Hide Menu

Batang hingga Daun Tanaman Bolong-Bolong? Terapkan 6 Cara Membasmi Ulat Tanah Secara Alami

Simak Artikel Ini Guna Mengetahui Cara Membasmi Ulat Tanah Secara Organik, Lakukan Secara Rutin agar Tanaman Sehat Lagi!

Artikel Cara Membasmi Ulat Tanah Secara Alami ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Membasmi Ulat Tanah Secara Alami 2024
© freepik.com

Serangan Hama Ulat pada Tanaman

Serangan Hama Ulat pada Tanaman
freepik.com

Ketika Unyulicious memilih untuk memiliki atau bahkan melakukan budidaya tanaman, tentu hal-hal terkait hama dan pengendaliannya tidak dapat terhindarkan. Sebab, serangan hama tentu akan menghampiri bahkan merusak tanaman Unyulicious tersebut.

Adapun hewan yang sering kali mengganggu tanaman, baik tanaman padi dan cabe yaitu gagak, kutu, dan belalang. Sedangkan, jenis hama yang sering kali mengganggu kesehatan tanaman di rumah antara lain ulat daun, ulat bulu, kaki seribu, dan ulat tanah.

Untuk mengusir hama yang menyerang tanaman, maka Unyulicious perlu melakukan pengendalian hama dengan pestisida. Saat ini, sudah banyak orang yang melakukan pengendalian secara alami. Sebab, penggunaan pestisida dengan bahan kimia dengan dosis yang berlebih justru dapat merusak tanaman dan menimbulkan penyakit.

Pengendalian hama secara alami tersebut biasanya disebut dengan biopestisida atau pestisida nabati. Biopestisida terkenal tidak bahaya karena tidak membuat residu pada tanaman. Di sisi lain, pengendalian hama dengan biopestisida juga tergolong mudah dan murah. Hal itu karena bahan aktif pembuat pestisida berasal dari tumbuhan dan bahan organik lain yang ada di sekitar.

Mengingat ulat tanah juga menjadi salah satu hama yang suka memakan daun muda warna hijau, apakah Unyulicious tahu bagaimana cara membasmi ulat tanah secara alami? Untuk mengetahui pestisida alami untuk ulat, simak artikel ini hingga akhir, ya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Membasmi Ulat Tanah Secara Alami - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Sabaruddin (2021), pestisida nabati memiliki fungsi sebagai pengendali hama tanaman. Selain itu, biopestisida ini juga ramah terhadap lingkungan karena bahan aktif yang mudah terurai di alam. Beberapa bahan pestisida nabati yang cukup banyak digunakan yaitu ekstrak daun pepaya dan daun sirsak.

Akan tetapi, terdapat beberapa cara dan bahan alami lain yang juga ampuh sebagai insektisida dan fungisida guna mengusir hama. Untuk mengetahui cara dan bahan apa saja yang masuk ke dalam pestisida organik, simak setiap section di bawah ini!

1
Larutan Air Garam

Cara Mudah Menggunakan Bahan Dapur

Larutan Air Garam

2
Air Jeruk

Kulit dan Perasan Air Jeruk Bisa Digunakan

Air Jeruk

3
Ekstrak Bawang Putih

Bikin Makanan Nikmat Sekaligus Bikin Tanaman Sehat

Ekstrak Bawang Putih

4
Kapur Sirih

Bermanfaat untuk Kesehatan Badan hingga Kesehatan Tanaman

Kapur Sirih

5
Minyak Mimba

Bisa Membuatnya Sendiri atau Menggunakan Minyak Siap Pakai

Minyak Mimba

6
Menggunakan Cuka

Bau Cuka yang Menyengat Mampu Membasmi Ulat

Menggunakan Cuka

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cara Mudah Menggunakan Bahan Dapur
© freepik.com
1
Cara Mudah Menggunakan Bahan Dapur

Larutan Air Garam

Rekomendasi kami

Cara alami pertama yang dapat Unyulicious lakukan yaitu menggunakan larutan air garam. Garam memang masuk ke dalam salah satu bahan yang wajib ada di dapur.

Akan tetapi, garam juga terkenal mampu berperan sebagai pembasmi hama ulat dan serangga lain. Caranya mudah, Unyulicious hanya perlu melarutkan garam dengan air hangat.

Setelah itu, masukkan larutan garam tersebut ke dalam hand sprayer, lalu semprotkan ke tanaman yang terinfeksi hama. Tidak hanya bahannya mudah ditemukan, Anda juga bisa meraciknya sewaktu-waktu. 

Kulit dan Perasan Air Jeruk Bisa Digunakan
© freepik.com
2
Kulit dan Perasan Air Jeruk Bisa Digunakan

Air Jeruk

Rekomendasi kami

Bahan dapur berikutnya yang dapat Unyulicious gunakan adalah air jeruk. Cara membuatnya juga mudah, seperti membuat larutan air garam.

Pertama, rebus 1 liter air lalu masukkan 300 gram kulit jeruk. Unyulicious bisa menggunakan berbagai jenis jeruk, termasuk jeruk lemon. Jika larutan sudah mendidih, angkat dan biarkan hingga dingin. Saat air jeruk tersebut sudah dingin, saring, pindahkan ke alat penyemprot, lalu semprot ke tanaman.

Bikin Makanan Nikmat Sekaligus Bikin Tanaman Sehat
© freepik.com
3
Bikin Makanan Nikmat Sekaligus Bikin Tanaman Sehat

Ekstrak Bawang Putih

Rekomendasi kami

Bawang putih adalah salah satu bahan dapur yang memiliki manfaat segudang. Tidak hanya berperan sebagai penambah cita rasa, ternyata bawang putih juga bisa sebagai pengusir hama, salah satunya adalah ulat.

Untuk membuat ekstrak bawang putih, pertama Unyulicious harus menghaluskan bawang putih terlebih daulu. Kemudian, campurkan bawang putih halus tersebut dengan air dan sabun cuci piring.

Aduk hingga rata lalu saring. Setelah proses penyaringan selesai, Unyulicious bisa langsung memasukkan larutan tersebut ke alat penyemprot. Semprot area tanaman yang dihinggapi ulat atau bagian yang sudah termakan ulat.

Bermanfaat untuk Kesehatan Badan hingga Kesehatan Tanaman
© freepik.com
4
Bermanfaat untuk Kesehatan Badan hingga Kesehatan Tanaman

Kapur Sirih

Rekomendasi kami

Kapur sirih terkenal efektif sebagai salah satu cara membasmi ulat daun. Caranya, campurkan 1 genggam kapur sirih ke dalam 1 ember air. Selanjutnya, aduk sampai rata hingga tidak ada gumpalan yang tersisa. Jika sudah, Unyulicious bisa langsung memasukkannya ke dalam alat penyemprot.

Setelah itu, semprot larutan kapur sirih tersebut ke tanaman yang terserang ulat. Tidak lama setelah Unyulicious menyemprot larutan tersebut, ulat akan langsung jatuh ke tanah.

Bisa Membuatnya Sendiri atau Menggunakan Minyak Siap Pakai
© freepik.com
5
Bisa Membuatnya Sendiri atau Menggunakan Minyak Siap Pakai

Minyak Mimba

Rekomendasi kami

Unyulicious bisa memeriksa seluruh tanaman dan mencari telur ulat yang bisa jadi menempel pada daun dan batang. Terkadang, beberapa telur yang menempel bisa hilang hanya dengan menyiramkan air.

Namun, dalam kasus tertentu terdapat beberapa telur yang tetap menempel meskipun Unyulicious menyiramnya dengan air. Maka, Unyulicious bisa menghilangkan telur yang menempel tersebut menggunakan minyak mimba.

Caranya, Unyulicious perlu melarutkan minyak mimba dengan air. Selanjutnya, oleskan cairan tersebut pada daun dan batang pohon secara menyeluruh. Unyulicious bisa melakukannya secara rutin agar ulat tidak datang lagi.

Bau Cuka yang Menyengat Mampu Membasmi Ulat
© freepik.com
6
Bau Cuka yang Menyengat Mampu Membasmi Ulat

Menggunakan Cuka

Rekomendasi kami

Cuka menjadi salah satu bahan dapur yang juga ampuh untuk membasmi hama. Cara membuatnya juga mudah, Unyulicious hanya perlu melarutkan 2 sendok makan cuka dengan 4 liter air.

Unyulicious juga bisa melarutkannya langsung ke dalam botol penyemprot. Setelah itu, semprot larutan cuka tersebut ke tanaman untuk mengusir ulat. Di sisi lain, cuka tidak hanya bisa mencegah ulat tanaman datang lagi. Namun, cuka juga bisa mencegah hama siput yang gemar memakan daun.

Tanya Jawab Seputar Cara Membasmi Ulat Tanah Secara Alami

Sebagai tambahan pengetahuan, Unyulicious bisa membaca beberapa pertanyaan di bawah. Tim Unyu juga sudah telah menyertakan jawaban untuk memperjelas setiap pertanyaan yang ada. Check it out!

Apakah garam bisa membunuh ulat?

Bisa, Anda bisa menggunakan garam sebagai pengusir ulat atau hama lainnya.

Apa nama obat pembasmi ulat?

Salah satu obat yang dapat Anda gunakan sebagai pembasmi ulat yaitu Sidamethrin.

Apakah ulat tanah merusak tanaman?

Iya, ulat tanah bisa merusak ratusan tanaman, baik sayuran, tanaman hias, dan umbi-umbian.

Kesimpulan: Cara Membasmi Ulat Tanah Secara Alami

Sebelum memutuskan untuk memelihara tanaman, baik untuk budidaya atau tanaman hias di rumah, Anda juga perlu memikirkan terkait pengendalian hama. Sebab, tanaman bisa jadi sumber makanan yang tepat bagi hama. Salah satu hama yang menyerang tanaman yaitu ulat tanah.

Ulat tanah memiliki warna hitam kecoklatan, sehingga ketika berada di tanah, warnanya tampak menyatu dengan tanah. Untuk mengendalikan hama ini, Anda bisa memanfaatkan pestisida alami maupun kimia. Anda bisa membeli racun hama alami maupun kimia di salah satu toko online bernama Luwes Tani.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan cara membasmi ulat tanah secara alami di atas. Cara itu juga bisa Anda terapkan sebagai cara membasmi ulat pada tanaman bunga. Jika ingin mencobanya, belilah produk seperti contoh gambar produk yang telah tim Unyu sertakan. Lantas, cara termudah manakah yang akan Unyulicious terapkan?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo