Hide Menu

Takut Gatal Karena Ulat? Lakukan 4 Cara Membasmi Ulat Bulu dengan Air Beras Berikut!

Siap Hempas Ulat Bulu hingga ke Telurnya dengan Menerapkan Cara Membasmi Ulat Bulu dengan Bahan Alami Ini

Artikel Cara Membasmi Ulat Bulu dengan Air Beras ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Membasmi Ulat Bulu dengan Air Beras 2024
© freepik.com

Fenomena Munculnya Ulat Bulu

Fenomena Munculnya Ulat Bulu
freepik.com

Apakah Unyulicious mengetahui awal mula munculnya ulat bulu di pekarangan rumah? Secara umum, ulat bulu banyak muncul ketika akhir musim penghujan tiba. Jumlah ulat bulu yang meningkat di penghujung musim penghujan karena curah hujan tidak lagi terlalu tinggi.

Hal ini yang membuat parasit sebagai musuh alami ulat bulu tidak muncul. Maka, dapat dikatakan bahwa kemunculan ulat bulu merupakan hal yang wajar. Di sisi lain, ulat bulu di penghujung musim penghujan memasuki fase kepompong.

Ketika musim hujan berakhir, ulat bulu tidak akan terlihat sebab musuh alaminya bermunculan. Beberapa pemangsa alami yang membuat ulat bulu berkurang antara lain kelelawar, burung, semut rangrang, hingga tawon.

Perubahan suhu dan kelembapan udara membuat pemangsa alami ulat bulu berkurang. Sebaliknya, perubahan tersebut membuat populasi ulat bulu meningkat.

Selain itu, terdapat beberapa jenis tempat yang bisa menjadi sarang ulat bulu, yaitu pohon jambu, pohon mangga, pohon alpukat, hingga tanaman kacang tanah. Namun, tidak menutup kemungkinan ulat bulu juga muncul di rerumputan atau halaman rumah.

Maka, ketika sudah tiba di penghujung musim penghujan, persiapkan fungisida atau racun yang dapat mengusir ulat bulu. Apabila Anda tidak sengaja menyentuh ulat bulu, maka ulat bulu akan masuk ke jaringan pori-pori sehingga menyebabkan gatal.

Sayangnya, penggunaan fungisida kimia di rumah rasanya terlalu bahaya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan ulat bulu di pohon yang benar? Simak cara membasmi ulat bulu dengan air beras dari tim Unyu di bawah ini!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Membasmi Ulat Bulu dengan Air Beras - Terbaru 2024

Melansir dari penelitian Rosdah et al (2012), adanya ulat bulu akan meresahkan masyarakat. Alasannya karena jika kena ulat bulu, maka bulunya dapat menimbulkan reaksi gatal. Oleh sebab itu, pengendalian ulat bulu perlu dilakukan, baik secara konvensional maupun dengan insektisida.

Mengingat penggunaan pestisida kimia yang berlebihan tidak baik, maka Anda bisa menyediakan pembasmi ulat bulu secara organik. Salah satu bahan nabati yang dapat Unyulicious gunakan sebagai pestisida alami pembasmi ulat bulu adalah air beras. Yuk, simak cara membasmi ulat bulu hitam ataupun jenis ulat bulu lainnya menggunakan air beras di bawah ini!

1
Siapkan Beras yang Hendak Dicuci

Sesuaikan Jumlah Beras dengan Porsi Anda Mengonsumsinya

Siapkan Beras yang Hendak Dicuci

2
Cuci Beras hingga Bersih

Cuci Beras Sebanyak 2-3 Kali

Cuci Beras hingga Bersih

3
Simpan Air Beras Selama 7 Hari

Jangan Simpan di Dalam Lemari Es agar Jamur Tidak Mati

Simpan Air Beras Selama 7 Hari

4
Tuangkan Air Beras ke Alat Penyemprot

Semprot Air Beras dan Basmi Ulat Bulu hingga ke Telurnya!

Tuangkan Air Beras ke Alat Penyemprot

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sesuaikan Jumlah Beras dengan Porsi Anda Mengonsumsinya
© freepik.com
1
Sesuaikan Jumlah Beras dengan Porsi Anda Mengonsumsinya

Siapkan Beras yang Hendak Dicuci

Rekomendasi kami

Karena menggunakan beras, maka cara pertama yang perlu Unyulicious lakukan adalah menyiapkan beras. Tentunya, Unyulicious bisa menyesuaikan dengan jumlah beras yang akan Unyulicious konsumsi. Hal itu karena agar beras yang Unyulicious gunakan tidak berlebih dan mubazir.

Semua jenis beras bisa Unyulicious gunakan. Akan tetapi, beras yang biasa digunakan untuk membuat biopestisida pembasmi ulat bulu adalah beras putih. Selain menggunakan beras yang ada di rumah, Unyulicious juga bisa menggunakan rekomendasi beras dari tim Unyu di atas.

Cuci Beras Sebanyak 2-3 Kali
© freepik.com
2
Cuci Beras Sebanyak 2-3 Kali

Cuci Beras hingga Bersih

Setelah menyiapkan beras, Unyulicious bisa langsung mencucinya di bawah air mengalir. Cuci selama 30 detik lalu saring dan sisihkan air leri atau cucian beras ke wadah lainnya.

Unyulicious bisa mencuci beras sebanyak 2-3 kali guna memastikan bahwa beras benar-benar sudah bersih. Perlu Anda ingat bahwa ketika cuci beras Unyulicious tidak perlu menambahkan sabun atau hal serupa lainnya. 

Jika Unyulicious menambahkan sabun ketika menyuci beras, tentu hal itu akan menimbulkan penyakit ketika Unyulicious mengonsumsinya. Maka, pastikan hanya mencuci beras dengan air mengalir saja, ya!

Jangan Simpan di Dalam Lemari Es agar Jamur Tidak Mati
© freepik.com
3
Jangan Simpan di Dalam Lemari Es agar Jamur Tidak Mati

Simpan Air Beras Selama 7 Hari

Rekomendasi kami

Setelah menyuci hingga bersih, cara membasmi ulat bulu berikutnya adalah endapkan air leri tersebut selama 7 hari. Sebab, cara basmi ulat bulu menggunakan air beras memang menggunakan air beras yang telah diendapkan selama 7 hari, bukan air cucian beras yang baru.

Air cucian beras yang telah Unyulicious diamkan selama 7 hari mengandung jamur Beauveria bassiana. Jamur ini terkenal sangat ampuh dan efektif mengatasi hama ulat bulu.

Untuk pengendapannya, Unyulicious bisa menggunakan wadah tertutup atau terbuka. Namun, pastikan Unyulicious meletakkan wadah tersebut pada suhu ruang agar jamur tersebut dapat berkembang sempurna.

Semprot Air Beras dan Basmi Ulat Bulu hingga ke Telurnya!
© freepik.com
4
Semprot Air Beras dan Basmi Ulat Bulu hingga ke Telurnya!

Tuangkan Air Beras ke Alat Penyemprot

Rekomendasi kami

Cara membasmi ulat bulu dengan air beras yang terakhir adalah memindahkan fermentasi air leri ke dalam alat penyemprot. Pindahkan secara perlahan agar tidak ada air yang tumpah.

Setelah memindahkan ke dalam alat penyemprot, Unyulicious bisa langsung semprot cairan tersebut ke ulat bulu yang ada. Unyulicious bisa semprot cairan ini ke tembok atau tanaman yang dihinggapi oleh ulat bulu.

Penyemprotan air beras tidak hanya mematikan ulat bulu. Bahkan, cairan air beras ini terkenal mampu menyuburkan tanaman itu sendiri. Jika memang masih ada ulat bulu yang belum mati, Anda bisa mengulang cara ini sekali lagi. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membasmi Ulat Bulu dengan Air Beras

Setelah membaca penjelasan dari tim Unyu di atas, apakah masih ada hal yang membuat Unyulicious penasaran? Jika ada, perhatikan terlebih dahulu beberapa pertanyaan dan penjelasan dari tim Unyu di bawah ini. Pertanyaan dan penjelasan berikut akan menambah wawasan Unyulicious tentang cara pembasmian ulat bulu. Berikut daftar yang harus Anda tahu! 

Basmi ulat bulu pakai apa?

Terdapat beberapa cara yang dapat Unyulicious lakukan untuk membasmi ulat bulu, salah satunya adalah dengan menggunakan fermentasi air cucian beras.

Apa garam bisa membunuh ulat?

Bisa, Unyulicious bisa menggunakan garam sebagai bahan untuk membunuh ulat. Sebarkan di tempat ulat bulu tinggal, maka Anda akan melihat populasinya berkurang. 

Bau apa yang tidak disukai ulat bulu?

Beberapa bau yang tidak ulat bulu suka antara lain kemangi, rosemary, lavender, marigold, dan mint.

Kesimpulan: Cara Membasmi Ulat Bulu dengan Air Beras

Selain ulat bulu, hama lain yang sering menyerang pohon atau tanaman termasuk cabe dan padi yaitu kupu putih, walang sangit, dan kutu. Cara pengendaliannya juga cukup beragam dari yang kimia maupun menggunakan bahan alam. Tidak hanya menerapkan cara membasmi ulat bulu dengan air beras dari tim Unyu di atas, Anda juga bisa menggunakan obat hama alami lain dari bawang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga untuk pestisida kimia tidak murah. Maka dari itu, banyak yang suka membuat pestisida nabati yang mana bahannya dari alam. Selain memiliki manfaat yang ampuh, harga untuk membuat pestisida nabati juga terkenal cukup murah.

Di sisi lain, untuk mencegah hama ulat bulu atau hama lain datang lagi, Anda juga perlu menggunakan pupuk berkualitas. Saat ini, mulai banyak pestisida dalam bentuk pupuk yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif. Maka, jika contoh cara membasmi ulat bulu dengan air beras dari tim Unyu berhasil, bagikan pengalaman Unyulicious dengan mengetiknya di kolom komentar di bawah ini, ya! Sampai jumpa lagi!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo