Hide Menu

Ingin Mempercepat Perkawinan Anabul? Gunakan 6 Cara Membuat Kucing Betina Birahi Ini!

Perbanyak Jumlah Anabul di Rumah dengan Cara Agar Kucing Betina Cepat Birahi Ini, Efektif untuk Anggora Betina ataupun Kampung

Artikel Cara Membuat Kucing Betina Birahi ini diposting diperbarui
9 Pembaca
Like
Cara Membuat Kucing Betina Birahi 2024
© istockphoto.com/SvetlanaUrbanskaya

Proses Birahi pada Kucing Betina

Proses Birahi pada Kucing Betina
istockphoto.com/sdominick

Sama halnya dengan mamalia lainnya, secara hukum alam kucing juga akan mengalami masa birahi. Birahi merupakan siklus fisik dimana kucing sedang mempersiapkan tubuhnya untuk proses pembuahan, hamil, dan kelahiran.

Pada manusia, siklus ini dinamakan menstruasi. Sedangkan pada kucing, ini disebut estrus. Umumnya, kucing betina akan mengalami proses birahi selama 4-7 hari. Adapun tahap siklus birahi pada kucing betina adalah sebagai berikut:

  • Proestrus

Selama proestrus, kucing akan menarik pejantan yang tidak dikebiri tetapi belum kawin. Proestrus biasanya berlangsung selama 1-2 hari. Pada siklus ini, kucing tidak menunjukkan tanda-tanda yang mudah terlihat.

  • Estrus (Proses Birahi)

Selanjutnya, kucing akan memasuki masa estrus atau birahi. Dalam jangka waktu sekitar 1 minggu, betina akan menarik perhatian jantan dan ingin kawin. Selama tahap ini, perilaku kucing akan berubah, termasuk senang berguling-guling. Jika kucing betina kawin selama masa estrus, itu akan menyebabkan ovulasi. 

Proses kawin akan merangsang produksi hormon yang memicu ovulasi. Kucing betina biasanya perlu kawin sekitar 4-6 kali selama estrus untuk hamil. Betina bisa jadi kawin dengan beberapa jantan saat dia birahi, kemudian melahirkan anak kucing dengan ayah yang berbeda.

  • Interestrus

Jika kucing betina tidak mau kawin selama estrus, ia akan melanjutkan ke siklus interestrus, yang merupakan periode antara birahi. Tingkat estrogen betina turun dan dia tidak menunjukkan tanda-tanda khusus. Setelah sekitar 2 hari hingga 3 minggu, kucing betina akan kembali birahi. 

  • Anestrus

Anestrus merupakan periode dorman reproduksi kucing betina, dimana Hormon reproduksinya tidak aktif dan tidak ada aktivitas estrus. Pada kucing liar di luar ruangan, siklus birahi terjadi ketika musim panas, dimana produksi hormon kucing dirangsang oleh cahaya yang tinggi. Sementara itu, kucing di dalam ruangan bisa terpapar cahaya buatan dalam waktu lama, karena itulah, kucing dapat terus mengalami siklus birahi sepanjang tahun.

Setelah mengetahui tentang proses birahi pada kucing betina, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui cara membuat kucing betina birahi. Yuk, mulai! 

Apa Saja Tanda Kucing Betina yang Sedang Birahi?

Apa Saja Tanda Kucing Betina yang Sedang Birahi?
istockphoto.com/marieclaudelemay

Karena tidak ada cara mudah untuk mengukur kadar hormon pada kucing, perubahan pada perilakunya sering kali menjadi tanda ketika anabul sedang birahi.Adapun ciri-ciri kucing betina sedang birahi, antara lain:

  • Kucing Menjadi Sangat Penyayang

Kucing betina akan menjadi sangat penyayang daripada sebelumnya. Ia akan menggosok dan menggesekkan bagian belakangnya ke furnitur, kucing lain, atau benda di sekitarnya. Unyulicious bisa membedakan perilaku ini dari tanda kesakitan dengan cara mengangkat ekornya. 

  • Grooming Pribadi Secara Berlebihan

Kucing betina bisa menghabiskan banyak waktu untuk menjilati area genitalnya. Berbeda dengan manusia, kucing tidak melepaskan lapisan rahimnya selama siklusnya. 

Akan tetapi, menjilati alat kelamin bisa menjadi tanda kucing terkena gangguan saluran kemih, yang akan menjadi serius bila Unyulicious tidak cepat menanganinya. Jika kucing hanya menunjukkan perilaku ini tanpa tanda birahi lainnya, segera konsultasikan ke dokter hewan.

  • Kucing akan Menjadi Lebih Berisik

Hal pertama yang akan kucing lakukan ketika sedang birahi yaitu mengeong terus menerus. Dalam beberapa kasus, kucing juga bisa menjadi galak terhadap pemiliknya. Suara kucing tersebut akan lebih sering dan terdengar lebih keras.

Kucing betina yang sedang birahi juga akan lebih vokal. Vokalisasi ini ia lakukan untuk mendapatkan perhatian dan memberi tahu kucing lain bahwa ia sedang birahi. Betina yang lebih vokal tersebut juga bisa disebut sebagai panggilan kawin, dimana hal itu bisa terjadi selama beberapa hari.

  • Betina akan Melakukan Posisi Kawin

Tanda kucing betina yang sedang birahi lainnya yaitu mengambil posisi kawin. Ketika kucing menjadi lebih vokal, ia akan mengambil posisi kawin, yaitu kepala ke bawah, kaki depan ditekuk, dan bagian belakang diangkat untuk memperlihatkan perineum, serta ekor diangkat. 

Postur kucing tersebut disebut lordosis. Habis itu, kaki belakang akan menapak secara ritmis seolah-olah berjalan di tempat.

  • Kucing akan Menandai Wilayahnya

Dalam hal ini, tanda kucing betina akan sama dengan kucing jantan, yaitu menyemprot atau spraying permukaan vertikal dengan urin. Untuk melakukannya, kucing akan kembali ke benda atau permukaan pilihannya, mengangkat ekornya yang bergetar, dan bahkan melakukan penginjakan ritmis. 

Jika Unyulicious baru pertama kali memiliki kucing, bisa jadi Anda akan menganggap ini sebagai tanda masalah kesehatan. Akan tetapi, jangan khawatir, perilaku tersebut adalah hal yang normal untuk kucing yang sedang birahi.

  • Kucing akan Kehilangan Selera Makan

Kucing betina akan menunjukkan penurunan nafsu makan. Hal itu karena pikirannya terdapat pada hal-hal lain, yaitu lebih memikirkan untuk bereproduksi daripada memberi makan dirinya sendiri. Namun, Unyulicious perlu memantau terus nafsu makannya, karena perilaku ini seharusnya tidak berlangsung lebih dari 2 minggu. 

  • Keinginan untuk Melarikan Diri

Bagi kucing rumahan yang sedang birahi, mereka akan memiliki keinginan yang sangat kuat untuk keluar dari rumah. Ketika birahi, naluri mendorong kucing untuk keluar mencari pasangan. 

Selama waktu ini, bisa jadi kucing dalam ruangan akan melarikan diri lebih dari 1 hari hingga seminggu, bahkan lebih. Untuk itu, pastikan Unyulicious menutup semua rute pelarian dan awasi dengan hati-hati. Unyulicious juga bisa mengalihkan pikirannya dengan mengajak anabul bermain. 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Membuat Kucing Betina Birahi - Terbaru 2024

Menurut penelitian Febby et al (2021), reproduksi merupakan salah satu kemampuan hewan yang sangat penting demi keberlangsungan hewan tersebut, tidak terkecuali kucing. Oleh karena itu, simak cara membuat kucing betina birahi di bawah ini, ya!

1
Berikan Makanan Bernutrisi Tinggi dan Vitamin Birahi

Penuhi Gizi Kucing dengan Vitamin dan Makanan Bebas Pewarna

Berikan Makanan Bernutrisi Tinggi dan Vitamin Birahi

2
Lakukan Vaksinasi dan Pemeriksaan Rutin

Masalah Kesehatan Bisa Menghambat Siklus Birahi

Lakukan Vaksinasi dan Pemeriksaan Rutin

3
Ciptakanlah Lingkungan yang Nyaman

Kucing yang Istirahat dengan Cukup Mempercepat Siklus Birahi

Ciptakanlah Lingkungan yang Nyaman

4
Jagalah Kebersihan Kandang Kucing

Pastikan Kucing dan Lingkungannya Selalu Bersih

Jagalah Kebersihan Kandang Kucing

5
Mendekatkan Kandang Kucing Betina dan Jantan

Dekatkan Kedua Kucing untuk Menarik Perhatian Satu Sama Lain

Mendekatkan Kandang Kucing Betina dan Jantan

6
Melakukan Proses Pacak

Cara Terakhir yang Dapat Anda Lakukan

Melakukan Proses Pacak

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Penuhi Gizi Kucing dengan Vitamin dan Makanan Bebas Pewarna
© istockphoto.com/AaronAmat
1
Penuhi Gizi Kucing dengan Vitamin dan Makanan Bebas Pewarna

Berikan Makanan Bernutrisi Tinggi dan Vitamin Birahi

Rekomendasi kami

Hal pertama yang paling signifikan jelas makanan. Pastikan Unyulicious memberikan makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap, seperti protein tinggi, lemak sehat, dan vitamin.

Jangan membiarkannya makan dalam porsi yang terlalu banyak atau mengandung banyak lemak, karena hal tersebut dapat membuat kucing menjadi obesitas. Untuk penggunaan vitamin rekomendasi tim Unyu, pastikan Unyulicious sudah berkonsultasi dengan dokter hewan sebelumnya, ya!

Masalah Kesehatan Bisa Menghambat Siklus Birahi
© istockphoto.com/bymuratdeniz
2
Masalah Kesehatan Bisa Menghambat Siklus Birahi

Lakukan Vaksinasi dan Pemeriksaan Rutin

Rekomendasi kami

Dalam beberapa kasus, masalah kesehatan tertentu dapat memengaruhi kucing betina untuk memasuki masa birahi. Oleh karena itu, Unyulicious bisa melakukan vaksinasi dan pemeriksaan rutin lainnya dengan membawa anabul ke dokter hewan. 

Akan tetapi, sebelum memberi vaksin anabul, pastikan ia sudah mencapai usia legal boleh vaksin. Anda bisa melakukan vaksin kepada kucing ketika ia sudah mencapai umur 8-10 minggu. Jika Unyulicious berniat untuk memberikan vaksin rekomendasi tim Unyu di atas, tetaplah berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Kucing yang Istirahat dengan Cukup Mempercepat Siklus Birahi
© istockphoto.com/w-ings
3
Kucing yang Istirahat dengan Cukup Mempercepat Siklus Birahi

Ciptakanlah Lingkungan yang Nyaman

Rekomendasi kami

Memastikan kucing berada di lingkungan yang nyaman dan aman di rumah saat sedang birahi adalah hal yang penting. Unyulicious bisa memberinya tempat istirahat yang selalu bersih dan tidak ada gangguan. 

Unyulicious juga bisa menyediakan ruangan yang tenang agar kucing merasa aman dan tidak stres. Tentunya, hal ini dapat membantu mempercepat munculnya birahi pada kucing betina. 

Sebagai tambahan, berikan tempat tidur yang nyaman untuk anabul beristirahat. Rekomendasi tim Unyu di atas bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Pastikan Kucing dan Lingkungannya Selalu Bersih
© istockphoto.com/CasarsaGuru
4
Pastikan Kucing dan Lingkungannya Selalu Bersih

Jagalah Kebersihan Kandang Kucing

Rekomendasi kami

Menjaga kebersihan kandang kucing maupun kucing itu sendiri sangat penting untuk Anda lakukan. Dengan menjaga kebersihan, tentunya kesehatan kucing juga akan terjaga. 

Bersihkan lingkungan sekitar kucing secara rutin, termasuk kotak pasir dan tempat makannya. Kucing betina yang selalu bersih dan merasa nyaman akan selalu merasa lebih baik. Tentunya, keadaan bahagia tersebut dapat memperlancar siklus birahinya. 

Dekatkan Kedua Kucing untuk Menarik Perhatian Satu Sama Lain
© istockphoto.com/gilaxia
5
Dekatkan Kedua Kucing untuk Menarik Perhatian Satu Sama Lain

Mendekatkan Kandang Kucing Betina dan Jantan

Rekomendasi kami

Cara yang bisa Anda lanjutkan selanjutnya adalah dengan mendekatkan kandang kucing betina dan jantan. Kucing tidak bisa langsung kawin atau birahi jika tidak dilakukan pendekatan atau pengenalan terlebih dahulu. Dengan mendekatkan kandang jantan dan betina, biasanya akan mempercepat siklus birahi kucing betina.

Setelah mendekatkan kedua kandang, cobalah untuk meletakkan mereka dalam 1 kandang yang sama. Untuk proses ini, gunakanlan kandang berukuran besar sehingga kedua kucing dapat masuk dan berada di dalamnya dengan nyaman.

Jika setelah Unyulicious menyatukannya namun kucing masih belum bisa akrab, pisahkan sebentar lalu ulangi lagi. Di sisi lain, Unyulicious bisa mengelus kucing betina agar terlihat manja untuk memancing reaksi kucing jantan.

Cara Terakhir yang Dapat Anda Lakukan
© istockphoto.com/SunRayBRICatteryRU
6
Cara Terakhir yang Dapat Anda Lakukan

Melakukan Proses Pacak

Sebagian orang bisa jadi belum mengetahui istilah pacak. Arti terbaru dari pacak kucing adalah jasa dalam mengawinkan kucing. Pemilik yang memiliki indukan kucing ras tertentu akan menyewakan kucingnya untuk mengawini kucing milik orang lain dengan tujuan mendapatkan hasil ras kucing yang pemilik minta.

Pacak menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi birahi kucing selain melakukan steril. Akan tetapi, meskipun cara breed ini sudah mulai terkenal, namun masih banyak yang mempertanyakan tentang hukumnya.

Jika Unyulucious ingin mencoba cara ini, Anda bisa mendatangi pet shop yang memang menyediakan jasa pacak ini. Tentu, bisa jadi setiap pet shop memiliki harga jasa pacak yang berbeda.  

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Kucing Betina Birahi

Selanjutnya, tim Unyu akan memberi rangkuman pertanyaan yang sering ditanyakan terkait cara membuat kucing betina birahi. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Kapan kucing betina bisa birahi?

Sama seperti mamalia lainnya, kucing betina juga mengalami siklus estrus atau masa subur. Siklus tersebut terjadi sejak kucing usia 4 bulan dan berhenti jika Unyulicious mengebirinya. 

Apa yang dirasakan kucing betina saat birahi?

Ketika betina sedang birahi, ia akan mengeong terus menerus dan sangat berisik. Selain itu, ia sering merasa gelisah dengan berjalan bolak-balik di dalam kandang maupun luar kandang. 

Kenapa kucing betina setelah kawin guling-guling?

Kucing yang berguling-guling selama beberapa menit merupakan reaksi naluriah yang berhubungan dengan ovulasi.

Kesimpulan: Cara Membuat Kucing Betina Birahi

Bagi pecinta kucing, memiliki kucing yang banyak tentunya menjadi hobi tersendiri. Namun, terkadang pemilik kucing tidak mengerti ciri atau tanda yang anabul tunjukkan ketika sedang birahi. Umumnya, kucing akan birahi saat tiba musim kawin. Saat itu, kucing akan saling bersaut-sautan seakan sedang mencari pasangan yang tepat. 

Akan tetapi, tidak perlu menunggu musim kawin, Unyulicious bisa mempercepat perkawinan kucing dengan menggunakan cara membuat kucing betina birahi di atas. Jika proses perkawinan sudah selesai terjadi, Unyulicious bisa menghilangkan efek birahi tersebut dengan menggunakan obat KB untuk kucing. Namun, hal terpenting yang harus menjadi perhatian Unyulicious adalah memastikan kucing selalu dalam keadaan sehat dan siap.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo