Hide Menu

Ayo Mulai Belajar Berbisnis dengan Melakukan 4 Cara Daftar Kemitraan Ayam Broiler Berikut!

Pahami Cara Daftar Kemitraan Ayam Broiler Berikut dan Jadilah Pebisnis dengan Rumah Potong Ayam Terbaik

Artikel Cara Daftar Kemitraan Ayam Broiler ini diposting diperbarui
83 Pembaca
Like
Cara Daftar Kemitraan Ayam Broiler 2024
© freepik.com

Apa Sih Kemitraan Ayam Broiler Itu?

Apa Sih Kemitraan Ayam Broiler Itu?
freepik.com

Salah satu bentuk usaha peternakan di Indonesia dengan komponen terlengkap adalah peternakan ayam ras pedaging. Peluang bisnis ayam pedaging semakin melebar seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia.

Faktanya, ayam adalah unggas yang menjadi sumber protein hewani dengan harga yang cukup terjangkau. Oleh sebab itu, peran agen ayam broiler sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Keberlangsungan usaha peternakan ayam broiler umumnya terpengaruh oleh beberapa faktor, antara lain ketersediaan sarana produksi ternak (sapronak), harga sapronak, tingkat keberhasilan budidaya broiler, serta harga pasar ayam.

Dari usaha peternakan tersebut, sering kali terjalin kerja sama berupa kemitraan. Lantas, apa sih kemitraan ayam broiler? Prinsip dari kemitraan adalah kerja sama yang saling menguntungkan, sebab kedua belah pihak saling membutuhkan. Bentuk kerjasama peternakan ayam tersebut umumnya dilakukan oleh perusahaan inti dan peternak.

Perusahaan inti berperan sebagai penyedia sapronak. Sedangkan, peternak plasma menyediakan kandang, peralatan, dan biaya operasional pemeliharaan. Tidak hanya itu, ia juga bertanggung jawab untuk beternak dari awal pemeliharaan hingga panen.

Sistem kemitraan terbagi jadi 2, yaitu sistem mitra ayam broiler kontrak dan sistem mitra ayam broiler bagi hasil. Untuk sistem mitra ayam broiler kontrak, perusahaan inti wajib menyediakan sapronak dan tenaga pembimbing teknis. Sedangkan peternak sebagai mitra berkewajiban menyediakan kandang, operasional, peralatan, dan tenaga kerja.

Di sisi lain, sistem bagi hasil memiliki arti dimana pihak inti menyediakan sapronak. Sementara, peternak menyediakan kandang, tenaga kerja, serta operasionalnya. Namun, pemasaran dilakukan oleh pihak inti atau bersama-sama, tergantung kesepakatan.

Jika dilihat dari kacamata bisnis, beternak sebagai mitra itu menguntungkan. Ini akan menjadi ladang cuan terutama sebagai peternak pemula. Lalu, bagaimana cara daftar kemitraan ayam broiler yang benar? Cari tahu caranya dengan membaca artikel ini hingga akhir!

Keuntungan Peternak Melakukan Kemitraan

Keuntungan Peternak Melakukan Kemitraan
freepik.com

Program bisnis ayam potong kemitraan dibuat tentu bukan tanpa alasan, salah satunya adalah untuk meningkatkan pendapatan peternak. Di sisi lain, adanya program mitra juga memiliki beberapa keuntungan, seperti:

  1. Ada alih teknologi beternak
  2. Ada jaminan dalam pemasaran
  3. Lebih menjamin keberlanjutan produksi dan pendapatan peternak
  4. Ada insentif apabila performa produksi mencapai standar yang telah ditetapkan
  5. Mendapat bonus pasar
  6. Tidak terpengaruh oleh naik dan turunnya harga ayam besar

Tidak heran, dengan keuntungan yang cukup banyak tersebut, banyak peternak yang melakukan kemitraan. Sebab, dengan kemitraan peternak juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar peternakan.

I. G. A. Pusparani
Writer
Content Writer

Alis Volat Propriis

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Unyu. Meski Unyu terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Unyu. Silakan baca kebijakan editorial Unyu untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Daftar Kemitraan Ayam Broiler - Terbaru 2024

Menurut penelitian Dian et al (2020), kemitraan adalah kerja sama menguntungkan dalam sektor peternakan ayam. Adapun pelakunya adalah perusahaan besar sebagai inti dan peternak sebagai plasma. Di Indonesia sendiri, perusahaan peternakan besar yang menyediakan kemitraan adalah Pokphand dan Japfa.

Jika ingin menjadi mitra Japfa, Unyulicious bisa melakukan pendaftaran melalui anak perusahannya yaitu PT Ciomas Adisatwa. Jadi, apakah Anda ingin tahu cara bisnis ayam potong dengan PT tersebut? Berikut penjelasannya secara umum.

1
Mengajukan Permohonan Sebagai Plasma

Lengkapi Berkas untuk Mempermudah Proses Pendaftaran

Mengajukan Permohonan Sebagai Plasma

2
Memiliki Sarana Perkandangan

Pihak yang Bertugas akan Melakukan Survey Lokasi

Memiliki Sarana Perkandangan

3
Menyediakan Tenaga Kerja

Dasar yang Kuat Dapat Mengantarkan Bisnis Tumbuh Lebih Sehat

Menyediakan Tenaga Kerja

4
Menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama

Beberapa Perusahaan Mengajukan Persyaratan Tambahan

Menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama

Anda bisa percaya Unyu. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Unyu meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lengkapi Berkas untuk Mempermudah Proses Pendaftaran
© freepik.com
1
Lengkapi Berkas untuk Mempermudah Proses Pendaftaran

Mengajukan Permohonan Sebagai Plasma

Rekomendasi kami

Peternak mendaftar ke pihak perusahaan kemitraan ayam untuk bergabung menjadi mitra. Kemudian, berkas-berkas akan ditindaklanjuti oleh pihak bertugas dengan diadakannya survei lokasi secara langsung.

Dokumen yang perlu Unyulicious siapkan berkaitan dengan identitas pribadi. Berkas tersebut antara lain fotocopy Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan buku rekening atas nama pemilik kandang.

Pihak yang Bertugas akan Melakukan Survey Lokasi
© freepik.com
2
Pihak yang Bertugas akan Melakukan Survey Lokasi

Memiliki Sarana Perkandangan

Rekomendasi kami

Unyulicious yang ingin mendaftar sebagai mitra harus memiliki kandang ayam yang sesuai standar. Sebab, pihak dari perusahaan kemitraan akan melakukan survey secara langsung untuk memastikan kandang memang layak.

Adapun yang perlu Unyulicious persiapkan yaitu:

  1. Kandang harus memenuhi syarat teknis, seperti konstruksi kandang dengan petunjuk inti
  2. Kandang tidak terlalu dekat dengan pemukiman atau terletak di kawasan yang telah ditentukan pemerintah setempat
  3. Pastikan tersedia air dan listrik sepanjang tahun
  4. Memiliki sirkulasi udara yang cukup baik 
Dasar yang Kuat Dapat Mengantarkan Bisnis Tumbuh Lebih Sehat
© freepik.com
3
Dasar yang Kuat Dapat Mengantarkan Bisnis Tumbuh Lebih Sehat

Menyediakan Tenaga Kerja

Rekomendasi kami

Tentunya, jika ingin menjalin kemitraan, Unyulicious harus menyediakan tenaga kerja. Selain sebagai kebutuhan, tenaga kerja juga menjadi tanda kepada pihak kemitraan bahwa Unyulicious siap bermitra ayam potong.

Pastikan tenaga kerja tersebut memiliki pengetahuan dasar tentang memelihara ayam. Sebab, dasar pemeliharaan yang tenaga kerja miliki dapat mengantar ayam tumbuh sehat, berkualitas, dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Beberapa Perusahaan Mengajukan Persyaratan Tambahan
© freepik.com
4
Beberapa Perusahaan Mengajukan Persyaratan Tambahan

Menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama

Setelah proses pemberkasan selesai, tahap terakhir yang harus Unyulicious lakukan adalah menandatangani surat perjanjian kerjasama. Di beberapa perusahaan seperti contoh Pokphand, peternak perlu menyerahkan jaminan berupa sertifikat tanah/BPKB beserta uang Rp 1.000/ekor.

Apabila seluruh prosesi sudah selesai, Anda telah resmi menjadi mitra peternakan ayam broiler. Jika sudah demikian, ikuti serangkaian agenda yang telah perusahaan siapkan agar rumah ternak Unyulicious semakin sukses. 

Tanya Jawab Seputar Cara Daftar Kemitraan Ayam Broiler

Setelah mengetahui tentang cara daftar kemitraan ayam broiler, luangkan sedikit waktu Unyulicious untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah. Yuk, simak lebih lanjut pertanyaan populer tentang bisnis ayam pedaging!

Berapa modal untuk usaha ternak ayam?

Dengan asumsi:

Investasi Awal

RincianBiaya
Sewa lahan ukuran 100 m²Rp 10.000.000
Kandang ternakRp 5.300.000
Peralatan makan dan minumRp 800.000
Peralatan lainnyaRp 800.000

Biaya Operasional

RincianBiaya
500 bibit ayamRp 250.000
12 karung pakanRp 2.000.000
Obat dan vaksinRp 300.000
ListrikRp 225.000
PenyusutanRp 600.000
2 karyawanRp 4.000.000

Maka, modal awal yang perlu Anda persiapkan berkisar Rp 24 juta.

Bagaimana cara memulai bisnis ayam potong?

Cara yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis ayam potong antara lain:

  • Mempersiapkan modal awal
  • Memerhatikan tempat budidaya
  • Memastikan kualitas bibit unggul
  • Rutin melakukan vaksin
  • Memerhatikan kualitas pakan
  • Perawatan ayam
  • Memantau harga pasar
  • Selalu siap berinovasi

Berapa lama ayam potong siap panen?

Biasanya, ayam potong yang siap dipanen dan dikonsumsi harus sudah berumur 30-35 hari. Berbeda dengan ayam kampung yang membutuhkan waktu 2-3 bulan untuk siap panen dan konsumsi.

Apa bedanya ayam broiler dan ayam pejantan?

Ayam broiler adalah jenis unggas yang dipelihara secara khusus untuk menghasilkan daging. Sedangkan, ayam pejantan adalah ayam broiler jantan yang dibudidayakan bukan untuk produksi daging, melainkan untuk reproduksi agar menghasilkan telur. 

Apakah usaha peternakan ayam menjanjikan?

Iya, bisnis peternakan ayam cukup menjanjikan sebab permintaan telur maupun dagingnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Kesimpulan: Cara Daftar Kemitraan Ayam Broiler

Sebelum menjadi agen ayam potong terbaik, tentu banyak hal yang harus Anda persiapkan. Mulai dari melakukan analisa pasar, pemilihan bibit broiler jantan dan betina, membuat rumah potong, hingga pemberkasan ke pihak kemitraan. Pemilihan perusahaan inti juga tidak boleh terlewatkan.

Guna membuat rumah potong terbaik, lakukan kemitraan dengan perusahaan ternak ayam berkualitas. Untuk mempermudah proses tersebut, ikutilah cara daftar kemitraan ayam broiler di atas. Dengan kemudahan tersebut, impian untuk memiliki omset Rp 20 juta, Rp 50 juta, bahkan memiliki 5000 ekor ayam bukan lagi mimpi!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Unyu adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Unyu mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo