Hide Menu

Takut Membasmi Hama dengan Zat Kimia? Terapkan 4 Cara Membuat Racun Tikus dari Beras Ini!

Inilah Cara Membuat Racun Tikus Paling Ampuh Mati di Tempat yang Bisa Unyulicious Lakukan di Rumah

Artikel Cara Membuat Racun Tikus dari Beras ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Membuat Racun Tikus dari Beras 2024
© freepik.com

Apakah Tikus Pintar dan Sulit untuk Ditaklukkan?

Apakah Tikus Pintar dan Sulit untuk Ditaklukkan?
freepik.com

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang sulit dikendalikan dan menjadi musuh manusia. Hewan ini termasuk hama di sawah dan membuat hasil panen padi petani menurun bahkan gagal. Tidak hanya di sawah, tikus juga sering kali muncul di rumah dan meresahkan pemilik rumah. Lantas, apakah ada cara membuat racun tikus paling ampuh mati di tempat? 

Sebelum membahas mengenai racun tikus, tim Unyu akan menguraikan beberapa alasan mengapa tikus sering susah untuk dikendalikan. Berikut penjelasannya.

  • Tikus Berkembang Biak dengan Cepat

Tikus betina mampu mengandung 6-8 kali selama setahun dengan masa kehamilan yang singkat. Secara umum, tikus betina mampu melahirkan lebih dari 12 tikus. Akan tetapi, beberapa kasus tikus betina hanya mampu melahirkan 5-10 anak tikus saja.

  • Tikus adalah Hewan Omnivora

Makanan yang tikus sukai umumnya bergantung dengan tempat dimana ia tinggal. Meskipun begitu, tikus cenderung memakan apapun yang ia temui, sebab tikus masuk ke dalam jenis hewan omnivora. Adapun beberapa jenis tikus, antara lain:

  1. Tikus got adalah jenis yang suka makan makanan seimbang seperti buah-buahan, kacang-kacangan sereal, daging, biji-bijian, dan ikan.
  2. Tikus atap merupakan jenis dengan makanan kesukaan buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran. 
  • Tikus Memiliki Tubuh yang Fleksibel

Secara umum, ukuran tubuh tikus mulai dari beberapa inci hingga 10 inci untuk jenis tikus besar. Tikus terkenal memiliki tubuh yang terdiri dari tulang lunak, sebab mampu melalui lubang sekecil 1 cm. 

  • Suka Bersembunyi di Tempat yang Tidak Terjangkau Manusia

Selain omnivora, tikus juga masuk ke golongan hewan nokturnal, sehingga ia sering kali aktif di malam hari. Itulah mengapa tikus senang bersembunyi di tempat gelap dan hangat yang bahkan tidak terjangkau oleh manusia.

  • Memiliki Ingatan yang Sangat Baik

Sama seperti curut, tikus juga termasuk salah satu hewan dengan penglihatan yang buruk. Apa yang tikus lihat akan tampak buram, terlebih ketika jarak benda tersebut terlalu jauh. Meskipun begitu, tikus memiliki ingatan yang baik dan mampu memetakan rute ruangan dalam waktu yang lama. Tikus juga mampu mengenali wajah orang-orang yang ia lihat sebelumnya.

Dari beberapa alasan tersebut, dapat dikatakan bahwa tikus adalah hewan yang cukup pintar dan sulit untuk menaklukkannya. Namun, Unyulicious tidak perlu khawatir sebab tim Unyu akan menjelaskan cara membuat racun tikus dari beras. Yuk, simak cara buat racun tikus berikut!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Membuat Racun Tikus dari Beras - Terbaru 2024

Menyadur dari penelitian Swastiko et al (2013), tikus memiliki kemampuan fisik dan indera yang berkembang dengan sangat baik untuk menunjang kehidupannya. Itulah faktor utama timbulnya kerusakan pada komoditas dan produk pertanian.

Namun, tidak hanya merusak pertanian, tikus juga mengganggu ketenangan di rumah. Oleh sebab itu, Unyulicious harus mengetahui cara meracuni tikus tersebut. Yuk, simak cara bikin racun tikus dari beras anti gagal berikut!

1
Siapkan Bahan Utama dan Bahan Pelengkap

Buat Umpan Terbaik untuk Menarik Perhatian Tikus

Siapkan Bahan Utama dan Bahan Pelengkap

2
Siapkan Peralatan

Peralatan Berguna untuk Menghaluskan Bahan-Bahan

Siapkan Peralatan

3
Olah Bahan Menjadi Racun Tikus

Susun Bahan Lapisan Demi Lapisan

Olah Bahan Menjadi Racun Tikus

4
Letakkan di Lokasi Potensial

Tempat yang Tepat akan Mencegah Populasi Tikus Bertambah

Letakkan di Lokasi Potensial

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Buat Umpan Terbaik untuk Menarik Perhatian Tikus
© freepik.com
1
Buat Umpan Terbaik untuk Menarik Perhatian Tikus

Siapkan Bahan Utama dan Bahan Pelengkap

Rekomendasi kami

Cara buat racun tikus yang pertama yaitu menyiapkan bahan yang akan digunakan. Bahan utamanya tentu adalah beras. Sedangkan untuk bahan pelengkap, Unyulicious bisa menggunakan obat nyamuk bakar, kacang tanah, dan tomat.

Tikus adalah hewan omnivora yang juga menyukai makanan manusia. Itulah sebabnya, penggunaan beras dan kacang tanah dapat menjadi umpan untuk tikus. Namun, agar pengendalian menjadi lebih efektif, Unyulicious bisa menambahkan obat nyamuk bakar sebagai tambahan racun.

Untuk takaran setiap bahan yang diperlukan, Unyulicious bisa menyesuaikan dengan seberapa banyak tikus yang ada. Kalau bisa siapkan secukupnya terlebih dahulu. Jika kurang, Anda bisa membuat racun lagi. 

Peralatan Berguna untuk Menghaluskan Bahan-Bahan
© freepik.com
2
Peralatan Berguna untuk Menghaluskan Bahan-Bahan

Siapkan Peralatan

Rekomendasi kami

Setelah menyiapkan bahan utama dan pelengkap, Unyulicious bisa menyiapkan alat yang diperlukan berupa cobek dan ulekan. Cobek dan ulekan berguna untuk menghaluskan beras, kacang tanah, dan obat nyamuk bakar. Akan tetapi, jangan ulek bersamaan sebab Unyulicious harus membuat bahan-bahan tersebut dalam bentuk lapisan bukan campuran.

Untuk tingkat kehalusan bahan, Unyulicious bisa menghancurkan beras dan kacang tanah setengah kasar. Khusus obat nyamuk bakar, pastikan Unyulicious menghancurkannya hingga halus agar tikus tidak curiga.

Di sisi lain, Unyulicious perlu memotong tomat menjadi 5 bagian tergantung dengan besar tomat. Pastikan jangan terlalu tipis maupun terlalu tebal. Nantinya, tomat tersebut berfungsi sebagai tatakan untuk bahan-bahan lainnya.

Susun Bahan Lapisan Demi Lapisan
© freepik.com
3
Susun Bahan Lapisan Demi Lapisan

Olah Bahan Menjadi Racun Tikus

Setelah bahan-bahan sudah siap, saatnya untuk menyusun lapisan demi lapisan. Pada lapisan paling bawah, Unyulicious bisa menggunakan tomat sebagai piring. Di atas tomat, Unyulicious bisa menabur obat nyamuk bakar yang sudah halus.

Selanjutnya, di atas lapisan obat nyamuk, Unyulicious bisa menambahkan beras yang sebelumnya sudah dicacah kasar. Anda bisa memberi beras tersebut dengan kuantitas lebih banyak. Sebab, beras berfungsi untuk memancing perhatian tikus.

Di lapisan paling atas, Unyulicious bisa memberikan sedikit remahan kacang tanah. Sama halnya dengan beras, kacang tanah juga berfungsi sebagai umpan tikus.

Tempat yang Tepat akan Mencegah Populasi Tikus Bertambah
© freepik.com
4
Tempat yang Tepat akan Mencegah Populasi Tikus Bertambah

Letakkan di Lokasi Potensial

Jika lapisan racun tikus tersebut sudah siap, Unyulicious bisa langsung meletakkannya di lokasi potensial. Lokasi potensial yang tim Unyu maksud adalah tempat-tempat yang sering tikus lalui.

Contohnya, Unyulicious bisa menaruh racun beras di belakang pintu, di bawah meja dapur, di dekat lubang pembuangan. Semakin banyak Anda menyebar racun, semakin banyak pula tikus yang mati. Jadi, sebar secara merata, ya! 

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Racun Tikus dari Beras

Mengetahui cara membuat racun tikus sederhana untuk menghilangkan tikus itu menarik, ‘kan? Apalagi Anda bisa membuatnya secara mandiri di rumah. Maka, untuk menambah pengetahuan Unyulicious, tim Unyu telah menyiapkan beberapa pertanyaan tentang cara mengatasi tikus. Check it out!

Apakah Royco bisa mengusir tikus?

Bisa, Royco terkenal cukup efektif dalam mengusir tikus.

Apakah tikus takut dengan garam?

Iya, tikus takut dengan garam, sebab garam dapat menyebabkan tikus dehidrasi.

Apakah obat nyamuk bakar bisa untuk racun tikus?

Bisa, selain untuk serangga, obat nyamuk bakar juga bisa untuk membasmi tikus.

Kesimpulan: Cara Membuat Racun Tikus dari Beras

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk serang balik tikus, baik untuk alam pertanian maupun di rumah. Anda bisa beli racun dengan tekstur kering, cair, maupun membuatnya sendiri di rumah. Untuk sektor pertanian, Anda bisa melakukan pembunuhan hama tikus menggunakan rodentisida.

Sedangkan, untuk di rumah, Anda bisa menghilangkan tikus menggunakan tanaman Krisan, Kurato, Dora, Petrokum, dan Mao Wang. Anda juga bisa memberi efek mematikan pada tikus dengan menerapkan cara membuat racun tikus dari beras di atas.

Perlu Unyulicious ingat juga untuk segera membuang tikus yang sudah mati. Jika tidak segera dibuang, maka batang tikus tersebut akan menghasilkan bau yang tidak sedap dan mengganggu kerja. Terakhir, agar cara-cara tersebut semakin ampuh, jangan lupa untuk memanjatkan doa agar populasi tikus tidak datang lagi. Good luck!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo