Hide Menu

Aliran Urine Anabul Tersumbat? Terapkan 5 Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Pipis Ini!

Jangan Biarkan, Segera Ambil Tindakan! Cari Tahu Cara Mengobati Kucing Sembelit di Sini.

Artikel Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Pipis ini diposting diperbarui
44 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Pipis 2024
© istockphoto.com/DariaKulkova

Penyebab Kucing Tidak Bisa Kencing

Penyebab Kucing Tidak Bisa Kencing
istockphoto.com/NatashaZakharova

Kucing rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan kemih. Permasalahan kencing yang sering terjadi yaitu penyakit saluran kencing bawah atau Feline Urinary Tract Disease (FLUTD). Maksud dari saluran kencing bawah yaitu uretra dan kandung kemih. 

FLUTD merupakan istilah umum dari banyak penyakit kemih, seperti adanya sumbatan atau kristal pada saluran pipis, infeksi saluran kencing, kantong kemih yang lemah, stres lingkungan, masalah tulang belakang, hingga kelainan bawaan. FLUTD rentan terjadi pada kucing dengan ciri obesitas, sering memakan pakan kering, dan kucing yang jarang olahraga atau aktivitas fisik. 

Tidak hanya itu, kucing dengan kelamin jantan juga sering mengalami penyumbatan karena saluran kencingnya yang lebih panjang dan sempit. Adapun hal yang dapat menyebabkan stres lingkungan, seperti tempat pasir yang kotor, ada kucing atau peliharaan baru di rumah, dan perubahan lain di rumah yang dapat memengaruhi kebiasaan kencing kucing.

FLUTD bisa menyerang kucing usia berapa pun tergantung penyebabnya. Penyakit ini sering terjadi pada kucing muda hingga tua. Akan tetapi, penyakit ini juga dapat terjadi pada anak kucing, bahkan senior yang tidak pernah menunjukkan gejala. 

Gejala yang sering muncul ketika kucing mengalami FLUTD adalah terus merejan saat kencing dan pup, anyang saat kencing dan berak, kencing akan berkurang bahkan tidak kencing sama sekali, kencing disertai darah, dan kencing sembarangan bahkan di kasur.

Jika kondisi tersebut dibiarkan dapat membuat kucing menjadi lemas dan muntah. Penyakit kemih ini dapat berujung kematian jika tidak segera ditangani. Untuk itu, segera lakukan penanganan dengan mencari tahu cara mengatasi kucing tidak bisa pipis di dalam artikel ini. Yuk, simak! 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Pipis - Terbaru 2024

Menurut Intan P. H. (2022), hampir sebagian besar FLUTD diikuti dengan adanya penyumbatan (obstruksi). Umumnya, obstruksi ini terjadi pada kucing jantan dan hanya terjadi pada beberapa kucing kelamin betina. Oleh karena itu, hendaknya Unyulicious mengerti penanganan yang tepat sekaligus sebagai tindakan preventif jika mengalami kasus tersebut. Untuk mengetahui cara mengatasi kucing tidak bisa pipis, lanjutkan membaca artikel ini hingga akhir. 

1
Memberikan Makanan Penuh Nutrisi

Nutrisi Membantu Menjaga Kesehatan Kucing

Memberikan Makanan Penuh Nutrisi

2
Pastikan Kucing Terhidrasi dengan Baik

Minum Banyak, Terhindar dari Resiko Penyakit

Pastikan Kucing Terhidrasi dengan Baik

3
Jaga Kebersihan Tempat Pasir

Ada Bakteri di Pasir yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Jaga Kebersihan Tempat Pasir

4
Jaga Berat Badan Stabil

Obesitas Dapat Mengganggu Sistem Pencernaan Kucing

Jaga Berat Badan Stabil

5
Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Hewan

Jika Cukup Parah, Dokter akan Melakukan Operasi

Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Hewan

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Nutrisi Membantu Menjaga Kesehatan Kucing
© istockphoto.com/aleksandrovaphoto
1
Nutrisi Membantu Menjaga Kesehatan Kucing

Memberikan Makanan Penuh Nutrisi

Rekomendasi kami

Perawatan kucing yang terkena FLUTD harus memperhatikan pakan yang diberikan. Dokter juga akan memberi rekomendasi pakan yang dirancang khusus untuk mengusir masalah pada saluran kencing kucing.

Makanan yang diberikan harus bermanfaat untuk menyeimbangkan kembali pH urine. Selain itu, membatasi jumlah mineral yang berpotensi mengkristal dan dapat menyebabkan batu empedu. Tentunya, pakan kucing harus mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat mengurangi beban kerja pada ginjal anabul. 

Selama masa perawatan, Unyulicious bisa memberi cat food bertekstur basah. Anabul tentu akan suka dengan jenis makanan ini karena memiliki aroma yang kuat dan mengandung presentase air yang tinggi. Sehingga, kencing anabul akan lancar kembali. 

Minum Banyak, Terhindar dari Resiko Penyakit
© istockphoto.com/ramustagram
2
Minum Banyak, Terhindar dari Resiko Penyakit

Pastikan Kucing Terhidrasi dengan Baik

Rekomendasi kami

Kucing membutuhkan hidrasi yang cukup agar tubuhnya dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, Unyulicious harus memastikan bahwa anabul mendapatkan cairan yang cukup setiap harinya. 

Di sisi lain, kucing juga rentan terhadap penyakit ginjal, penyakit saluran kemih, dan sembelit. Maka dari itu, menjaga agar kucing tetap terhidrasi dapat menghindarkannya dari resiko berbagai penyakit. 

Ada Bakteri di Pasir yang Dapat Mengganggu Kesehatan
© istockphoto.com/CasarsaGuru
3
Ada Bakteri di Pasir yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Jaga Kebersihan Tempat Pasir

Rekomendasi kami

Kucing memiliki sifat yang rewel, maka dari itu kucing membutuhkan litter box dan pasir yang bersih untuk mengubur eek dan pipisnya. Tidak hanya seberapa sering harus membersihkan kotak pasir saja, namun Unyulicious juga harus tahu kapan mengganti kotak pasirnya. 

Seiring waktu, kotak pasir akan rusak karena kucing sering mencakar akan merobek permukaannya. Tidak hanya itu, tindakan menyendok kotoran setiap hari juga bisa menjadi penyebab kotak pasir cepat rusak dan berlubang. Ini dapat menyebabkan retakan yang menampung bakteri, dan membuat kotoran tidak bisa meresap hingga menyebabkan bau tidak sedap. 

Obesitas Dapat Mengganggu Sistem Pencernaan Kucing
© istockphoto.com/SerhiiIvashchuk
4
Obesitas Dapat Mengganggu Sistem Pencernaan Kucing

Jaga Berat Badan Stabil

Rekomendasi kami

Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat terjadi pada kucing. Kondisi ini merupakan kabar buruk dan tidak boleh dianggap sepele. Sebab, obesitas pada kucing dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan kesehatan. 

Obesitas pada kucing terjadi ketika anabul memiliki berat badan yang lebih tinggi daripada berat normal. Keadaan ini dapat menyebabkan anabul mengalami kesulitas bernapas, malas bergerak, mudah merasa lelah, kulit berminyak dan berketombe, bahkan mengalami gangguan saluran kencing. 

Kucing yang kelebihan berat badan cenderung susah jongkok atau membersihkan dubur dan anusnya sendiri. Semakin  lama, bertambahnya berat menyebabkan anabul mengalami kesulitan BAB dan berkembang menjadi saluran infeksi kencing. 

Jika Cukup Parah, Dokter akan Melakukan Operasi
© istockphoto.com/StudioPeace
5
Jika Cukup Parah, Dokter akan Melakukan Operasi

Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Hewan

Cara terakhir yang dapat Unyulicious lakukan adalah dengan membawanya ke dokter untuk mendapat penanganan intensif. Sebelum memberi penanganan, dokter akan melakukan pengecekan urin dan juga cek darah.

Jika kondisi kucing sudah cukup parah, biasanya dokter akan memasang kateter yang masuk melalui penis untuk mencapai kandung kemih. Tidak jarang, sebelum pemasangan kateter, kucing harus diberi obat bius terlebih dahulu agar tidak merasa sakit dan untuk melemaskan otot ureter.

Pemasangan kateter tidak selamanya mudah, karena resiko kucing pasang kateter yaitu akan ada obstruksi atau penyumbatan akibat benda asing, spasmus atau kristal dari ureter. Selain itu, obat untuk menghilangkan rasa sakit, kejang, dan bengkak itu juga sangat penting. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Pipis

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah masih ada hal yang Unyulicious bingungkan? Tim Unyu telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait hal serupa. Semoga pertanyaan dan jawaban di bawah ini mampu menjawab apa yang masih Unyulicious pertanyakan.

Apakah infeksi saluran kemih pada kucing bisa sembuh sendiri?

Infeksi saluran kemih tertentu dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk mengetahui apakah infeksi tersebut ringan atau berat, segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter hewan. 

Kenapa kucing susah buang air kecil?

Penyebab kucing susah buang air kecil adalah adanya sumbatan atau obstruksi yang terjadi pada saluran uretra. Tidak hanya itu, hal lain yang dapat menyebabkan kucing pipis adalah radang kandung kemih, radang uretra, iritasi, timbul tumor, trauma, hingga batu di dalam kandung kemih. 

Apakah kucing liar bisa terkena FLUTD?

Biasanya, kucing liar sering terkena penyakit FLUTD, terutama kucing kelamin jantan yang berumur lebih dari 1 tahun. 

Kesimpulan: Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Pipis

Kucing memang hewan peliharaan yang menggemaskan. Akan tetapi, kucing juga mampu membuat pemiliknya khawatir ketika sakit. Salah satu penyakit yang rentan terjadi pada kucing yaitu infeksi saluran kencing. Tidak menutup kemungkinan, kucing liar, betina, dan anak kucing pun bisa mengalaminya.

Ketika Anda menemukan perubahan kebiasaan atau adanya warna tertentu di luar tubuh kucing, termasuk hitam, Anda perlu mewaspadainya. Akan tetapi, kini Anda tidak perlu takut berlebih lagi. Dengan membaca cara mengatasi kucing tidak bisa pipis di atas, harapannya Anda bisa merancang tindakan preventif agar FLUTD tidak terjadi pada hewan peliharaan kesayangan.

Jika penyakit kucing sudah cukup parah, dokter akan memasangkan kateter atau operasi tanpa mengangkat testis. Tentu, treatment termasuk memiliki harga yang tidak murah. Oleh karena itu, sayangi anabul dan beri perawatan terbaik agar kucing dapat tumbuh dengan sehat. Semangat, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo