Hide Menu

Ingin Pegang Si Owl tapi Takut? Tenang, Terapkan 4 Cara Memegang Burung Hantu Berikut!

Berikut Cara Memegang Burung Hantu Celepuk, Tyto Alba, Serak Jawa, Burung Hantu Putih, dan Lainnya

Artikel Cara Memegang Burung Hantu ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Memegang Burung Hantu 2024
© freepik.com

Buat Burung Hantu Menjadi Jinak dengan Pemeliharan yang Tepat

Buat Burung Hantu Menjadi Jinak dengan Pemeliharan yang Tepat
freepik.com

Dapat dikatakan burung hantu atau owl adalah jenis burung yang menakutkan dan cukup misterius. Dari jenis burung yang ada, sering kali banyak orang beranggapan bahwa hewan predator ini lekat dengan hal mistis.

Meskipun begitu, banyak orang yang memilih burung hantu atau buek sebagai hewan peliharaan. Lantas, bagaimana cara menjinakan burung hantu?

Sebelumnya, Unyulicious harus mengetahui terlebih dahulu cara memelihara burung hantu yang baik dan benar. Bukan tanpa sebab, jika Unyulicious salah memelihara burung hantu, maka burung hantu akan tetap ganas dan susah untuk dijinakkan.

Lalu, bagaimana cara memelihara burung hantu yang baik dan benar? Simak penjelasan di bawah ini. 

  • Pilih Burung Hantu Anakan

Cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan adalah dengan memilih burung hantu yang masih kecil. Anak burung hantu lebih mudah dilatih dan dijinakkan. Untuk makanan, Unyulicious hanya perlu memberi jangkrik untuk membuatnya kenyang dan sehat. 

  • Beri Makan dengan Teratur

Burung hantu adalah jenis hewan karnivora sejati, sehingga ia hanya memakan daging. Namun, hindari memberinya daging olahan atau kemasan. Beri mereka makanan 2 kali sehari dengan air minum yang setara dengan porsi makannya. Unyulicious juga bisa memberi tambahan vitamin untuk membuat kondisinya tetap prima.

  • Hindari Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Selanjutnya, jangan membiarkan burung hantu kontak langsung dengan sinar matahari. Pasalnya, burung hantu adalah hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan menggunakan waktu siangnya untuk istirahat. 

  • Sediakan Tenggeran di Kandang

Agar nyaman berada di dalam kandang, burung hantu membutuhkan tenggeran atau perching. Pastikan sangkarnya luas dan tinggi, sehingga burung tidak merasa stres. Jika sudah dewasa dan terlatih, Unyulicious bisa menempatkannya di luar kandang dengan menggunakan perching saja. 

  • Selalu Beri Kasih Sayang

Sama halnya dengan manusia, hewan juga memiliki perasaan. Jika Unyulicious memperlakukannya dengan tidak baik, maka ia akan cepat stres lalu mati. Oleh karena itu, cobalah untuk mengelus kepala mereka sesekali.

  • Ajak Berkomunikasi

Selain memberi tempat tinggal dan makanan, hal lain yang perlu Unyulicious perhatikan adalah mengajaknya berkomunikasi. Komunikasi adalah kunci dalam memelihara burung hantu. Meskipun ia tidak bisa membalas, burung hantu suka saat pemiliknya mengajaknya berbicara.

Cara memperlakukan burung hantu dengan baik tentu akan sangat berpengaruh di kehidupannya. Tentunya, ia akan berubah lebih jinak dan mudah dipegang. Lantas, bagaimana cara memegang burung hantu yang benar? Yuk, cari tahu jawabannya dengan membaca setiap section di bawah ini.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Memegang Burung Hantu - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Syamsuddin (2020), burung hantu memulai aktivitas setelah istirahat dengan lokomosi, yaitu kegiatan peregangan otot dengan mengepakkan sayap dan menelisik. Dengan mengetahui kegiatan burung hantu, tentu akan memudahkan Unyulicious untuk melakukan pemeliharaan.

Sebab, burung hantu yang jinak akan lebih mudah untuk dipegang. Lantas, bagaimana cara memegang burung hantu yang tepat untuk pemula? Unyulicious bisa mencari jawabannya di setiap section di bawah ini. Gulir sekarang juga!

1
Pastikan Burung Berada di Tenggeran

Tenggeran Mempermudah Proses Memegang Burung Hantu

Pastikan Burung Berada di Tenggeran

2
Gunakan Sarung Tangan Khusus

Sarung Tangan Melindungi Risiko Cakaran Burung Hantu

Gunakan Sarung Tangan Khusus

3
Pegang Kaki Burung Hantu

Pegang Secara Perlahan agar Owl Tidak Kaget

Pegang Kaki Burung Hantu

4
Beri Nama Menarik untuk Burung

Memanggil dengan Nama akan Memperkuat Chemistry

Beri Nama Menarik untuk Burung

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tenggeran Mempermudah Proses Memegang Burung Hantu
© freepik.com
1
Tenggeran Mempermudah Proses Memegang Burung Hantu

Pastikan Burung Berada di Tenggeran

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Unyulicious pastikan adalah burung hantu harus berada di tenggeran. Hal ini akan memudahkan Unyulicious dalam proses memegang burung hantu, termasuk jenis barn owl.

Sebab, jika burung hantu berada di kandang, maka itu akan mengurangi ruang gerak Unyulicious untuk memegangnya. Selain itu, burung hantu yang merasa asing dengan tangan Unyulicious juga akan stres. Owl yang stres tentu lebih memilih untuk mematuk atau mencakar tangan Unyulicious.

Selain itu, Unyulicious juga bisa memasangkan anklet ke kaki burung hantu. Ingat jangan terlalu erat agar kaki burung tidak terjerat. Unyulicious bisa memasangkannya ketika burung hantu sedang tidur, agar ketika dipasangkan, ia tidak terbang ke mana-mana.

Sarung Tangan Melindungi Risiko Cakaran Burung Hantu
© freepik.com
2
Sarung Tangan Melindungi Risiko Cakaran Burung Hantu

Gunakan Sarung Tangan Khusus

Rekomendasi kami

Cara selanjutnya yaitu menggunakan sarung tangan khusus. Sarung tangan berperan penting untuk menghindarkan diri dari risiko cakaran owl, terlebih untuk pemula.

Anda bisa menggunakan sarung tangan di kedua tangan atau di salah satu tangan saja. Jika sudah terbiasa, cobalah untuk menggunakan sarung tangan di tangan kiri. Kemudian, elus ubun-ubun kepala burung hantu dengan perlahan dan lembut menggunakan tangan kanan.

Pegang Secara Perlahan agar Owl Tidak Kaget
© freepik.com
3
Pegang Secara Perlahan agar Owl Tidak Kaget

Pegang Kaki Burung Hantu

Rekomendasi kami

Setelah mengelus bagian kepala, turunkan elusan Unyulicious ke bagian leher dan bagian punggung burung hantu. Elus badan burung hantu searah dan perlahan untuk menghindari ketidaknyamanan serta mencegah bulu owl rusak. Pasalnya, jika bulu rusak hingga rontok, burung hantu butuhkan waktu selama 3 bulan untuk pergantian bulu tersebut.

Selanjutnya, turunkan elusan Anda hingga ke bagian kaki belakang burung hantu. Saat itulah pegang kaki belakang burung hantu secara perlahan dan letakkan di tangan kiri Anda. Perlu Unyulicious ingat untuk tidak panik. Sebab jika panik, burung hantu malah akan menyakiti Anda.

Eluslah kepala burung hantu lagi untuk menjaganya tetap nyaman. Sembari mengelus, Unyulicious bisa memberi afirmasi untuk memuji kecerdasannya. Di sisi lain, Anda juga bisa mengapresiasinya dengan memberi camilan favorit. Pemberian camilan dapat menjadi salah satu cara menjinakan burung hantu.

Memanggil dengan Nama akan Memperkuat Chemistry
© freepik.com
4
Memanggil dengan Nama akan Memperkuat Chemistry

Beri Nama Menarik untuk Burung

Unyulicious perlu memberi nama kepada si owl. Dengan adanya nama, burung hantu akan lebih dekat dengan Anda. Di sisi lain, pemberian nama juga akan membuat burung lebih jinak dan patuh kepada Unyulicious.

Semakin dekat Anda dengan owl, maka kesempatan untuk memegangnya akan lebih banyak. Jadi, pastikan untuk memberi banyak perhatian agar chemistry Anda dan burung hantu semakin baik. 

Tanya Jawab Seputar Cara Memegang Burung Hantu

Sebelum Unyulicious mengakhiri artikel ini, luangkan sedikit waktu untuk membaca beberapa pertanyaan terkait burung hantu. Tim Unyu sudah menyiapkan beberapa pertanyaan dan jawaban yang sangat informatif untuk Unyulicious. Simak sekarang!

Gimana cara menjinakkan burung hantu?

Cara jinakin burung hantu yang dapat Anda lakukan adalah memilih burung hantu anakan, beri makanan yang tepat, tempatkan di kandang yang luas, latih burung secara rutin, dan suapi ketika burung masih dalam umur anakan. 

Apakah burung hantu harus dimandikan?

Iya, burung hantu harus dimandikan di baskom pemandian untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menumpuk di bulunya. 

Bagaimana cara merawat burung hantu?

Cara merawat burung hantu yang dapat Anda lakukan antara lain memberi pakan yang cukup, memberi tempat bertengger, merawat dari kecil, menghindarkannya dari kontak langsung dengan matahari, dan sediakan tempat gelap. 

Apakah susah memelihara burung hantu?

Iya, memelihara burung hantu bisa jadi hal yang susah bagi sebagian orang, terutama untuk Anda yang pemula. Namun jika Anda mengetahui tips yang tepat, memelihara burung nokturnal ini bukanlah lagi kesulitan. 

Kesimpulan: Cara Memegang Burung Hantu

Memelihara burung hantu bisa jadi cukup susah untuk pemula. Namun, susah bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Pelajari berbagai tips dan trik agar memelihara burung hantu jadi lebih efektif dan tepat guna. 

Jika burung hantu sudah mulai jinak, tentu cara memegang burung hantu akan lebih mudah Unyulicious lakukan. Akan lebih baik jika Anda merawat burung hantu sejak ia masih bayi. Selain karena harga beli yang murah dan pemeliharaannya mudah, ia sudah pasti lebih jinak dan mau dilatih. 

Cara memegang burung hantu di atas juga bisa Anda terapkan untuk melakukan penangkapan burung hantu liar. Terutama jenis yang hidupnya di area yang kurang terjangkau oleh manusia. Lantas, jenis burung hantu apa yang menarik untuk Unyulicious pelihara? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo