Hide Menu

Emang Fungsi Kandang Semua Jenis Ayam Beda? Simak 3 Cara Kerja Kandang Ayam Petelur Ini!

Penjelasan Lengkap tentang Jenis-Jenis Kandang, Fitur Penting, dan Cara Kerja Kandang Ayam Petelur yang Perlu Unyulicious Ketahui

Artikel Cara Kerja Kandang Ayam Petelur ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Kerja Kandang Ayam Petelur 2024
© freepik.com

Fitur Penting yang Perlu Ada di Kandang Ayam

Fitur Penting yang Perlu Ada di Kandang Ayam
freepik.com

Ayam adalah jenis unggas yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Sebab, ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah Unyulicious dapatkan, sekalipun di pasar tradisional.

Namun, sebelum memulai kegiatan budidaya ayam, Unyulicious harus jeli dalam memutuskan tipe kandang apa yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan modal. Sebab, beda daerah tentu beda juga kebutuhan kandangnya.

Ayam layer modern merupakan ayam yang dihasilkan dari ras genetik yang baik sehingga lebih produktif dan lebih efisien dalam memproduksi telur. Hasil telur dari ayam ras petelur cenderung lebih banyak dan mendapat tingkat efisiensi ransum yang baik.

Lantas, apakah ada fitur khusus yang harus ada di kandang? Berikut penjelasannya.

  • Tempat Bertengger

Salah satu fitur penting yang harus ada di dalam kandang adalah tempat bertengger. Ayam harus tidur dalam keadaan yang nyaman, sehingga menyediakan tempat bertengger adalah hal yang tidak boleh terlewatkan.

Meskipun kandang tertutup tidak terlalu membutuhkan tempat bertengger, namun tidur sambil bertengger dapat menghindarkan ayam dari lantai. Oleh karena itu, ayam akan terhindar dari bakteri dan penyakit. 

  • Kotak Bersarang

Unyulicious harus menyediakan kotak bersarang untuk ayam petelur. Kotak sarang berfungsi untuk menyediakan tempat yang nyaman untuk ayam bertelur. Ayam lebih suka bertelur dan bersarang di alas yang empuk. Akan tetapi, ayam tidak boleh tidur dan bermalas-malasan di dalam kotak terlalu lama. Sebab, fungsi kotak bersarang adalah semata hanya untuk tempat ayam bertelur.

  • Isolasi Kandang

Suhu lingkungan sangat menjadi tantangan di kandang ayam layer maupun broiler. Oleh sebab itu, kandang harus memiliki ventilasi yang baik, namun kandang tidak boleh berangin. Retakan dan bukaan kecil harus segera ditutup untuk mencegah masuknya hewan predator seperti ular, tikus, dan sebagainya. 

  • Pencahayaan

Pencahayaan yang baik itu sangat penting, terutama jika ayam banyak menghabiskan waktu di dalam kandang. Sebab, cahaya alami membantu mengatur siklus reproduksi ayam. Jika ayam peliharaan kekurangan cahaya, bisa jadi ayam akan berhenti memproduksi telur.

  • Kualitas Udara

Tidak lupa Unyulicious juga harus mengontrol kualitas udara. Oleh sebab itu, menyediakan ventilasi yang memadai adalah komponen kunci untuk mengendalikan kadar amonia di udara dalam kandang. 

  • Tempat Kotoran

Ayam peliharaan sering kali buang air saat tidur. Oleh sebab itu, sediakan tempat kotoran di bawah tempat bertenggernya untuk memudahkan pembersihan.

  • Pasokan Makanan dan Air

Tidak kalah penting dari fitur sebelumnya, tempat makan dan minum adalah komponen terpenting yang harus Unyulicious sediakan. Tempat makan dan minum ayam harus bersih dan mudah dijangkau. Sebab, ayam yang dehidrasi akan rentan terkena penyakti dan kurang produktif.

Setelah mengetahui fitur yang harus ada di kandang ayam, lalu bagaimana sih cara kerja kandang ayam petelur? Simak uraian sistem kandang ayam petelur dari tim Unyu berikut agar Anda tahu lebih banyak tentang pemeliharaan hewan ini!

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Kerja Kandang Ayam Petelur - Terbaru 2024

Menurut penelitian Dwi (2015), penyediaan kandang yang nyaman dan tingkat kepadatan yang sesuai akan berpengaruh pada performa produksi yang akan dicapai oleh ayam. Agar lebih mengenal cara kerja kandang ayam petelur, simak penjelasan dari setiap section di bawah ini.

1
Kandang Ayam dengan Sistem Terbuka

Efek Kandang Ayam Terbuka Berbeda di Tiap Lokasi

Kandang Ayam dengan Sistem Terbuka

2
Kandang Ayam dengan Sistem Tertutup

Kandang yang Terkenal Ramah Lingkungan

Kandang Ayam dengan Sistem Tertutup

3
Kandang Ayam dengan Sistem Baterai

Banyak yang Menggunakan, Banyak Pula yang Kontra

Kandang Ayam dengan Sistem Baterai

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Efek Kandang Ayam Terbuka Berbeda di Tiap Lokasi
© freepik.com
1
Efek Kandang Ayam Terbuka Berbeda di Tiap Lokasi

Kandang Ayam dengan Sistem Terbuka

Rekomendasi kami

Peternakan ayam petelur biasanya menggunakan kandang sistem terbuka. Adapun alasan yang mendasarinya yaitu biaya pembangunan yang murah dan tidak memerlukan tenaga terampil untuk mengoperasikan alat-alat yang ada.

Di sisi lain, cuaca masih menjadi kendala utama tipe kandang terbuka. Perubahan cuaca saat ini masuk ke dalam kategori yang sangat ekstrim bagi ayam. Hal itu membuat peternak kesusahan untuk mengejar produksi yang maksimal.

Kendala berikutnya yaitu faktor sosial. Pertambahan penduduk membuat kegiatan ternak ayam kian dekat dengan pemukiman. Sehingga, tidak jarang muncul keluhan dari warga sekitar terkait bau, lalat, dan lainnya.

Kandang terbuka memiliki 2 desain tipe, yaitu tipe postal (di tanah) dan tipe panggung. Penggunaan kandang panggung memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kandang postal dala, tepatnya soal sirkulasi. Di daerah dengan laju angin tinggi, fungsi kolong kandang akan memberi tambahan udara bagi ayam.

Namun, belakangan ini performa kandang panggung pun mengalami penurunan performa. Sebab, banyak lokasi yang mati angin atau tidak ada angin sama sekali. Perlu Unyulicious ingat bahwa produktivitas kandang bergantung pada lokasi, baik untuk ayam broiler maupun layer. 

Kandang yang Terkenal Ramah Lingkungan
© freepik.com
2
Kandang yang Terkenal Ramah Lingkungan

Kandang Ayam dengan Sistem Tertutup

Rekomendasi kami

Selain kandang terbuka, peternakan ayam petelur biasanya menggunakan kandang sistem dengan tertutup. Hal ini karena kandang tertutup lebih ramah lingkungan dan ramah pemukiman. Unyulicious harus menyesuaikan ukuran kandang dengan jumlah ayam yang akan Anda pelihara dan tingkat fase pemeliharaannya.

Jika fase starter, Unyulicious bisa menggunakan sistem pemeliharaan postal. Kebutuhan luas kandang yang Unyulicious butuhkan yaitu jumlah populasi dibagi 14 ekor/m², dimana 14 ekor/m² adalah kepadatan maksimum di akhir pemeliharaan. Di dalam box ini, semua kebutuhan ayam harus tersedia.

Tidak hanya itu, kandang tertutup juga mampu membantu mengoptimalkan syarat lingkungan yang mencakup suhu dan kelembapan serta jendela. Terdapat beberapa keunggulan kandang tertutup atau close house, antara lain:

  1. Kontrol bio security yang tergolong mudah
  2. Tingkat kapasitas kandang 2-3 lebih besar daripada kandang terbuka, dengan jumlah 14-18 ekor ayam per meter persegi kandang
  3. Kandang lebih mudah dibersihkan
  4. Suhu yang lebih efektif, sehingga sesuai dengan kebutuhan ayam
  5. Pengaturan kandang cukup mudah sehingga dapat menekan biaya operasional untuk investasi jangka panjang

Struktur umum kandang sistem ini terdiri dari bangunan kandang, material cooling, kipas atau blower, pencahayaan, air inletcontrol panel, dan electrical system. Unyulicious pun bisa menggunakan bahan galvanis sebagai atap dan dinding kandang jika memilih kandang ini.

Banyak yang Menggunakan, Banyak Pula yang Kontra
© freepik.com
3
Banyak yang Menggunakan, Banyak Pula yang Kontra

Kandang Ayam dengan Sistem Baterai

Banyak peternak yang menggunakan sistem kandang ayam petelur baterai karena pengelolaannya mudah. Kandang battery berbentuk sangkar persegi panjang dengan susunan berderet. Umumnya, kandang ini terdiri dari 2 baris ke atas.

Akan tetapi, banyak orang yang menganggap penggunaan sistem ini tidak layak. Banyak orang yang meyakini bahwa wujud kandang battery sebagai bentuk penyiksaan terhadap ayam. 

Kandang baterai dalam ternak unggas adalah sistem yang menempatkan ayam di sebuah kandang dengan susunan tertentu. Adapun susunan kandang baterai berupa susunan baris dan kolom yang ditumpuk, disusun atau dihubungkan bersama dalam 1 lahan. Susunan tersebutlah yang membuat kandang ini memiliki nama kandang battery.

Terdapat beberapa hal yang menjadi permasalahan dari praktik kandang baterai, baik dari segi kesehatan dan kondisi ayam. Dari segi kesejahteraan ayam, banyak orang yang meyakini bahwa kandang yang sempit membuat ayam mengalami tekanan psikologis.

Selanjutnya, dari segi bahaya penyakit. Ayam ternak yang terlalu padat di kandang ini dapat meningkatkan risiko zoonosis. Zoonosis memiliki arti penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia, seperti flu burung, Covid-19, dan lainnya.

Oleh sebab itu, penggunaan kandang battery yang tidak memadai dapat menekan kondisi ayam layer. Hal itu juga yang membuat kandang ini dinilai sebagai tindakan menyiksa dan kegiatan peternakan paling kejam.

Tanya Jawab Seputar Cara Kerja Kandang Ayam Petelur

Dalam proses ternak ayam, Unyulicious bisa merawat unggas ini mulai dari bibit atau DOC (Day Old Chicken) atau pullet. Tentunya, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk menambah wawasan Unyulicious, simak beberapa pertanyaan yang tim Unyu sebutkan di bawah ini, ya. Check it out!

Apa itu kandang ayam petelur?

Kandang ayam petelur yaitu tempat tinggal yang dibuat khusus untuk mendukung produktivitas ayam dalam menghasilkan telur.

Apa itu inlet kandang ayam?

Inlet kandang ayam adalah tempat masuknya udara dari area cooling pad ke dalam kandang.

Kesimpulan: Cara Kerja Kandang Ayam Petelur

Selain ayam petelur, contoh bisnis ayam lain yang juga menjanjikan yaitu ayam potong. Kedua bisnis tersebut terus meningkat seiring bertambahnya populasi di Indonesia. Bisnis ayam petelur membutuhkan ketelatenan dan modal yang cukup besar, kecuali Anda hanya ingin memelihara ayam sebagai hewan peliharaan.

Salah satu yang menjadi faktor keberhasilan hasil panen ayam petelur yaitu sistem kandang. Pemeliharaan kandang yang tepat akan berdampak baik pada tumbuh kembang ayam. Oleh sebab itu, tim Unyu berharap cara kerja kandang ayam petelur di atas dapat menjadi pedoman untuk Anda memulai bisnis. 

Selain itu, Unyulicious juga bisa mengumpulkan informasi mengenai bisnis ayam melalui gambar, foto, dan file PDF yang ada di website peternakan. Tambahan tersebut akan jadi pegangan yang kuat sebagai peternak ayam pemula. Lantas, sudah siapkan Unyulicious menjadi peternak ayam petelur terbaik dengan belajar cara yang tepat?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo