Hide Menu

Punya Pohon Sirsak? Manfaatkan untuk Hama dengan 3 Cara Membuat Pestisida dari Daun Sirsak

Simak Penjelasan Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Sirsak Berikut untuk Menyelamatkan Hasil Pertanian

Artikel Cara Membuat Pestisida dari Daun Sirsak ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Membuat Pestisida dari Daun Sirsak 2024
© freepik.com

Manfaat Daun Sirsak sebagai Biopestisida

Manfaat Daun Sirsak sebagai Biopestisida
freepik.com

Beberapa orang bisa jadi masih awam tentang pengertian dari biopestisida. Yang dimaksud biopestisida adalah racun hama yang terbuat dari bahan yang ada di alam, salah satunya adalah tumbuhan. Pestisida ini tidak meninggalkan endapan yang berbahaya bagi tanaman atau lingkungan.

Di sisi lain, pembuatan pestisida organik ini juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan peralatan yang sederhana. Salah satu tumbuhan yang terkenal efektif sebagai bahan pestisida nabati adalah sirsak. Lantas, bagaimana cara membuat pestisida nabati dari daun sirsak? 

Tentu Unyulicious sudah tidak asing lagi dengan buah sirsak. Buah yang memiliki nama ilmiah Annona muricata Linn ini merupakan salah satu buah yang kaya dengan vitamin C. Tidak hanya itu, daun sirsak juga memiliki manfaat sebagai obat herbal dan bahan biopestisida.

Pestisida nabati daun sirsak memiliki fungsi efektif dalam membasmi dan menghentikan hama berkembang biak karena memiliki kandungan senyawa Tanin, Fitosterol, Alkaloid murisine, dan Ca-oksalat yang sangat berkualitas sebagai bahan biopestisida.

Insektisida ekstrak daun sirsak yang bersifat racun kontak juga dapat menjadi penolak dan penghambat nafsu makan hama serangga. Agar Unyulicious juga bisa merasakan manfaat pestisida nabati daun sirsak, simak lebih lanjut cara membuat pestisida dari daun sirsak di bawah ini!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membuat Pestisida dari Daun Sirsak - Terbaru 2024

Melansir dari jurnal penelitian Arif et al (2021), tanaman sirsak adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai pestisida nabati. Hal itu terjadi karena ada senyawa metabolit sekunder di dalam tanaman sirsak yang bermanfaat sebagai pengendali hama pada tanaman budidaya.

Perkembangan zaman menuntut semua orang untuk berpikir kreatif, tidak terkecuali pemikiran di bidang budidaya tanaman padi. Oleh sebab itu, saat ini banyak yang memilih untuk menggunakan pesnab atau pestisida nabati guna membunuh hama atau bakteri.

Adapun hama yang sering kali mengganggu hasil panen contohnya seperti wereng dan ulat. Selain tidak mengandung bahan kimia, pembuatan pesnab juga terkenal murah dan mudah. Meskipun murah dan mudah, namun penggunaan pesnab ini cukup ampuh, lho!

Salah satu tumbuhan yang banyak digunakan sebagai pestisida organik ini adalah daun sirsak sebabnya karena sirsak memiliki ciri khas berupa bau yang sangat menyengat. Itulah mengapa banyak orang yang memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan pestisida. Tanpa berlama-lama lagi, simak cara membuat pestisida dari daun sirsak di bawah!

1
Persiapkan Alat dan Bahan

Pilih Alat dan Bahan yang Baik Guna Hasil yang Berkualitas

Persiapkan Alat dan Bahan

2
Cara Pembuatan Pestisida Nabati

Lakukan dengan Seksama dan Hati-Hati

Cara Pembuatan Pestisida Nabati

3
Cara Mengaplikasikan Pestisida Daun Sirsak

Mulai Penyemprotan Pestisida Setelah Didiamkan Selama 24 Jam

Cara Mengaplikasikan Pestisida Daun Sirsak

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pilih Alat dan Bahan yang Baik Guna Hasil yang Berkualitas
© freepik.com
1
Pilih Alat dan Bahan yang Baik Guna Hasil yang Berkualitas

Persiapkan Alat dan Bahan

Rekomendasi kami

Sebelum bikin pestisida organik dari daun sirsak, tentu Unyulicious membutuhkan alat dan bahan. Adapun daftar yang Unyulicious butuhkan antara lain sebagai berikut:

  1. 100 lembar daun sirsak
  2. 1 sendok teh sabun colek atau minyak goreng/tanah 
  3. 500 ml air bersih
  4. Alat penumbuk atau ulekan
  5. Ember
  6. Saringan
  7. Botol bekas air mineral

Untuk daun sirsak, pastikan Unyulicious memilih daun yang tidak terlalu tua atau terlalu muda. Hal itu agar hasil pestisida nantinya menjadi lebih maksimal. Tidak perlu khawatir jika bingung dalam memilih produk, sebab Anda bisa menggunakan rekomendasi dari tim Unyu di atas.

Lakukan dengan Seksama dan Hati-Hati
© freepik.com
2
Lakukan dengan Seksama dan Hati-Hati

Cara Pembuatan Pestisida Nabati

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, selanjutnya adalah tahap pembuatan. Berikut langkah-langkah yang dapat Unyulicious lakukan untuk bikin pestisida daun sirsak:

  1. Tumbuk daun sirsak hingga halus. Untuk mempercepat proses penumbukan, Unyulicious bisa memotongnya dalam ukuran yang lebih kecil atau meremasnya terlebih dahulu.
  2. Setelah daun sirsak halus, masukkan tumbukan daun sirsak tersebut ke dalam botol dengan ukuran 200 ml. Untuk 100 lembar daun, Unyulicious juga bisa membaginya ke dalam 2 botol.
  3. Selanjutnya, masukkan 1 sdt sabun colek ke dalam botol.
  4. Kemudian, masukkan air bersih ke dalam botol hingga penuh dan kocok larutan tersebut hingga merata.
  5. Jika tumbukan daun sirsak sudah tercampur rata, diamkan larutan tersebut selama 24 jam di tempat yang teduh.
  6. Setelah 24 jam, Unyulicious sudah bisa menggunakan pestisida tersebut.
Mulai Penyemprotan Pestisida Setelah Didiamkan Selama 24 Jam
© freepik.com
3
Mulai Penyemprotan Pestisida Setelah Didiamkan Selama 24 Jam

Cara Mengaplikasikan Pestisida Daun Sirsak

Rekomendasi kami

Meskipun sudah bisa bisa digunakan, namun Unyulicious tetap harus memerhatikan beberapa tahapan tambahan sebelum semprot pestisida ke tanaman. Unyulicious perlu menyaring larutan, dimana larutan tersebut yang nantinya berguna untuk mengendalikan hama.

Untuk takarannya, Unyulicious bisa mencampur 1 liter larutan pestisida organik daun sirsak dengan 10 liter air bersih. Unyulicious bisa menggunakan hand sprayer atau botol penyemprot sederhana seeprti rekomendasi tim Unyu di atas.

Jika sudah, Unyulicious bisa langsung menyemprotkan larutan tersebut ke tanaman yang terkena hama. Lakukan penyemprotan di sore hari secara rutin 1 minggu sekali. Selain membantu mengendalikan hama, penyemprotan biopestisida tersebut juga mampu bikin tanaman tumbuh dengan baik.

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Pestisida dari Daun Sirsak

Apakah Unyulicious sudah cukup paham tentang arti dari pestisida nabati? Jika masih ada rasa penasaran, Unyulicious bisa menyimak beberapa pertanyaan di bawah ini. Selain menjawab rasa penasaran, penjelasan di bawah juga tentu dapat menambah wawasan Unyulicious. Yuk, simak segera pertanyaan dan jawabannya!

Apakah daun sirsak bisa dijadikan pestisida?

Bisa, daun sirsak bisa Anda jadikan sebagai pestisida sebab memgandung bahan aktif asimisin, tannin, dan squamosin yang dapat menghambat tumbuh kembang hama.

Apa manfaat daun sirsak untuk tanaman cabe?

Manfaat daun sirsak untuk tanaman cabe adalah menurunkan populasi hama.

Tanaman apa saja yang bisa dijadikan pestisida nabati?

Beberapa tanaman yang dapat Anda gunakan sebagai pestisida nabati seperti daun pepaya, daun mimba, bawang putih, dan daun jarak pagar.

Daun sirsak untuk hama apa saja?

Daun sirsak bermanfaat untuk mengatasi segala hama, salah satunya adalah hama belalang.

Apakah tikus takut dengan daun sirsak?

Iya, bau yang menyengat dari daun sirsak membuat tikus takut. Itulah sebabnya, banyak orang yang juga memanfaatkan daun sirsak sebagai cara untuk membasmi tikus di rumah. 

Apakah daun sirsak bisa membunuh bakteri?

Bisa, daun sirsak mampu menghambat bahkan membunuh pertumbuhan bakteri, menghambat perkembangan parasit, dan menghambat perkembangan virus.

Kesimpulan: Cara Membuat Pestisida dari Daun Sirsak

In English, sirsak adalah soursop. Cukup unik memang jika memadukan namanya dengan gambar sirsak. Buah ini terkenal dengan rasa yang keset, namun sirsak termasuk salah satu buah yang kaya manfaat dan fungsi. Dalam 1 pohon sirsak, Anda tidak hanya bisa memanfaatkan buahnya namun juga daunnya.

Selain untuk kesehatan tubuh, sirsak juga mampu menjaga kesehatan tanaman budidaya. Unyulicious juga bisa menikmati khasiat sirsak dengan cara membuat pestisida dari daun sirsak dari tim Unyu di atas. Pestisida nabati yang dihasilkan bisa Anda pakai untuk berbagai kebutuhan. 

Jika sempat membuat banyak, Anda bisa sebarkan di pojok rumah untuk menghalau tikus atau bahkan di pertanian. Mudah dan murah, pestisida ini akan jadi jawaban jika Anda merasa keberatan memakai yang kimia.  Lantas, apakah Unyulicious tertarik untuk beralih menggunakan pestisida nabati dari daun sirsak?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo