Hide Menu

Kucing Bosan dengan Pakannya? Variasikan dengan 5 Cara Membuat Makanan Kucing dari Nasi!

Berikut Panduan Cara Bikin Makanan Kucing Sendiri, Bisa Dilakukan di Rumah, Lengkap dengan Manfaatnya!

Artikel Cara Membuat Makanan Kucing dari Nasi ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Cara Membuat Makanan Kucing dari Nasi 2024
© istockphoto.com/Chaiwat

Kucing Makan Nasi. Emang Boleh?

Kucing Makan Nasi. Emang Boleh?
istockphoto.com/Annashou

Baik kucing ras anggora, british shorthair, kucing kampung, maupun mixdome adalah jenis hewan karnovira obligat, dimana sumber nutrisi utamanya adalah protein hewani. Tubuh kucing tidak mampu mencerna tanaman atau sayuran seperti beras secara efisien.

Nasi bukanlah bagian penting dari pakan kucing dan tidak mengandung nutrisi protein hewani yang dibutuhkan. Anabul membutuhkan nutrisi tertentu, seperti taurin yang hanya terdapat di jaringan hewan. Lalu, bolehkah kucing makan nasi?

Faktanya, kucing boleh makan nasi, baik bayi kucing usia 1 bulan, anak kucing, hingga kucing dalam masa hamil. Namun, pemberian nasi tersebut haruslah dalam porsi kecil dan tidak boleh menjadi makanan pokok. Pasalnya, nasi mengandung karbohidrat yang tinggi. Jika kucing memakannya dalam jumlah yang berlebihan, maka kucing dapat mengalami obesitas atau gemuk berlebih.

Manfaat utama dari nasi adalah menyediakan karbohidrat dan menjadi sumber energi yang bermanfaat. Utamanya, bagi kucing yang memiliki perut sensitif atau masalah pencernaan. 

Kucing tidak boleh makan nasi mentah. Sama halnya dengan manusia, kucing juga susah mencerna nasi mentah dan dapat menyebabkan masalah. Untuk menambah wawasan terkait nasi untuk kucing dan cara membuat makanan kucing dari nasi homemade, simak artikel ini hingga akhir, ya!

Jenis Beras dan Dampaknya untuk Kucing

Jenis Beras dan Dampaknya untuk Kucing
istockphoto.com/Aleb60

Di pasaran, terdapat jenis dan produk beras yang beraneka ragam. Tentunya, keanekaragaman tersebut memiliki dampak yang berbeda-beda jika diberikan kepada kucing. Lantas, apa saja jenis beras dan dampaknya untuk kucing? Berikut penjelasannya. 

  • Sekam Padi

Kulit luar biji-bijian yang keras tidak dapat dicerna oleh kucing. Bahkan, ketika dimasak dapat menyebabkan masalah pencernaan. Oleh karena itu, hindari memberikan sekam padi kepada anabul.

  • Beras Utuh

Beras utuh aman untuk diberikan kepada kucing selama dimasak hingga matang terlebih dahulu. Nasi mentah atau kurang matang dapat menyebabkan masalah pencernaan untuk kucing. Daripada nasi putih, akan lebih baik Unyulicious memberikan nasi merah karena mengandung nutrisi yang lebih baik. 

  • Kue Beras atau Puff

Kue ini sering kali mengandung bahan tambahan, seperti garam, gula, atau perasa buatan yang dapat berbahaya untuk kucing. Oleh karena itu, hindari memberikan kue beras ini kepada kucing.

  • Dedak Padi

Dedak padi, lapisan terluar dari biji-bijian mungkin kaya akan nutrisi bagi manusia. Namun, ternyata kondisi tersebut tidak ideal untuk kucing. Dedak padi untuk kucing dapat menyebabkan diare atau masalah pencernaan lain jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Nasi Berbumbu

Makanan seperti nasi goreng atau nasi yang dicampur dengan saos, sering kali mengandung bahan-bahan seperti bawang merah dan bawang putih. Selain beracun bagi kucing, bahan-bahan tersebut juga mengandung lemak dan garam dalam jumlah berlebihan.

  • Susu Beras

Meskipun tidak beracun, namun susu ini tidak memberi manfaat apapun untuk kucing. Tidak hanya itu, kucing sering kali mengalami intoleransi laktosa. Sehingga, susu beras berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan untuk kucing. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membuat Makanan Kucing dari Nasi - Terbaru 2024

Menurut Elizabeth et al (2023), dari sudut pandang klinis, kucing dengan intoleransi makanan, maag, radang usus, atau kondisi kronis lainnya memerlukan sumber protein yang enak, mudah dicerna, dan dapat ditoleransi. Ternyata, daya cerna protein nabati sebanding dengan protein hewani dalam makanan kucing. 

Dari penjelasan tersebut menambahkan penjelasan bahwa kucing boleh makan nasi. Untuk itu, simak cara bikin pakan kucing sendiri dengan cepat menggunakan nasi di bawah ini. Yuk, mulai!  

1
Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Pastikan Bahan-Bahan yang Digunakan Baik untuk Kucing

Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

2
Masak Beras Terlebih Dahulu

Pastikan Mencuci Beras Sebelum Memasaknya

Masak Beras Terlebih Dahulu

3
Masak Ikan Pindang atau Telur Hingga Matang

Bahan Makanan yang Mentah dapat Membahayakan Kesehatan

Masak Ikan Pindang atau Telur Hingga Matang

4
Tambahkan Minyak Zaitun atau Minyak Ikan

Kedua Minyak Tersebut Baik untuk Kucing

Tambahkan Minyak Zaitun atau Minyak Ikan

5
Pindahkan ke Wadah Makan

Jika Sudah Tercampur, Makanan Siap Disajikan

Pindahkan ke Wadah Makan

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pastikan Bahan-Bahan yang Digunakan Baik untuk Kucing
© istockphoto.com/yulka3ice
1
Pastikan Bahan-Bahan yang Digunakan Baik untuk Kucing

Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Rekomendasi kami

Unyulicious bisa memberikan nasi kepada kucing. Namun, akan lebih baik jika mencampurnya dengan beberapa bahan tambahan, seperti ikan pindang atau daging ayam biar kebutuhan nutrisi dan gizi dapat terpenuhi. 

Hal pertama yang dapat Unyulicious lakukan sebelum bikin makanan kucing sendiri yaitu menyiapkan bahan-bahannya. Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi bahan dari tim Unyu di atas untuk memudahkan proses pembuatan. 

Pastikan Mencuci Beras Sebelum Memasaknya
© istockphoto.com/AtnoYdur
2
Pastikan Mencuci Beras Sebelum Memasaknya

Masak Beras Terlebih Dahulu

Rekomendasi kami

Cara selanjutnya yaitu memasak beras hingga matang. Namun, Unyulicious perlu mencuci beras hingga bersih terlebih dahulu. Unyulicious bisa mencuci beras sebanyak 2 hingga 3 kali sebelum memasaknya.

Saat beras sudah bersih dan siap dimasak, jangan lupa menambahkan air sebanyak ruas garis pertama jari telunjuk. Hal itu bertujuan agar nasi yang matang nantinya tidak terlalu kering ataupun terlalu basah. 

Namun, cara di atas sedikit berbeda jika Unyulicious menggunakan beras merah. Hal itu karena beras merah memiliki tekstur yang lebih keras daripada beras putih. Sebelum masak beras merah, setelah mencucinya, beras merah harus direndam dengan air matang terlebih dahulu selama 30 menit. Setelah direndam, tiriskan air lalu masukkan beras ke dalam rice cooker

Karena beras merah memiliki tekstur yang lebih keras, maka penggunaan air untuk memasak jauh lebih banyak. Unyulicious harus menggunakan air dengan perbandingan 3:1, atau 3 gelas air untuk 1 gelas takar beras. Jika sudah, masak beras merah selama 45 menit. Untuk menambah wawasan Unyulicious terkait komposisi dari beras putih dan beras merah, simak tabel di bawah ini, ya. 

 Beras PutihBeras Merah
Serat0.6 mg2 g
Zat Besi1.2 g5.5 g
Protein6.8 g7 g
Magnesium24.2 mg78.8 mg
Zink0.8 mg1.4 mg
Vitamin B60.1 mg0.3 mg
Folat108 µg18.2 µg
Fosfor68.8 mg208 mg
Mangan0.7 mg2.0 mg
Bahan Makanan yang Mentah dapat Membahayakan Kesehatan
© istockphoto.com/mtreasure
3
Bahan Makanan yang Mentah dapat Membahayakan Kesehatan

Masak Ikan Pindang atau Telur Hingga Matang

Rekomendasi kami

Setelah nasi matang, ambil secukupnya dan biarkan hingga dingin. Sembari menunggu nasi dingin, rebus telur, kukus atau goreng ikan, dan atau kukus daging ayam hingga matang.

Nyatanya, memberikan makanan yang belum matang kepada kucing dapat berbahaya karena mengandung bakteri-bakteri mematikan. Tidak hanya itu, pastikan Unyulicious tidak menambahkan bahan apapun termasuk penyedap, ya!

Kedua Minyak Tersebut Baik untuk Kucing
© istockphoto.com/fcafotodigital
4
Kedua Minyak Tersebut Baik untuk Kucing

Tambahkan Minyak Zaitun atau Minyak Ikan

Rekomendasi kami

Setelah nasi sudah dingin dan bahan makanan sudah matang, campurkan semuanya ke dalam satu wadah. Unyulicious juga bisa menambah sedikit minyak zaitun, minyak ikan, atau air kaldu untuk melengkapi nutrisi kucing.

Kemudian, aduk rata hingga semua bahan tercampur. Jika menambahkan ikan, pastikan duri-duri sudah Unyulicious lepas karena dapat membahayakan kucing jika sampai tertelan. 

Jika Sudah Tercampur, Makanan Siap Disajikan
© istockphoto.com/surasaki
5
Jika Sudah Tercampur, Makanan Siap Disajikan

Pindahkan ke Wadah Makan

Rekomendasi kami

Setelah semua bahan telah tercampur rata, pindahkan ke wadah makan kucing. Pastikan di sebelah tempat makannya juga tersedia tempat minum biar kucing tertap terhidrasi dengan baik. 

Unyulicious juga bisa memantau seberapa banyak makanan yang kucing makan. Hal itu dapat menjadi pertimbangan untuk Unyulicious dalam meracik makanan dengan nasi untuk kucing ke depannya.

Jika kucing tidak menyukai salah satu bahan, maka Unyulicious bisa ganti bahan tersebut dengan bahan lainnya. Di sisi lain, Unyulicious juga bisa mencampur wet food seperti merk Meo dengan nasi, lho!

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Makanan Kucing dari Nasi

Untuk menambah wawasan Unyulicious tentang cara membuat makanan kucing dari nasi, simak beberapa pertanyaan dan jawabannya di bawah ini, ya!

Apakah boleh kasih kucing makan nasi?

Kucing boleh mengonsumsi nasi, namun tidak boleh dalam jumlah yang banyak setiap harinya. 

Apa makanan alami kucing?

Kucing merupakan hewan karnovira yang berarti mereka membutuhkan protein hewani. Maka dari itu, secara alami kucing memakan ikan dan daging. 

Apa manfaat nasi buat kucing?

Jika memberikan dalam porsi yang sesuai, nasi dapat membantu meningkatkan pencernaan, meredakan diare, membuat kotoran lebih padat, dan mencegah dehidrasi. 

Apakah nasi bisa membuat bulu kucing rontok?

Hindari memberikan karbohidrat seperti nasi terlalu banyak kepada kucing. Hal itu karena pemberian nasi yang terlalu sering dapat membuat bulu kucing rontok. Jika sudah rontok, bantu dengan memberikan serum bulu agar bulu kucing lebat kembali. 

Apakah hati ayam sehat untuk kucing?

Kucing boleh makan hati ayam dalam jumlah yang sedang. Namun, sama seperti memberi daging ayam pada kucing, pastikan Unyulicious sudah memasaknya hingga matang terlebih dahulu. 

Kesimpulan: Cara Membuat Makanan Kucing dari Nasi

Sama halnya dengan manusia, secara naluri alam, kucing juga bisa bosan jika makan makanan yang sama setiap harinya. Oleh karena itu, Anda bisa mengkreasikan makanannya dengan ganti menjadi nasi sesekali. Nasi aman untuk kucing, selama memberikannya dalam porsi kecil dan tidak menjadikannya sebagai makanan pokok.

Anda bisa menggunakan referensi resep dan cara membuat makanan kucing dari nasi di atas. Selain itu, Anda juga bisa berselancar di dunia maya untuk mendapat referensi foto dan gambar terkait resep dan cara buat makanan kucing sendiri. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memvariasikan cemilan kucing yang biasanya dengan menggunakan tempe. Meskipun kucing merupakan karnivora obligat, namun pemberian protein nabati juga bagus dan perlu sesekali.

Dengan kemampuan buat makanan kucing sendiri, tentu harga yang Anda keluarkan untuk pakan kucing menjadi lebih murah. Lantas, setelah membaca rekomendasi dan referensi dari tim Unyu di atas, sudah siapkah Anda menciptakan nama resep terbaik untuk pakan kucing dari nasi? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo