Hide Menu

Emang Iya Belerang Bisa Membasmi Hama? Bisa, Ini 3 Cara Membuat Fungisida dari Belerang!

Berikut Cara Mudah Membuat Fungisida dari Belerang yang Dapat Unyulicious Praktikkan di Rumah

Artikel Cara Membuat Fungisida dari Belerang ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Membuat Fungisida dari Belerang 2024
© freepik.com

Manfaat Penggunaan Fungisida Belerang

Manfaat Penggunaan Fungisida Belerang
freepik.com

Apakah Unyulicious pernah terbayang bahwa belerang bisa menjadi pestisida organik? Yaps, meski belerang mengandung unsur kimia, namun faktanya belerang bisa menjadi fungisida organik untuk membasmi jamur tanaman.

Belerang atau sulphur terbentuk secara alami di bumi. Itulah yang membuat belerang menjadi pilihan organik dan tidak akan merusak lingkungan. Di sisi lain, kandungan dalam belerang juga dapat meredakan sakit pada manusia.

Selain membasmi hama tanaman, belerang juga dapat meningkatkan keasaman tanah. Namun, kerja belerang akan semakin maksimal jika Unyulicious menambahkan kapur.

Fungisida belerang kapur mampu mengatasi hama dan penyakit tanaman yang sama ampuh dengan fungisida belerang biasa. Hanya saja, yang membedakan adalah pengaruhnya terhadap pH tanah. Secara umum, banyak pestisida yang dapat merugikan satwa liar dan serbuk tanaman yang bermanfaat.

Itulah yang membuat banyak orang merasa kesulitan menemukan pestisida yang aman untuk lahan kebun mereka. Untungnya, penggunaan fungisida belerang terkenal aman dan ramah lingkungan. Dengan begitu, Unyulicious tidak perlu khawatir dan ragu jika ingin menggunakannya.

Sebab belerang terjadi dan terdapat di alam, maka Unyulicious tidak perlu khawatir jika belerang ini sampai menyentuh tanah. Belerang yang jatuh dan menyentuh tanah justru akan memecah dan bergabung kembali dengan siklus belerang alami bumi.

Hanya saja, belerang tidak mudah larut dalam air. Itulah sebabnya, jika berniat untuk membuat fungisida belerang, sebaiknya Unyulicious menggunakan bubuk belerang halus. Lantas, bagaimana cara membuat fungisida dari belerang yang benar? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membuat Fungisida dari Belerang - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Mohamed et al (2022), belerang dapat digunakan di bidang pertanian sebagai fungisida terhadap banyak penyakit jamur yang menyerang tanaman budidaya. Belerang dianggap sebagai fungisida yang sangat efisien di bidang pertanian.

Fungisida untuk tanaman dari bahan belerang biasa dikenal dengan bubur California. Maka, ayo simak cara mudah membuat bubur kalifornia di bawah ini jika ingin membasmi hama tanaman dengan efektif. Berikut penjelasan lengkapnya. 

1
Menyiapkan Alat dan Bahan

Alat dan Bahan yang Mudah Didapatkan

Menyiapkan Alat dan Bahan

2
Cara Membuat Fungisida Belerang

Lakukan dengan Hati-Hati Karena Mengandung Senyawa Aktif

Cara Membuat Fungisida Belerang

3
Cara Mengaplikasikan Fungsida Belerang

Unyulicious Bisa Menggunakan Kedua Hasil Pencampuran

Cara Mengaplikasikan Fungsida Belerang

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Alat dan Bahan yang Mudah Didapatkan
© freepik.com
1
Alat dan Bahan yang Mudah Didapatkan

Menyiapkan Alat dan Bahan

Rekomendasi kami

Cara membuat fungisida dari belerang yang pertama tentu menyiapkan segala peralatan dan bahan. Pada dasarnya, semua alat dan bahan yang Unyulicious butuhkan dapat dengan mudah ditemukan di toko online atau offline.

Bahkan, bisa jadi Unyulicious sudah memiliki semua keperluannya di rumah. Hanya saja, Unyulicious tidak mengetahui bahwa bahan-bahan tersebut dapat digunakan sebagai fungisida pembasmi tanaman. Adapun alat dan bahan yang Anda butuh untuk membuat fungisida belerang antara lain:

  • Alat:

  1. Drum besi
  2. Kompor atau tungku kayu
  3. Pengaduk dengan bahan kayu
  4. Jerigen atau botol
  • Bahan:

  1. 1 kg belerang halus
  2. 2 kg batu kapur sirih atau kapur tohor
  3. 10 liter air bersih
Lakukan dengan Hati-Hati Karena Mengandung Senyawa Aktif
© freepik.com
2
Lakukan dengan Hati-Hati Karena Mengandung Senyawa Aktif

Cara Membuat Fungisida Belerang

Setelah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat fungisida, selanjutnya masuk ke proses pembuatan. Pertama, panaskan 5 liter air sampai mendidih. Selanjutnya, masukkan 2 kg kapur gamping lalu aduk hingga merata.

Setelah matang dan tercampur rata, biarkan hingga larutan tersebut dingin. Fungsinya adalah untuk mengurangi sifat reaksi kapur yang cukup keras karena jika sudah digunakan dapat membakar tanaman.

Lalu, panaskan 5 liter air bersih sisanya dengan suhu hangat kuku. Setelah air sudah cukup hangat, masukkan belerang halus dan larutan kapur yang sudah dingin sebelumnya. Aduk perlahan hingga rata dan jangan terlalu dekat. Sebab, meski aman, belerang masih mengandung senyawa aktif.

Selama pemanasan, aduk campuran kedua bahan tersebut dengan pengaduk kayu. Aduk hingga ke dasar panci agar tidak ada endapan. Dengan suhu tetap berada di hangat kuku, aduk bahan-bahan tersebut hingga mendidih dan berubah warna menjadi merah teh. Setelah berubah warna, diamkan campuran tersebut selama 24 jam.

Unyulicious Bisa Menggunakan Kedua Hasil Pencampuran
© freepik.com
3
Unyulicious Bisa Menggunakan Kedua Hasil Pencampuran

Cara Mengaplikasikan Fungsida Belerang

Rekomendasi kami

Setelah bubur California dingin, adonan yang sudah Anda buat ini akan menjadi 2 bahan terpisah yaitu air dan endapan. Baik air dan endapan dari hasil pemanasan, keduanya dapat Unyulicious manfaatkan.

Pisahkan larutan cair dan endapan tersebut dengan hati-hati, jangan sampai endapan ikut terangkat dan tercampur. Lakukan dengan hati-hati dalam mengambil cairan, jangan sampai endapan ikut terangkat dan tercampur.

Ambil cairan berwarna kemerahan, masukkan ke dalam jerigen dan simpan. Cairan tersebut dapat Unyulicious manfaatkan sebagai pestisida organik semprot. Unyulicious bisa mencampurkan cairan tersebut dengan dosis 5 ml/liter air.

Cairan sulfur dan kapur terkenal dapat melawan penyakit jamur dan hama tungau. Di sisi lain, endapan bubur California dapat Unyulicious gunakan dengan cara mengoles ke tanaman kayu untuk mencegah jamur dan lumut.

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Fungisida dari Belerang

Apakah Unyulicious masih menyimpan rasa penasaran terkait belerang sebagai fungisida? Sebelum mengutarakannya, simak terlebih beberapa pertanyaan di bawah ini. Tim Unyu berharap pertanyaan dan penjelasan di bawah ini dapat menjawab rasa penasaran Unyulicious. Check it out!

Bubur California itu apa?

Bubur California merupakan fungisida yang terbuat dari campuran belerang, gamping, dan air.

Apa manfaat belerang bagi tanaman?

Bagi tanaman, belerang memiliki manfaat untuk membantu metabolisme nitrogen, sintesis protein dan minyak, serta mendukung aktivitas enzim.

Sulfur digunakan oleh tumbuhan untuk membentuk apa?

Tumbuhan membutuhkan sulfur untuk membentuk asam amino sistin, metionin, dan sistein.

Bubur Bordeaux terbuat dari apa?

Bubur bordeaux atau bordo adalah pestisida yang terbuat dari air, kapur pertanian, dan terusi.

Seberapa sering penyemprotan belerang boleh dilakukan?

Anda bisa menyemprotkan belerang setiap 10-14 hari sekali. Jika memasuki musim hujan, Anda perlu menyemprotkannya lebih awal. Selanjutnya, jika Anda juga mengoleskan minyak nimba atau minyak lainnya, Anda harus menunggu 2 minggu sebelum menyemprotkan belerang.

Kesimpulan: Cara Membuat Fungisida dari Belerang

Fungisida belerang merupakan fungisida yang aman dan ramah lingkungan. Larutan fungisida ini dapat Anda gunakan pada beberapa tanaman, seperti contoh cabe hingga padi. Fungisida belerang juga dapat membasmi tungau laba-laba, blendok, hingga mengobati powdery mildew atau embun tepung.

Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati dalam penggunaannya. Sebab, fungisida belerang bisa menjadi bahaya bagi kelompok tanaman tertentu. Selain itu, belerang juga mampu membakar tanaman jika suhunya terlalu panas. Perlu Anda ingat untuk tidak menggunakan belerang jika suhunya 32°C atau bahkan lebih tinggi.

Oleh karena itu, untuk menggunakan fungisida belerang, Unyulicious bisa membaca cara membuat fungisida dari belerang dari tim Unyu di atas. Bahkan, jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup, Anda bisa membeli jadam sulfur, Rotraz, dan sulfur benzoat di e-commerce dengan harga yang terjangkau.

Lantas, apakah Unyulicious akan menjadikan fungisida belerang sebagai alternatif pembasmi hama tanaman? Di sisi lain, jika Unyulicious ingin mengetahui lebih banyak tentang fungisida belerang, silahkan tuliskan di kolom diskusi di bawah ini, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo