Hide Menu

Inilah 3 Cara Membuat Alat Pengusir Burung Pipit, Say Goodbye pada Hama Burung Pertanian!

Yuk, Simak Cara Membuat Alat Pengusir Burung Sederhana Ini Guna Menyelamatkan Hasil Panen

Artikel Cara Membuat Alat Pengusir Burung Pipit ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Membuat Alat Pengusir Burung Pipit 2024
© freepik.com

Mengapa Petani Menganggap Burung Pipit sebagai Hama?

Mengapa Petani Menganggap Burung Pipit sebagai Hama?
freepik.com

Pertanian adalah sektor utama yang berguna untuk mempertahankan ketahanan pangan. Di sisi lain, pertanian merupakan sektor yang sangat rentan terkena hama dan penyakit. Adapun hama yang sering kali mengganggu pertanian adalah burung pipit.

Emprit, nama lain burung pipit adalah hama yang termasuk ke dalam jenis unggas atau aves. Emprit sering kali mengganggu pertanian, sebab biji atau bulir padi adalah salah satu jenis pakan dari unggas ini. Tentunya, hal tersebut sangat merugikan petani bahkan bisa kehilangan 30%-50% dari produksi.

Burung pipit membuat petani mengalami kerugian karena ia merupakan hewan berkelompok. Mereka akan memakan tanaman padi yang berusia 70-80 hari ketika bulir padi telah terisi di pagi dan sore hari.

Oleh sebab itu, burung pipit terkenal sebagai hama yang cukup meresahkan sektor pertanian. Akan tetapi, Unyulicious bisa mengatasi kerugian panen akibat hama burung padi tersebut dengan beberapa cara, antara lain:

  1. Membuat dan memasang orang-orangan sawah di tengah lahan pertanian
  2. Memasang jaring perangkap di seluruh area pertanian
  3. Memasang benda-benda mengilap di sepanjang area pertanian
  4. Menambah benda-benda dengan aroma yang menyengat
  5. Memasang kaleng di sepanjang lahan guna menghasilkan suara bising yang dapat mengganggu burung pipit
  6. Melakukan penanaman padi secara bersamaan di waktu yang tepat

Beberapa cara di atas terbukti ampuh untuk membuat burung pipit enggan mendekati pertanian. Sehingga, petani dapat menghasilkan hasil panen padi yang berkualitas dan ketahanan pangan dapat terjaga.

Demi membantu Anda memanen padi yang berkualitas, tim Unyu telah menyiapkan beberapa cara membuat alat pengusir burung pipit sederhana. Tentunya, Unyulicious juga bisa membuat alat pengusir burung ini di rumah. Yuk, baca dengan seksama agar tahu metodenya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membuat Alat Pengusir Burung Pipit - Terbaru 2024

Salah satu kendala kendala dalam proses penanam padi yaitu pengendalian hama burung pemakan padi. Maka, untuk meringankan beban petani dalam mengendalikan hama burung tersebut, perlu dirancang alat pengusir hama (Zulfikri et al, 2022).

Saat ini, banyak alat pengusir hama yang dirancang untuk menyelamatkan hasil panen, baik otomatis maupun tradisional. Tidak menutup kemungkinan, Unyulicious juga bisa membuat alat tersebut secara mandiri di rumah, lho!

Untuk itu, tim Unyu akan menjelaskan cara membuat alat pengusir burung sederhana secara lengkap. Yuk, simak setiap cara pembuatan alat pengusir burung di sawah dengan bahan karung berikut!

1
Menyiapkan Alat dan Bahan

Alat dan Bahan Sederhana yang Mudah Didapatkan

Menyiapkan Alat dan Bahan

2
Rangkai Bahan dengan Alat yang dengan Kuat

Pastikan Rangkaian Bahan Cukup Kuat

Rangkai Bahan dengan Alat yang dengan Kuat

3
Pasangkan Kaleng dan Karung pada Bambu

Alat Pengusir Burung Pemakan Padi Siap Digunakan!

Pasangkan Kaleng dan Karung pada Bambu

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Alat dan Bahan Sederhana yang Mudah Didapatkan
© freepik.com
1
Alat dan Bahan Sederhana yang Mudah Didapatkan

Menyiapkan Alat dan Bahan

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan untuk membuat alat pengusir burung yaitu menyiapkan alat dan bahan. Pertama, siapkan satu karung bekas tanpa perlu membelahnya agar tahan lama.

Selanjutnya, siapkan 2 potong kayu berdiameter 4 sentimeter. Untuk panjang kayu, Unyulicious bisa menyesuaikan dengan lebar karung yang akan Unyulicious gunakan.

Selain karung bekas dan kayu, Unyulicious juga perlu menyiapkan bahan pendukung seperti kawat, bambu kecil atau gala, paku, kaleng susu, dan tali rafia. Di sisi lain, Unyulicious juga perlu menyiapkan peralatan, antara lain cutter, penggaris, tang, palu, gunting, dan jarum karung.

Pastikan Rangkaian Bahan Cukup Kuat
© freepik.com
2
Pastikan Rangkaian Bahan Cukup Kuat

Rangkai Bahan dengan Alat yang dengan Kuat

Rekomendasi kami

Setelah menyiapkan alat dan bahan, langkah selanjutnya yaitu merangkai bahan-bahan tersebut. Unyulicious bisa melakukan tahapan sebagai berikut:

  1. Pertama, posisikan potongan kayu di ujung karung. Gulung ke dalam kayu tersebut dan jahit sepanjang gulungan. Setelah satu sisi selesai, jahit pula gulungan kayu di sisi satunya. Jangan lupa untuk menjahitnya dengan rapi dan kuat.
  2. Selanjutnya, tancapkan beberapa kayu kecil di bagian ujung kayu dengan menggunakan palu. Jika 1 sisi sudah selsai, tancapkan pula paku di ujung kayu sisi satunya. Hanya saja di sisi ini, tambahkan tali rafia yang sudah dikepang. Setelah itu, tentukan bagian tengah tali dan buatlah simpul atau ikatan yang sekiranya tidak mudah bergeser.
  3. Kemudian, siapkan kaleng susu bekas dan lubangi bagian tengah atap dan alas kaleng. Dengan menggunakan cutter, buat 2-3 lubang kecil berbentuk segitiga di kedua sisinya. Lubang tersebut berguna agar hasil suara dari kaleng susu dapat lebih nyaring.
  4. Tahap berikutnya, Unyulicious bisa menyiapkan kawat dengan tebal 1,5-2 mm dan panjang 80 cm-1 meter. Di salah satu ujung kawat, buatlah bulatan atau lengkungan.
  5. Di sisi satunya, masukkan terlebih dahulu ke kaleng susu yang sudah dilubangi sebelumnya. Jika sudah masuk dan melewati kedua lubang kaleng, buat bulatan atau lengkungan di sisi kawat satunya. Pada kedua ujung kawat tersebut, tambahkan tali dengan panjang yang sama.
  6. Selanjutnya, lubangi salah satu dinding kaleng. Lalu, masukkan tali rafia yang sudah dikepang ke lubang tersebut.
Alat Pengusir Burung Pemakan Padi Siap Digunakan!
© freepik.com
3
Alat Pengusir Burung Pemakan Padi Siap Digunakan!

Pasangkan Kaleng dan Karung pada Bambu

Jika perlengkapan pengusir burung sudah siap, selanjutnya Unyulicious memasuki tahap terakhir, yaitu memasang kalenng dan karung ke bambu. Unyulicious bisa menyiapkan bambu kecil atau gala sepanjang 4-5 meter. Ikat tali di ujung kawat kaleng susu dan ikatkan pada bambu bagian atas.

Ikatkan pula tali lainnya di bagian bawah ikatan sebelumnya. Ikatkan dengan kuat agar tali tidak mudah bergeser. Selanjutnya, ikatkan ujung tali karung ke ujung kawat pada kaleng. Jika semua sudah siap, Unyulicious bisa menancapkan rangkaian bambu tersebut ke pematang sawah.

Pastikan ketika Unyulicious memasangnya, ada hembusan angin yang keras. Hal itu bertujuan untuk mencoba efektivitas dan kekuatan dari alat pengusir burung tersebut. Selamat, Anda sudah selesai memasang alat pengusir dan mengambil langkah tepat untuk menjaga hasil panen. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Alat Pengusir Burung Pipit

Sebelum mengakhiri artikel ini, alangkah baiknya untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah. Pertanyaan di bawah ini terkait dengan hal-hal yang sering kali ditanyakan terkait burung pipit dan sektor pertanian. Check it out!

Apa yang ditakuti burung pipit?

Salah satu hal yang burung pipit takuti yaitu tanaman dengan warna mencolok.

Burung sawah takut sama apa?

Burung sawah sangat takut pada sesuatu yang memiliki aroma menyengat. Aroma menyengat dapat mencegah burung sawah memasuki ke lahan pertanian.

Bagaimana cara pengendalian hama burung?

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan hama burung yaitu memasang benda dengan aroma menyengat, memasang jaring perangkap, menanam tanaman mencolok di pematang sawah, memasang benda-benda mengilap, dan menanam padi dengan petani lain secara bersamaan.

Kesimpulan: Cara Membuat Alat Pengusir Burung Pipit

Banyak orang yang sering kali menyamakan burung pipit dan burung gereja. Padahal sebenarnya kedua burung tersebut berasal dari keluarga yang berbeda. Burung pipit adalah salah satu musuh petani. Ketika cuaca sedang ekstrim, burung pipit akan mendatangi sawah dan memakan biji padi.

Jika sudah demikian, tentunya produktivitas dan kualitas sektor pertanian sebagai fokus utama ketahanan pangan dapat terganggu. Bahkan, hasil panen petani dapat turun drastis dan kurang berkualitas jika tidak segera dilakukan tindakan.

Oleh sebab itu, cara membuat alat pengusir burung pipit sederhana di atas semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Lantas, sudah siapkah Unyulicious iktu berkontribusi dalam menjaga ketersediaan beras di negeri ini?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo