Hide Menu

Warna Bulu Owl Mulai Kusam? Ayo Lakukan 2 Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk Berikut!

Cari Tahu Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk, Tyto Alba, Barn Owl, dan Jenis Lainnya di Artikel Ini, Lengkap!

Artikel Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk 2024
© freepik.com

Sang Primadona Burung Hantu Celepuk

Sang Primadona Burung Hantu Celepuk
freepik.com

Burung hantu adalah salah satu hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan istirahat di siang hari. Selain itu, burung hantu atau buek ini tergolong hewan predator. Di sisi lain, owl juga termasuk hewan karnivora sejati, artinya makanannya adalah daging.

Terdapat beberapa jenis burung hantu, salah satunya adalah celepuk. Burung hantu celepuk atau Scops Owl adalah tipikal burung hantu keluarga Strigidae, yang sebagian besar milik genus Otus. Otus adalah genus burung hantu dengan jumlah spesies terbesar.

Jika burung hantu terkenal buas, lalu apakah ada cara menjinakkan burung hantu celepuk liar? Berikut beberapa cara yang bisa Unyulicious lakukan:

  • Makanan Burung

Jika memiliki burung hantu celepuk mini berusia 3 bulan dapat Unyulicious beri pakan berupa jangkrik sebanyak 7 ekor. Pemberian pakan cukup 2 kali sehari di setiap harinya. Lakukanlah pemberian makanan ini di pagi dan sore hari.

  • Ukuran Sangkar Burung 

Celepuk sangat menyukai tempat yang luas. Oleh sebab itu, Unyulicious membutuhkan kandang burung hantu celepuk ukuran besar. Hal itu dapat membuat celepuk leluasa bergerak dan pergerakannya jadi tidak terbatas.

Namun, perlu Unyulicious ingat untuk sesekali mengeluarkannya dari kandang. Pasalnya, burung yang terlalu lama di kandang dapat membuatnya stres. Jika takut terbang terlalu jauh, Unyulicious bisa memberi rantai atau tali di kakinya. 

  • Peletakan Sangkar Celepuk

Untuk peletakan kandang burung hantu celepuk disarankan meletakkannya di tempat yang teduh. Hal ini berguna agar burung hantu tidak terkena sinar matahari secara langsung. 

  • Kebersihan Sangkar

Celepuk adalah salah satu burung hantu yang tidak punya gigi, sehingga ia mencabik-cabik makanan dengan paruhnya terlebih dahulu sebelum memakannya. Di sisi lain, bulu dan tulang dari makanan yang ia makan akan dimuntahkan kembali dari mulutnya. Oleh sebab itu, bersihkan sarang burung hantu celepuk secara rutin untuk menghindari penyakit. 

  • Memandikan Burung Hantu

Memandikan menjadi salah satu cara menjinakan burung hantu celepuk liar. Selain itu, memandikan juga membantu menenangkannya agar tidak mudah stres.

  • Gunakan Tangan untuk Memberi Makan

Ketika memberi makan akan lebih baik jika Unyulicious selalu menatap matanya dan mengajaknya berbicara. Sehingga, burung hantu akan lebih cepat jinak dan nurut.

  • Memberi Nama

Memberi nama merupakan cara yang manjur agar Unyulicious dapat berkomunikasi lebih akrab dengannya. Memanggil burung hantu dengan namanya akan membuatnya merasa spesial. 

Itulah tadi beberapa cara menjinakan burung hantu celepuk liar. Tidak hanya untuk celepuk liar, langkah-langkah di atas juga dapat Unyulicious terapkan sebagai cara jinakin burung hantu jenis lain, seperti Tyto Alba, Barn Owl, dan jenis lainnya.

Lantas, bagaimana cara memandikan burung hantu celepuk yang benar? Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai. Ayo simak bersama-sama! 

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk - Terbaru 2024

Faktanya, burung hantu adalah salah satu hewan yang dapat mandi sendiri. Meskipun begitu, perilaku mandi pada spesies nokturnal, khususnya burung hantu kurang diketahui dan jarang diamati di alam liar (Gary, 2016). 

Kendati bisa mandi sendiri, bukan berarti burung hantu menolak jika dimandikan. Unyulicious tetap bisa memandikannya dengan cara yang tepat, lho. Ingin tahu bagaimana cara memandikan burung hantu celepuk yang tepat? Simak penjelasannya di bawah ini.

1
Memandikan dengan Menggunakan Wadah Air

Beri Waktu untuk Mandi Sendiri Seperti di Habitatnya

Memandikan dengan Menggunakan Wadah Air

2
Memandikan dengan Menggunakan Sprayer Air

Pastikan Menggunakan Mode Penyemprotan Salju

Memandikan dengan Menggunakan Sprayer Air

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Beri Waktu untuk Mandi Sendiri Seperti di Habitatnya
© freepik.com
1
Beri Waktu untuk Mandi Sendiri Seperti di Habitatnya

Memandikan dengan Menggunakan Wadah Air

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Unyulicious lakukan adalah memandikan burung hantu celepuk menggunakan wadah berisi air. Unyulicious cukup mengisi wadah tersebut dengan air setinggi setengah kaki celepuk.  Selanjutnya, taruh si owl di wadah tersebut. Tinggalkan selama beberapa saat, sekitar 10-15 menit hingga si owl nyaman mandi sendiri.

Jika sudah selesai, pegang dan angkat burung hantu dari wadah mandinya. Kemudian, biarkan sementara di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Membiarkannya mandi sendiri merupakan cara yang cukup mudah karena di habitat aslinya burung hantu juga terbiasa mandi sendiri.

Pastikan Menggunakan Mode Penyemprotan Salju
© freepik.com
2
Pastikan Menggunakan Mode Penyemprotan Salju

Memandikan dengan Menggunakan Sprayer Air

Rekomendasi kami

Cara memandikan burung hantu celepuk yang ke-2 yaitu menggunakan alat sprayer. Adapun metode memandikan burung hantu menggunakan semprotan air adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan spray untuk memandikan burung.
  2. Isi tabung spray dengan air mineral atau air matang hingga penuh.
  3. Selanjutnya, siapkan si burung hantu yang akan Unyulicious mandikan. Jika Unyulicious memasangkan aksesoris, lepaskan untuk sementara waktu. Bersihkan pula kotoran fisik yang menempel di bulu dan kaki burung hantu jika ada.
  4. Putar ulir sprayer di mode menyebar. Setelah itu, semprotkan air ke seluruh tubuh burung hantu.
  5. Lap seluruh tubuh owl menggunakan handuk kering.
  6. Lakukan langkah 4 dan 5 sebanyak 3 kali.
  7. Setelah itu, angin-anginkan burung hantu di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik sembari memberinya makanan. Pastikan bulu burung hantu benar-benar kering sebelum mengembalikannya ke kandang. 

Tanya Jawab Seputar Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah masih ada hal yang mengusik rasa penasaran Unyulicious? Jika ada, Unyulicious bisa menuliskannya di kolom diskusi. Tim Unyu percaya bahwa penjelasan cara memandikan burung hantu di atas mudah dan bisa dipraktikkan oleh siapa saja, termasuk pemula. 

Bahkan jika Anda baru memelihara si owl, tak masalah karena ada dua metode yang bisa Anda pilih. Mau memandikan lewat wadah atau spray, dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, Anda bisa memilih satu yang paling memberi kemudahan dan kenyamanan bagi peliharaan. 

Selanjutnya, sebelum mengakhiri artikel ini, simak terlebih dahulu beberapa pertanyaan dan jawaban yang telah tim Unyu siapkan. Tentu, pertanyaan dan jawaban di bawah dapat menambah wawasan Unyulicious tentang owl dan cara memandikan yang benar. Maka dari itu, gulir untuk mengetahuinya! 

Apakah burung hantu celepuk boleh dimandikan?

Iya. Meskipun pada dasarnya burung hantu bisa mandi sendiri, Anda tetap boleh memandikan celepuk. 

Berapa kali sehari memberi makan burung hantu celepuk?

Anda dapat memberi makan burung hantu celepuk sebanyak 2 kali sehari. 

Apa saja makanan burung celepuk?

Beberapa makanan burung celepuk antara lain tikus kecil, anakan tikus, dan serangga. 

Kesimpulan: Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk

Tidak hanya dalam merawat, cara menjinakan hewan ini juga cukup susah. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih memelihara burung hantu sejak masih anakan daripada burung hantu dewasa. Mereka beranggapan bahwa anak burung hantu mulai dari umur bayi dinilai lebih jinak dan mudah dilatih dari burung hantu dewasa. 

Namun, yang terpenting adalah melakukan pemeliharaan terbaik di setiap harinya, mulai dari membersihkan kandang, memberi nama, memberi makanan dan vitamin, hingga memberi tangkringan untuk melatihnya bertengger.

Tidak lupa, terapkan cara memandikan burung hantu celepuk agar proses penjinakan burung hantu peliharaan semakin cepat. Cara memandikan burung di atas juga dapat diterapkan ke jenis burung hantu lainnya. Jadi, siapkah Anda merawat owl dengan memandikannya secara rutin? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo