Hide Menu

Khawatir Kimia Merusak Kecantikannya? Inilah 5 Cara Membuat Fungisida Alami untuk Anggrek

Nggak Selalu Pakai Zat Kimia, Unyulicious Juga Bisa Menerapkan Cara Membuat Fungisida Alami untuk Membasmi Hama

Artikel Cara Membuat Fungisida Alami untuk Anggrek ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Membuat Fungisida Alami untuk Anggrek 2024
© freepik.com

Jenis Hama yang Ada pada Tanaman Anggrek

Jenis Hama yang Ada pada Tanaman Anggrek
freepik.com

Anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak penggemar. Hal ini karena anggrek memiliki manfaat yang beragam dan perawatan yang mudah. Meskipun begitu, sama halnya dengan jenis tanaman lain, anggrek juga rentan terserang hama dan penyakit.

Tentu saja kemunculan hama dan penyakit dapat menghambat pertumbuhan anggrek bahkan berujung kematian. Lantas, apa saja jenis hama yang menyerang tanaman anggrek? Berikut penjelasannya.

  • Kutu Daun

Kutu daun adalah serangga kecil berantena, berwarna hijau atau hitam, dan memiliki tubuh lunak. Hama ini merusak tanaman dengan cara mengisap getah dari daun dan bunganya. Tentunya, hal tersebut dapat melemahkan performa pertumbuhan tanaman.

Selain itu, hal ini juga membuat daun menguning atau kecoklatan, bahkan bisa jadi berujung kematian. Perlu Unyulicious ketahui bahwa kutu daun suka bersembunyi. Oleh karena itu, rawat tanaman anggrek secara menyeluruh sampai ke bawah daunnya.

  • Botrytis

Hawa anggrek atau botrytis adalah jenis jamur yang tumbuh di tempat yang lembab. Jamur ini muncul dalam warna abu atau putih pada bunga, daun, dan rimpang tanaman anggrek.

Alasan umum yang membuat jamur ini berkembang adalah terlalu banyak menyiram tanaman anggrek. Di sisi lain, jamur ini juga bisa berkembang dari sebuah luka pada tanaman anggrek, paparan air, atau tanah yang terkontaminasi.

  • Agas Jamur

Agas jamur merupakan serangga kecil berwarna hitam dan memiliki sayap serta antena. Jamur ini tertarik pada lingkunga tanah yang lembab dan hangat. Agas jamur meninggalkan kotoran yang membuat tanaman anggrek rusak. Bahkan, agas jamur juga dapat menyebarkan penyakit tanaman.

  • Tungau Laba-Laba

Tungau mampu merusak tanaman anggrek secara signifikan, menghambat pertumbuhan, hingga kematian. Akan tetapi, tungau ini cukup sulit jika Unyulicious lihat dengan mata telanjang.

Oleh karena itu, Unyulicious bisa mengidentifikasi kehadirannya dari jaring yang mereka buat di sekitar daun. Tidak hanya itu, tungau juga dapat membuat bagian bawah daun berubah menjadi perak. Sedangkan bagian atas daun mengeluarkan bintik-bintik kuning atau coklat.

  • Embun Tepung

Embun tepung adalah jenis jamur yang menyerang tanaman anggrek di bulan-bulan panas. Hama jamur ini berupa bubuk putih pada daun dan batang, menyebabkan daun menguning atau coklat.

Jamur ini memang tidak membunuh anggrek, namun menurunkan kesehatan dan pertumbuhan anggrek. Embun tepung berkembang karena kelembapan yang berlebih, penyiraman yang berlebihan, sirkulasi udara yang buruk atau tanaman terlalu rapat.

Lantas, selain menghilangkan secara kimiawi, apakah ada cara membuat fungisida alami? Tentu ada. Unyulicious bisa membaca artikel cara membuat fungisida alami untuk anggrek ini hingga akhir untuk mengetahuinya.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membuat Fungisida Alami untuk Anggrek - Terbaru 2024

Melansir dari jurnal penelitian Edwin (2009), hama adalah hewan pengganggu yang menyerang bagian-bagian tanaman anggrek, sehingga membuat pertumbuhan anggrek tidak maksimal bahkan mati. Salah satu penyakit penyakit yang menyerang anggrek adalah jamur.

Untuk mengatasi serangan jamur tersebut, salah satu pengendalian yang harus Unyulicious lakukan adalah penggunaan fungisida. Namun, pestisida kimia berlebih seperti Abamectin dapat merusak tanaman. Oleh sebab itu, muncullah terobosan baru untuk menciptakan pestisida nabati.

Pengertian sederhananya, pestisida nabati adalah jenis pestisida yang terbuat dari bahan-bahan organik yang tersedia di alam. Untuk mengetahui apa saja bahan alam yang dapat mengendalikan hama tanaman anggrek, simak penjelasan di bawah ini.

1
Menggunakan Bumbu Dapur

Bahan-Bahan Dapur yang Ramah di Kantong

Menggunakan Bumbu Dapur

2
Menggunakan Kayu Manis

Gunakan Kayu Manis dalam Bentuk Bubuk untuk Memudahkan

Menggunakan Kayu Manis

3
Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih Bisa Membasmi Semua Jenis Hama Tanaman

Menggunakan Bawang Putih

4
Menggunakan Tepung Jagung

Gunakan Tepung Jagung Berkualitas untuk Hasil yang Maksimal

Menggunakan Tepung Jagung

5
Menggunakan Susu

Hal yang Menyehatkan Manusia Bisa Mematikan bagi Hama

Menggunakan Susu

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bahan-Bahan Dapur yang Ramah di Kantong
© freepik.com
1
Bahan-Bahan Dapur yang Ramah di Kantong

Menggunakan Bumbu Dapur

Rekomendasi kami

Beberapa tanaman dipercaya mampu mengendalikan hama yang merusak tanaman. Bumbu dapur merupakan bahan pertama yang dapat Anda gunakan untuk membuat fungisida alami. Adapun cara membuat fungisida alami yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahan.

Unyulicious tidak perlu menggunakan semua bumbu dapur yang ada di rumah. Bumbu dapur yang dapat Unyulicious gunakan antara lain 1 kg kencur, 5 l air kelapa, 1 kg jahe, 1 butir gambir, 1 kg lengkuas, 1 kg kunyit, dan 1 l EM4.

Setelah semua bahan siap, cuci kencur, jahe, lengkuas, dan kunyit hingga bersih. Lalu, potong kecil-kecil dan haluskan bersama dengan 1 butir gambir. Jika sudah halus, tambahkan air kelapa dan larutan EMP4, aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, masukkan ke dalam ember tertutup dan simpan di tempat sejuk. Biarkan campuran bahan-bahan tersebut terfermentasi alami selama 14 hari. Pada 7 hari pertama tutup ember harus terbuka. Tujuannya agar gas yang terkandung dalam ember hilang.

Namun, pada 7 hari berikutnya, Anda tidak boleh membuka tutup ember sampai masa penyimpanan 7 hari tersebut selesai. Setelah fermentasi selama 14 hari selesai, lakukan penyaringan. Penyaringan berfungsi untuk memisahkan larutan hasil fermentasi dengan ampas dari campuran tersebut.

Lalu, untuk pengaplikasiannya, Unyulicious bisa mencampurkan 5 cc-10 cc larutan biopestisida tersebut dengan 1 l air. Semprot pada bagian tanaman yang terserang jamur. Unyulicious bisa melakukan penyemprotan di pagi dan sore hari.

Gunakan Kayu Manis dalam Bentuk Bubuk untuk Memudahkan
© freepik.com
2
Gunakan Kayu Manis dalam Bentuk Bubuk untuk Memudahkan

Menggunakan Kayu Manis

Rekomendasi kami

Tidak hanya memiliki aroma yang harum, kayu manis juga terkenal dapat menjadi bahan biopestisida yang ampuh. Lantas, bagaimana cara menggunakan kayu manis sebagai pestisida alami?

Pertama, Unyulicious perlu memangkas daun atau batang anggrek terlebih dahulu. Selanjutnya, taburkan sedikit bubuk kayu manis pada area tersebut.

Dalam menerapkan metode ini, pastikan Unyulicious sudah membasahi bagian daun atau batang tersebut. Basahi sedikit agar bubuk kayu manis dapat menempel dengan baik dan tidak tertiup angin.

Bawang Putih Bisa Membasmi Semua Jenis Hama Tanaman
© freepik.com
3
Bawang Putih Bisa Membasmi Semua Jenis Hama Tanaman

Menggunakan Bawang Putih

Rekomendasi kami

Bawang putih sebagai bahan aktif insektisida nabati bisa jadi sudah tidak lagi asing. Karakteristik bawang putih adalah memiliki aroma khas yang cukup menyengat. Aroma menyengat itulah yang membuat serangga tidak mau mendekati tanaman.

Ekstrak bawang putih mampu mengendalikan beberapa hama pengganggu tanaman, mulai dari bakteri, serangga, dan jamur patogen. Terdapat beberapa senyawa yang terkandung dalam bawang putih, seperti minyak atsiri, eliminasi, aliin, tanin, enzim aliinase, dan dialilsulfida.

Di sisi lain, semua bagian dari tanaman bawang putih juga dapat Unyulicious ambil ekstraknya. Lantas, bagaimana cara membuat fungisida alami dari bawang putih? Yuk, simak lebih lanjut penjelasannya.

Pertama, Unyulicious harus menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti 100 gram bawang putih, 1 liter air bersih, 10 ml deterjen atau 1 sendok teh sabun colek, 50 ml minyak sayur, ember, botol semprot, dan saringan halus.

Selanjutnya, haluskan 100 gram bawang putih. Lalu, masukkan ke dalam wadah dan tambahkan 50 ml minyak sayur. Campur hingga rata lalu diamkan selama 24 jam.

24 jam kemudian, tambahkan 1 liter air dan sabun, lalu aduk kembali hingga merata. Jika sudah, Unyulicious bisa memasukkan ke dalam botol semprot dengan perbandingan 1:10 (1 larutan bawang putih dan 10 bagian air). Aduk hingga rata dan semprot secara menyeluruh ke tanaman.

Gunakan Tepung Jagung Berkualitas untuk Hasil yang Maksimal
© freepik.com
4
Gunakan Tepung Jagung Berkualitas untuk Hasil yang Maksimal

Menggunakan Tepung Jagung

Rekomendasi kami

Tepung jagung menjadi bahan fungisida alam bisa jadi masih asing bagi Unyulicious. Namun, tepung jagung dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan jamur baik. Adapun keberadaan jamur baik tersebut nantinya dapat bersaing dengan jamur penyebab penyakit, seperti bintik hitam.

Di sisi lain, tepung jagung juga dapat menambah nutrisi bagi tanaman. Adapun bahan yang Unyulicious butuhkan yaitu setengah cangkir tepung jagung dan mulsa kulit kayu. Untuk cara membuatnya, tabur setengah cangkir tepung jagung tersebut di sekitar tanaman. Selanjutnya, tutupi dengan lapisan mulsa kulit kayu.

Hal yang Menyehatkan Manusia Bisa Mematikan bagi Hama
© freepik.com
5
Hal yang Menyehatkan Manusia Bisa Mematikan bagi Hama

Menggunakan Susu

Rekomendasi kami

Ternyata, susu tidak hanya menyehatkan manusia, namun juga dapat menyehatkan tanaman dengan cara mengusir jamur. Cara kerja susu yaitu dengan melapisi daun, sehingga spora tidak dapat menempel di permukaan daun. Di sisi lain, protein dan juga asam laktat dapat berperan.

Sebelum membuatnya, Unyulicious butuh 3 gelas air bersih dan 1 cangkir susu. Jika sudah tersedia, Unyulicious bisa mengocok bahan-bahan tersebut dan semprot ke tanaman. Semprotan susu ini dapat mengurangi resiko penyakit embun tepung pada anggrek.

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Fungisida Alami untuk Anggrek

Selain anggrek, hama juga kerap kali menyerang tanaman budi daya lainnya, seperti contoh tanaman padi dan pohon cabe. Adapun jenis hama juga cukup beragam, antara lain ulat, walang sangit, kupu, semut, kaper, lalat, dan lainnya.

Untuk menambah wawasan tentang pengendalian hayati dalam menghilangkan hama, Unyulicious bisa membaca beberapa pertanyaan di bawah ini. Beberapa pertanyaan berikut merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan terkait fungisida alami. Check it out!

Apa saja fungisida alami?

Beberapa bahan yang dapat menjadi fungisida alami antara lain kencur, jahe, kunyit, dan rimpang lengkuas.

Apakah fungisida bisa membunuh jamur?

Bisa, fungisida merupakan salah satu metode yang dapat Anda lakukan untuk membunuh jamur.

Apakah fungisida membunuh bakteri baik?

Iya, sebab pada dasarnya fungisida mengandung senyawa kimia beracun. Jika Anda menggunakan fungisida secara berlebih, tentu fungisida dapat merusak bakteri baik yang terdapat pada tanaman.

Kesimpulan: Cara Membuat Fungisida Alami untuk Anggrek

Pengendalian hama pada dasarnya dibagi menjadi 2, yaitu hayati dan kimiawi. Semua pengendalian tersebut dapat Anda berikan pada tanaman anggrek di rumah. Hanya saja, untuk mengurangi resiko dari penggunaan pestisida kimiawi Anda bisa menerapkan cara membuat fungisida alami untuk anggrek

Manfaatkan produk rekomendasi dari tim Unyu berdasarkan gambar yang ada. Pestisida kimia terkenal cepat membunuh hama. Tapi, penggunaan yang massive justru dapat menjadi racun yang membuat tanaman mati. Oleh karena itu, sebaiknya Unyulicious menggunakan pestisida nabati seperti yang tim Unyu jelaskan di atas.

Selain pembuatannya yang mudah, harga bahan-bahan yang diperlukan pun murah. Bahkan, selain membasmi hama, kandungan baik dalam pestisida nabati juga dapat menjadi obat untuk kesehatan tanaman. Lantas, masih mau nih menggunakan pestisida kimia?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo