Hide Menu

Simak 3 Cara Membasmi Lalat Buah pada Jambu Air, Jangan Biarkan Hama Merusak Kesegarannya

Inilah Cara Mengatasi Lalat Buah yang Dapat Unyulicious Terapkan di Rumah, Mudah dan Ampuh Usir Hama hingga ke Keturunannya!

Artikel Cara Membasmi Lalat Buah pada Jambu Air ini diposting diperbarui
19 Pembaca
Like
Cara Membasmi Lalat Buah pada Jambu Air 2024
© freepik.com

Siklus Hidup Lalat Buah

Siklus Hidup Lalat Buah
freepik.com

Jambu air menjadi salah satu buah yang memiliki kesegaran luar biasa, terlebih jika Unyulicious mengonsumsinya dalam keadaan dingin di siang hari. Buah satu ini memiliki kandungan gizi yang cukup melimpah, seperti kalsium, vitamin A, vitamin C, dan kalium.

Menanam dan budidaya jambu tergolong mudah. Meskipun begitu, jambu air menjadi buah musiman, sebab hanya tumbuh di waktu tertentu. Sama halnya dengan budidaya tumbuhan lainnya, budi daya jambu air juga memiliki beberapa kendala.

Salah satu kendala tersebut adalah hama lalat buah yang serang jambu air.  Lalat buah memiliki siklus hidup yang cepat, maka Unyulicious juga harus tanggap dalam membasmi hama serangga satu ini jika ingin tanaman tetap sehat.

Siklus hidup lalat sendiri bermula pada tahap telur. Setiap lalat betina dapat bertelur hingga lebih dari 150 butir dalam 1 periode. Ukuran telur lalat buah itu sama kecilnya dengan butiran beras, berwarna putih, dan butuh waktu 1 hari untuk menetas ke tahap larva. 

Selanjutnya, larva atau belatung tersebut akan keluar dan merangkak tidak jauh dari sumber makanannya. Adapun larva merupakan makhluk seperti cacing, berwarna putih, dan tanpa kaki.

Belatung berkembang biak dengan cepat dan akan melewati proses pergantian kulit. Proses pergantian kulit ini juga dikenal dengan sebutan moulting, dimana belatung akan melakukan proses ini sebanyak sekitar 3 kali.

Setelah belatung memasuki tahap kepompong, ukurannya akan tampak lebih besar dan warna kulitnya berubah menjadi gelap. Selama tahap kepompong ini, lalat mulai mengembangkan kaki, sayap, dan bagian tubuh lainnya hanya dalam waktu 3-5 hari.

Saat tahap kepompong sudah selesai dan tumbuh menjadi lalat dewasa, mereka akan terbang dan mencari sumber makanan. Hal itu juga memiliki arti bahwa lalat akan mencari tempat baru untuk kembali bertelur dan berkembang biak, salah satu contoh adalah pada jambu air.

Lantas, apakah lalat buah berbahaya? Bagaimana cara membasmi lalat buah pada jambu air? Simak artikel ini hingga akhir, ya!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membasmi Lalat Buah pada Jambu Air - Terbaru 2024

Menurut jurnal penelitian Cindi et al (2021), lalat buah biasanya menyerang buah setengah matang sampai buah yang sudah matang. Adapun kerugian yang dapat ditimbulkan hama lalat buah bisa mencapai 100% bila penanganannya tidak dilakukan secara insentif.

Dengan alasan tersebut, maka tim Unyu akan membagikan cara mengusir hama lalat buah. Cara mengatasi lalat buah yang akan tim Unyu jelaskan adalah menghilangkan dengan menggunakan perangkap. Cara ini tim Unyu pilih karena cukup ampuh, cara membuat pun mudah, dan dapat Unyulicious terapkan di rumah. Simak di bawah!

1
Menyiapkan Alat dan Bahan

Kebutuhan Alat dan Bahan yang Murah dan Mudah Didapatkan

Menyiapkan Alat dan Bahan

2
Proses Pembuatan

Lakukan dengan Hati-Hati, Jangan Sampai Tangan Mengenai Petrogenol

Proses Pembuatan

3
Gantung Perangkap di Pohon Jambu Air

Gantungkan dengan Tali dan Kawat agar Semakin Kuat

Gantung Perangkap di Pohon Jambu Air

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kebutuhan Alat dan Bahan yang Murah dan Mudah Didapatkan
© freepik.com
1
Kebutuhan Alat dan Bahan yang Murah dan Mudah Didapatkan

Menyiapkan Alat dan Bahan

Rekomendasi kami

Cara membasmi lalat buah dengan menggunakan perangkap yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan. Unyulicious bisa menyiapkan larutan atraktan petrogenol berwarna kuning jernih untuk menarik perhatian lalat.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menyiapkan kapas atau tisu, botol bekas air mineral berukuran 1,5 liter, tali, dan gunting. Barang-barang tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tempat perangkap untuk menampung lalat yang terjebak.

Lakukan dengan Hati-Hati, Jangan Sampai Tangan Mengenai Petrogenol
© freepik.com
2
Lakukan dengan Hati-Hati, Jangan Sampai Tangan Mengenai Petrogenol

Proses Pembuatan

Rekomendasi kami

Masuk ke tahap berikutnya yaitu proses pembuatan perangkap. Pertama, Unyulicious harus memastikan bahwa botol air mineral sudah dalam keadaan bersih. Selanjutnya, potong bagian ujung botol sekitar 10 sentimeter dari tutupnya.

Lalu, lubangi tutup botol dengan memperkirakan bahwa lalat bisa memasuki lubang tersebut. Kemudian, teteskan racun petrogenol sebanyak 20 tetes pada 1 lembar tisu atau kapas. Jika sudah merata, masukkan lembaran tersebut ke dalam botol.

Tutup dengan menggunakan potongan botol bagian atas. Unyulicious bisa memasukkannya pada potongan botol bagian bawah dengan posisi terbalik.

Gantungkan dengan Tali dan Kawat agar Semakin Kuat
© freepik.com
3
Gantungkan dengan Tali dan Kawat agar Semakin Kuat

Gantung Perangkap di Pohon Jambu Air

Tahap terakhir adalah menggantung perangkap tersebut di pohon jambu air. Unyulicious bisa memilih bagian dahan yang agak lebat, sebab lalat sangat menyukai area tersebut.

Pada saat menggantungkan perangkap, pastikan posisi lubang sedikit condong ke bawah. Hal itu bertujuan agar ketika hujan, botol tidak terisi penuh oleh air. Perangkap sederhana ini terkenal cukup ampuh. Pasalnya, tidak lama setelah dipasang, pasti ada lalat yang sudah terperangkap di dalamnya.

Namun, perlu Unyulicious ketahui bahwa penangkapan menggunakan perangkap ini adalah untuk menangkap lalat jantan. Dengan menangkap lalat jantan, maka ia tidak akan mampu berkembang biak. Akhirnya, populasi lalat jantan akan berkurang lalu lalat betina tidak akan kawin dan bertelur.

Tanya Jawab Seputar Cara Membasmi Lalat Buah pada Jambu Air

Selain menggunakan perangkap di atas, Unyulicious juga bisa melakukan cara tradisional. Cara yang tim Unyu maksud adalah dengan cara bungkus buah jambu seukuran ibu jari menggunakan kantong plastik.

Unyulicious tidak perlu khawatir sebab cara ini tidak akan membuat jambu sakit bahkan busuk. Oleh sebab itu, agar wawasan Unyulicious semakin bertambah, simak beberapa pertanyaan dan penjelasan dari tim Unyu di bawah ini, ya!

Pestisida apa saja yang digunakan untuk menangani lalat buah tersebut?

Anda bisa menggunakan pestisida berbahan aktif, seperti deltametrin, klorpinfos, metomil, dan lainnya.

Bau apa yang tidak disukai lalat buah?

Bau yang tidak disukai lalat buah adalah bau kapur barus.

Apa obatnya lalat buah?

Salah satu obat lalat buah yaitu metomil, dimana metomil mengandung bahan aktif insektisida yang memiliki pengaruh toksisitas yang sangat tinggi.

Aroma apa yang disukai lalat buah?

Lalat buah suka dengan aroma kabocha, mentimun, dan peria.

Berapa hari bunga jambu air mekar?

Secara umum, proses dari bunga jambu air mekar membutuhkan waktu 60 hari sampai nantinya jambu air siap panen.

Kesimpulan: Cara Membasmi Lalat Buah pada Jambu Air

Jambu air menjadi salah satu tumbuhan buah favorit di Indonesia. Hal itu karena proses budi daya yang mudah dan dapat Anda lakukan di halaman rumah. Akan tetapi, sama dengan tumbuhan lain, jambu air juga rentan terkena serangan dari alam berupa hama lalat buah maupun ulat.

Bahkan, lalat buah juga kerap kali menyerang tanaman cabai. Oleh karena itu, untuk mencegah jambu air mati sebelum panen, Anda bisa menerapkan cara membasmi lalat buah pada jambu air di atas. Jika menanam di lahan yang cukup luas, Anda juga bisa memertimbangkan sistem penanaman bedengan 1 baris atau 2 baris.

Anda juga bisa menggunakan rekomendasi produk dari gambar yang telah tim Unyu cantumkan di atas. Cara tersebut juga dapat diterapkan pada jenis jambu lain seperti contoh jambu kristal dan jambu biji. Pengendalian sejak dini akan mencegah bahaya jambu tumbuh tidak sesuai harapan. Lantas, apakah cara di atas sudah cukup mudah untuk Unyulicious terapkan di rumah?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo