Hide Menu

Pohon Mangga di Rumah Tidak Kunjung Berbuah? Simak 3 Cara Membasmi Ulat Pohon Mangga Ini!

Berikut Cara Menghilangkan Hama pada Pohon Mangga dengan Pestisida yang Dapat Anda Terapkan di Rumah

Artikel Cara Membasmi Ulat Pohon Mangga ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Membasmi Ulat Pohon Mangga 2024
© freepik.com

Hama yang Sering Menyerang Pohon Mangga

Hama yang Sering Menyerang Pohon Mangga
freepik.com

Mangga merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia. Buah yang memiliki ciri rasa manis dan segar ini tentu cocok dinikmati di siang hari. Akan tetapi, pohon mangga sering berpotensi gagal panen karena menjadi salah satu pohon yang rentan terserang hama. 

Hama bisa membuat mangga keluar dengan hasil yang tidak bagus, bahkan bisa membuat pohon mangga gagal berbuah. Meskipun faktanya, pohon mangga merupakan jenis yang memiliki cara tanam dan perawatan yang mudah.

Lantas, apa saja hama yang paling sering menyerang pohon mangga? Berikut penjelasannya.

  • Lalat Buah

Lalat buah merupakan hama yang menyerang buah mangga, tepatnya mangga yang sudah matang dan mengeluarkan aroma wangi. Aroma tersebut dapat terhirup oleh lalat buah, sehingga lalat mengerumuni buah mangga. Selain menghisap cairan buah, lalat juga menusuk kulit buah dan meninggalkan telurnya di sana. Selanjutnya, telur akan menetas dan menjadi ulat.

  • Kutu Putih

Selain mangga, kutu putih juga bisa menyerang tanaman lain termasuk tanaman cabe. Kutu putih menghisap nutrisi tanaman melalui daun mangga. Kutu putih yang menempel pada pohon mangga berupa serangga berkoloni dan menempel pada permukaan daun. Ketika kutu menempel dan menghisap nutrisi tanaman, tanaman jadi kurang nutrisi dan susah berbuah. 

  • Wereng Mangga

Wereng menghisap cairan bunga yang baru mekar, sehingga lama-kelamaan bunga mangga akan kering dan mati. Wereng mangga juga kerap kali bertengger di bagian daun dan batang. Ketika bertengger, wereng meninggalkan senyawa dengan rasa yang manis. Senyawa itu mengundang hama berikutnya, yaitu semut api. Semut api itulah yang menghabiskan kuncup-kuncup bunga dan daun.

  • Hama Penggerek Batang Mangga

Hama penggerek batang mangga berupa kumbang hitam dengan antena panjang. Larva yang menempel pada daun dan batang akan membesar dan merusak tanaman. Alasan kumbang hitam ini disebut sebagai hama penggerek karena sering merusak batang pohon mangga. Tanda yang dapat Unyulicious amati adalah adanya lubang di batang mangga dan sisa serbuk kayu pada batang. 

Jika melihat daftar di atas, ternyata ada banyak hama yang hinggap di pohon mangga. Akan tetapi, Unyulicious tidak perlu khawatir. Tim Unyu telah menyediakan cara membasmi ulat pohon mangga yang dapat Unyulicious terapkan. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membasmi Ulat Pohon Mangga - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Yuliantoro (2012), masalah dalam budi daya tanaman mangga adalah serangan 2-3 hama utama, hama sekunder, dan hama musiman. Salah satu hama yang dapat memengaruhi ketenangan hidup manusia adalah hama ulat bulu.

Jika terkena ulat bulu, maka Unyulicious akan merasakan gatal berlebih di badan. Oleh sebab itu, Unyulicious perlu menghilangkan hama ulat tersebut dan melakukan pencegahan agar ulat tidak datang lagi. Unyulicious bisa menggunakan pestisida maupun biopestisida.

Biopestisida merupakan cara mengusir hama secara nabati menggunakan bahan organik yang tersedia di alam, salah satunya adalah bawang putih. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini, tim Unyu akan menjelaskan cara menghilangkan hama pada pohon mangga menggunakan pestisida sistemik. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut!

1
Menyiapkan Alat dan Bahan

Manfaatkan Barang-Barang yang Ada di Sekitar

Menyiapkan Alat dan Bahan

2
Membuat Perangkap dengan Kapas

Pastikan Kapas Basah Merata Guna Pembasmian yang Maksimal

Membuat Perangkap dengan Kapas

3
Membuat Perangkap dengan Membolongi Batang Pohon

Memasukkan Racun Hama Langsung ke Batang yang Bolong

Membuat Perangkap dengan Membolongi Batang Pohon

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Manfaatkan Barang-Barang yang Ada di Sekitar
© freepik.com
1
Manfaatkan Barang-Barang yang Ada di Sekitar

Menyiapkan Alat dan Bahan

Rekomendasi kami

Cara membasmi ulat pohon mangga yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan. Beberapa bahan yang Unyulicious perlukan antara lain tanah liat, lilin, kawat, kotak plastik atau botol bekas, insektisida sistemik, dan kapas. Sedangkan, untuk alat yang Unyulicious butuhkan yaitu bor listrik atau manual beserta dengan mata bornya.

Metode yang akan tim Unyu jelaskan ini adalah pengendalian hama ulat menggunakan insektisida. Untuk jenis insektisida yang berkualitas, Unyulicious bisa menggunakan rekomendasi dari tim Unyu di atas.

Pastikan Kapas Basah Merata Guna Pembasmian yang Maksimal
© freepik.com
2
Pastikan Kapas Basah Merata Guna Pembasmian yang Maksimal

Membuat Perangkap dengan Kapas

Setelah menyiapkan alat dan bahan, Unyulicious bisa langsung membuat perangkap atau pembasmi hama ulat. Tim Unyu akan membaginya ke dalam 2 cara, yaitu menggunakan kapas dan dengan membolongi batang pohon.

Cara menghilangkan hama pada pohon mangga menggunakan kapas dimulai dengan membersihkan batang pohon. Bersihkan batang yang terserang hama dengan kawat hingga bersih.

Selanjutnya, bentuk kapas menjadi bulatan kecil, lalu masukkan ke dalam kotak plastik. Kemudian, tuangkan insektisida cair pada kapas hingga kapas basah merata. Setelah kapas basah merata, tempelkan kapas tersebut pada batang pohon. Unyulicious juga bisa menutupnya dengan tanah liat secukupnya.

Memasukkan Racun Hama Langsung ke Batang yang Bolong
© freepik.com
3
Memasukkan Racun Hama Langsung ke Batang yang Bolong

Membuat Perangkap dengan Membolongi Batang Pohon

Cara selanjutnya yaitu dengan membolongi batang pohon terlebih dahulu. Pertama, siapkan bor listrik atau bor manual beserta mata bor yang akan Unyulicious gunakan. Selanjutnya, lubangi batang pohon yang terserang hama.

Unyulicious bisa membolonginya di bagian pangkal batang bawah atau batang rantingnya. Untuk lebar bolongannya, sesuaikan dengan diameter batang pohon. Tidak lupa bolongi batang pohon dengan kemiringan 45° dan kedalaman ± sepertiga dari diameter batang.

Jika sudah, masukkan insektisida ke dalam lubang tersebut. Lalu, tutup dengan lilin atau bulatan tanah liat yang sebelumnya telah dibasahi. Selesai, itulah cara mengatasi lalat buah pada tanaman mangga di halaman rumah. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membasmi Ulat Pohon Mangga

Hama adalah hal yang perlu Unyulicious pikirkan jika memilih untuk merawat tanaman. Sebab, apapun jenis tanaman yang akan Unyulicious tanam, hama akan menghampiri dan merusak tanaman itu. Daun berwarna hijau atau bunga tanaman yang mulai tumbuh seketika bisa mati dan membuat Unyulicious gagal panen.

Maka, cara aman yang dapat Unyulicious gunakan untuk mengendalikan hama yaitu dengan memanfaatkan penggunaan pestisida organik. Meskipun harga bahannya murah, manfaat pestisida organik sama ampuhnya dengan pestisida berbahan kimia.

Namun, bagi sebagian orang, penggunaan insektisida sistemik dirasa lebih ampuh membunuh hama dengan cepat. Maka, untuk menambah wawasan tentang pengendalian hama, Unyulicious bisa membaca pertanyaan dan penjelasan di bawah ini. Yuk, simak lebih lanjut!

Apakah air garam bisa membunuh ulat?

Bisa, Unyulicious bisa menggunakan larutan air garam sebagai pembasmi ulat.

Apakah Furadan bisa membunuh ulat?

Bisa, Furadan menjadi salah satu insektisida yang dapat membunuh ulat.

Hama apa saja yang sering menyerang pohon mangga?

Beberapa hama yang sering menyerang pohon mangga antara lain wereng, penggerek pucuk mangga, kutu putih, lalat buah, dan penggerek batang.

Kesimpulan: Cara Membasmi Ulat Pohon Mangga

Tidak hanya pohon mangga, pohon buah lain yang juga sering terserang hama yaitu pohon alpukat dan durian. Kedua pohon tersebut memang memiliki aroma yang khas dan rasa yang kuat. Bahkan, jenis hama yang menyerangnya tidak sebatas pada ulat pohon saja.

Lebih dari itu, hama lain yang juga menyerang kedua pohon tersebut adalah walang sangit dan kupu putih. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan cara ampuh guna membasmi hama-hama tersebut. Mengusir hama pada tanaman padi dan cabe bisa menggunakan metode semprot fungisida.

Di sisi lain, untuk mengusir hama pada tanaman buah, Anda bisa menggunakan racun organik dan obat sistemik tumbuhan. Jika memilih insektisida sistemik, Anda bisa menerapkan cara membasmi ulat pohon mangga dari tim Unyu di atas.

Tentunya, Unyulicious bisa menggunakan contoh gambar produk yang tim Unyu berikan. Lantas, apakah masih ada hal yang mengusik rasa penasaran Unyulicious? Jika ada, tulis rasa penasaran itu pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo