Hide Menu

Ingin Menaikkan Birahi Kucing? Lakukan 4 Cara Memberi Natur e pada Kucing Terampuh Ini

Pemberian Vitamin Natur E untuk Kucing Jantan dan Betina, Baik Anggora Maupun Kampung Guna Mempercepat Perkawinan

Artikel Cara Memberi Natur e pada Kucing ini diposting diperbarui
12 Pembaca
Like
Cara Memberi Natur e pada Kucing 2024
© istockphoto.com/DariaKulkova

Apa Fungsi Pemberian Vitamin E untuk Kucing?

Apa Fungsi Pemberian Vitamin E untuk Kucing?
istockphoto.com/Osobystist

Tidak hanya bermanfaat untuk manusia, vitamin E juga membantu meningkatkan kesehatan hewan peliharaan, termasuk kucing. Vitamin E yang terdapat pada produk Natur E untuk manusia dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, sebagai antioksidan, dan sebagainya.
Lalu, apakah manfaat vitamin E pada manusia tersebut juga memiliki efek yang sama untuk kucing? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

  • Vitamin E sebagai Antioksidan

Sama seperti manfaat vitamin E untuk manusia, vitamin E untuk kucing juga dapat bermanfaat sebagai antioksidan dan meningkatkan kualitas kesehatan kucing. 

  • Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Kucing

Kucing sering kali memiliki masalah kesehatan kulit dan bulu. Oleh karena itu, salah satu manfaat dari pemberian vitamin E yaitu membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah berbagai jenis masalah pada kulit kucing.

  • Baik untuk Kucing yang sedang Hamil dan Kitten

Vitamin E memiliki manfaat yang cocok untuk kucing yang sedang dalam masa hamil guna mendukung proses kehamilan agar berjalan dengan baik. Selain itu, vitamin E juga baik untuk tumbuh kembang anak kucing.

  • Mempertahankan Keseimbangan Hormon

Manfaat vitamin E untuk kucing sama seperti manusia, yaitu membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Menjaga keseimbangan hormon dapat membantu kucing menghindari berbagai jenis masalah karena kondisi kesehatan hormon.

  • Membuat Bulu Kucing menjadi Lebat

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kucing, vitamin E juga bermanfaat untuk mencegah kerontokan pada bulu kucing. Bulu yang rontok tentu berpengaruh buruk pada penampilan kucing.

Selain manfaat di atas, produk Natur E untuk kucing juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menjaga sistem pencernaan yang sehat, membantu fungsi dan perkembangan tubuh, serta meningkatkan birahi kucing.

Namun, dari penjelasan di atas, apakah Unyulicious sudah mengetahui cara memberi Natur E pada kucing? Cari tahu selengkapnya dengan membaca artikel ini hingga akhir, ya!

Apa yang Terjadi Jika Kucing Kekurangan Vitamin E?

Apa yang Terjadi Jika Kucing Kekurangan Vitamin E?
istockphoto.com/IrynaImago

Umumnya, kucing tidak boleh kekurangan atau kelebihan vitamin E karena sama-sama berpengaruh buruk pada kucing. Menurut penelitian Martin et al (2020), jumlah vitamin E dalam makanan secara signifikan memengaruhi konsentrasi vitamin E dalam serum.

Anabul akan memberikan tanda-tanda khusus jika ia kekurangan atau over dosis vitamin E. Berikut tanda-tanda yang akan kucing berikan:

  • Ciri-Ciri Kucing Kekurangan Vitamin E

Daripada anjing, kucing lebih rentan kekurangan vitamin E karena sifat pola makannya. Ikan dan produk makanan berbahan ikan kaya akan asam lemak tak jenuh jamak atau Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA), yang sangat rentan terhadap oksidasi. Pola makan tinggi PUFA dapat membuat kucing kekurangan vitamin E dan penyakit lemak kucing pada kucing.

Semakin banyak PUFA yang kucing konsumsi, maka semakin banyak pula kebutuhan vitamin E. Asosiasi Pejabat Pengawas Makanan Hewan Amerika atau Association of American Feed Control Officials (AAFCO) merekomendasikan makanan kucing komersial yang mengandung minyak ikan harus ditambah 10 IU vitamin E untuk setiap gram minyak ikan per kg makanan. Jika kekurangan vitamin E, maka kucing akan menunjukkan tanda-tanda, seperti:

  1. Kelemahan otot
  2. Kehilangan selera makan
  3. Disfungsi jantung
  4. Hepatitis

Penyakit lemak kuning juga dikenal sebagai steatitis, yang mengacu pada peradangan pada jaringan lemak. Kasus ini sering terlihat pada hewan yang memakan makanan yang seluruhnya atau sebagian terdiri dari ikan ataupun produk sampingan ikan. Hal tersebut juga sering terjadi pada kucing muda dan gemuk. Tanda-tanda penyakit lemak kucing pada kucing, yaitu:

  1. Mantel kucing kusam
  2. Kulit kering
  3. Kucing menjadi lesu
  4. Hilangnya ketangkasan
  5. Kucing kehilangan selera makan
  6. Demam
  7. Timbunan lemak kental di bawah kulit
  8. Nyeri di punggung atau perut
  • Ciri-Ciri Kucing Kelebihan Vitamin E

Di sisi lain, kelebihan vitamin E juga tidak baik untuk kucing. Terlalu banyak vitamin E dapat mengganggu aktivitas vitamin K yang dapat mengakibatkan waktu pendarahan berkepanjangan.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Memberi Natur e pada Kucing - Terbaru 2024

Setelah mengetahui tentang manfaat vitamin E untuk kucing, selanjutnya, tim Unyu akan memberikan cara memberi Natur e pada kucing. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1
Campurkan Natur E ke Makanan Kucing

Buka Kapsulnya dan Campurkan ke Makanan Favorit Kucing

Campurkan Natur E ke Makanan Kucing

2
Suapkan Campuran Makanan dan Natur E Langsung ke Mulut Kucing

Suapi Kucing dengan Tangan Kosong

Suapkan Campuran Makanan dan Natur E Langsung ke Mulut Kucing

3
Gunakanlah Alat Bantu Spuit

Jika Tangan Anda Terluka, Cobalah dengan Alat Bantu

Gunakanlah Alat Bantu Spuit

4
Memberi Suplemen Pengganti Makan

Berikan Suplemen untuk Memancing Nafsu Makannya

Memberi Suplemen Pengganti Makan

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Buka Kapsulnya dan Campurkan ke Makanan Favorit Kucing
© istockphoto.com/insonnia
1
Buka Kapsulnya dan Campurkan ke Makanan Favorit Kucing

Campurkan Natur E ke Makanan Kucing

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan adalah dengan membuka kapsul dan mencampurkannya ke makanan kucing sebanyak setengah atau seperempat kapsul saja. Makanan kucing yang biasa dicampurkan adalah jenis makanan basah atau wet food.

Suapi Kucing dengan Tangan Kosong
© istockphoto.com/DenisValakhanovich
2
Suapi Kucing dengan Tangan Kosong

Suapkan Campuran Makanan dan Natur E Langsung ke Mulut Kucing

Rekomendasi kami

Jika kucing tidak mau memakannya, Unyulicious bisa menggunakan jari tengah dan ibu jari untuk memaksa kucing membuka mulutnya. Selanjutnya, masukkan sedikit campuran makanan dan Natur E ke dalam mulutnya.

Masukkan sedikit terlebih dahulu, karena jika terlalu banyak kucing akan tersedak dan memuntahkan makanannya. Biasanya, jika kucing menyukainya, setelah satu suapan tersebut ia akan memakan sisanya tanpa perlu Unyulicious suapi lagi. Akan tetapi, jika kucing tetap tidak mau makan, Unyulicious harus menyuapinya lagi sedikit demi sedikit.

Jika Tangan Anda Terluka, Cobalah dengan Alat Bantu
© istockphoto.com/Algul
3
Jika Tangan Anda Terluka, Cobalah dengan Alat Bantu

Gunakanlah Alat Bantu Spuit

Rekomendasi kami

Menyuapi makanan secara langsung dapat menyebabkan tangan Unyulicious terluka jika kucing melawan. Untuk mengatasi resiko tersebut, gunakan alat bantu spuit tanpa jarum. Akan tetapi, Natur E harus dihaluskan atau dilarutkan terlebih dahulu. Kemudian, masukkan Natur E ke dalam spuit.

Setelah itu, masukkan ujung spuit melalui sisi kanan atau kiri mulut kucing, lalu suntikkan sedikit demi sedikit ke dalam mulutnya. Sebagai tambahan wawasan untuk Unyulicious, jangan memasukkan ujung spuit dari depan mulut karena cairan yang disemprotkan dapat terkena hidung kucing dan membuatnya tersedak.

Berikan Suplemen untuk Memancing Nafsu Makannya
© istockphoto.com/martinedoucet
4
Berikan Suplemen untuk Memancing Nafsu Makannya

Memberi Suplemen Pengganti Makan

Rekomendasi kami

Jika cara-cara sebelumnya belum berhasil membuat kucing menghabiskan makanannya, cobalah untuk memberikan suplemen Nutriplus atau Body Fat Cat guna menambah nafsu makan seperti rekomendasi tim Unyu di atas. Suplemen tersebut sudah mengandung multivitamin dan mineral yang complex untuk kucing.

Tanya Jawab Seputar Cara Memberi Natur e pada Kucing

Setelah membaca manfaat vitamin E dan cara memberi Natur e pada kucing, selanjutnya tim Unyu akan memberikan rangkuman pertanyaan yang sering ditanyakan terkait hal serupa. Perhatikan pertanyaan dan jawabannya di bawah ini, ya!

Apa manfaat vitamin E untuk kucing?

Vitamin E sangat bermanfaat untuk kucing. Selain sebagai antioksidan, vitamin E untuk kucing juga bermanfaat untuk menyerap vitamin A dan D dalam tubuh.

Apakah kucing harus diberi vitamin?

Umumnya, makanan telah mengandung banyak vitamin dan mineral sesuai kebutuhan kucing, sehingga pemberian suplemen vitamin tidak diperlukan lagi. Akan tetapi, jika kucing memiliki masalah kesehatan tertentu yang membuat kucing kekurangan nutrisi, vitamin kucing bisa diberikan.

Berapa takaran pemberian Natur E yang tepat untuk kucing?

Pemberian dosis atau takaran yang tepat akan mempercepat fungsi menaikkan birahi pada kucing. Untuk kucing biasa atau tidak ada kendala masalah birahi, Unyulicious bisa memberikan 1 butir sehari. Sedangkan untuk mempercepat proses birahi, Unyulicious bisa memberikan 2 butir setiap hari hingga birahi kucing naik dan siap untuk dikawinkan.

Apakah boleh memberi imboost kepada kucing?

Umumnya, tidak semua vitamin yang dikonsumsi manusia bisa diberikan kepada kucing. Jika ingin memberikan imboost, lebih baik Unyulicious konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan. Sebagai gantinya, Unyulicious bisa memberikan suplemen yang bagus khusus kucing, yaitu nutrigel.

Usia berapa kucing boleh diberi vitamin?

Jika anak kucing sudah sampai di umur 7 atau 8 minggu, induk kucing sudah boleh menyapihnya. Dalam masa sapih itulah kitten membutuhkan nutrisi tambahan, salah satunya yaitu pemberian vitamin A, B, D, E, dan K untuk pertumbuhannya.

Kesimpulan: Cara Memberi Natur e pada Kucing

Memiliki kucing yang sehat tentu adalah hal utama yang pemilik kucing minta atau harapkan. Dengan tubuh yang sehat, tentu akan berpengaruh pada siklus birahi kucing. Memberikan vitamin E pada kucing dapat membantu menjaga kesehatan kucing sekaligus memperlancar siklus birahinya. Semoga, dengan membaca referensi cara memberi Natur e pada kucing dari tim Unyu di atas dapat menambah wawasan Unyulicious, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo