Hide Menu

Berikut 5 Cara Memelihara Kucing Persia bagi Pemula biar Anabul Tumbuh Sehat dan Bahagia!

Pemeliharaan yang Tepat Bikin Kucing Tumbuh Sehat dan Bersemangat. Yuk, Terapkan Cara Memelihara Kucing Persia di Bawah Ini!

Artikel Cara Memelihara Kucing Persia bagi Pemula ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Cara Memelihara Kucing Persia bagi Pemula 2024
© freepik.com

Jenis-Jenis Kucing Persia

Jenis-Jenis Kucing Persia
freepik.com

Kucing ras Persia memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri. Ras kucing ini juga terkenal sebagai hewan peliharaan yang memiliki sifat yang tenang. Kucing Persia terkenal ramah dengan pemiliknya, bahkan senang berada di dekat anak-anak.

Namun, untuk merawatnya, Unyulicious memerlukan usaha yang lebih. Pasalnya, kucing ras Persia memiliki bulu yang tebal dan panjang sehingga mudah rontok. Jika Unyulicious tertarik untuk merawat kucing ras Persia, berikut beberapa jenis kucing ras Persia yang perlu Unyulicious ketahui:

  • Persia Medium

Persia Medium menjadi jenis kucing Persia yang mudah Unyulicious temukan di Indonesia. Breed ini memiliki hidung yang tidak begitu datar, namun juga tidak terlalu mancung.

  • Persia Tabby

Jika Unyulicious mencari kucing yang aktif dan ramah, Persia Tabby bisa menjadi jawabannya. Bila Unyulicious membandingkan ras ini dengan Persia lainnya, Tabby terkenal sangat menyukai interaksi dengan orang di sekitarnya.

  • Persia Bicolor

Jenis Bicolor termasuk jenis Persia yang cukup jarang keberadaannya. Keunikannya adalah pola bulu dengan 2 warna yang berbeda dan warna mata keemasan yang sangat mencolok.

  • Persia Himalaya

Breed Himalaya menjadi jenis Persia yang juga cukup populer. Jenis Persia ini memiliki pola warna yang unik pada wajah, kepala, dan beberapa bagian tubuhnya.

  • Persia Peaknose

Persia Peaknose menjadi salah satu breed Persia yang memiliki harga luar biasa. Seperti namanya, Persia Peaknose memiliki hidung yang kecil dan datar. Semakin kecil hidung dan jelas keturunannya, semakin tidak murah harganya.

  • Persia Flatnose

Flatnose juga jenis Persia yang cukup populer. Keunikannya berada pada wajahnya yang cukup unik dan mungil, hidung kecil, serta bentuk muka yang rata.

Setelah mengetahui secara singkat jenis-jenis Persia, Unyulicious bisa menerapkan cara memelihara kucing Persia bagi pemula. Dengan keperawatan yang tepat, tentu si anabul akan tumbuh dengan bahagia. Check it out!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Memelihara Kucing Persia bagi Pemula - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Dan et al (2019), ras persia memiliki ciri tubuh pendek yang kokoh, kaki pendek yang tebal, dan bulu lebat yang panjang. Daripada kucing ras lain, kucing Persia memiliki peningkatan risiko masalah kulit dan bulu.

Setelah mengetahui karakteristik dari kucing Persia, yuk simak beberapa tips perawatan kucing Persia khususnya bagi pemula di bawah ini. 

1
Memberi Pakan Bernutrisi dan Berkualitas

Penuhi Nutrisinya, Maka Perawatan Berikutnya akan Lebih Mudah

Memberi Pakan Bernutrisi dan Berkualitas

2
Menjaga Kebersihan dan Suhu Lingkungan

Bulu Kucing yang Jarang Disisir Rentan Menjadi Hair Ball

Menjaga Kebersihan dan Suhu Lingkungan

3
Memandikan Secara Rutin

Rawat Kesehatan Kucing dari Head to Toe

Memandikan Secara Rutin

4
Mengajaknya Bermain

Bermain Dapat Meningkatkan Chemistry dan Menyehatkan

Mengajaknya Bermain

5
Rutin Memberi Vaksin

Vaksin Membantu Memperkuat Imunitas Tubuh Kucing

Rutin Memberi Vaksin

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Penuhi Nutrisinya, Maka Perawatan Berikutnya akan Lebih Mudah
© freepik.com
1
Penuhi Nutrisinya, Maka Perawatan Berikutnya akan Lebih Mudah

Memberi Pakan Bernutrisi dan Berkualitas

Rekomendasi kami

Hal pertama yang perlu Unyulicious lakukan adalah memberi pakan bernutrisi dan berkualitas. Secara umum, kucing ras Persia menyukai makanan yang mengandung banyak protein. Sebab, kebutuhan protein kucing Persia 3 kali lipat lebih banyak daripada omnivora.

Maka, Unyulicious perlu memberi pakan hewani biar kebutuhan nutrisi mereka terpenuhi. Adapun beberapa makanan yang dapat Unyulicious berikan antara lain:

  1. Daging asli, seperti ayam dan sapi. Namun, pastikan Unyulicious sudah merebus dan memotong dalam ukuran lebih kecil terlebih dahulu sebelum memberi ke kucing
  2. Ikan yang sudah matang
  3. Minyak ikan setiap 1 minggu sekali untuk membantu meningkatkan nafsu makan
  4. Kuning telur ayam kampung guna menjaga keindahan bulunya

Di sisi lain, jika merasa bahwa menyiapkan pakan di atas terlalu merepotkan, Unyulicious bisa memberi makanan kering atau basah kaya protein, seperti merk Royal Canin, Whiskas, dan Pro Plan. Sebagai pengenalan, Unyulicious bisa memberi pakan khusus kitten.

Tidak hanya makanan, pastikan Unyulicious juga selalu menyediakan minum berupa air putih segar biar anabul tidak dehidrasi. Jika perlu, Unyulicious juga bisa menyediakan susu untuk melengkapi nutrisinya biar kesehatan si anabul tetap terjaga.

Bulu Kucing yang Jarang Disisir Rentan Menjadi Hair Ball
© freepik.com
2
Bulu Kucing yang Jarang Disisir Rentan Menjadi Hair Ball

Menjaga Kebersihan dan Suhu Lingkungan

Rekomendasi kami

Langkah berikutnya adalah menjaga kebersihan dan suhu lingkungan sekitar anabul. Sama halnya dengan manusia, kucing Persia juga tidak menyukai suhu yang terlalu panas dan lingkungan yang kotor.

Debu-debu ruangan yang bertebaran dapat membuat bulu kucing menjadi gimbal dan susah disisir. Bahkan, suhu yang terlalu panas dapat membuat bulu kucing mudah rontok.

Maka, selain menjaga kebersihan lingkungan dan suhu, Unyulicious juga harus rajin menyisir bulu anabul. Berbeda dengan kucing ras lain, kucing Persia memiliki bulu yang panjang, sehingga ia tidak mampu membersihkan bulu dengan cara menjilatinya.

Itulah mengapa Unyulicious sebagai pemilik perlu melakukan perawatan bulu secara rutin. Unyulicious bisa menyisir bulunya setiap hari menggunakan sikat yang lembut. Menyisir juga dapat mencegah bulu kucing menjadi gimbal karena debu yang menumpuk.

Sisir dengan lembut dan perlahan bulu kucing biar ia tidak memberontak atau merasa sakit. Untuk membantu membuat kucing menjadi lebih nyaman, Unyulicious bisa menyisirnya sembari memangku atau memberinya treats yang lezat.

Rawat Kesehatan Kucing dari Head to Toe
© freepik.com
3
Rawat Kesehatan Kucing dari Head to Toe

Memandikan Secara Rutin

Rekomendasi kami

Selanjutnya, Unyulicious perlu memandikan kucing atau grooming 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali. Namun, sebelum memandikan anabul, cara membersihkan kucing Persia yang perlu Unyulicious lakukan adalah memotong kukunya biar tidak tercakar, membersihkan telinganya, dan cek apakah ada kutu dalam bulunya.

Telinga kucing Persia secara umum lebih kecil dan halus daripada ras kucing lain, sehingga kucing Persia lebih rentan terhadap infeksi telinga. Tidak hanya sebelum mandi, Unyulicious bisa membersihkan telinga setiap 2 mingu sekali.

Unyulicious bisa menggunakan kapas yang sebelumnya telah dibasahi oleh air, lalu usap lembut telinganya. Selain itu, Unyulicious juga bisa membersihkan telinga anabul dengan kapas basah khusus telinga seperti rekomendasi tim Unyu di atas. Bersihkan telinga anabul secara hati-hati. Hindari bagian saluran telinga biar tidak mengalami luka.

Bermain Dapat Meningkatkan Chemistry dan Menyehatkan
© freepik.com
4
Bermain Dapat Meningkatkan Chemistry dan Menyehatkan

Mengajaknya Bermain

Rekomendasi kami

Kucing adalah hewan yang suka bermain, sehingga bermain menjadi hal yang perlu Unyulicious penuhi. Terlebih untuk kucing yang masih anak-anak atau kitten, yaitu kucing dengan umur sekitar 5-6 bulan.

Oleh sebab itu, cara merawat anak kucing Persia yang ke-4 yaitu dengan menyediakan waktu Unyulicious setidaknya 10 menit per hari untuk memegangnya, mengelus, dan mengajaknya bermain biar ia tidak stres.

Jika kucing tersebut berada di dalam kandang, keluarkan sesekali biar ia bisa berlari yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot dan tulangnya. Unyulicious juga bisa beli mainan seperti rekomendasi dari tim Unyu di atas. Bahkan, mainan di atas juga kerap muncul di iklan dan bisa Unyulicious beli di pasar maupun toko ritel.

Vaksin Membantu Memperkuat Imunitas Tubuh Kucing
© freepik.com
5
Vaksin Membantu Memperkuat Imunitas Tubuh Kucing

Rutin Memberi Vaksin

Rekomendasi kami

Cara merawat kucing Persia yang terakhir adalah memberi vaksin. Berbeda dengan kucing kampung, kucing ras Persia cenderung memiliki antibodi yang lemah. Oleh sebab itu, Unyulicious perlu memberi vaksin secara rutin setidaknya setiap 1 tahun sekali.

Hal ini perlu Unyulicious lakukan guna menjaga kekebalan tubuhnya dari serangan virus dan penyakit lainnya. Akan tetapi, sebelum memberi vaksin, Unyulicious perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan biar mendapat jenis vaksin yang sesuai.

Selain vaksin, kucing Persia juga membutuhkan vitamin, terutama vitamin untuk bulu mereka yang panjang. Selanjutnya, kucing juga membutuhkan obat cacing untuk mencegah masalah pencernaan seperti cacingan. Jangan lupa beri obat kutu biar pertumbuhan bulunya tidak terganggu.

Tanya Jawab Seputar Cara Memelihara Kucing Persia bagi Pemula

Sebelum mengakhiri artikel ini, Unyulicious bisa membaca beberapa pertanyaan di bawah. Pertanyaan dan penjelasan berikut tentu dapat menambah pengetahuan Unyulicious tentang kucing Persia. Check it out!

Kucing Persia minum apa?

Anda bisa memberi kucing Persia minum air putih segar yang cukup serta susu untuk menunjang pertumbuhannya.

Apa kelemahan kucing Persia?

Salah satu kelemahan kucing Persia adalah beberapa jenisnya memiliki struktur wajah yang terkadang membuat mereka memiliki masalah pernapasan.

Apa kesukaan kucing Persia?

Kesukaan kucing Persia dari segi makanan adalah ayam, ikan, dan beberapa jenis seafood lain.

Berapa harga kucing Persia Bigbone?

Harga kucing Persia Bigbone di atas 500rb, bahkan bisa mencapai jutaan.

Kesimpulan: Cara Memelihara Kucing Persia bagi Pemula

Kucing ras Persia menjadi salah satu hewan peliharaan favorit selain ras Anggora. Dengan warna yang beragam mulai dari coklat, abu, bahkan hitam tentu menambah keunikannya. Selain warna, ciri fisik kucing Persia juga memiliki keunikan, yaitu ukuran badan yang cenderung tidak tinggi namun cukup besar.

Ciri fisik yang menggemaskan tersebut tentu menambah nilai jualnya. Namun, pada dasarnya memelihara kucing tidak semudah yang dibayangkan. Oleh sebab itu, cara memelihara kucing Persia bagi pemula semoga dapat menjadi pedoman untuk Anda dalam merawat kucing Persia, baik betina maupun jantan.

Secara umum, pemilik yang merawat kucing sejak bayi akan lebih mudah daripada merawat kucing mulai dari umur dewasa. Hal itu karena chemistry pemilik dan kucing sudah mulai terbangun, sehingga akan lebih mudah untuk melakukan penyesuaian.

Akan tetapi, mau merawat Persia betina atau jantan, mulai dari bayi atau dewasa, asal Unyulicious merawat dengan penuh cinta, maka ia pun akan tumbuh dengan sehat dan bahagia. Akhir kata, semoga tips di atas membantu Anda dan semoga berhasil memelihara kucing Persia! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo