Hide Menu

Induk Suka Pindah-pindahin Bayi? Simak 5 Cara Mencegah Induk Kucing Memindahkan Anaknya!

Berikut Cara agar Kucing Tidak Memindahkan Anaknya, Berlaku untuk Kucing Liar Maupun Kucing Rumahan

Artikel Cara Mencegah Induk Kucing Memindahkan Anaknya ini diposting diperbarui
7 Pembaca
Like
Cara Mencegah Induk Kucing Memindahkan Anaknya 2024
© istockphoto.com/Lucia_Kindernayova

Kenapa Anak Kucing Dipindah-pindah oleh Induknya?

Kenapa Anak Kucing Dipindah-pindah oleh Induknya?
istockphoto.com/feriferdinan

Untuk Unyulicious yang memiliki kucing di rumah, tentunya tidak asing lagi dengan kebiasaan induk kucing yang memindahkan anaknya, terlebih ketika anak kucing tersebut baru lahir. Bahkan, induk kucing akan memindahkan anaknya sebanyak 7 kali untuk mencari tempat yang aman dan nyaman.

Sebenarnya, memindahkan anak-anak kucing dari satu tempat ke tempat lain merupakan hal yang wajar bagi induk kucing, baik kucing liar ataupun yang tinggal di dalam rumah. Meskipun itu merupakan hal yang wajar, namun sebenarnya Unyulicious bisa mengatasi kebiasaan tersebut dengan menerapkan cara agar kucing tidak memindahkan anaknya, lho!

Namun sebelumnya, terdapat beberapa alasan yang menjadi dasar mengapa induk kucing memindahkan anak-anaknya. Ternyata, hal tersebut berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan anak-anak kucing. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa alasan utama di bawah ini:

  • Induk Kucing Merasakan Tanda Bahaya

Anak kucing yang baru lahir tidak dapat melihat, mendengar, dan berjalan. Oleh karena itu, mereka belum mampu untuk membela diri atau menghindari serangan. Terlebih, kitten juga rentan terhadap predator oportunis dan bergantung pada induk untuk mendapat perlindungan. 

Umumnya, daripada mengusir ancaman predator tersebut, induk kucing lebih memilih menyembunyikan anaknya untuk menjaga keselamatan mereka. Hal itu merupakan bagian dari naluri keibuan induk kucing. Jika di tempat tersebut induk kucing sudah merasa tidak aman lagi untuk anak-anaknya, maka induk kucing akan memindahkan kitten ke tempat yang baru. 

  • Merasa Terlalu Banyak Gangguan

Ketika di rumah terdapat anak kucing yang lucu, tentunya sangat menarik perhatian Unyulicious untuk mengajaknya bicara, menengoknya, dan lain sebagainya. Faktanya, hal tersebut tidak disukai oleh induk kucing dan dianggap sebagai ancaman. 

  • Suhu di Tempat Tersebut Tidak Nyaman

Kitten yang baru lahir belum mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri. Untuk itu, mereka sangat bergantung pada kehangatan dari induk kucing.

Jika induk kucing merasa area tersebut terlalu dingin untuk anak kucing, maka ia akan memindahkan anak-anaknya ke tempat yang dirasa lebih hangat dan nyaman. Namun, jika lokasi dianggap terlalu hangat, maka bisa jadi induk kucing akan memindahkannya lagi karena beresiko membuat anaknya kepanasan.

  • Kitten Tumbuh Semakin Besar

Alasan lainnya yaitu karena anak kucing mulai tumbuh besar. Jika anak kucing terus berada di kotak atau kardus yang kecil, tentu induk akan memindahkannya ke tempat yang lebih luas agar si kitten dapat bergerak dengan nyaman. 

  • Terdapat Aroma yang Aneh

Kucing adalah hewan dengan indra penciuman yang 14 kali lebih tajam dari manusia. Oleh karena itu, ketika induk kucing mencium aroma aneh atau bau yang dianggap mengancam, ia akan segera memindahkan anak-anaknya menjauhi aroma tersebut. 

  • Tempat Terlalu Kotor

Kitten yang baru lahir belum mampu membersihkan tubuhnya sendiri tanpa bantuan sang induk. Oleh karena itu, induk kucing akan mencari tempat yang bersih agar anak-anaknya selalu merasa nyaman. 

  • Terdapat Suara Keras yang Mengganggu

Kucing memiliki indra pendengaran yang tajam dan mampu mendengar suara dengan frekuensi tinggi daripada manusia. Ketika induk mendengar suara keras yang dirasa mengganggu, ia akan memindahkan anak-anaknya ke tempat yang lebih tenang. 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kebiasaan kucing memindahkan anak-anaknya dapat dicegah dengan cara mencegah induk kucing memindahkan anaknya. Oleh karena itu, cari tahu penjelasannya melalu artikel ini hingga akhir, ya. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mencegah Induk Kucing Memindahkan Anaknya - Terbaru 2024

Menurut Sharon (2004), pindah dari suatu tempat dan menyendiri bisa menjadi sangat berbahaya bagi anak kucing yang rentan dimangsa. Dari kecemasan rentan dimangsa itulah, akhirnya induk kucing selalu memindahkan anak-anaknya ke tempat yang lebih aman. 

Kendati demikian, Unyulicious sebagai pemilik anabul harus tahu cara mencegah induk kucing memindahkan anaknya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bagaimana metodenya? Simak penjelasannya di bawah ini!  

1
Hindari Menengok Anak Kucing Terlalu Sering

Menengok dapat Membuat Induk dan Anaknya Tidak Nyaman

Hindari Menengok Anak Kucing Terlalu Sering

2
Sediakan Tempat Tinggal yang Hangat

Tempat yang Hangat Membuat Kitten Nyaman dan Induk Tenang

Sediakan Tempat Tinggal yang Hangat

3
Jaga Area Tempat Tinggal Setenang Mungkin

Pilih Tempat Lahir yang Tenang dan Minim Cahaya

Jaga Area Tempat Tinggal Setenang Mungkin

4
Sediakan Tempat Tinggal yang Bersih

Tempat Bersih Menjauhkan Kucing dari Pemangsa

Sediakan Tempat Tinggal yang Bersih

5
Periksakan Kondisi Induk Kucing dan Anaknya

Anak yang Sehat Berasal dari Induk yang Sehat

Periksakan Kondisi Induk Kucing dan Anaknya

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Menengok dapat Membuat Induk dan Anaknya Tidak Nyaman
© istockphoto.com/SolStock
1
Menengok dapat Membuat Induk dan Anaknya Tidak Nyaman

Hindari Menengok Anak Kucing Terlalu Sering

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak kucing memang sangat lucu dan menggemaskan. Namun, Unyulicious perlu menahan keinginan untuk menyentuh dan menggendongnya. Jika terlalu banyak orang yang menengok anak kucing tersebut bahkan menyentuhnya, maka hal tersebut dapat membuat induknya merasa terancam.

Sentuhan dari manusia dapat menghilangkan aroma dari anak kucing, yang mana resikonya sang induk tidak bisa mengenal anaknya sendiri. Dalam hal ini, induk kucing akan memindahkan anak-anaknya dari jangkauan manusia atau ke tempat yang lebih aman. 

Unyulicious perlu meminimalisir kontak dengan anak kucing, setidaknya hingga kitten berusia 4 minggu. Selain itu, jangan izinkan orang asing mengunjunginya hingga usia 8 minggu. Ketika anak kucing telah memiliki kemampuan untuk bergerak dan menjelajah sendiri, biasanya sang induk akan lebih santai. 

Tempat yang Hangat Membuat Kitten Nyaman dan Induk Tenang
© istockphoto.com/Andrew_Deer
2
Tempat yang Hangat Membuat Kitten Nyaman dan Induk Tenang

Sediakan Tempat Tinggal yang Hangat

Rekomendasi kami

Hipotermia merupakan penyebab utama kematian anak kucing. Hingga usia 4 minggu, kitten belum mampu mengatur sendiri suhu tubuhnya, dimana suhu lingkungan dapat memengaruhi kelangsungan hidup mereka. Oleh sebab itu, induk kucing akan memindahkan anaknya ke tempat yang lebih hangat. 

Untuk membantu induk kucing mendapat tempat yang hangat, Unyulicious bisa meletakkan kain atau handuk hangat di kandang atau kardus. Heating pad khusus kucing, botol kaca yang diisi air panas, atau kantong pemanas juga bisa menjadi alternatif lainnya.

Perlu Unyulicious ketahui untuk menutup semua sumber panas tersebut dengan kain untuk mencegah kontak langsung dengan anak kucing dan mengurangi panas. 

Pilih Tempat Lahir yang Tenang dan Minim Cahaya
© istockphoto.com/Pav_1007
3
Pilih Tempat Lahir yang Tenang dan Minim Cahaya

Jaga Area Tempat Tinggal Setenang Mungkin

Saat Unyulicious mengetahui bahwa induk kucing akan melahirkan, mulailah cari lokasi yang nyaman dan tenang untuk induk kucing. Umumnya, kucing suka tempat tenang yang minim cahaya dan minim jadi tempat lalu-lalang. 

Setelah Unyulicious mendapat atau membuat lokasi potensial tersebut, arahkan induk kucing menuju ke sana. Jika kucing memilih untuk berada di tempat lain, pastikan tempat tersebut dalam keadaan tenang dan tidak banyak orang kunjungi. Unyulicious juga dapat menambahkan penutup atau kain untuk menambah privasi dan kehangatan induk kucing dan anaknya. 

Tempat Bersih Menjauhkan Kucing dari Pemangsa
© istockphoto.com/CasarsaGuru
4
Tempat Bersih Menjauhkan Kucing dari Pemangsa

Sediakan Tempat Tinggal yang Bersih

Rekomendasi kami

Sama halnya dengan manusia, induk kucing akan selalu memastikan bahwa anaknya dalam keadaan bersih. Hal itu karena aroma yang kuat dapat menarik pemangsa dan itu akan membahayakan nyawa kucing. Oleh karena itulah, jika induk kucing merasa suatu tempat kotor, maka ia akan langsung memindahkan anak-anaknya. 

Untuk mencegah hal tersebut, bersihkan kain kotor, makanan yang tumpah, dan bersihkan kotak pasir secara rutin. Jika tempat tinggal dan area sekitar selalu bersih, maka induk kucing akan nyaman tinggal di tempat yang sama. 

Anak yang Sehat Berasal dari Induk yang Sehat
© istockphoto.com/Bogdan%20Kurylo
5
Anak yang Sehat Berasal dari Induk yang Sehat

Periksakan Kondisi Induk Kucing dan Anaknya

Rekomendasi kami

Dalam beberapa kasus, induk akan memindahkan seekor anaknya jika merasa anaknya sedang sakit. Masalah kesehatan mungkin saja terjadi pada induk kucing atau anaknya. Jika hal tersebut terjadi, Unyulicious perlu segera membawanya ke dokter hewan agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

Akan tetapi, Unyulicious bisa mencegahnya dengan memberikan pakan bernutrisi kepada induk kucing. Sebab, anak kucing yang sehat berasal dari induk yang sehat pula. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mencegah Induk Kucing Memindahkan Anaknya

Selanjutnya, tim Unyu akan membagikan beberapa pertanyaan yang sering orang tanyakan terkait hal serupa. Dengan adanya pertanyaan dan jawaban di bawah ini, semoga wawasan Unyulicious semakin bertambah, ya!

Berapa lama kucing akan memindahkan anaknya?

Umumnya, induk kucing akan memindahkan anaknya ketika berusia 12 minggu. Untuk jangka waktunya, kebanyakan kucing tidak akan memindahkan si kitten selama 14 hari pertama kehidupannya. 

Bagaimana cara agar induk kucing tidak memakan anaknya?

Beberapa cara yang dapat Unyulicious lakukan agar induk kucing tidak memakan anaknya yaitu:

  • Memberikan lingkungan yang tenang dan stabil
  • Memberi nutrisi yang cukup
  • Memerhatikan induk kucing setelah melahirkan
  • Memberi perawatan medis pada kitten yang sakit
  • Memberi nutrisi tambahan kepada induk kucing
  • Membantu mengurangi stres dan kecemasan pada induk kucing
  • Memastikan lingkungan kucing selalu bersih dan aman. 

Kesimpulan: Cara Mencegah Induk Kucing Memindahkan Anaknya

Pada dasarnya, induk kucing akan selalu menemukan cara terbaik untuk merawat anak-anaknya. Jika setelah Unyulicious melakukan cara mencegah induk kucing memindahkan anaknya dari tim Unyu di atas belum berhasil, Anda hanya perlu menerima dan mengawasinya.

Selama tempat yang menjadi pilihannya tidak terlihat tanda bahaya, Unyulicious bisa membiarkannya dengan tetap memastikan asupan nutrisi dan air minumnya terpenuhi. Lantas, setelah membaca penjelasan di atas, Unyulicious akan lebih memilih mencegah atau membiarkan induk kucing memindahkan anaknya? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo