawasan Unyulicious tentang lalat buah. Check it out!

Apa yang harus dilakukan untuk mengendalikan hama lalat buah tetapi ramah lingkungan?

Salah satu pengendalian yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan perangkap metil eugenol.

Bau apa yang tidak disukai lalat buah?

Salah satu bau yang tidak lalat buah suka adalah bau kapur barus.

Apa musuh alami lalat buah?

Beberapa musuh alami lalat buah antara lain laba-laba, semut, dan kumbang stafilinid.

Daun apa yang bisa mengusir lalat?

Beberapa daftar daun yang ampuh mengusir lalat, antara lain basil, rosemary, kenikir, sage, dan lainnya.

Kesimpulan: Cara Mengatasi Lalat Buah pada Cabe Secara Organik

Tidak selalu menggunakan pestisida dengan bahan aktif kimia seperti contoh Bionik, Bulfidor, Dimetoat, Metomil, dan lainnya, cara mengatasi lalat buah pada cabe secara organik juga bisa menjadi alat untuk mematikan populasi lalat buah.

Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan cara atau bahan yang tersedia di alam untuk membasmi hama. Sebab, cara-cara organik juga terbukti ampuh dalam memberantas populasi lalat buah. Jika belum ada gambaran, Anda juga bisa menggunakan daftar rekomendasi produk dari gambar yang telah tim Unyu sertakan di atas.

Rekomendasi di atas juga tidak hanya untuk membasmi lalat buah, namun hama lainnya seperti trip. Lantas, cara organik mana yang akan Unyulicious terapkan untuk membasmi lalat buah di lahan budidaya cabai yang Anda punya?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo